10 Jenis Gratis Ongkir Shopee Terbaru 2022


Pada awal tahun 2022 ini saya menemukan ada yang berubah dari halaman gratis ongkir Shopee. Penampilan halaman promonya sudah berbeda dan lebih banyak jenis-jenisnya sekarang dibanding sebelumnya. Sebagian sih masih ada yang sama dengan tahun sebelumnya, hanya beda letak saja dan sebagian lagi memang fitur atau promo baru yang dijumpai di tahun ini. 


Pada artikel lain saya sudah pernah menuliskan bahwa ada beberapa cara yang saya lakukan untuk mendapatkan gratis ongkir jika voucher sudah habis. Nah, pada artikel ini saya ingin menulis jenis-jenis gratis ongkir Shopee yang terbaru secara lengkap. Berdasarkan pengamatan saya di Shopee, berikut 9 macam promo bebas biaya pengiriman di toko orange tersebut  : 



1. Gratis ongkir semua toko. Saya pernah mendapatkan beberapa kali dan memahami maksud promo ini adalah bahwa voucher bebas biaya pengiriman dapat digunakan pada semua toko tanpa ada pengecualian. Tak peduli apakah seller sudah bergabung dengan program free ongkir atau belum, pembeli dapat belanja di toko mana saja meski tidak ada tanda warna biru bertuliskan gratis ongkirnya. Mayoritas voucher sih untuk belanja di toko bertanda khusus gratis ongkir. Promo bebas biaya ekspedisi belanja di semua toko ini beberapa kali saya jumpai memang betul ada tetapi frekuensinya menurut saya terbilang jarang.



2. Gratis ongkir XTRA Minimal Belanja 30 ribu. Voucher ini merupakan promo khusus dimana jumlah free pengiriman yang diberikan lebih besar dari voucher biasa. Bila voucher biasa cuma mendapatkan potongan biaya ekpedisi sebesar 10 ribu sampai 20 ribu, maka pada gratis pengiriman XTRA yang didapat hingga 40 ribu. Promo ini menurut saya sangat membantu pengguna yang berada diluar Jawa. Berkat voucher ini saya bisa belanja produk-produk dari Jawa tanpa dikenai biaya pengiriman. Ada juga yang dibebankan biaya tapi hanya sebesar 1.000-5.000 karena sudah disubdisi Shopee. Jika tertarik mendapatkan promo ini, maka kuncinya adalah membeli produk yang ada tulisan gratis ongkir XTRA. Bagi saya berhasil mendapatkan bebas biaya kirim XTRA plus cashback XTRA itu sesuatu. Saya bisa menghemat lebih banyak uang belanja. 



3. Gratis ongkir Minimal Belanja 120 ribu. Pengguna yang memiliki total belanjaan Rp 120.000 ke atas maka dapat mengklaim vouchet ini. Sebaliknya, jika jumlah belanja kamu tidak sampai 120 ribu maka tidak bisa memperoleh promo free pengiriman jenis ini. Namun, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa mengklaim promo bebas biaya kirim lainnya. Saya sendiri jarang menggunakan voucher ini karena memang jarang belanja produk fisik dengan nominal diatas 100 ribuan. Seringnya sih beli produk non fisik alias digital seperti pulsa dan token listrik yang tidak membutuhkan biaya pengiriman. Kalau barang fisik biasanya saya pakai gratis ongkir minimal belanja 30 ribu atau 50 ribu.

 

4. Voucher Gratis Ongkir Harian. Shopee menyediakan voucher bebas biaya pengiriman yang dapat diklaim setiap hari. Berdasarkan pengalaman saya, jumlah vouchernya berbeda-beda setiap hari. Hal ini dipengaruhi oleh adanya event-event khusus tertentu seperti belanja di tanggal cantik 1.1, 2.2, 3.3 dan lainnya. Juga saay ada promo khusus seperti fashion day, elektronik day dan lainnya. Misalnya saja pada hari ini tanggal 4 Maret 2022, di halaman voucher harian terdapat sekitar 9 yang dapat diklaim. Oya, sesuai dengan namanya voucher ini hanya dapat digunakan pada hari itu saja alias berlaku hanya dalam waktu 24 jam. Jika tidak digunakan maka akan hangus dan nantinya di hari berikutnya akan muncul voucher baru lagi.



5. Voucher Gratis Ongkir Mingguan. Saya mendapati jumlah voucher bebas pengiriman mingguan yang dapat diklaim sebanyak 4 voucher. Nah, sesuai dengan namanya, voucher ini hanya dapat digunakan dalam batas waktu seminggu. Biasanya hitungan seminggunya berpatokan pada awal bulan. Voucher mingguan di bulan Maret ini limit waktunya dari tanggal 1-7 Maret.



6. Voucher Gratis Ongkir Bulanan. Mendengar namanya saja sudah bisa ditebak kalau voucher ini dapat dipakai dalam rentang waktu sebulan. Ya, jangka waktunya lebih lama dibanding voucher harian dan mingguan. Promo bebas biaya jasa ekspedisi ini berlangsung dari tanggal 1 hingga akhir bulan (bisa tanggal 28 atau 29 bulan Februari dan tanggal 30 atau 31 di bulan-bulan lainnya). Kalau di akun saya pada bulan Maret ini terdapat 5 voucher gratis ongkir bulanan yang dapat diklaim.



7. Paket Voucher Hemat Gratis Ongkir.  Berbeda dengan voucher-voucher sebelumnya, paket voucher hemat gratis ongkir bukanlah voucher yang dapat diklaim secara gratis. Akan tetapi, voucher ini harus dibeli tapi dengan harga yang tergolong miring. Misalnya, untuk 3 buah voucher gratis ongkir sampai dengan 50 ribu 3 hanya perlu membayar Rp 15.000. Voucher berbayar ini lumayan membantu disaat voucher yang tanpa bayar biasa sudah habis sementara masih ada kebutuhan belanja. Menurut saya ini lebih hemat dibanding harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya ekpedisi. 


Misalnya, ke daerah saya biasanya dikenakan biaya pengiriman sekitar Rp 47.000 per kg. Dibanding merogoh kocek untuk membayar sebanyak itu, tentu mendingan mengeluarkan uang membeli paket voucher hemat gratis ongkir ini Rp 15.000. Harga tersebut sudah dapat 3 voucher sehingga bisa untuk belanja 3 kali. Dengan kata lain, harga per vouchernya Rp 5.000.



8. Voucher Gratis Ongkir Shopee Loyalty. Berbeda dengan voucher sebelumnya yang berada di halaman homepage, voucher ini hanya dapat dijumpai kalau kamu membuka menu "Saya" dengan ikon orang. Setelah itu silahkan klik tulisan Shopee Loyalty dan klaim promo free pengiriman yang tertera disana. Sebelumnya sudah saya singgung sekilas kalau di Shopee terdapat 4 level member yaitu classic, silver, gold dan platinum. Setiap member tersebut diberikan tawaran promo yang berbeda. Makin tinggi level member maka makin banyak promo yang didapatkan. Kalau saya beberapa tahun ini stagnan di level Gold dan rutin mendapatkan voucher gratis ongkir tambahan setiap bulan. Tidak banyak sih, cuma 1 voucher yang ada tulisan gold dibawahnya. Namun, lumayanlah buat tambahan.



9. Voucher Gratis Ongkir Shopee Loyalty Ekslusif. Voucher ini terletak di halaman yang sama dengan voucher di poin nomor 8 di atas. Hanya saja bedanya, voucher loyalty diatas gratis alias tidak perlu membeli karena diberikan secara cuma-cuma. Nah, kalau voucher ekslusif ini harus dibeli tapi tidak menggunakan uang melainkan menggunakan koin Shopee. Saat menulis artikel ini, di akun saya terdapat 2 voucher gratis ongkir minimal belanja 30 ribu yang dapat ditukar dengan 15.000 koin Shopee. Teman-teman yang punya banyak koin dan hobi mengumpulkan koin di Shopee bisa membeli voucher ini jika sudah kehabisan voucher biasa yang cuma-cuma.



10. Voucher Gratis Ongkir Shopee Minimal Belanja Mulai Rp 0. Nah, jenis promo bebas biaya jasa kirim terakhir ini merupakan momen yang paling saya tunggu-tunggu selain diskon dan cashback. Mengapa? Karena tidak ada batasan belanjanya. Tidak harus mencapai 30 ribu, 50 ribu maupun 120 ribu sudah bisa memanfaatkan voucher gratis pengiriman. Saya pernah menggunakan promo ini untuk membeli produk-produk murah yang berharga cuma 10 ribu, 15 ribu atau 20 ribu seperti benih sayur buah. 



***

Bila diamati lebih dalam, yang menjadi pembeda kesembilan jenis diatas sebenarnya terletak pada jenis, syarat minimal belanja dan batas waktu penggunaan. Ada voucher gratis ongkir Shopee yang menentukan belanjanya minimal 30 ribu maupun 120 ribu. Begitu pula, ada yang hanya boleh dipakai dalam kurun waktu 24 jam, 7x24 jam bahkan dalam waktu 1 bulan.
 


Sebenarnya, kalau dihitung-hitung lumayan banyak ya voucher yang diberikan Shopee. Jika ditotal bisa mencapai puluhan. Kalau saya hitung di akun saya sendiri per tanggal 5 Maret saat saya menulis postingan ini, total vouchernya ada 13 voucher dengan status member Gold saya di Shopee. Nah, bagi yang membernya sudah mencapai level tertinggi alias Platinum tentu saja promo yang didapatkan lebih banyak dari itu.[]