Sharing Gaji Shopee Affiliate Selama 18 Bulan Bergabung Melalui Accestrade


Pada artikel sebelumnya, saya sudah sharing pengalaman mendaftar affiliate marketplace orange tanpa minimal followers. Nah, pada kesempatan ini saya ingin menjawab pertanyaan berapa sih gaji Shopee Affiliate? Saya diterima menjalankan campaign Shopee sejak bulan Maret 2022 melalui Accestrade, salah satu perusahaan yang fokus pada bisnis affiliate. Terhitung sudah 1,5 tahun saya bergabung dan sejauh ini memang hasilnya lumayan. Saya menggunakan kata "lumayan" karena rezeki didapat dari affiliate ini memang hasilnya tidak terlalu besar yang membuat saya kaya raya seketika. Sekalian saya mau meluruskan mindset bahwa bisnis online itu bukanlah shortcut agar cepat kaya. 

Semua usaha butuh proses dan perjuangan. Saya sangat bersyukur berapa pun gaji Shopee Affiliate ini. Saya tak henti-hentinya mengucapkan alhamdulilah. Senang rasanya bisa menghasilkan uang dari bisnis online tanpa modal yang mana bisa saya lakukan dari rumah sambil momong anak yang kecil-kecil dengan memanfaatkan internet. Walau tidak terlalu besar namun jumlahnya juga tidak terlalu kecil. Tidak bisa disepelekan dan dianggap sebelah mata. 

Kalau saya kumpulkan displin setiap bulan, lama-lama bisa menjadi besar. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Semoga ya. Satu hal yang sangat penting dan paling berarti bagi saya adalah gaji Shopee Affiliate saya bisa rutin cair setiap bulan. Sejak saya mendaftar sampai sekarang selalu ada cuan yang masuk. Belum pernah tidak cair dan komisinya nol. Alhamdulillah selalu ada walaupun hasilnya naik turun. 


Total Penghasilan Saya Selama 18 Bulan

Bagi teman-teman pemula yang masih bingung, apakah bisnis affiliate itu beneran nyata. Maka disini saya mau menjawab sesuai fakta yang saya alami sendiri. Berdasarkan pengalaman saya bisnis affiliate memang lumayan menjanjikan, beneran asli ada dan terbukti membayar. Namun, hal ini tergantung yang kamu pilih dan kredibilitas perusahaannya. Dalam hal ini, saya khusus menjalankan Shopee Affiliate saja. Untuk affiliasi lain seperti Tokopedia, Lazada, Blibli dan sebagainya saya belum pernah mencoba. 

Gaji shopee affiliate saya selama 1,5 tahun bergabung bersifat fluktuatif, kadang naik kadang turun. Dipengaruhi oleh kondisi dan situasi tertentu. Memasuki bulan suci Ramadhan hingga beberapa saat setelah lebaran Idul Fitri biasanya naik namun setelah itu akan berangsur-angsur menurun. Kadang-kadang tidak ada angin tidak ada hujan gajinya naik berlipat. Kadang walau saya jor joran promosi hasilnya segitu-segitu saja dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Saya meyakininya sebagai faktor rezeki saja. 



Dari tabel diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penghasilan tertinggi saya adalah yang diperoleh pada bulan April 2022 sebesar Rp 833.220. Sementara itu, penghasilan terendah saya terjadi pada bulan Oktober 2022 dengan jumlah Rp 138.722. Total keseluruhan yang berhasil saya peroleh dari bisnis affiliate khususnya Shopee selama 18 bulan adalah Rp 5.275.126. Ini masih penghasilan kotor ya guys, belum dikurangi dengan potongan biaya admin saat pencairan ke rekening sebesar Rp 6.000 setiap transaksi dengan total Rp 108.000. So, total penghasilan bersihnya sekitar Rp 5.167.126.


***

Demikianlah gaji Shopee Affiliate yang sejauh ini saya dapatkan. Diatas langit masih ada langit, masih banyak orang yang penghasilannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saya. Melalui postingan ini saya bermaksud memberitahu bahwa Shopee Affiliate ini memang terbukti menghasilkan. Dengan penghasilan sebesar tersebut, saat ini bisnis affiliate masih sebagai penghasilan tambahan bagi saya. Belum bisa dijadikan buat sumber pemasukan utama. 

Semoga nanti gaji Shopee Affiliate saya semakin bertambah sehingga impian saya bisa tercapai. Saya bermimpi punya penghasilan sebesar gaji kantoran dengan bekerja dari rumah. Terakhir, saya ingin membuat sesi tanyan jawab yang mungkin akan berguna untuk teman-teman pemula. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan : 

1. Bagaimana perhitungan komisi Shopee Affiliate?

Komisi dihitung berdasarkan pembelian tergantung tipe konsumen. Selain itu, juga ada komisi yang berasal dari bonus khususnya brand-brand tertentu yang sedang promo. Oya, beberapa waktu terakhir Shopee juga membagi affiliate ke dalam beberapa kategori sehingga sedikit banyak akan mempengaruhi persentase komisi. Apa yang share disini mengacu pada perhitungan komisi yang tertera di akun Shopee Affiliate Non KOL di Accestrade. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini : 

-Tipe konsumen : Brand Commission (Bonus)-Sales (70 %)
-Tipe konsumen : existing-direct-Sales (3.5 %)
-Tipe konsumen : existing-indirect-Sales (1.5 %)
-Tipe konsumen : new-direct-Sales (3.5 %)
-Tipe Konsumen : new-indirect-Sales (1.5 %)

Kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan diatas selama tidak terdapat kondisi penolakan seperti pembelian tidak lengkap atau tidak selesai, bukan klik terakhir, terjadi kecurangan, pembelian dibatalkan dan transaksi refund. Tak hanya itu, komisi baru didapatkan jika pengunjung yang melakukan klik belanja dalam jangka waktu 3 hari setelah tautan afiliasi diklik, belanja minimal 1 produk dan sukses menyelesaikan pembayaran. 

2. Apa maksudnya jika komisi Shopee Affiliate 0? Jika ketika membuka akun kamu menemukan komisi Shopee Affiliate 0 maka ini berarti kamu belum berhasil mendapatkan cuan. Yup, belum terjadi transaksi yang sukses sehingga komisinya belum masuk. Bisa saja saat ini sudah ada yang membeli melalui link afiliasi kamu tetapi pembayaran dan pesanannya belum diselesaikan. Lapoan komisi bisa diakses setiap hari selama memang ada terjadi transaksi. 

3. Berapa penghasilan Shopee Affiliate? Tergantung usaha dan rezeki masing-masing orang. Saya pernah menonton video seorang cewek di Youtube yang sharing penghasilan Shopee Affiliate nya puluhan hingga ratusan juta perbulan. Benar-benar fantastis banget. Ternyata dia seorang influencer yang memiliki ratusan ribu subscriber guys. Sebaliknya, ada juga yang mengeluhkan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Pada kasus saya, saya mendapatkan rezeki Rp 5.167.000 setelah berjuang selama 18 bulan guys.  

4. Berapa minimal Shopee Affiliate cair? Untuk saya yang mendaftar Shopee Affiliate melalui Accestrade, penghasilan baru cair dengan syarat mencapai minimal Rp 100.000 setiap bulan. Jika belum mencapai ambang batas pembayaran, maka akan diakumulasi dengan bulan selanjutnya. Namun, terdapat perbedaan bagi yang mendaftar langsung di Shopee. Kabarnya minimal Rp 10.000 saja sudah bisa dicairkan lewat Shopeepay.  

5. Kapan gaji Shopee Affiliate cair? Kalau saya di Accestrade untuk gaji pertama butuh waktu 2 bulanan namanya validation period. Kemudian ada lagi namanya payment period 30 hari lagi. Jadi, jika saya mendaftar pada bulan Maret 2022 dan langsung terjadi transaksi, maka komisi pertamanya cair pada bulan Juni 2022. Selanjutnya komisi cair setiap bulan tanggal 20-21. Jika teman-teman mendaftar affiliate langsung ke Shopee, maka pencairan gaji dilakukan setiap minggu. 

6. Bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate? Tidak ada cara khusus, asalkan sudah memenuhi syarat minimal pencairan maka sudah bisa cair dan ditarik. Namun, jangan lupa untuk melengkapi data pribadi untuk mendukung kelancaran pembayaran seperti rekening bank. Kalau saya di Accesrade, jika sudah memenuhi batas minimal maka akan cair secara otomatis. []