Pengalaman Pasang Baru Listrik PLN 2022 Dapat Diskon& Subsidi


Alhamdulillah terhitung tanggal 12 Februari 2022 kemaren proses pasang baru listrik PLN prabayar di kampung akhirnya selesai juga. Sebenarnya sudah lama sekali kami berniat untuk mempunyai arus lampu sendiri namun baru terealisasi kemaren. Beberapa tahun sebelumnya masih memakai arus dari rumah tetangga. Kebetulan rumah tersebut kosong. Walaupun tidak berpenghuni biasanya tetap kena biaya tagihan bulanan. Jadi, orang tua kami ditawarkan memakainya sekaligus membayar beban biaya setiap bulan.


Tahun berganti kami seolah terlena dan lupa soal mengurus pasang baru listrik sendiri. Kadang ada ingat tapi uangnya yang belum ada. Nah, kemaren rencananya kami mau masukkan lampu pas lebaran sebagai THR untuk orang tua. Namun ,setelah dipikir-pikir mengapa harus menunggu lebaran. Makin cepat rasanya makin baik memiliki ID pelanggan PLN atas nama sendiri. 


Awalnya sempat bingung mau memasang dengan siapa. Di lingkungan desa lumayan banyak yang pandai memasang instalasi. Rata-rata tetangga memakai jasa tersebut tetapi mereka bukan pegawai PLN. Ketika petugas PLN datang melakukan pengecekan listrik maka orang tua saya berinisiatif bertanya berapa biaya pasang baru listrik PLN sekarang ditahun 2022 ini. Sekaligus menanyakan apakah benar ada diskon serta subsidi. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kami mendaftar melalui bantuan si petugas PLN tersebut.  Berikut penghematan dan keringanan yang kami peroleh :



1. Diskon Rp 500.000 saat mendaftar sebagai pengguna baru 


Alhamdulillah kami sekeluarga bersyukur sekali diberi kemudahan dalam pasang baru listrik dengan adanya pengurangan harga sebesar Rp 500.000. Jumlah potongan ini termasuk besar dan sangat membantu orang tua saya yang memang termasuk keluarga tidak mampu. Apalagi disaat keadaan ekonomi saat ini dimana harga bahan-bahan pokok naik, uang sejumlah tersebut sangatlah berarti. Harga atau tarif normal pasang baru  di wilayah kami sebenarnya Rp 2.300.000. Tetangga kami ada yang memasang sekitar 1 bulan sebelumnya juga dikenakan total biaya Rp 2,3 juta. Kami juga sempat nanya pada salah satu saudara yang bekerja memasang instalasi listrik, katanya memang segitu. 


Namun, pas ditanya sama petugas listrik dia meminta nomor KTP dan KK orang tua saya. Ketika dicek di HPnya, dia bilang ibu saya memang berhak mendapatkan diskon karena tercatat sebagai anggota PKH. Nah, PKH itu adalah program bantuan pemerintah khususnya kementrian sosial yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Biasanya bantuannya berupa biaya pendidikan, ada sembako juga. Saya juga baru tahu kalau bisa dapat diskon untuk pasang listrik PLN. 


Oya, seingat saya nenek dulunya juga pernah mendapatkan bantuan dari PLN berupa pemasangan listrik gratis. Katanya benar-benar free alias tidak membayar sama sekali. Selain gratis saat pasang baru, nenek juga mendapatkan subsidi sehingga tagihan perbulannya tergolong kecil. 




2. Subsidi ketika mengisi token listrik


Walaupun tidak mendapatkan gratis pasang baru listrik PLN seperti nenek kami sangat bersyukur sekali. Selain diskon, orang tua saya juga memperoleh subsidi saat mengisi token. Petugas PLN mengatakan orang tua saya juga diberi keringanan berupa subsidi sehingga biaya pemakaian listrik menjadi lebih murah. Dengan bantuan ini tentu saja kami bisa lebih hemat dalam pengeluaran biaya listrik. Oya, daya yang dipasang adalah 900 watt. 


Yeay, akhirnya kami punya ID listrik sendiri
Orang tua saya tidak menyangka ternyata kami  benar-benar mendapatkan diskon saat pemasangan baru listrik PLN. Tak hanya itu, juga mendapatkan subsidi di setiap kali mengisi pulsa token. Si petugas menjelaskan kalau pulsa token 20 ribu maka ibu bisa dapat 30 sementara pelanggan non subsidi hanya mendapatkan sekitar 12 saja. Ini contohnya saja ya, hanya untuk memudahkan dia menjelaskan kepada ibu yang masih awam soal itu. Kalau hitung-hitungan sebenarnya ya harus cek token 20 ribu dapat berapa KWH dulu.  




Tanya Jawab Seputar Pasang Baru Listrik PLN


1.  Apakah subsidi listrik masih ada tahun 2022? 

Masih ada, buktinya orang tua saya mendapatkannya. Hanya saja ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkan subsidi salah satunya seperti berasal dari keluarga miskin. Orang tua saya tidak bisa memperoleh subsidi jika tidak terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan PKH. 


2. Berapa biaya pasang baru listrik 900 watt? 

Kalau di daerah orang tua saya tinggal umumnya dikenai biaya  normal sekitar 2,3 juta, itu sudah harga total. Nah, masing-masing wilayah berbeda biayanya terlebih kalau beda pulau. Antara Jawa, Sumatera, Kalimantan dan lainnya pasti berbeda. Bukan hanya biaya pasang baru yang berbeda, tarif listrik antar wilayah juga tidak sama karena besar pajak tiap-tiap kota beragam. Makanya tidak heran kalau besaran KWh yang didapat tidak sama antara satu kota dengan kota lainnya. Untuk data akurat dan detail, saran saya lebih baik ditanyakan langsung dengan petugas PLN di daerah kamu tinggal.


3. Apakah listrik 900 watt dapat subsidi? 

Iya, bisa dapat. Listrik yang dipasang oleh orang tua saya memiliki daya 900 watt dan memperoleh subsidi. 


4. Apakah pasang baru listrik bisa cicilan? 

Setahu saya tidak bisa. Kalau mau mendaftar pasang baru di kantor PLN, maka harus melunasi dulu semua biayanya di muka. Setelah itu, barulah proses pemasangan dijadwalkan kapan harinya.  Kecuali kalau kamu memasangnya lewat calo mungkin bisa. Saya tidak menyarankan ya karena menurut pengalaman saya harganya menjadi lebih mahal. Para calo menaikkan harga sebagai konpensasi atas waktu dan tenaga mereka dalam membantu proses pendaftaran pasang baru listrik. Rata-rata walaupun calo mereka juga tidak mau rugi, maunya bayar cash juga dimuka. Namun, beberapa calo mungkin bersedia memberikan pembayaran cicilan tapi ya tadi harganya menjadi lebih mahal.


5. Apa saja syarat pasang listrik baru? 

Kalau orang tua saya kemaren cuma fotokopi KTP dan KK saja. Namun, saya baca-baca di beberapa daerah malah ada sampai diminta seperti surat kepemilikan tanah. 


6. Sampai kapan subsidi, promo dan diskon pasang baru PLN? 

Soal ini kami tidak ada diberikan informasi oleh petugas. Oya, saya dulu pernah kerja di perusahaan periklanan dan PLN sering memasak iklan promo baik promo pasang baru maupun diskon. Namun promo ini sepertinya tergantung pada cabang PLN masing-masing kota. Jadi, saran saya adalah lebih baik menanyakan langsung ke kantor PLN terdekat.


7 Apakah bisa daftar pasang baru PLN online? 

Bisa. Sebagaimana layanan-layanan lain yang sudah go online, layanan PLN juga sudah online. Tinggal cek daj kunjungi situs PLN untuk informasi lebih lanjut.


8. Pasang baru listrik dapat berapa titik? 

Kalau di daerah kami istilah titik berarti dapat kontak lampu atau cabang. Kata petugas jatahnya dulu 5 namun sekarang sudah jadi 4. Nah, 4 itu boleh kontak lampu keempatnya atau mau masang cabang saja ke empatnya. Boleh juga dicampur. Ibu saya kemaren memang lampu 3 dan cabang 1. Jika membutuhkan cabang dan kontak lebih maka akan dikenakan biaya tambahan. Kata ibu kemaren kalau mau nambah kontak lampu atau cabang baru sekitar Rp 180.000. 


9. Apakah token listriknya langsung diisi?

Ya, harga yang dibayar saat pendaftaran ternyata sudah termasuk isi token listrik. Kami mendapatkan sekitar 28 Kwh. Lumayanlah, sudah hampir dua minggu masih bisa dipakai dan belum ada isi token baru.


10. Berapa hari proses pasang baru? 

Sekitar 4 hari kerja. Kami mendaftar pada hari Senin dan pada hari Kamis arus listriknya sudah masuk dan pemasangan instalasinya baru bisa pada hari Sabtu. Jika kamu butuh cepat, sebaiknya bertanya dulu dengan PLN di wilayah kamu berapa hari proses pemasangannya.



***