3 Cara Alternatif yang Selama Ini Saya Gunakan Untuk Mendapatkan Gratis Ongkir Shopee Jika Voucher Sudah Habis


Di halaman beranda Shopee selalu terdapat folder bertuliskan " Cashback & Voucher" yang dapat dimanfaatkan oleh pembeli. Namun, jumlah voucher gratis ongkir yang diberikan Shopee kepada pembeli berubah-rubah setiap bulan dan dibatasi penggunaaanya.


Bagi kamu yang belanja hanya 1-3 kali dalam sebulan mungkin tidak membutuhkan banyak voucher gratis ongkir tersebut. Namun, bagi kamu berencana belanja lebih banyak dalam sebulan misalnya belanja online grosir buat bisnis atau karena lagi banyak kebutuhan yang mau dibeli, tentu saja kamu berharap mendapatkan gratis ongkir tanpa batas. 


Jika jumlah transaksi melebihi dari voucher gratis ongkir berarti kamu akan dibebankan biaya ongkos kirim normal. Ya, tanpa ada subsidi atau pengurangan lagi. Ongkos apa adanya sebagaimana tercantum di ekspedisi. Bayangkan kalau kamu seperti saya yang tinggal di Sumatera dimana ongkirnya mencapai sekitar Rp 60.000 per kg. Mungkin jadi urung belanja karena kemahalan di biaya kirimnya. 


Namun, saat ini meskipun jatah voucher yang biasa diberi Shopee di folder "Cashback & Voucher" tersebut sudah terpakai semua, ternyata masih ada tiga cara lain mendapatkan voucher gratis ongkir tambahan. Berikut alternatif langkah yang dapat kamu pertimbangkan agar tetap mendapatkan tambahan subsidi atau free ongkir :


1. Klaim Voucher Khusus Toko Gratis Ongkir Xtra


Di halaman beranda Shopee, selain terdapat voucher gratis ongkir di folder bertuliskan "Cashback & Voucher" juga terdapat folder lain bertuliskan "Gratis Ongkir Xtra". Klik tulisan tersebut dan silahkan klaim voucher gratis ongkir kamu.


Apa bedanya voucher gratis ongkir yang biasa dengan voucher gratis ongkir Xtra ini? Voucher gratis ongkir biasa pada umumnya berlaku untuk semua toko tetapi voucher gratis ongkir Xtra hanya berlaku untuk toko-toko tertentu yang bertanda Xtra. 


Jadi, jika ingin membeli produk pakaian anak misalnya. Agar mendapatkan gratis ongkir tambahan temukanlah toko pakaian anak yang bertuliskan Gratis Ongkir Xtra. Biasanya ada di bawah produk yang kamu klik. Atau kamu bisa menggunakan fitur pencarian yang ada.


2. Cek Reward dan Klaim Shopee Loyalty

Pada halaman akun kamu ada tulisan Shopee Loyalty. Klik dan periksalah apakah ada bonus dan promo voucher khusus yang selama ini mungkin sering kamu lewatkan begitu saja. Hal ini karena halaman untuk klaim voucher gratis ongkir biasa dengan voucher gratis ongkir Shopee Loyalty berbeda. Sangat mungkin banyak orang yang tidak menyadarinya. Disamping itu, reward voucher Shopee Loyalty ini memang tergolong fitur baru yang belum dikenal semua pembeli terlebih para pendatang baru dalam belanja online.


Saya sendiri misalnya, walau sudah 4 tahun aktif bertransaksi di Shopee sering lupa dan terbiasa cek voucher gratis ongkir biasa. Selalu lupa soal voucher gratis ongkir reward Shopee Loyalty ini. Sejauh ini saya selalu fokus klaim pada folder cashback dan voucher yang tersedia di beranda Shopee. Memang inilah cara umum untuk mendapatkan voucher gratis ongkir Shopee.


Padahal baru-baru ini Shopee secara terpisah juga meluncurkan fitur baru bernama Shopee Loyalty yaitu semacam reward atas kesetiaan kamu belanja di Shopee. Reward yang diterima biasanya berupa voucher gratis ongkir dan voucher cashback. Jumlahnya tergantung pada tingkat Shopee Loyalty kamu apakah  Classic, Silver, Gold atau Platinum.


Misalnya, di halaman Shopee Loyalty saya. Saya mendapatkan member Gold dan diberi bonus 2 voucher cashback dan 1 voucher gratis ongkir 2 untuk bulan Agustus 2020.



3. Membeli Paket Voucher Hemat Gratis Ongkir


Voucher ini merupakan fitur baru Shopee yang dirilis sekitar 2 bulan terakhir. Jika voucher-voucher sebelumnya dapat diklaim secara gratis, voucher hemat ini harus dibeli. Misalnya, saat ini ada promo 6 voucher hemat gratis ongkir seharga Rp.10.000. 


Meskipun membayar Rp.10.000 untuk 6 voucher, jika dikalikan dengan total subsidi dan gratis ongkir yang akan didapatkan sebenarnya kamu tetap beruntung. 


Kok bisa? Rata-rata promo potongan gratis ongkir Shopee yang paling sering adalah Rp.20.000. Jika dikalikan 6 voucher, jumlah gratis ongkir yang kamu dapatkan sekitar Rp.120.000. Kamu membeli 6 voucher dengan harga Rp.10.000, jadi kamu masih beruntung Rp.110.000 lagi. 


Oya, selain cara di atas terkadang Shopee juga mengeluarkan voucher gratis ongkir lainnya. Misalnya, voucher yang berlaku khusus untuk toko yang bertanda Shopee24 atau Shopee Mall. Sebagaimana yang disinggung di awal, pihak Shopee memiliki hak untuk merubah promo voucher gratis ongkir. Jika ingin mengumpulkan voucher free biaya kirim ini saya sarankan kamu sering cek akun Shopee untuk mengetahui informasi dan daftar promo terbaru.


Subscribe to receive free email updates: