5 Rekomendasi Toko Gamis Brokat di Shopee, Cantik, Mewah dan Elegan

Hallo teman-teman, pada kesempatan ini saya mau berbagi informasi serta rekomendasi toko gamis brokat di Shopee. Tidak sembarang baju brokat tetapi saya filter dulu untuk menemukan toko dan produk terbaik. Biar kita sebagai konsumen bisa belanja di online shop yang tepat, terpercaya dan tidak abal-abal. Biar tidak terjebak pada seller nakal yang suka menjual produk berkualitas murahan tetapi dengan harga agak mahal. Bukan ngapain,  saya sudah meneliti sekitar 100 lebih baju gamis brokat etapi hasilnya agak mengecewakan. Tidak banyak yang mendapatkan review bagus dari pembeli, bahkan bisa dibilang susah menemukan produk dan toko dengan penilaian terbaik. 

Sebagian besar penilaian dari pembeli jelek-jelek, ada yang cuma 4.0 dari skala 5.0, 4.1 dari skala 5.0, 4.3 dari skala 5.0, 4.5 dari skala 5.0 maupun 4.7 dari skala 5.0. Apalagi kalau penilaian produk per produk juga seperti itu. Bagi saya rating ini sangat jauh dari harapan dan menakutkan. Kalau ketemu toko dengan rating seperti itu, saya sendiri saja tidak berani belanja disana. So, tidak mungkin akan saya rekomendasikan buat orang lain. Untunglah setelah saya berusaha searching sana sini lagi di e-commerce orange, saya berhasil menemukan 5 seller yang menurut saya memenuhi syarat. Nah, berikut daftar rekomendasi toko gamis brokat di Shopee yang ratingnya bagus, cantik, mewah dan elegan : 


1. Gamis Tanah Abang, pengikut 8,2 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Toko Gamis Tanah Abang dikenal juga dengan nama Grosir Gamis Jumbo. Walaupun ada kata-kata jumbo bukan berarti produk yang dijual beneran jumbo semua ya. Ada juga kok ukuran standar, segala jenis size tersedia. Terdapat 8 pilihan ukuran mulai dari XS, S, M, L, XL, 3L, 5L dan 7L. Hanya saja size jumbo sedikit ditonjolkan karena jarang banget yang menjualnya apalagi jumbonya beneran jumbo hingga maksimal lingkar dada 130 cm. Hm, saat pertama kali bertemu seller ini saya langsung jatuh hati karena menawarkan berbagai model baju brokat yang cantik-cantik dan unik-unik. Setelah saya cek satu persatu, saya menemukan beberapa gamis yang menarik minat saya. Langsung jatuh hati deh ingin mengoleksinya. Terutama yang Safeea gamis brukat tile dot warna salem dan gamis brukat Amanda warna biru. 

Kebetulan sekali, saya menemukan toko ini karena masih belum punya koleksian gamis brokat. Senang banget rasanya. Selain cantik dan unik, baju gamis brokatnya memiliki kesan yang simple, mewah dan elegan. Desainnya benar-benar berbeda dari gamis brokat pada umumnya. Ada berupa produk 2 in 1 dimana terdapat inner gamis beserta outer brokat. Desain seperti ini sangat multifungsi ya guys karena brokatnya bisa dilepas pasang. Jadi, satu waktu bisa dipakai gamisnya doang tetapi di lain waktu juga bisa dipadukan dengan brokatnya. Asyiik banget ya model 2 in 1 beginian, memang pantes menjadi produk paling laris manis. Disamping itu, ada juga gamis yang dikombinasikan dengan brokat di salah satu bagian dan ada gamis satin yang dilapisi full brokat sama tile. Pilihannya lumayan beragam. Apalagi warnanya yang terbilang komplit mulai dari hitam, navy, salem, pink, maroon, coklat, abu, lavender dan sebagainya.

Poin kelebihan lain dari toko ini adalah harganya yang jauh lebih murah dibanding dengan seller lain. Sesuai dengan namanya grosir gamis tanah abang, maka harganya memang harga grosiran banget. Walaupun beli yang eceran tetap dapat yang termurah. Produk gamis brukat dibanderol mulai dari Rp 145.000 hingga Rp 299.000. Mayoritas sih di angka Rp 145.000 hingga Rp 190.000 an ribu. Saya pernah melihat produk senada di seller lain disini dijual cuma Rp 150.000 tetapi di tempat lain Rp 250.000. Walaupun produk yang dipajang di etalase cuma 50 jenis tetapi jumlah stok yang dimiliki sangat besar. Waduuh-waduuh tak tanggung-tanggung satu produk bisa mencapai ribuan hingga belasan ribu stoknya. Cocok banget bagi yang berminat jadi reseller. Selain harga murah, stoknya pun melimpah. 


2. Felicio77, pengikut 224,8 ribu dan rating 4.8 (link toko) 

Sebenarnya seller kedua yang masuk dalam daftar rekomendasi toko gamis brokat di Shopee ini merupakan penjual dengan raihan follower terbanyak diantara kelima toko yang saya tulis. Tak hanya itu, seller ini juga meraih posisi penjualan terbanyak dalam kategori gamis brokat dimana penjualannya bukan lagi ratusan maupun ribuan melainkan sudah berada di angka puluhan ribu. Saya sempat menemukan ada 3 produk dengan penjualan diatas 10.000 pcs. Begitu juga dengan jumlah produk yang dipajang di etalase mencapai 176 jenis. Dari segi model dan desain bajunya juga unik, cantik, elegan dan mewah. Sangat menarik baik dipakai untuk acara wisuda, nikahan, maupun acara lainnya. 

Hanya saja ada beberapa catatan yang membuat saya sempat urung dan batal merekomendasikan. Misalnya rating penilaian toko secara keseluruhan berada di angka 4.8 dari skala 5.0. Selain itu, saya juga menemukan produk-produk dengan penjualan tertinggi yang ratingnya menurut saya agak kurang memenuhi syarat seperti 4.7. Sebagai informasi, saya sangat mengutamakan tingkat rating karena menurut saya itu sangat penting. Sebagai konsumen, saya pribadi merasa lebih mantap dan yakin kalau belanja di toko yang penilaiannya bagus minimal 4.9 lah ya. Namun, rating 4.8 juga masih bisa dimaklumi untuk sekelas toko besar. Saya kurang paham kenapa ratingnya segitu padahal pengikutnya sangat banyak terus persentase chat nya juga sempurna 100 %. 

Rating ini lumayanlah dibandingkan dengan toko lain yang jauh lebih rendah, masih bisa saya tolerir. Soalnya saya agak sedikit kesulitan menemukan toko yang bagus karena banyak banget yang ratingnya jelek-jelek. Solusi dan saran dari saya adalah bila belanja di toko ini, sebaiknya lihat dulu secara detail, disaring dan diutamakan yang rating produknya bagus 4.9 serta 5.0. Walaupun rating toko 4.8, masih ada kok produknya yang memiliki review bagus dari pembeli. Saya menemukan beberapa produk yang mendapatkan apresiasi beruapa penilaian lumayan memuaskan dari konsumen seperti gamis brukat tile mikayla, gamis brukat tile quinza, gamis brukat tile rumaisha dan masih banyak lagi. 


3. Haruma Collection, pengikut 5,7 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Seller selanjutnya yangmempunyai koleksi gamis brokat cantik adalah Haruma Collection. Bergabung membuka cabang di Shopee sejak 5 tahun lalu, penjual ini telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Sekilas jumlah produk yang dipajang di etalase memang kelihatan agak sedikit, hanya sekitar 64 produk saja. Begitu juga dengan jumlah pengikutnya yang masih di angka 5.000 an. Namun, teman-teman akan dibuat tercengang tatkala melihat jumlah penjualan produknya. Produk gamis yang ditawarkan oleh seller ini ternyata laris manis diburu konsumen. Yup, mayoritas gamis brokat telah terjual ratusan hingga ribuan pcs. Hal yang membuat saya salfok dan sempat mengucek mata adalah jumlah stok per produknya. 

Satu produk stoknya bahkan mencapai 47.000 pcs. Wow, jarang banget saya ketemu dengan penjual yang stoknya melimpah seperti ini. Kalau seperti ini mah cocok jadi tempat kulakan alias grosiran ya guys. Apalagi harga yang dipatok termasuk terjangkau yaitu mulai dari Rp 187.000 hingga Rp 297.000. Rata-rata sih sekitar Rp 200.000. Kalau belanja di pasar traditional atau di toko offline dekat rumah sudah pasti lebih mahal dari ini. Kebetulan seller juga open reseller dan dropship bagi yang berminat. Setelah saya perhatikan secara detail, saya mengambil kesimpulan kalau produk-produk gamis brokat disini juga unik. Berbeda dengan seller lain terutama dari segi desain atau model potongan bajunya. Tak heran kalau banyak yang membeli dalam partai besar. 

Selain untuk dipakai sendiri, baju-bajunya sangat cocok dijadikan seragaman baik couplean satu keluarga besar, buat pakaian wisuda, seragaman pesta hajatan pernikahan maupun seragaman buat ibu-ibu pengajian. Mayoritas baju gamis terbuat dari bahan ceruty yang dikombinasikan dengan tille mutiara plus payet dimana memberikan kesan mewah. Gamis juga sudah disertai dengan full furing sehingga tidak perlu khawatir transparan. Gamis pesta camilla, gamis kebaya regina, gamis adinda, gamis amalia dan dress pesta mewah ayunda merupakan lima diantara produk dengan penjualan teratas. Saya suka banget sama gamis camilla, kombinasinya cantik, simple dan elegan. Terutama yang warna hitam dan mocca kok rasanya mewah banget kesannya. Untuk ukuran lumayan beragam seperti M, L, XL dan XXL. 


4. Semeugene, pengikut 115,7 ribu dan rating 4.8 (link toko)

Tidak jauh berbeda dengan toko felicio77, seller ini juga memiliki penilaian 4.8 dari skala 5.0. Yup, tiga seller di bagian teratas di daftar ini merupakan seller dengan rating toko 4.9 dan mayoritas produk juga 4.9. Sementara, dua seller di bagian bawah merupakan seller dengan pengikut terbanyak tetapi rating tokonya 4.8. Saya mengikutsertakan toko Semeugene ini dengan alasan yang sama yaitu karena saya kesulitan alias sudah tidak menemukan toko baju brokat yang ratingnya 4.9. Meskipun rating tokonya 4.8 tetapi produk yang dijual ada beberapa diantaranya yang mendapatkan penilaian bagus dari pembeli. So, tidak ada salahnya mencoba melihat-lihat dulu dan dipertimbangkan mana tahu ada yang membuat hati mantap membeli.

Ini hanya sekedar rekomendasi dimana saya melakukan riset sendiri untuk menemukan toko maupun produk yang terbaik. Nah, pilihan ada pada teman-teman sendiri. Jadilah pembeli yang bijaksana. Bagaimanapun tidak ada penjual dan produk yang sempurna. Pasti ada saja kekurangannya. Nah, toko Semaugene dikenal juga dengan agens store gamis yang produknya lumayan banyak diburu konsumen. Gamis brokat disini telah laku terjual puluhan, ratusan, ribuan hingga puluhan ribu pcs. Saya menemukan ada 2 gamis yang telah laku diatas 10.000 pcs yaitu gamis sarah fashion brokat tingkat dan gamis brokat indahlla. Kemudian penjualan terbanyak berikutnya diikuti oleh baju gamis zelvia gamis maxi brokat, dhea maxi brokat full premium gamis pesta, gamis hana full brokat, damira gamis brokat dan gamis brokat cantika. 

Seller telah bergabung membuka cabang online di Shopee sejak 34 bulan lalu. Saat artikel ini saya tulis, seller mempunyai sekitar 89 jenis produk yang dipajang di etalasenya. Total keseluruhan tersebut terdiri dari berbagai produk seperti gamis brukat dewasa, gamis brukat anak perempuan, gamis non brukat, kemeja pria, masker hingga kalung. Walaupun terdapat produk beragam, sebagian besar produk adalah gamis brokat. Begitu juga dengan produk best sellernya yang semuanya gamis brokat. Pilihan warna lumayan lengkap seperti coklat susu, navy, lilac, abu, hitam, milo, sage, lilac aurel, denim, maroon, ijo wardah, rosegold dan coklat. Sementara itu, untuk size terdapat beragam pilihan mulai dari M, L, XL, XXL dan XXXL. 


5. Denishop06, pengikut 6,4 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Seller kelima ini saya favoritkan karena produknya juga memiliki keunikan tersendiri, punya ciri khas dimana mayoritas desainnya mewah ala-ala sultan begitu. Cocok buat teman-teman yang cenderung suka desain gamis brukat yang sedikit rame. Beberapa model gamisnya juga ada yang simple dan cantik banget yang kalau dipakai berasa kayak princess 😀. Sudah unik, cantik dan elegan lagi. Berhubung gamis brukatnya memiliki desain yang premium maka harganya pun sedikit lebih mahal dibanding gamis brukat biasa yang simple. Hal ini bisa dimaklumi karena terdapat berbagai penambahan dan kombinasi yang membuat tampilan lebih luxury. Misalnya, penambahan payet, tile bordir, tangan balon dan sebagainya. Tak heran kalau harganya dipatok mulai dari mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 440.000. 

Sebenarnya rata-rata sih Rp 250.000 hingga Rp 300 ribuan, kalau yang seratusan ada tetapi tidak banyak. Seller memberitahunkan kalau semua produk terbuat dari bahan berkualitas bagus dan dijahit menggunakan standar butik. Pantas banyak diburu oleh kaum hawa baik yang muda maupun yang tua. Produknya lumayan diminati untuk seragaman keluarga untuk pesta pernikahan maupun untuk kelompok pengajian ibu-ibu. Mayoritas review pembeli sih memang bagus-bagus dan juga dibuktikan dengan penilaian berupa rating 4.9 dan 5.0. Nah, pilihan size termasuk lengkap mulai dari M, L, XL dan XXL sehingga tidak perlu khawatir soal ukuran. Begitu juga dengan koleksi warnanya yang lumayan banyak seperti warna hitam, coklat, kuning kunyit, kuning lemon, navy, maroon, ijo sage, army, ungu lavender, pink fanta, ijo lime, ungu dan lainnya. 

Seller sudah bergabung jualan di Shopee sejak 3 tahun lalu dan pengirimannya berasal dari Kota Jakarta Barat. Insaallah bisa dipercaya dan amanah. Tingkat perfoma chatnya lumayan tinggi, hampir sempurna yaitu 99 %. Ini indikasi kalau sellernya lumayan aktif memeriksa dan menjawab chat dari pembeli maupun calon pembeli. Per artikel ini ditulis, saya mendapati sekitar 296 produk yang terpajang di etalase. Jumlah total keseluruhan tersebut kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori seperti dress muslim, kain, pakaian traditional, set, batik, wedding dress, denim, pakaian anak perempuan dan lainnya. Dari semua kategori tersebut, gamis brukat merupakan produk paling laris. Gamis brokat bordir payet, gamis tile bordir, cattaleya gown-gamis tile bordir premium, zahra set brokat syar'i dan citra dress gamis tile twotone merupakan diantara produk terlaris. 


***

Demikianlah rekomendasi toko gamis brokat di Shopee ini saya susun dengan sebaik mungkin dan apa adanya. Harapan saya semoga bermanfaat buat teman-teman baik para pendatang baru di e-commerce orange maupun yang lagi kebingungan mau belanja dimana. Agar teman-teman dapat belanja dengan nyaman, sesuai harapan serta minim kekecewaan. Saya paham, setiap konsumen berhak mendapatkan informasi yang baik dan benar, bukan informasi yang menyesatkan atau malah menjerumuskan. Sudah saatnya konsumen melindungi sesama konsumen, salah satunya dengan berbagi informasi yang benar dan tidak mengada-ngada.

Oya, selain berbagi rekomendasi toko gamis brokat di Shopee, sebelumnya saya juga telah menyusun daftar penjual gamis premium dan gamis syar'i, Mayoritas seller yang saya masukkan dalam daftar-daftar tersebut merupakan seller pilihan yang terbaik dari yang baik. Disamping itu saya juga memperhatikan keinginan setiap perempuan yang ingin memiliki baju gamis yang cantik, elegan, simple dan mewah. Produk baju-baju yang dijual di dalam toko-toko ini cocok sekali dipakai untuk lebaran, kondangan, seragaman dan sebagainya. []