5 Rekomendasi Toko Xiaomi di Shopee, Original dan Terpercaya

Halo guys, semoga sehat selalu dan makin murah rezeki ya. Pada kesempatan ini saya mau sharing informasi dan rekomendasi toko xiaomi di Shopee yang original dan insaallah bisa dipercaya penjualnya. Saya sangat memahami bahwa sebagai konsumen pasti ada rasa khawatir dan was-was kalau membeli barang elektronik secara online. Saya sendiri pun juga pernah mengalami hal ini terlebih kalau harga barang sedikit lebih mahal semisal jutaan. Takut penjual tidak amanah misalnya menjual produk palsu atau kondisi barang yang tidak baru bahkan mungkin mengirimkan barang yang sudah rusak. Terlebih ada beberapa berita dan laporan di media konsumen tentang  penjual fiktif yang memang bertujuan mencari korban. 

Belanja online sebenarnya aman-aman saja asalkan membelinya di toko yang memang bisa dipercaya, bukan penjual penipu. Banyak orang yang belanja puluhan juta secara online tidak ada masalah. Saya juga sudah hampir 10 tahun belanja online juga alhamdulillah baik-baik saja. Kunci utamanya kita harus menemukan toko yang terpercaya. Saya biasanya mencari toko official resmi dari merk produk yang mau dibeli ataupun distributor resmi. Tak lupa saya juga teliti berapa jumlah pengikutnya, tingkat rating dan review pembeli. Nah, dari sekian banyak penjual, saya menemukan 5 seller yang memenuhi kriteria dan syarat. Kelima toko ini sudah mendapatkan penilaian bintang 4.9 dari pembeli. Tanpa berlama-lama, yuk cek rekomendasi toko xiaomi di Shopee dibawah ini : 

 

1. Xiaomi Official, pengikut 2 juta dan rating 4.9 (link toko)

Bagi kamu yang baru pertama membeli hape secara online, saya sarankan agar belanja langsung di Xiaomi Official Store. Kalau sudah membeli langsung di toko resminya maka hati menjadi lebih tenang dan tidak perlu takut lagi kena tipu. Sudah jutaan orang yang telah berhasil membeli disini dengan aman dan nyaman. Produknya sudah pasti dijamin asli dan original ya guys. Begitu juga dengan garansinya yang juga resmi. Kurang lebih samalah seperti saat kita membeli hape offline di distributor resmi di kota dekat rumah. Gerai-gerai yang tersebar di seluruh kota itu merupakan perwakilan cabang. Nah, kalau di online, akun toko resmi brand xiaomi dikelola langsung oleh Xiaomi Indonesia atau pusat. Hanya ada satu official store yang cabangnya ada berbagai e-commerce.  

Khusus official store xiaomi di Shopee sudah beroperasi 5 tahun terakhir, diikuti oleh lebih dari 2 juta orang dengan pengiriman dari Kota Jakarta Utara. Saat berkunjung, saya menemukan ada sekitar 270 jenis produk yang dipajang di etalase toko. Jumlah tersebut merupakan total keseluruhan produk yang kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa kategori yang lebih rinci. Diantara kategori tersebut yaitu xiamo best deals, xiaomi new product, xiaomi smartphone, redmi smartphone, poco smartphone, xiaomi smart TV, xiaomi wearables & audio, xiaomi smart life dan xiaomi accesories. Dari semua kategori tersebut, produk smartphone memang mendominasi dan juga merupakan produk paling diburu oleh konsumen dari seluruh tanah air. 

Kalau melihat spesifikasi dan desain produk hape xiaomi yang keren-keren dengan harga yang ramah di kantong, rasanya ingin beli hape buru nih guys. Dibanding dengan brand lain memang lebih murah sih dengan spek yang tidak kalah bagus. Misalnya ada produk xiaomi redmi A1 dengan penyimpanan 2+2/32 GB dan 2+3/32 GB dibanderol sekitar Rp 1.119.000 - Rp 1.219.000. Cocok banget buat siswa dan mahasiswa yang membutuhkan hape untuk mendukung proses belajar. Juga buat mereka yang butuh smartphone dengan budget terbatas. Sedangkan harga termahal ditempati oleh produk xiaomi 12 pro 12/256 GB seharga Rp 12.999.000. Produk-produk xiaomi termasuk laris manis karena telah terjual puluhan ribu hingga ratusan ribu per produknya. Kalau ditotal ya sudah jutaan terjual. Semua pembelian mendapatkan garansi resmi dengan masa berlaku 15 bulan. 


2. Borneo_cell88, pengikut 14,7 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Seller berikutnya yang menjual hape xiaomi secara online di e-commerce orange yang menurut saya bisa dijadikan pertimbangan adalah Borneo cell88. Saya memfavoritkan dan yakin dengan toko ini karena dengan lantang berani mengatakan kalau barang yang dikirim dijamin original 100 %, jika terjadi kerusakan akan diganti atau return dan jika terbukti barang palsu atau tidak original maka seller berani mengganti 10 kali lipat dari harga. Sesuai dengan namanya, teman-teman mungkin mengira kalau penjual ini merupakan salah satu konter hape yang berasal dari Borneo. Namun, sebenarnya seller ini berasal dari Kota Bogor. Yah, bisa jadi memang orang Borneo yang merantau ke Jawa Barat ya guys. He.

Poin lain yang membuat saya percaya toko ini adalah dari pengalaman mereka yang sudah pernah membeli. Mayoritas mengatakan kalau sellernya memang amanah, baik dan ramah. Ditambahkan kalau produk dikirim sesuai dengan yang di order. Rasanya tidak mungkin dong kalau orang berbohong berjamaah dalam menilai sebuah toko. Pastinya kalau mayoritas penilaian bagus, berarti secara umum memang bagus walau ada kekurangan tertentu yang tidak prinsipil. Misalnya, ada beberapa catatan dari pembeli yang paketnya datang dalam keadaan dus penyok sedikit tetapi tidak berpengaruh pada hapenya.

Mayoritas mengatakan kalau packing aman bahkan ada yang mengaku diberikan free packing yang sangat aman padahal dia tidak menambahkan beli packing tambahan. Yup, seller ini juga menyediakan packing tambahan dus dan bubble di link berbeda. Biasanya kerusakan dus tidak semata oleh pengirim tetapi juga dipengaruhi oleh faktor layanan ekspedisi. Seperti konter hape kebanyakan, produk yang dijual oleh Borneo Cell88 ini juga beraneka ragam jenisnya. Selain ada hape, ada casing & skin, tablet, TV dan aksesoris. Nah, kebetulan sekali pas saya berkunjung saya melihat kalau hape xiaomi merupakan produk paling laris disini. Estimasi saya, sekitar 90 % produk bestseller merupakan xiaomi diantaranya xiaomi redmi note 11, xiaomi poco X3, xiaomi redmi 9A, xiaomi pocoC40, xiaomi redmi 10 dan sebagainya. 


3. Global Teleshop, pengikut 26 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Konter hape online berikutnya yang dapat menjadi salah satu alternatif bagi yang berencana membeli xiaomi adalah global teleshop. Seller yang bergabung dalam Shopee Mall ini mulai aktif jualan sejak 6 tahun silam. Awalnya saya pikir toko yang baru membuka cabang online eh ternyata sudah tergolong lama juga. Malah ini bisa menjadi poin plus membuat kita semakin yakin kalau sellernya beneran bisa dipercaya. Sudah lama jualan dan mampu mempertahankan rating bintang 4.9 dari skala 5.0 dari pembeli. Apalagi kalau memperhatikan persentase performa chatnya yang mencapai 97 %. Hampir sempurna sebagai tanda kalau seller lumayan aktif melayani pesan dari pembeli maupun calon buyer. 

Ketika berkunjung saya juga sempat salah fokus melihat ternyata jumlah produk yang dipajang di etalasenya ada sekitar 300 lebih pilihan. Kalau dipikir-pikir, untuk sekelas konter hape mungkin termasuk lumayan banyak koleksiannya ya. Lumayan padatlah isi tokonya. Sejauh ini, selain xiaomi, ada hape lain yang ditawarkan seperti samsung, oppo dan vivo. Hanya saja 3 dari 5 produk paling laris ditempati oleh xiaomi. Inilah alasan lain mengapa saya tertarik memasukkan Global Teleshop ke dalam daftar rekomendasi ini. Saya teliti satu persatu, jumlah penjualan xiaomi disini tergolong lumayan tinggi juga. Soal harga juga sangat bersaing dimana dijual mulai dari Rp 1.139.000 hingga Rp 12.899.000. 

Tidak hanya itu, review yang ditinggalkan para pembeli di kolom penilaian produk juga mayoritas bagus-bagus. Mereka mengatakan kalau packing aman, barang sampai dengan selamat, produk berfungsi dengan baik, kotaknya masih tersegel, isi box lengkap dan lain-lain. Tak jarang yang menegaskan kalau puas belanja disini. Oya, semua hape xiomi yang dijual sudah dilengkapi garansi resmi xiaomi Indonesia ya guys. Begitu juga dengan Imei terdaftar di Keminperin. Terakhir, kalau teman-teman tertarik belanja disini jangan lupa pahami syarat dan ketentuan yang telah diinformasikan di halaman deskripsi. Hal ini sangat penting diperhatikan dengan serius apalagi terkait dengan tata cara return. 


4. JA.id, pengikut 14 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Rekomendasi toko xiamo di Shopee
selanjutnya adalah JA.id. Sama dengan dua toko sebelumnya, JA.id juga merupakan konter hape online yang menjual berbagai produk. Diantara merek hape yang ditawarkan yaitu xiaomi, vivo, oppo, infinix, realme dan samsung. Disamping smartphone, juga tersedia produk elektronik lain seperti laptop, headset, mouse, jelly case, kabel data, tongsis, adapter, kabel extension, tinta refill, kabel power, charger dan masih banyak lagi. Total keseluruhan produk per artikel ini ditulis ada sekitar 570 jenis koleksi yang dapat dipilih oleh pembeli. Hm, sepertinya barang pajangan toko lumayan padat ya guys. 

Seller yang berasal dari Kota Metro ini tak hanya aktif berjualan daring tetapi sebelumnya sudah memiliki toko offline. Tak heran kalau seller menerima sistem COD ke toko langsung dengan pembayaran di toko offlinenya dengan spaylater. Asyik bukan? Bagi teman-teman yang berada di Kota Metro dan memiliki waktu, saran saya sebaiknya datang beli langsung ke toko saja. Tentunya jauh lebih leluasa untuk memilih produk dan mencobanya langsung. Tidak perlu juga menunggu paket datang karena langsung bisa dibawah pulang. Beli online bagusnya buat mereka yang memang tidak sempat datang ke toko offline atau mereka yang berada di luar kota.  

Jika kamu tertarik belanja disini dan tinggal di kota berbeda, seller sudah menyediakan layanan free packing bubbe dan dus untuk setiap pembelian unit hape dengan pengiriman keluar kota. Tidak dikenakan biaya tambahan untuk packing esktranya. Pembelian hape baik secara offline maupun online juga sudah termasuk garansi resminya. Sementara garansi toko berlaku 1x24 jam setelah barang diterima. Barang original dan diberi jaminan uang kembali jika tidak asli dan resmi. Nah, uniknya ada dua pilihan saat membeli hape. Ada yang full bonus dan no bonus. Kalau full bonus, selain hape akan mendapatkan jely case, headset robot, ring dan gurita. Khusus untuk xiaomi, sudah berhasil terjual puluhan hingga ratusan pcs dengan mayoritas penilaian pembeli 4.9 dari skala 5.0. Artinya, seller ini termasuk salah satu yang bisa dipercaya dan amanah. 


5. Doran Gadget, pengikut 39 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Sebenarnya jika diurutkan dari segi jumlah follower, setelah rekomendasi pertama saya xiaomi official shop, maka toko ini yang seharusnya saya letakkan di posisi nomor dua. Hanya saja saya urung lantaran setelah saya teliti ternyata jumlah produk xiaomi yang dijual disini tergolong paling sedikit dibanding toko lain yang masuk dalam daftar ini. Sekilas kalau diperhatikan, Doran Gadget memang termasuk toko besar karena memiliki total keseluruhan produk yang mencapai 1.000 jenis. Total koleksi tersebut dipajang di etalase ke dalam berbagai kategori. Hm, lumayan panjang lho kategorinya seperti xiaomi phone, xiaomi ecosystem, samsung mobile, samsung wearable dan lain-lain. 

Mayoritas produknya bukan hape tetapi produk-produk kebutuhan penunjan elektronik lain seperti printer, tinta, modem, mouse, keyboard, webcam, headset, kartu memory, flashdisk, charger, speaker, webcam, adaptor hingga masker dan vitamin. Produk flashdisk dan micro sd merupakan dua produk bestseller paling laris disini dengan penjualan ribuan pcs. Dari 30 produk paling populer di halaman pertama, hanya 7 produk diantaranya yang hape yaitu 3 hape xiaomi dan 4 hape merk samsung. So, memang bukan hape penjualan terbanyaknya. Walaupun begitu tidak ada salahnya dijadikan salah satu alternatif untuk membeli xiomi karena berdasarkan review yang ada, sellernya terpercaya. Produk disertai garansi resmi dan packingnya aman. 

Apalagi kalau kamu mau beli flashdisk atau micro sd, cocok banget disini bisa sekalian. Tidak perlu ribet pindah-pindah toko lebih hemat waktu dan uang juga. Saat ini ada sekitar 9 jenis koleksi hape xiaomi di Doran Gadget yaitu xiaomi poco x5, xiaomi Mi 12 Lite, xiaomi redmi 10, xiaomi redmi 11, xiaomi poco F4, xiaomi poco M5s, xiaomi redmi 10C, xiaomi poco M5 dan xiaomi redmi note 11 Pro. Produk-produk tersebut ada yang sudah terjual satuan, puluhan hingga ratusan pcs. Kelebihan belanja hape xiaomi disini adalah setiap pembelian diberikan bonus free Jete. Terakhir, seller yang berasal dari Kota Surabaya ini bukanlah star seller melainkan Shopee Mall, sudah 4 tahun belakangan aktif jualan di Shopee dengan penilaian pembeli 4.9 dari skala 5.0. 


***

Nah, demikianlah rekomendasi toko xiaomi di Shopee yang saya tulis pada kesempatan ini. Selain wajib belanja di toko yang terpercaya, saat membeli produk elektronik secara online, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar belanja nyaman dan sesuai harapan. Hal utama yang tidak kalah penting adalah pastikan packingnya safety. Cobalah cek video dan foto unboxing di review pembeli seperti apa kondisi packing produk apakah aman atau tidak. Jangan segan-segan menghubungi seller jika ingin menambahkan packing extra seperti pakai kayu, dus dan bubble wrap yang double. Kadang-kadang seller juga menjual layanan packing ekstra. Tidak apalah mengeluarkan uang sedikit lebih demi safety. 

Tidak lupa juga pastikan sudah memilih jasa ekspedisi yang bagus dan bisa dipercaya juga. Untuk mengantisipasi masalah di ekspedisi sangat disarankan agar menambahkan asuransi saat pembelian. Biar kalau ada apa-apa, nanti bisa melakukan klaim ganti rugi. Terutama bagi teman-teman yang khawatir ketemu kurir nakal yang sengaja menghilangkan barang misalnya. Walaupun saya sendiri sejauh ini belum pernah kejadian. Usahakan memilih jasa ekspedisi yang memang sudah lama langganan. Semoga informasi dan rekomendasi toko xiaomi di Shopee diatas bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan bagi teman-teman semua. []