Mau Bisnis Online Tanpa Modal, Ini Media Marketing Gratis yang Bisa Dipilih


Segelintir pengusaha membatalkan niat mencari peruntungan di dunia maya lantaran dibutuhkan biaya untuk go digital dan mereka kurang percaya bahwa ada bisnis online tanpa modal. Dilema ini seringkali dihadapi oleh pebisnis pemula terutama yang masuk ke dalam kategori usaha kecil dan menengah. Memang tidak bisa dinafikan, kenyataannya sebagian orang mengeluarkan modal dalam memasarkan produk atau jasa mereka secara digital. Jumlah modalnya beragam mulai dari ratusan ribu, jutaan hingga puluhan juta. Namun, ini tergantung dengan pilihan mereka masing-masing.

Bagi teman-teman yang minim modal jangan berkecil hati dulu. Siapa bilang kalau mau bisnis go online harus pakai biaya. Saat ini tersedia berbagai media yang bisa dimanfaat kan untuk digital marketing. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratis alias cuma-cuma. Bahkan banyak juga kisah mereka yang sukses membangun bisnis online tanpa modal dengan media gratisan. Jika kamu masih awam banget dan memulai dari nol, berikut daftar media pemasaran online gratis yang bisa kamu coba :


1. Membuka toko online di marketplace

Jika kamu saat ini sedang memproduksi sebuah produk fisik atau berniat menjadi distributor sebuah barang, maka membuka online shop di marketplace adalah salah satu solusi terbaik. Mengapa demikian? Marketplace merupakan pasar tempat berkumpulnya orang-orang melakukan jual beli. Dengan demikian, target konsumennya lebih jelas. Memang masyarakat yang memiliki ketertarikan belanja online.

Saya pernah punya pengalaman membuka cabang toko online di berbagai marketplace diantaranya Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Dari pengalaman saya dulu memang tidak dipungut biaya sama sekali. Kecuali mau upgrade keanggotaan atau mau nambah fitur khusus tertentu seperti asisten toko. Begitu juga kalau mau pasang iklan berbayar agar toko dan produkmu berada di bagian teratas ya pastilah mengeluarkan biaya. Sebab, pada masing-masing marketplace memang tersedia layanan paket iklan berbayar. Namun, juga ada kok iklan gratis walau dengan jumlah terbatas.

Nah itu, soal mengiklankan produk dan toko di marketplace itu sendiri. Sementara, diluar itu marketplace juga akan mengiklankan namanya dengan alokasi pemasaran perusahaan. Hal ini otomatis akan menggaet lebih banyak konsumen mendatangi marketplace dan berpengaruh positif pada para penjual disana. Itulah enaknya di marketplace hampir semua kebutuhan sudah disiapkan yang sangat mendukung bisnis online tanpa modal. Setelah membuat akun dan sebuah toko, maka kamu langsung bisa upload berbagai foto produk. Pengaturannya juga tergolong mudah dan sederhana, bisa dipahami sendiri tanpa belajar dari tutorial. Begitu juga dengan biaya pengiriman yang sudah otomatis dan terintegrasi sehingga sudah tidak perlu cek manual. 


2. Membuat website toko online di situs tak berbayar

Pada artikel sebelumnya saya sudah mengulas mengenai 6 manfaat yang akan diperoleh jika seseorang membuat website bisnis online. Memiliki sebuah situs di dunia maya merupakan salah satu alternatif untuk mendongkrak pemasaran. Namun, kendala yang pernah saya alami dan juga mungkin teman-teman pemula adalah biaya pembuatan website berbayar yang lumayan. Bersyukurlah ada pilihan lain berupa layanan membuat situs gratis seperti Blogger, Worpress, Medium, Wix dan lainnya yang memungkinkan kamu memiliki sebuah website bisnis tanpa mengeluarkan uang. 

Secara kualitas dan fitur yang ditawarkan, situs gratisan memang tidak sesempurna bila kita membeli sebuah website di jasa pembuatan website. Akan tetapi, untuk pemula yang sedang membangun usaha, menurut saya tidaklah masalah. Daripada belum punya situs sama sekali atau diundur-undur sampai punya uang untuk membeli. Lebih baik dimulai dari situs gratis dulu, dari hal sederhana. Nanti kalau sudah mulai ada rezeki mau ganti dengan yang lebih profesional sah-sah saja. Situs gratisan yang telah dibuat juga tetap ada manfaatnya. Tidak ada yang sia-sia atau mubazir. 

Hal yang penting, kontak yang kamu cantumkan di situs haruslah sama agar calon konsumen bisa menghubungi. Walaupun kamu pindah dari Medium ke Wordpress dengan domain dan hosting berbayar, maka tidak masalah. Tidak mempengaruhi bisnis online tanpa modal alias gratisan yang telah dibangun. Jika sewaktu-waktu mau ganti kontak, jangan lupa ikut ganti kontak di situs gratisnya. Sesekali harus tetap dibuka agar aktif. Saya bahkan masih mendapatkan chat dan telepon menanyakan produk walaupun sudah tidak berjualan. Mereka menghubungi karena berminat membeli karena melihat produk dan kontak yang pernah saya buat di situs gratis. 


3. Membuat akun bisnis di media sosial

Selain dua pilihan diatas, media marketing gratis yang bisa kamu coba adalah media sosial. Saat ini sudah semakin banyak pilihan dan juga fiturnya makin keren dibanding beberapa tahun yang lalu. Diantara yang ramai digunakan yaitu Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter dan lainnya. Tiktok, Youtube dan Instagram merupakan media yang lagi kekikian, booming serta sering viral dimana usernya lebih banyak diisi oleh generasi muda. Nah, para anak-anak muda tersebut rata-rata juga suka belanja secara online. Tak heran jika ini dimanfaatkan oleh Tiktok dimana saat ini sudah ada fitur untuk melakukan jual beli. 

Ada namanya Tiktok Shop yang memungkinkan kamu bisa memasarkan produk dan menjadi Tiktok Seller. Disamping itu, fitur live di Facebook juga termasuk sering dimanfaatkan oleh sebagian pebisnis untuk menggelar barang dagangan. Cara ini cocok sekali buat yang ingin punya bisnis online tanpa modal. Tak jarang saya menyaksikannya, ada yang punya toko offline di pasar kemudian melakukan live dan mendapatkan pesanan. Strategi ini juga lagi digemari karena zaman sekarang orang mulai suka melihat produk secara langsung secara online. Tidak sekadar gambar saja, konsumen ingin mengetahui realnya seperti apa. 

Jika kamu senang dengan konten video, maka membuat vlog yang isinya mengenalkan produk juga bisa dicoba. Saat ini bahkan emak-emak yang berjualan di pasar Tanah Abang membuat vlog dan berhasil mendaparkan pembeli berkat video di Youtube. Di zaman dimana teknologi berkembang pesat yang dibutuhkan adalah kemauan karena sudah tersedia wadah-wadah gratis yang bisa dicoba. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari bagaimana strategi pemasaran yang tepat agar media gratisan tersebut mampu mendatangkan hasil yang maksimal. Misalnya dengan menyempurnakan desain gambar produk, mempelajari cara edit video yang lebih profesional atau bahkan belajar merangkai kata-kata yang menjual (sales letter). 


***

Tidak satu jalan ke Roma, pepatah ini juga dapat diterapkan dalam membangun bisnis online tanpa modal. Yup, banyak jalan yang dapat dilalui untuk mencapai tujuan agar sebuah bisnis masuk ke dalam dunia maya. Namun, terkadang saya menemukan kasus dimana seseorang fokus pada satu cara saja. Walaupun pilihan tersebut kurang membuahkan hasil, mereka tetap berpegang teguh. 

Jika ada kesempatan memilih beberapa media sekaligus untuk memasarkan bisnis online tanpa modal, mengapa harus mempertahankan satu media saja. Kita tidak pernah tahu akan mendapatkan rezeki dari mana. Oleh karena itu, tugas kita sebagai manusia adalah berusaha. Daftar media diatas memang tidak perlu mengeluarkan biaya, namun membutuhkan niat yang bulat, kesugguhan, waktu dan kerja keras. Sebab kesuksesan itu tidaklah instan. []