5 Rekomendasi Toko Jam Tangan Online Terpercaya, Rating Bagus dan Follower Tinggi

Jika teman-teman sedang mencari rekomendasi toko jam tangan online terpercaya, maka informasi ini mungkin bisa berguna. Mana tahu dapat menjadi inspirasi dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan belanja. Saya sangat menyadari bahwa sebagai konsumen yang bertransaksi di internet, pastilah memiliki berbagai macam kekhawatiran. Salah satunya takut seller tidak amanah, tidak jujur. Entah itu berbohong soal kualitas produk maupun tidak mengirimkan pesanan sesuai dengan yang di order. Ketakutan pun makin kuat tatkala melihat berita penipuan belanja online yang marak terjadi akhir-akhir ini. 

Dengan situasi dan kondisi tersebut akhirnya saya belajar selektif dalam memilih penjual. Dua syarat utama yang saya tetapkan dan tidak bisa ditawar. Pertama, rating toko wajib minimal bintang 4.9 dari skala 5.0. Kemudian yang kedua, jumlah pengikut haruslah banyak puluhan ribu hingga ratusan ribu, kalau ketemu yang punya jutaan pengikut akan lebih mantap. Mengapa demikian? penilaian bintang 4.9 dari pembeli berarti secara umum produk dan layanan bagus. Begitu juga, jika followernya tinggi berarti sellernya baik. Logikanya, tidak mungkin orang berbondong-bondong menyukai sesuatu yang jelek bukan? 

Selain dua kriteria diatas, tak lupa saya juga membaca review-review mereka yang sudah pernah membeli. Pendapat dan pengalaman mereka sangat berguna bisa jadi buat pertimbangan. Saya juga memilih seller yang mayoritas reviewnya juga bagus. Nah, yuk intip rekomendasi toko jam tangan online terpercaya dibawah ini mana tahu ada yang bikin kamu cocok dan yakin buat belanja :


1. Orologi Official Store, pengikut 125 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Toko jam tangan online terpercaya pertama yang saya favoritkan adalah Orologi. Toko dengan jumlah produk di etalase sekitar 581 jenis pilihan ini memiliki performa chat yang hampir sempurna yaitu 98 %. Orologi sudah 6 tahun bergabung membuka cabang online di Shopee dengan pengiriman berasal dari Kota Jakarta Utara. Terdapat beberapa kategori dan etalase khusus untuk memudahkan pencarian koleksi produk diantaranya couple watch, jam tangan wanita dan jam tangan pria. 

Selain jam tangan, seller juga menjual produk lain seperti gelang tangan dan bangle, aksesoris dan kalung wanita. Disamping itu, juga tersedia kebutuhan tambahan bagi yang membutuhkan kotak perhiasan, paperbag dan gift wrap. Asyik banget ya kalau beli kado jam tangan untuk pasangan disini karena bisa sekalian ada layanan bungkus kadonya. 

Jadi pas paket datang saya tidak perlu takut lagi doi bakal yang terima paket dari kurir dan membuka isi paket karena sudah dibungkus kado. Apalagi juga tersedia kartu ucapan ulang tahun sekalin disini. Salah satu poin kelebihan dari seller ini adalah desain jam tangan yang beragam sehingga konsumen lebih leluasa dalam memilih. 

Misalnya, ada strap yang terbuat dari silicon, kulit dan stainless steel. Kemudian dari bentuk jamnya ada yang bulat, persegi dan sedikit lonjong. Oya, sedikit informasi mengenai water resistant mungkin ada teman-teman yang belum mengetahui. Ketahanan air masing-masing jam tangan berbeda satu sama lain dipengaruhi oleh brand dan seriesnya.

Kadang-kadang walau satu merk pun bisa berbeda. Begitu juga jam tangan yang dijual di Orologi ini, saya perhatikan ada yang memiliki ketahanan air 1 ATM, 3 ATM maupun 5 ATM. Makin tinggi ATM nya makan makin bagus kualitas ketahanan airnya. Jangan lupa memahami spesifikasi produk sebelum membeli karena informasi di deskripsi dari seller sudah sangat jelas sekali baik tentang warna, ukuran, diameter, mesin, material hingga soal garansi. 

Diantara produk yang termasuk laris manis dibeli disini yaitu jam tangan wanita analog panmila layar cream, jam tangan pria casual sport tali karet silikon crocodile, jam tangan wanita original mewah kasual, eyki jam tangan sport pria dan sebagainya. Produk tersebut dibanderol beragam mulai dari Rp 189.000 hingga Rp 3.600.000. 


2. Julius Official Shop, pengikut 110 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Bagi teman-teman yang suka dengan segala yang berbaur korean style atau korean look, maka saya rekomendasikan seller ini. Yup, perlu diketahui kalau jam tangan merk Julius merupakan produk import khususnya brand dari Korea sono. Ketika kamu membeli, maka produk akan dikirim langsung dari warehouse Julius Indonesia. Jadi, tidak langsung pengiriman dari luar negeri ya guys. 

Berhubung produk dijual oleh Julius Indonesia resmi, maka semua produk dijamin 100 % original. So, tidak perlu khawatir kalau mau belanja. Seller yang sudah 23 bulan terakhir aktif berjualan di Shopee ini memiliki tingkat performa chat 95 % disamping penilaian bintang 4.9 dari skala 5.0. 

Hal tersebut menandakan bahwa dari segi layanan dan kualitas produk sudah bagus.  Keunggulan produk Julius salah satunya terletak pada desain yang unik. Khusus jam tangan cewek memiliki kesan sederhana, imut, cantik dan elegan banget. Tidak heran kalau pembeli setianya mayoritas kaum hawa ya guys. 

Begitu juga dengan produk terlaris yang cenderung ditempati jam tangan wanita. Walaupun begitu, sebenarnya brand Julius ini tidak hanya menawakan arloji wanita tetapi juga tersedia koleksi jam tangan pria. Hanya saja jumlah pilihan jam tangan wanita jauh lebih banyak. Dari 150 an total produk yang dipajang di etalase, sekitar 90 % merupakan produk yang ditujukan untuk wanita. 

Saya salfok sama jam tangan Julius wanita original JA-979 yang memiliki desain unik, lucu dan imut-imut. Saya jatuh hati karena modelnya simple tapi terlihat elegan dan mewah. Disamping itu, ukurannya sesuai untuk tangan kecil seperti saya karena memang terbuat dari tali yang agak kecil. Jam tangan tersebut sudah terjual lebih dari 10.000 pcs dan difavoritkan oleh 92.000 orang. Wow banget ya. 

Keunggulan lain adalah sudah tersedia garansi 1 tahun. So, ketika membeli maka otomatis akan mendapatkan jam tangan Julius + box, kartu garansi, paper bag Julius dan free 3 pcs gift. Nah, untuk bonus 3 pcs ini hadiahnya bersifat acak sesuai persediaan dan selama masih ada. Kalau tertarik, yuk buruan checkout guys mumpung lagi ada bonusnya. 


3. Parlent Official Store, pengikut 311 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Seller kedua ini saya favoritkan karena juga memenuhi syarat yaitu memiliki pengikut yang banyak ratusan ribu orang, rating bagus dan tingkat performa chat juga hampir sempurna 99 %. Mayoritas review pembeli pun baik. Sekedar informasi, Parlent ini merupakan sebuah brand jam tangan asal lokal tetapi sudah mendunia. 

Walaupun usianya terbilang masih muda, baru berdiri sejak tahun 2017. Sepak terjangnya sudah seperti brand terdahulu saja. Pertumbuhan bisnisnya termasuk cepat lho. Tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, jam tangan produksi Parlent telah di ekspor ke luar negeri ke 45 negara. 

Tidak tanggung-tanggung, Parlent memiliki garansi International dan saat ini Parlent juga sudah memiliki 3 cabang toko yaitu Jakarta, Kuala Lumpur dan New York City.  Khusus di Shopee, Parlent baru bergabung membuka cabang sejak 3 tahun terakhir. Walaupun tergolong baru di e-commerce orange, tokonya mengalami pertumbuhan yang lumayan pesat. Jam tangan keluaran Parlent telah berhasil terjual ratusan hingga ribuan pcs per serinya. 

Saat saya menulis artikel ini, saya menemukan sekitar 143 jenis pilihan produk yang ditawarkan. Jumlah total tersebut kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori yang lebih rinci seperti phantom series, couple watch, parlent for her, strap watch, jewerly, essential, box watch, jam tangan automatic, jam tangan quartz, prime series dan wavemaster series. 

Dari berbagai series tersebut, terdapat 10 produk best seller yaitu jam tangan pria parlent gallant vortex steel, jam tangan pria parlent gallant lite, jam tangan pria parlent aragon, jam tangan pria parlent phoenix, jam tangan pria parlent diego, jam tangan pria parlent charleston, jam tangan pria parlent palladium arctic, jam tangan pria parlent graphite steel black dan jam tangan couple gallant & gallant femme. 

Jam tangan Parlent dijual dengan harga beragam mulai dari Rp 490.000 hingga Rp 2.348.000. Harga termahal ini merupakan produk jam tangan couple gallant & gallant femme. Jam tangan non couple termahal adalah jam tangan pria parlent equilibrium yang dibanderol seharga Rp 2.099.000. Nah, bagaimana tertarik dengan jam tangan ini? Oya, sekarang lagi ada voucher diskon lho yaitu diskon 5 rb, 10 ribu dan 25 ribu. Lumayanlah banget. 

4. Machtwatch, pengikut 602 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Seller jam tangan ini saya percaya karena pengikutnya hampir 500.000 orang, ratingnya 4.9 dan memiliki performa chat juga 100 %. Hal utama yang paling penting banget adalah seller menjamin semua produk original dan bergaransi bahkan diberikan informasi bagaimana langkah-langkah klaim garansi. 

Sekedar informasi, garansi terbagi dua ya teman-teman. Ada garansi resmi dari brand dan ada garansi toko. Kalau garansi resmi maka bisa langsung datang ke service center resmi merk yang bersangkutan. Kalau garansi toko dapat langsung datang ke service center Machtwatch. Nah, seller ini juga menyediakan layanan return asalkan ada video unboxing ya guys. 

Untuk syarat unboxingnya dan klaim garansi lihat detailnya di informasi toko ya biar tidak salah paham. Jika begini, rasanya menjadi lebih tenang ya kalau mau belanja disini. Selain itu, Machtwatch bukan penjual baru melainkan sudah 7 tahun aktif berjualan di Shopee. Hal ini menjadi salah satu bukti kalau penjual beneran terpercaya. 

Soalnya ada di google yang mencari informasi apakah Machtwatch ini penipu? Menurut saya jawabannya mudah banget. Kalau menipu pastilah ada yang melaporkan dan tidak akan bertahan sampai saat ini. Dimana-mana kalau penjual melakukan pembohongan dan penipuan masal pastilah para korban tidak akan tinggal diam. 

Kemudian cobalah perhatikan penilaian pembeli secara detail apakah mereka ada yang merasa tertipu atau tidak. Berdasarkan review pembeli  yang saya baca sih sejauh ini tidak ada masalah ya guys. Cuma semuanya kembali kepada dirimu sendiri, ini hanya bersifat informasi. Keputusan belanja mutlak di tangan teman-teman. Nah, Saya masukkan seller ini ke daftar karena sangat lengkap, dari jam tangan murah hingga mahal ada disini. Penjual mengklaim sebagai #1 watch store di Indonesia dan menjual jam tangan original lebih dari 100 brand ternama. 

Mulai dari casio, fossil, guess, seiko, adidas, alba, SKMEI, calvin klein, daniel wellington, alexandre christie dan sebagainya. Pilihan harga juga lengkap bisa disesuaikan dengan budget yang dipunya mulai dari Rp 92.000 hingga Rp 932.000.000. Kalau yang termurah ini ditempati oleh jam tangan SKMEI 1230BU digital dial blue karena  lagi ada promo diskon 46 % ya guys. Kemudian harga termahal 932 juta atau hampir 1 milyar ini ditempati oleh jam tangan pria Rolex Daydate. Seller ini termasuk aktif membagikan promo. Saat ini saya menemukan ada sekitar 6 voucher diskon yang dapat diklaim. 


5. Meili Watch, pengikut 40 ribu dan rating 4.9 pria wanita (link toko)


Toko terakhir yang saya masukkan ke dalam daftar ini adalah Meili Watch yang dikenal juga dengan nama akun jam tangan grosir termurah. Sesuai dengan namanya, toko ini merupakan salah satu toko jam tangan terbesar. Saat saya berkunjung, saya dibuat terkaget-kaget karena ternyata jumlah koleksi produk yang dipajang di etalase mencapai 2.100 jenis produk. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dari semua toko yang ada didaftar ini. Mengapa jumlah produknya begitu banyak? Hal ini karena Meili Watch ini merupakan toko dari Surabaya jam yang menjual berbagai merk. So, bukan brand ya melainkan penjual yang sudah 6 tahun membuka cabang online di Shopee. 

Beberapa diantara merk jam tangan yang ditawarkan yaitu jam tangan marc jacob, jam tangan coach edifice, jam tangan DW, jam tangan Tory Burch, jam tangan olivia burton, swiss army, jam tangan rolex, jam tangan edifice, jam tangan DW, jam tangan tory burch, jam tangan olivia burton, jam tangan aigner, jam tangan bonia, jam tangan GC, jam tangan guess, jam tangan coach, jam tangan fossil, jam tangan jonas jasmin dan jam tangan MK. Kalau diperhatikan secara seksama merek-merk diatas merupakan brand jam tangan import yang populer ya guys. Lumayan banyak koleksinya. Saat saya menulis artikel ini  terdapat sekitar 15 brand yang dijual dan bisa dipilih pembeli. Sangat leluasa deh memilih, cocok buat yang nyari jam tangan branded. 

Jam tangan dengan berbagai merk tersebut dibanderol dengan harga beraneka ragam pula. Tergantung brand, spesifikasi dan seriesnya. Untuk jam tangan termurah ditempati jam tangan jonas jasmin dengan harga mulai dari Rp 125.000. Sementara, produk termahal adalah jam tangan seiko type SPB143 automatic seharga Rp 16.000.000. Disamping jam tangan, seller juga menyediakan berbagai strap bagi yang membutuhkan strap saja. Beberapa produk terlaris yaitu jam tangan coach rosegold original Rp 360.000, jam tangan guess karet ladies Rp 569.000, jam tangan guess Rp 570.000, jam tangan michael kors Rp 660.000 dan jam tangan MK for man Rp 665.000. 


***

Nah, demikianlah rekomendasi toko jam tangan online terpercaya berdasarkan riset sederhana saya. Semua yang ada di daftar tersebut saya ambil dari marketplace Shopee ya guys. Kebetulan, saya memang salah satu pelanggan setia e-commerce orange. Semoga teman-teman mantap menetapkan pilihan dan sudah tidak takut lagi belanja daring. Saya juga merasakan hal tersebut di awal-awal tahun 2014 silam, saat saya pertama belanja online. Terlebih saya berasal dari ekonomi yang pas-pasan alias budget sangat terbatas. Kalau tertipu habislah sudah, tidak ada uang lagi 😀

Setelah hampir 10 tahun aktif belanja online alhamdulillah mayoritas aman tapi memang ada beberapa yang kurang sesuai harapan. Kekecewaan saya penyebabnya sih sering karena kesalahan diri sendiri. Ingin punya produk bagus dengan harga paling murah padahal harga sesuai kualitas. Kalau mau yang berkualitas bagus, mau tidak mau harus berani membeli yang sedikit bermerk. Minimalnya brand lokal. Misalnya jam tangan eiger, bisa dibeli langsung di toko resminya. Bisa membaca tulisan saya 5 Official Store Jam Tangan di Shopee ya. 

Secara umum seller yang masuk dalam daftar rekomendasi toko jam tangan online terpercaya diatas sudah memenuhi dua syarat utama yang saya informasikan di awal tulisan ini. Pengikutnya banyak dan penilain pembeli mayoritas juga bagus-bagus. Jika ada sebagian kecil pengalaman buruk maka menurut saya tidak bisa menjadi pegangan juga karena kita harus melihat kepada pesentase besar. Kalau 90 % pengalaman pembeli bagus berarti memang bagus. Seperti yang saya sampaikan bahwa tidak ada seller yang sempurna. Pastilah ada saja kekurangannya jika dicari apalagi kalau konsumen menilai secara subjektif. So, semuanya kembali ke tangan teman-teman sendiri ya []