13 Penyebab Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan



Promo free biaya pengiriman merupakan salah satu fitur milik e-commerce warna orange yang menarik minat para online shopper. Termasuk saya. Jujur saja beberapa tahun terakhir saya belanja disana dengan harapan mendapatkan bebas biaya jasa ekspedisi minimalnya memperoleh potongan. Namun, kadangkala voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan sehingga membuat harapan pupus. Kalau saya pribadi sih beberapa kali pernah kecewa dan merasa di PHP karena sifat saya yang kadang kurang teliti dan terlalu bereforia.


Dilain kesempatan saya melihat promo tersebut masih ada dan pengguna lain berhasil mendapatkannya. Jadi, saya mencoba berpikir ulang kira-kira apa yang salah. Mungkin ada yang kurang tepat sehingga saya merasa kecewa. Nah, berdasarkan pengalaman saya yang pernah gagal dan kecewa tersebut, maka kali ini saya ingin membagikan faktor penyebab mengapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan. Sebelum terlanjur merasa kesal, sebaiknya koreksi dulu 12 poin dibawah ini : 



1. Pilihan jasa pengiriman tidak sesuai. Terdapat beberapa jenis pengiriman yang dapat dipilih di Shopee. Namun, tidak semuanya mendukung promo ongkos kirim. Agar mendapatkan voucher maka mau tidak mau harus memilih jasa ekspedisi sesuai dengan yang tertera di syarat dan ketentuan promo. Shopee yang menentukan jasa ekspedisi apa saja yang berhak mendapatkan free biaya pengiriman. Umumnya sih pilihannya ada Reguler seperti J&T Ekpress, Sicepat, JNE, Shopee Standar Ekspress dan lainnya. Selain itu, juga terdapat pengiriman dengan sistem COD. Selain itu juga ada pengiriman Hemat.



2. Tidak mencukupi nominal minimal belanja. Kalau saya pribadi sering terkecoh dalam poin nomor dua ini. Sering tidak memperhatikan total nilai belanjaan sehingga tidak berhasil mendapatkan promo free pengiriman. Padahal disyaratkan harus mencapai total minimal belanjaan. Nah, yang menjadi pertanyaan berapa sih minimalnya? Macam-macam tergantung kebijakan Shopee karena sering berubah-rubah. Namun, berdasarkan pengalaman saya sejauh ini mayoritas mensyaratkan Rp 30.000, Rp 50.000 dan Rp 120.000. Ada juga Rp 0, Rp 5.000 dan Rp 10.000 namun jarang terjadi alias hanya sesekali saja. 



3. Seller tidak memenuhi syarat. Sebagai ibu rumah tangga yang senang berburu produk yang bisa hemat pengeluaran rumah tangga, saya sering menemukan harga murah misalnya diapers bayi, pakaian dan lainnya. Namun, sayang seribu sayang kegembiraan saya lenyap dalam sekejap lantaran ternyata voucher ongkos kirim tidak dapat digunakan. Ternyata oh ternyata promo hanya berlaku untuk seller atau toko yang bertanda star seller dan mall. Nah, toko yang menjual dengan harga paling murah tadi belum menjadi star seller maupun mall. Jadi, kandas deh harapannya. Kalau bayar biaya kirim ya jatuh harganya jauh lebih mahal. 



4. Produk tidak bertanda gratis ongkir. Cara termudah agar voucher free biaya pengiriman berlaku adalah dengan memanfaatkan fitur filter. Fitur filter berada di bagian atas dibawah kolom pencarian ketika kita mengetik sebuah produk. Diantara filternya ada cashback xtra, gratis ongkir dan gratis ongkir xtra. Nah, klik "gratis ongkir" dan "gratis ongkir xtra" maka semua produk yang mendapatkan free pengiriman akan muncul. Dengan demikian terhindar dari produk yang tidak free pengiriman. Hal ini lantaran yang mendapatkan promo bebas biaya ekspedisi hanyalah yang bertanda gratis ongkirnya. 



5. Melebihi limit harian. Oya, bagi teman-teman pengguna baru wajib mengetahui ya kalau voucher gratis ongkir Shopee itu tidak bebas digunakan sebanyak yang kita mau. Jadi, jumlahnya dibatasi untuk masing-masing pengguna. Kalau dulu pernah dibatasi hanya bisa memakai voucher maksimal 2 saja dalamsehari. Jadi, kalau mau banyak belanja ya tidak bisa. Harus diangsur beli setiap hari kalau ingin dapat free biaya jasa pengiriman. Kalau sekarang sih tidak menentu jumlahnya. 

Saya perhatikan jauh lebih banyak voucher yang tersedia seperti gratis ongkir harian, mingguan, bulanan dan loyalty. Misalnya, hari ini saya sudah belanja 3 kali dimana ketiganya free ongkos kirim. Pas saya cek akun ternyata masih banyak daftar voucher yang bisa dipakai hari ini. Nah, coba saja cek di home Shopee folder bertanda "gratis ongkir dan voucher". Nanti kamu klaim semua sehingga tahu pasti berapa jumlah yang kamu peroleh. Setahu saya tiap pengguna beda yang didapatkan karena tergantung status loyalty mereka apakah classic, silver, gold atau platinum.



6. Saldo Shopeepay tidak mencukupi. Satu lagi penyebab tersering mengapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan yaitu karena saldo yang ada di Shopeepay tidak cukup. Shopeepay merupakan dompet digital milik Shopee yang biasanya dipakai untuk menampung uang untuk pembayaran belanja. Nah, saya sering juga mengalami masalah dalam hal ini. Misalnya mau belanja Rp 50.000 saja dan saldo di Shopeepay sudah ada Rp 50.000, maka tidak bisa digunakan karena saldonya harus lebih dari itu. 

Berdasarkan pengalaman saya sejauh ini, saldo Shopeepay minimal harus mengkover jumlah total belanja dan jumlah ongkos kirim. Kalau total belanjaan Rp 50.000 dan biaya pengiriman ke alamat Rp 20.000, maka saya harus ada uang di Shopeepay Rp.70.000. Seringnya sih saya lebihkan seribuan menjadi Rp 71.000 takut kalau-kalau gagal karena saldo pas-pasan. Ketika berhasil mendapatkan free biaya ekspedisi dan hanya perlu membayar total belanja Rp 50.000 saja, maka sisa uang Rp 20.000 tadi ya mengendap di Shopeepay atau dijadikan buat tambahan belanja berikutnya.



7. Pilihan pembayaran tidak mendukung. Terdapat beberapa jenis metode pembayaran belanja di Shopee seperti Shopeepay, Shopee Paylater, Transfer Bank, COD, Indomaret, Alfamart, Kartu Kredit dan lainnya. Tidak semua metode tersebut dapat dipakai untuk mendapatkan promo free jasa pengiriman. Voucher bebas ongkos kirim di Shopee cenderung  lebih sering mensyaratkan pembayaran melalui Shopeepay, Shopee Paylater dan COD. Via transfer bank juga ada tapi voucher yang tersedia tidak banyak. Supaya tidak salah sangka, perhatikan tulisan warna merah disetiap bawah voucher disana sudah tertulis metode pembayaran yang ditentukan. 



8. Penjual belum mengaktifkan program gratis ongkir. Voucher bebas biaya pengiriman ini tidak muncul secara otomatis pada semua seller yang bergabung jualan di Shopee melainkan mereka harus mendaftarkan toko mereka terlebih dahulu ke dalam program gratis. Artinya, tidak semua seller yang sudah aktif promo bebas jasa ekpedisi ini. Hanya yang sudah mengaktifkan. Tanda kalau seller sudah bergabung dalam free ongkos kirim adalah adanya warna biru di sudut kiri bawah sebuah produk bertuliskan gratis ongkir atau gratis ongkir xtra.



9. Menggunakan lebih dari 2 voucher sekaligus. Waduh, baru saja kemaren saya mengalami hal ini. Ceritanya saya mendapatkan 3 jenis voucher yang terdiri dari free biaya pengiriman, cashback xtra dan Murah Lebay. Jadi saya dengan buru-buru langsung input ketiga voucher tersebut pas mau checkout. "Banyak keuntungan nih bisa lebih banyak hemat", pikir saya. Selain tidak perlu merogeh kocek bayar  pihak ekpedisi, saya berpikir juga bakal dapat untung cashback koin Shopee 5% beserta diskon Murah Lebay sebesar 10.000. Ternyata tidak bisa memakai 3 sekaligus melainkan hanya boleh menggunakan 2 jenis voucher berbeda. Akhirnya saya harus merelakan voucher cashback dan lebih memilih gratis pengiriman sama Murah Lebay.



10. Waktu tidak valid. Salah satu ketentuan yang jarang diperhatikan secara seksama adalah mengenai jangka waktu berlaku sebuah voucher. Akibat kurang memperhatikan inilah akhirnya gratis ongkir tidak dapat digunakan karena ternyata telah melewati batas waktu tanggal dan jam yang disyaratkan. Misalnya, promo gratis ongkir belanja Rp 0 berlaku hanya dalam waktu 3 jam saja, atau hari ini saja. Ada juga dibuatkan rentang waktu misalnya dari jam 09.00 sampai jam 12.000, jam 00 hingga jam 13.00 dan lainnya tergantung kebijakan Shopee. Kalau mau berhasil memperoleh free biaya kirim ya mau tidak mau harus belanja di jam-jam tersebut. Sebaliknya, kalau belanja diluar jam tersebut maka voucher akan gagal alias tidak valid.



11. Pembelian tidak menggunakan aplikasi. Saya perhatikan dari awal Shopee berdiri di Indonesia memang cenderung menggiring calon penggunanya pada penggunaan aplikasi dibanding website via desktop. Walaupun membuka situs masih bisa di laptop, sebenarnya voucher promo lebih banyak diberikan saat belanja melalui aplikasi. Agar mendapatkan voucher maka sebaiknya memang download aplikasi Shopee melalui Google Playstore dulu baru belanja. Bukan hanya voucher, tampilan aplikasi pun menurut saya lebih simple dan nyaman untuk dioperasikan dibanding versi desktop.



12. Voucher belum diklaim. Di toko lain kamu mungkin mendapati bahwa voucher tampil atau muncul otomatis begitu hendal checkout. Namun, beda dengan Shopee. Tidak akan ada voucher jika tidak diklaim. Dengan kata lain, voucher tersebut harus diklik klaim dulu baru bisa muncul di pilihan promo ketika mau checkout. Saya biasanya setiap awal bulan akan mengklaim semua voucher yang tersedia karena menyambut bulan baru biasanya Shopee akan mengupdate dengan promo voucher baru. Cara untuk klaim sangat mudah sekali, kamu tinggal klik Gratis Ongkir & Voucher. Nanti akan muncul berbagai macam voucher gratis ongkir seperti harian, mingguan dan bulanan. Pilih voucher yang mau diklaim, klik dan sudah berhasil di klaim. Daftar voucher yang kamu miliki bisa dicek di akun di menu Voucher Saya.



13. Voucher sudah habis diklaim pengguna lain. Pemakaian terbatas. Pernah juga suatu ketika saya belanja dengan begitu semangat, begitu yakin pasti dapat gratis ongkos kirim tetapi ternyata malah tidak. Ternyata oh ternyata saya kurang memperhatikan kurang seksama kalau voucher yang ada jumlahnya terbatas. Maksudnya adalah siapa yang duluan belanja maka dialah yang dapat. Kalau sudah tidak dapat dipakai berarti voucher sudah habis oleh pengguna lain. 




Solusi Jika Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan


Kolom voucher ongkos kirim  Shopee tidak bisa digunakan biasanya ditandai dengan warna abu-abu dan ada pemberitahuan di bagian atas bahwa voucher yang dipilih tidak berlaku. Pastilah hal ini membingungkan sekali apalagi bagi pengguna baru. Sebelum berpikir negatif bahwa Shopee membohongi pengguna dengan menawarkan voucher bodong, yuk coba atasi dengan solusi berikut ini :



1. Pastikan dulu produk yang dibeli ada tulisan tanda gratis ongkir maupun gratis ongkir Xtra. Tanda ini biasanya muncul otomatis disebelah kiri bawah ketika melihat tampilan suatu produk.

2. Pastikan memenuhi syarat dan ketentuan pemakaian voucher seperti jumlah minimal belanja, jam dan tanggal pemakaian, pilihan jasa pengiriman maupun pilihan jasa pembayaran. 

3. Coba lagi dihari berikutnya. Jika sudah memenuhi semua unsur diatas namun tetap tidak dapat digunakan, maka bersabarlah sejenak. Kalau masih mau belanja tidak ada salahnya menunggu dan mencoba lagi nanti. 


4. Jika terburu-buru belanjalah di e-commerce lain. Tidak satu jalan ke roma, begitu kata pepatah mengatakan bahwa ada banyak pilihan dalam hidup ini. Jika memang tidak juga dapat dipakai dan kamu membutuhkan suatu produk cepat cobalah cek di toko sebelah. Mungkin saja disana kamu bisa berhasil memperoleh free jasa pengiriman. 


Perlu diketahui bahwa promo free jasa ekspedisi itu memang nyata ada, bukan bualan semata. Hanya saja, terdapat ketentuan tertentu. Apabila memenuhi ketentuan otomatis akan berlaku dan dapat. Sebaliknya, jika tidak memenuhi syarat dan ketentuan maka voucher akan gagal alias tidak dapat dipakai. Agar berhasil mendapatkan voucher gratis ongkir Shopee maka pastikan bahwa kamu tidak memiliki ke 13 penyebab diatas dulu. []