5 Trik Jitu Mendapatkan Kerja Online di Bayar di Situs Freelancer Untuk Orang Baru



Pada artikel sebelumnya, saya sharing pengalaman saat kerja online dibayar di salah satu website freelance tanah air yaitu Projects.co.id. Awalnya saya pesimis akan mendapatkan job lantaran saya baru bergabung. Soalnya saya lihat banyak penulis yang sudah lama join, sudah mendapatkan rating bagus dan rating tinggi. Sementara, bagi yang baru bergabung ya masih kosong bintangnya. Saya beranggapan para pencari tenaga freelance pastilah cenderung pada yang sudah punya rating tinggi dan sudah banyak berhasil selesaikan job 

Selain itu, hal lain yang membuat saya pesimis akan memenangkan project adalah jumlah bid atau penawar kerja yang puluhan hingga ratusan orang. Pada satu lowongan kerja menulis saja, terdapat banyak orang yang melamar dan mencoba negosiasi dengan pemberi kerja. Apa mungkin mereka akan memilih saya dari sekian banyak pilihan? Begitun pikiran yang muncul waktu itu. Terlepas dari rasa pesimis tersebut, saya masih penasaran dengan situs freelancer dan merasa tertantang mencoba.

Iseng-iseng saya membuat akun tanggal 15 Oktober 2017. Eh, ternyata pada hari kedua saya berhasil mendapatkan kerja online dibayar pertama saya di situs freelancer. Kemudian lanjut pada tanggal 18 Oktober atau pada hari ketiga juga dapat job kedua. Selanjutnya saya tidak lagi mengajukan diri untuk bekerja melainkan diundang khusus oleh pemilik kerja. Ini tidak terjadi begitu saja melainkan karena saya memasang strategi agar bisa menjadi pemenang. Nah, dibawah ini saya akan sharing trik yang saya gunakan agar owner memilih saya sebagai workernya. Strategi ini ditujukan untuk kamu yang baru bergabung di situs freelance baik itu sudah berpengalaman di bidangmu maupun belum. 


1. Membuat User Name Unik 

Mayoritas freelancer membuat akun menggunakan namanya sendiri. Saya berpikir, sebagai pekerja yang baru akan melamar pekerjaan online, saya harus menarik perhatian owner. Salah satu caranya adalah dengan membuat user name yang berbeda dari mayoritas orang. Trik ini berhasil membuat owner melirik saya untuk melakukan interview kerja. Misalnya user name desainer berpengalaman, penulis senior dan lainnya. Mungkin hal sederhana ini sering dianggap sepele dan bukan apa-apa. Akan tetapi, menurut saya merupakan hal kecil yang mampu memberikan dampak besar. 

Jika saya berposisi sebagai pencari tenaga kerja, maka saya akan lebih tertarik mempelajari profile mereka yang akunnya memiliki user name seperti penerjemah berpengalaman dibandingkan dengan user name seperti nama "Udin". Siapakah Udi? Ada banyak nama Udin dan saya masih blank dengan Udin ini belum ada gambaran. Untuk mengenal siapa Udin saya mau tidak mau perlu membuka CVnya. Walaupun seorang user name seperti penerjemah berpengalaman tetap akan dicek CVnya, minimalnya user namenya menarik perhatian. Taruhlah ada 100 orang yang menawarkan diri untuk pekerjaan yang sama, saya yakin tidak semua owner yang akan memeriksa CV satu persatu. 


2. Menonjolkan Keunggulan Diri

Walaupun para worker dirating mulai dari yang terendah hingga tertinggi, teman-teman jangan pesimis seperti saya dulu. Ayo bangkit dan bangun kepercayaan diri sendiri. Jika tidak PD bagaimana akan memenangkan sebuah job. Saya merenung, dari sekian banyak orang yang melamar pekerjaan, kira-kira apa kelebihan saya. Apa keunggulan saya yang bisa saja tidak dimiliki orang lain. 

Coba diingat-ingat apa saja hal yang membuatmu berbeda dengan pencari kerja lainnya. Kemudian pada saat memasang bid, jangan lupa kirimkan pesan singat kepada owner sekilas tentang dirimu beserta keunggulanmu. Trik ini agar mereka tertarik membuka CV dan mempelajari Portfolio yang kamu lampirkan nantinya. Misalnya : saya seorang desain grafis berstatus single yang anggup menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, saya seorang penerjemah yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan sebagainya. 


3. Memoles CV dan Portfolio

Setelah menarik perhatian owner dengan user name unikmu, kini saatnya menunjukkan keunggulan melalui CV dan Portfolio. Saran saya, jangan langsung mengetik di akun freelancer tetapi buatlah terlebih dahulu file di komputer. Masukkan semua hal dan pengalaman yang kira-kira akan membagus profile kamu. Tak lupa gunakan template yang bagus akan semakin terlihat profesional. Juga lampirkan portfolio yang menjual. Pelajari, baca dan revisi sampai membuatmu percaya diri bisa meyakinkan para pemberi kerja untuk memilihmu. 


4. Bergeraklah Dengan Cepat

Setelah maksimal dalam membuat CV dan Portfolio, saatnya hunting job. Jika sewaktu-waktu ada menemukan job yang relevan, maka kamu bisa bergerak cepat langsung bid karena kamu sudah ready. Akan lebih bagus jika masuk ke deretan penawar di bagian awal-awal daripada menjadi penawar kerja di bagian terakhir. Kemaren saya sempat melihat ada lowongan kerja menulis konten dimana jumlah calon pekerja yang melakukan bid hampir 500 orang. 

Hm, yakin mereka akan memeriksa sebanyak itu? Saya rasa calon worker yang berada di urutan 1-10 mungkin akan dipelajari lebih awal. Jika si owner sudah menemukan kriteria yang sesuai pada mereka yang berada di urutan 1-10, maka urutan selanjutnya bisa saja tidak akan dibaca lagi atau dijadikan stok kalau-kalau nantinya membutuhkan tenaga kerja lagi. Disamping itu, jangan membatasi diri pada satu lowongan saja kemudian menunggu hasilnya. Seseorang bisa langsung menawarkan diri pada dua tiga atau lebih job sekaligus. 


5. Mulai Dari Nol Jika Belum Berpengalaman

Kalau kamu baru bergabung membuat akun di situs freelancer kemudian juga belum punya pengalaman atau minim pengalaman, saran saya mulailah dari bawah dulu. Maksud saya, ambil saja job dengan bayaran terendah. Hitung-hitung untuk mencari pengalaman dan meramaikan portfolio kamu nantinya. Trik ini juga akan membuat kesempatan kamu mendapatkan kerja lebih besar. Mengapa? Bekerja di situs freelance juga ada harga, ada rupa ya guys. Tarif atau bayaran menggambarkan kualitas skill. 

Owner yang berani membayar tarif mahal karena mereka mencari pekerja profesional dan berpengalaman. Sebaliknya, owner yang memasang tarif murah, bagi mereka dapat pekerja yang hasilnya standar sudah oke-oke saja. Misalnya, ada lowongan kerja menulis dengan budget Rp 50.000 per artikel dan ada lowongan menulis lain dengan budget Rp 15.000 per artikel. Sebagai pemula yang sedang membangun reputasi, maka saya akan bid untuk yang budget Rp 15.000 dulu. Soalnya, jika mengajukan diri untuk lowongan menulis yang budgetnya Rp 50.000, rasanya skill saya belum bisa memenuhi harapan mereka. Khawatir hasilnya tidak setinggi harapan mereka dan malah mendapatkan rating buruk. 

Sebaliknya, jika kamu seorang yang punya pengalaman bertahun-tahun dan sudah pofesional di bidang mu. Maka kamu tidak perlu membangun reputasi dari awal. Tinggal mengenalkan diri saja agar pemberi kerja tahu keahlianmu. Oleh karena itu, kamu bisa berani mengambil job dengan budget tinggi karena kamu merasa sanggup menghasilkan tulisan yang berkualitas sesuai harapan pemberi kerja. Bahkan akan lebih baik jika kamu yang mengeliminasi tawaran kerja. Misalnya, hanya akan mengambil job menulis dengan tarif diatas Rp 100.000 per artikel saja. 


***

Dengan beberapa trik diatas, saya berhasil memenangkan beberapa project kerja online dibayar di situs freelancer. Selama mencoba 6 bulan untuk tambahan penghasilan disamping bekerja sebagai karyawati kantoran. Saya sukses memenangkan 5 job dan itu hanya dari 2 pemberi kerja saja. Satunya pebisnis asal Jawa Tengah dan satu lagi pengusaha asal Bandung. Seperti yang telah saya singgung, bahwa saya hanya pasang bid untuk kerjasama pertama saja. Untuk pekerjaan lanjutan, si pengusaha tersebut yang langsung invite agar saya bekerja menulis untuknya. Bersyukur sekali mereka invite secara khusus sehingga tidak perlu memasang bid bersaing dengan pekerja lain. 

Saya tidak bisa membayangkan, kalau saya fokus membangun kerja online dibayar saja pada waktu itu dan tidak kerja offline, mungkin akan lebih banyak job yang bisa saja kerjakan. Kesibukan bekerja di kantor kemudian memiliki bayi membuat saya berhenti mencari tambahan di website freelancer. Khawatir tidak bisa memenuhi deadline. Meskipun sudah tidak aktif mengerjakan job online, pas saya buka akun kemaren saya dibuat kaget. Ternyata masih ada owner lama yang invite saya untuk pekerjaannya. Sayang sekali situasi kondisi saya tidak mendukung. Ah, kalau diingat-ingat jadi kangen lagi nyari kerja di situs freelance 😀[]