5 Official Store Jam Tangan di Shopee Terfavorit dan Terpopuler 2024

Belanja online langsung di official store jam tangan di Shopee menurut saya merupakan pilihan tepat dan terbaik. Saya sudah beberapa kali beli jam dan hasilnya tidak memuaskan. Karena terjebak pada foto produk yang bagus tapi pas paket diterima tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Baru sampai saja sudah ada minus apalagi dipakai beberapa hari ada saja yang sudah rusak. Copot sana sini. Banyak banget jam yang ditawarkan dengan foto bagus, merek branded yang sekilas seperti asli tapi ternyata produk imitasi. Hati-hati ya teman-teman jangan sampai terjebak seperti saya. Apalagi kalau katanya arloji bermerek terkenal tetapi dijual dengan harga murah meriah, ini patut dipertanyakan keasliannya.

Tidak sekali dua kali saya gagal mendapatkan arloji terbaik. Kemaren jam tangan suami yang mengalami hal sama, hasilnya juga diluar harapan. Ini suami sudah merencanakan membeli jam tangan yang baru lagi. Setelah saya pikir-pikir, mendingan kami membelinya di official store jam tangan di Shopee saja. Tidak khawatir lagi terjebak produk palsu karena kalau di toko resmi pasti original. Tidak perlu diragukan lagi keasliannya. Nah, untuk itu saya melakukan riset di e-commerce orange penjual arloji yang memang produsen dan distributor resmi dari brand tertentu. Saya berhasil menemukan 10 lebih toko tetapi kemudian saya hanya mengambil 5 toko saja yang paling banyak pengikutnya dan rating bagus minimal 4.9. Dengan kata lain paling populer, paling difavoritkan dan tentunya paling laris juga.


1. Eiger Official Shop, pengikut 3,6 juta dan rating 4.9 (link toko)


Siapa sih yang tidak kenal dengan brand ini, merek lokal ini sudah sangat populer di tanah air dan manca negara. Dulunya saya pikir Eiger khusus menjual sendal gunung saja karena banyak sekali yang memakai. Tak terkecuali suami juga nyaman dengan sandal buatan Eiger. Namun ternyata produk yang dijual lengkap baik itu sendal, sepatu, tas, topi hingga jam tangan. Semua produknya keren-keren abis dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Saya juga pernah berpikir produk Eiger ini ditujukan untuk kaum adam saja tetapi ternyata juga digemari oleh kaum hawa. Ada juga jam tangan wanita yang menarik disini. Awal kenal Eiger saya mendapati toko-toko offline khusus di berbagai kota. Beberapa tahun terakhir Eiger sudah membuka cabang online sehingga lebih memudahkan. 

Di Shopee, Eiger tercatat sudah 6 tahun aktif berjual beli. Enaknya karena langsung dari pusat di Bandung jadi ya lebih lengkap dari store offline di daerah-daerah. Nah, jam tangan Eiger merupakan salah satu produk yang laris diburu oleh konsumen di seluruh tanah air. Menurut saya hal ini karena dari segi harga lumayan terjangkau, masih bisalah untuk mereka yang kantong pas-pasan bahkan level mahasiswa sekalipun. Meski tidak semahal jam branded keluaran luar negeri alias import tetapi kualitasnya tidak kalah bersaing. Keunggulan lain arloji Eiger adalah desain yang mayoritas sport sehingga menimbulkan kesan enerjik dan macho. Rata-rata desainnya simple tetapi elegan banget. 

Saat saya menulis artikel ini, terdapat sekitar 25 jenis koleksi jam tangan Eiger yang masih ready di etalase. Sebagian produk sudah habis dan digudangkan ya guys. Walaupun jumlah ini tidak seberapa dibandingkan dengan total keseluruhan produk yang mencapai 3.500 jenis tetapi tingkat penjualan jam tangannya tergolong tinggi. Ke 25 koleksi jam tangan tersebut telah terjual ratusan hingga ribuan pcs. Harga sangat ramah di kantong, mulai dari Rp 309.000 hingga Rp 1.189.000. Harga termurah ditempati oleh produk eiger blanca mdw watch  dan termahal adalah eiger princeton macw wact black. Eiger touch digi typ11528-01 watch, eiger lcd watch yp 11538, eiger jam digi yp11524-01 watch, eiger provo watch dan eiger ataca 4.1 watch merupakan lima produk terlaris. 


2. Elizabeth Official Shop, pengikut 646, 3 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Seller resmi berikutnya ini menjual produk jam tangan wanita maupun pria yang tidak kalah menarik dibanding yang lain. Brand Elizabeth pasti juga sudah banyak diantara teman-teman yang kenal seperti merk populer lainnya. Bergabung membuka cabang sejak 6 tahun silam, Elizabeth telah berhasil mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat. Kualitas dan layanannya sudah tidak perlu lagi diragukan. Insaalllah bisa dipercaya dan amanah. Saya kaget lho, pas saya berkunjung jam 4 pagi ternyata akun toko onlinenya di Shopee sudah mulai aktif beroperasi. Hal ini menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi saya. Jarang sekali saya menemukan ada penjual seperti ini. Seller dengan pengiriman dari Kota Cimahi ini memang layak mendapatkan apresiasi berupa penilaian positif dari pembeli. 

Tidak hanya penilaian toko keseluruhan yang baik namun review produk-produk jam tangannya pun mayoritas hampir sempurna, bagus. Oya, berhubung Elizabeth ini merupakan brand fashion yang menjual berbagai kebutuhan maka jumlah koleksi dan kategori produknya sudah pasti banyak. Untuk melihat koleksi jam tangan, maka teman-teman perlu mengklik etalase khusus jam tangan. Atau kalau mau lebih gampang, ketik saja kata kunci jam tangan di fitur pencarian di tokonya agar yang keluar cuma semua produk jam tangan saja. Bukan ngapain, terdapat sekitar 2.900 produk disini dan kalau pertama masuk di halaman beranda pasti akan membingungkan karena campur-campur barang yang muncul. 

Khusus di etalase jam tangan, saya menemukan sektar 300 an jenis koleksi yang dapat dipilih. Jam tangan Elizabeth -Julina, jam tangan elizabeth-Agata, jam tangan elizabeth-kavya, jam tangan elizabeth chain strap series dan jam tangan elizabeth strap galatea merupakan 5 produk dengan penjualan teratas. Kelimanya paling laris dan diburu konsumen. Harga arloji Elizabeth ditawarkan lumayan terjangkau mulai dari Rp 210.000 hingga Rp 470.000. Menurut saya ini benar-benar lebih ramah di kantong ya karena sebagian brand terkenal biasanya harganya jutaan hingga puluhan juta. Dengan kualitas dan harga ratusan ribu seperti arloji Elizabeth, teman-teman sudah bisa tampil stylist dan trendy. Kalau saya lebih suka membeli yang harganya sedikit lebih murah tapi sering gonta ganti karena kadang bosan kalau punya produk satu saja dalam jangka waktu lama. 


3. Guess Official Store, pengikut 389,1 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Wew, akhirnya sampai juga di seller resmi yang terakhir. Saya excited banget lho berhasil menemukan official shopnya brand Guess di Shopee. Ternyata dari semua seller di daftar ini, Guess lah yang paling banyak jumlah koleksiannya. Terhitung ada sekitar 3.300 produk di etalasenya yang dibagi ke dalam berbagai kategori yang lebih detail. Tidak jauh berbeda dengan seller lain, merk Guess ini juga tidak fokus menjual jam tangan saja melainkan juga menyediakan produk fashion lainnya. Menurut saya etalasenya sangat rinci sekali, setelah kategori masih ada sub kategori lagi. Baru pertama sih saya menemukan toko yang termanage rapi dan punya pengelompokkan yang detail seperti ini.  Misalnya ada etalase Guess Woman yang terdiri dari t-shirt, blouse, tanktop, dress, jeans, sweater, skirt dan sebagainya. Begitu juga dengan Guess Man dan Guess Kids. 

Khusus etalase jam tangan terdapat dua yaitu Guess Watches yang memiliki sekitar 350 jenis koleksi pilihan. Kemudian ada juga etalase GC Watches yang terdiri dari sekitar 60 jenis koleksi. Apa perbedaannya? Soal harga, untuk GC Watches saya perhatikan harganya lebih mahal lagi, mulai dari Rp 2.899.000 hingga Rp 9.269.000. Sementara itu, Guess Watches tergolong lebih rendah mulai dari Rp 1.349.000 hingga Rp 6.200.000. Brand ini memang khusus untuk kalangan menengah ke atas ya guys. Kalau yang dompetnya seperti saya sih belum mampu buat beli yang beginian 😁. Saya paling sanggup beli jam tangan branded yang ekonomis seperti eiger, berrybenka, elizabeth maupun casio yang harganya masih ada ratusan ribu. 

Sepertinya begitu juga dengan mayoritas keuangan masyarakat Indonesia tercinta ini ya. Soalnya, jumlah penjualan jam tangan guess ya tidak serame brand-brand sebelumnya. Karena harganya tadi yang segelintir orang yang mampu membeli, kalau dari segi kualitas mah top markotop ya. Produknya hanya terjual dalam hitungan satuan maupun puluhan, belum sampai ratusan apalagi ribuan pcs di cabang toko ini di Shopee. Kalau total keseluruhan tentulah banyak ya karena merk Guess telah menguasai lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Jam tangan guess wanita original polycarbonate clear bloom floral print, jam tangan guess original blue G force, jam tangan guess original wanita gold afterglow, guess watch silver eclipse dan jam tangan guess pria original guess watch silver merupakan lima produk yang paling laku di toko resminya di Shopee. 


4. Berrybenka Official Shop, pengikut 2,9 juta dan rating 4.9 (link toko)


Siapa yang tidak mengetahui brand yang satu ini ya. Saya masih ingat, awal-awal berdiri dulu, perusahaan yang satu ini sering banget muncul iklannya di televisi. Selain memiliki online shop sendiri melalui website pribadinya, Berrybenka turut membuka cabang di marketplace sekelas Shopee. Siapa sangka, ternyata akun resminya di follow lebih dari 2,5 juta orang di Indonesia. Menurut saya ini merupakan angka pencapaian fantastis, hanya selirih 300.000 pengikut dari Eiger. Keduanya mempunyai segmen yang berbeda dan ciri khas masing-masing. Jika Eiger mayoritas menyediakan kebutuhan laki-laki (walau nyatanya juga ada untuk perempuan), maka Berrybenka identik dengan fashion wanita. 

Mayoritas produknya memang untuk memenuhi kebutuhan dan melengkapi penampilan perempuan seperti atasan wanita, women streetwear, sepatu wanita, sendal wanita, celana, rok, tas, outer wear dan sebagainya. Namun, jika dicek secara detail juga ada lho tersedia produk untuk para cowok. Misalnya saja jam tangan dimana di etalase dibedakan menjadi dua kategori yaitu jam tangan wanita dan for him - jam tangan pria diskon sampai dengan 50 %.  Total keseluruhan koleksi produk yang dipajang di etalase Berrybenka sekitar 350 an jenis pilihan. Khusus jam tangan, terdapat sekitar 80 an pilihan yang terdiri dari berbagai model, warna dan desain.

Dari semua produk yang ada, jam tangan merupakan salah satu produk yang berada di posisi best seller. Saya dibuat terkaget-kaget saat melihat jumlah penjualan jam tangannya. Saya mendapati ada 6 produk dengan penjualan diatas 10.000 pcs, ada yang terjual 8.000 pcs, 5.000 pcs, 4.000 dan lainnya. Rata-rata sih laris semua, prediksi saya total penjualan keseluruhan menyentuh angka 500.000 pcs atau lebih. Bahkan ada produk yang penjualan 10.000 pcs lebih tetapi difavoritkan oleh lebih dari 50.000 orang. Keren banget. Poin keunggulan jam tangan Berrybenka selain kualitas dan merk terkenal, menurut saya dipengaruhi oleh faktor harga. Jam tangan yang dijual cenderung terjangkau oleh berbagai kelas ekonomi masyarakat, dibanderol mulai dari Rp 91.000 hingga Rp 249.000 saja. 


5. Casio Official Store, pengikut 898 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Walau menempati posisi ketiga berdasarkan jumlah pengikut terbanyak di daftar artikel ini, sebenarnya Casio adalah peringkat pertama untuk toko yang fokus jual jam tangan. Yup, bila kedua seller diatas menjual bermacam-macam produk fashion, maka seller ini hanya menyediakan arloji saja dengan berbagai model, desain, spesifikasi dan warna. Disamping itu, Casio juga menempati toko jam tangan terbesar jika dilihat dari jumlah koleksinya. Saat artikel ini ditulis, saya mendapati ada 2.700 jenis pilihan produk di tokonya. Untuk sekelas penjual khusus jam tangan saja tentunya ini tergolong besar. Ini baru koleksi bukan stok yang mencapai ratusan per produk. Memang pantas jika Casio ini dikenal secara luas karena dari segi usianya pun sudah 40 tahun berdiri. Total keseluruhan produk diatas kemudian dibagi ke dalam kategori yang lebih rinci.

Diantara kategorinya yaitu W series, ignite red, time distortion, timeless basic, street spirit, blackout series, edifice, highend, couple watches, baby G, DW-291HX, GA-B001, G-Shock, GA-2100 dan sebagainya. Disamping itu, juga ada etalase khusus promo misalnya dalam rangka ulang tahun, promo tahun baru maupun promo di hari-hari spesial tertentu. Tak ketinggalan, Casio juga aktif mengenalkan koleksi-koleksi terbaru unggulannya kepada konsumen melalui etalase new collection. Untuk harga memang sedikit lebih merogoh kocek namun masih terjangkau khususnya untuk kelas menengah ke atas. Satu pcs jam tangan dibanderol mulai dari Rp 229.000 hingga Rp 20.679.000. Harga termahal ditempati oleh jam tangan pria G-Shock GWR-B1000X-1ADR Waterproof. Sementara harga termurah adalah casio original MQ-24-1B2L-DF jam tangan pria. 

Official store jam tangan di Shopee ini memang patut diacungi jempol terkait kualitas maupun kuantitas. Oya, beberapa orang ada yang sedikit salah paham dimana mereka mencari informasi tentang G-Shock official store indonesia padahal sebenarnya yang benar adalah Casio official store Indonesia. Mengapa demikian? Tidak lain karena G-Shock merupakan salah satu produk series dari perusahaan Casio. Dulunya saya juga berpikiran seperti ini karena sering melihat tulisan G-Shock di jam tangan suami, jadi berkesimpulan kalau G-Shock adalah nama perusahaan atau brandnya. Padahal G-Shock dan Baby G hanyalah merupakan dua nama produk perusahaan Casio yang legendaris. Hampir semua orang mengenalnya. 


***

Nah, demikianlah  daftar 5 official store jam tangan di Shopee yang terfavorit dan terpopuler versi saya. Saya sudah yakin 100 % dengan seller-seller tersebut terutama terkait keaslian produknya. So, tidak perlu was-was lagi kalau membeli arloji secara daring. Memilih belanja di tempat tersebut membuat saya merasa nyaman dan jauh lebih aman. Hemat waktu juga karena saya tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk membedakan mana penjual yang amanah dan yang tidak amanah, Mana produk imitasi mana yang original atau asli. Pokoknya lebih efisien dan efektif lah. 

Oya, meskipun mereka official store jam tangan di Shopee yang memiliki followers terbanyak dan penilaian pembeli yang bagus, disarankan teman-teman tetap bijaksana belanja. Perhatikan detail deskripsi produk baik itu spesifikasi, pilihan warna maupun ukuran. Jangan fokus pada desain yang ditampilkan di foto saja ya. Jangan sampai inginnya jam yang agak kecil malah salah beli kebeli ukuran besar. Jadinya ya tidak nyaman dipakai plus tidak percaya diri. Kemudian, sebaiknya membandingkan satu produk dengan produk lainnya untuk menemukan pilihan terbaik. Terutama bagi teman-teman yang belum punya pilihan seri arloji target. Buat opsi sekitar 3 pilihan kemudian pilih 1 yang terbaik diantara yang baik. Okee friends 😀