Pengalaman Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers Melalui Accestrade



Ketika saya mendaftar Shopee Affiliate pada bulan Januari 2022, pada waktu itu daftar Shopee Affiliate tidak bisa tanpa minimal followers. Wajib memiliki akun Youtube dengan minimal 8.000 subscriber, akun Instagram dan Tiktok minimal 5.000 followers, Twitter minimal 10.000 followers, Facebook pribadi minimal 2.000 teman, fanpage dan grup Facebook minimal 1.000 followers. Ini tidak harus punya semuanya ya tetapi boleh salah satunya saja yang didaftarkan. 

Saya tipikal yang memutuskan hidup lebih banyak dalam dunia real, jadi sudah lama sekali berhenti dari hiruk pikuk media sosial. Bahkan untuk Facebook saja mungkin sudah 5 tahun tidak pernah update status 😀. Yah, karena sudah lama vakum maka jumlah teman dan followers saya juga makin berkurang. Dari yang dulunya sedikit, maka makin sedikit. 

Sayang sekali saya tidak memenuhi syarat sebab berharap bisa daftar Shopee Affiliate tanpa minimal followers. Posisi saya adalah seorang blogger yang ingin menjalankan bisnis online affiliate melalui blog saya. Sementara itu, untuk mendaftarkan personal blog ke Shopee Affiliate memang tidak ada syarat minimum hanya saja harus punya akun media sosial yang tetap wajib memenuhi jumlah followers diatas. Saya sangat tertarik mencoba peruntungan di bisnis online seperti affiliate namun begitu membaca syarat dan ketentuan tersebut, jadinya pesimis deh.


Kurang Leluasa di Media Sosial dan Suka Ngeblog

Walaupun patah hati karena tidak memenuhi syarat, saya selalu kepikiran dengan bisnis affiliate dan merasa tertantang apalagi saya hobi belanja di marketplace termasuk di Shopee. Akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar langsung ke Shopee Affiliate. Mana tahu keberuntungan ada di tangan saya. Apa yang terjadi? Sesuai dugaan, saya mengalami penolakan mentah-mentah guys. Jika saya mau sebenarnya saya bisa saja mensiasati syarat dan ketentuan tersebut agar bisa lolos. Misalnya dengan menambah teman di Facebook dulu. Minta pertemanan disana tidak sulit dan lumayan gampang. Setelah memenuhi syarat jumlah followers, barulah saya mendaftar.  

Namun, sebenarnya alasan utama mengapa saya ingin daftar Shopee affiliate tanpa minimal followers adalah karena saya kurang nyaman kalau akun media sosial dijadikan tempat promosi link. Bagi saya, media sosial ya tempat untuk bersosialisasi dengan orang-orang. Bukan untuk tempat jualan dan mencari uang, kurang elegan saja rasanya. Saya cenderung senang dan leluasa membangun sebuah bisnis online tanpa diketahui oleh orang yang saya kenal. Strategi ini menurut saya jauh lebih berkelas bagi saya pribadi. Beda dengan sebagian orang, menurut mereka lingkaran pertemanan justru sangat bagus dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. 

Perlu diketahui kalau di media sosial saya pasti isinya itu teman-teman sekampung, teman kuliah dan sekolah atau teman setempat kerja dulu. Entah mengapa, saya kurang berminat mempromosikan sesuatu kepada mereka. Saya suka ngeblog, jadi saya ingin mempromosikan link affiliate secara tertarget khusus untuk mereka yang memang ada rencana belanja saja. Dengan demikian, hasil yang saya dapatkan adalah secara natural tanpa ada embel-embel hubungan emosional pertemanan.


Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers Melalui Accestrade

Setelah mengalami penolakan bulan Januari 2021, saya sempat melupakan keinginan untuk bergabung Shopee Affiliate. Namun, takdir berkata lain. Dua bulan kemudian saya mendapatkan sebuah email tawaran bisnis online. Staf affiliate optimation dari Accestrade menghubungi saya dan menyarankan agar saya bergabung dengan bisnis affiliate yang mereka jalankan. Menurutnya, blog cocok dipasang link affiliate marketing. Berhubung saya baru dengar perusahaannya, saya mencoba mempelajari dulu. 

Ternyata Accestrade merupakan salah satu platform affiliate marketing terbaik di tanah air dan beroperasi hingga Asia Tenggara. Accestrade Indonesia ini berada di bawah Interspace Grup, perusahaan Jepang dan sudah beroperasi sejak tahun 1999 di Jepang. Setelah melihat profil perusahaannya, saya pun mantap bergabung menjadi publisher. Proses pendaftarannya tidak butuh waktu lama dan sangat mudah. Hanya butuh waktu 1-2 hari kerja saja. 

Asyiknya, saya boleh mendaftarkan blog saja dan tidak perlu mendaftarkan akun media sosial. Ini benar-benar sesuai harapan saya, bisa daftar Shopee Affiliate tanpa minimal followers. Setelah saya bergabung dengan Accestrade kemudian saya apply untuk campaign Shopee Affiliate. Nah, sejak Maret 2022 sampai sekarang Juli 2023 saya masih menjalankan affiliate dari marketplace orange tersebut. Alhamdulillah saya mendapatkan sedikit gaji secara rutin dari Shopee Affiliate ini melalui Accestrade. Khusus untuk penghasilan affiliate, saya sharing di artikel ini ya.


***

Saya mendapatkan kabar burung kalau sekarang katanya sudah bisa daftar Shopee Affiliate tanpa minimal followers. Ketentuan ini katanya dimulai dari pertengan tahun 2022 kemaren. Apakah saya akan mencoba langsung daftar? Saya rasa tidak, soalnya saya sudah nyaman dengan Accestrade. Disini tidak hanya tersedia affiliate Shopee tetapi juga affiliate lain seperti Lazada, Blibli. Dengan demikian banyak pilihannya. Satu akun affiliate bisa untuk mempromosikan berbagai marketplace dan perusahaan lain. Lebih enak saja dioperasikan daripada satu-satu. 

Lagipula pembayaran saya sudah berjalan dengan lancar setiap bulan selama 2,5 tahun ini. Kalau mau daftar ulang langsung ke Shopee, mau tidak mau pembayaran pun akan disetting ke awal yaitu harus menunggu minimal 90 hari. Kemudian link shopee affilite saya yang di Accestrade tentu berbeda dengan yang affiliate langsung di Shopee. Link tersebut sudah saya sebar banyak. Jadi, harus diganti satu persatu dengan link baru. Malah jadi ribet dan tidak efisien. Mungkin takdir rezeki saya melalui Accestrade ini. Jika teman-teman tertarik mencoba bisnis online tanpa modal seperti affiliate ini melalui Accestrade, teman-teman bisa mendaftar menjadi publisher Accestrade disini. []