Pengalaman Beli Token Listrik Murah di Shopee 2021


Pengalaman beli token listrik murah di Shopee



Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis pengalaman berlangganan beli token listrik murah di Shopee. Sebenarnya ini sudah masuk bulan ketiga sejak saya memutuskan membeli listrik PLN prabayar secara online. Sejak saya mulai menerapkan strategi baru dalam mengelola keuangan keluarga, pada bulan November 2020 silam. Alasan utamanya adalah karena berdasarkan kalkulasi saya ternyata jauh lebih hemat dibanding berlangganan di tempat kami selama ini. Kalau beli online bisa untung 5.000, 7.500 hingga 10.000 tergantung besar promo cashback pada bulan tertentu. 


Kalau dijumlahkan sejak bulan November, lumayan juga. Bisa buat tambahan beli bibit sayur selada atau polybag. Belajar tidak menyepelekan uang ribuan atau puluh ribuan. Ternyata hasil diskon  yang bagi sebagian orang dianggap tidak seberapa tersebut bisa berdampak besar lho buat kebutuhan dapur keluarga😀. Pada tanggal 1 Januari 2021 ini, saya juga membeli listrik prabayar PLN nominal Rp 200.000 dan berhasil dapat cashback Rp 10.000 atau sebesar 5 % dari transaksi. Bagi teman-teman pemula yang masih bingung bagaimana cara beli token listrik murah di Shopeesaya menuliskan cara dan langkah-langkahnya di bawah ini. 


1. Klaim voucher cashback. 


Langkah pertama adalah mencari voucher promo yang ada. Perlu diketahui bahwa persentase promo yang didapatkan setiap bulan berbeda. Bahkan setiap hari bisa juga berubah tergantung kebijakan dari Shopee. Ini memang merupakan faktor keberuntungan tetapi sejauh ini, sudah beberapa kali saya membeli alhamdulillah selalu ada voucher promo untuk pembelian tagihan listrik PLN. Setahu saya promo cashback ini selalu ada tersedia dan bisa didapatkan sama halnya dengan voucher gratis ongkir. 

 

2. Klik menu "Pulsa, Tagihan & Hiburan" yang ada di beranda Shopee. 


Menu ini memang masih umum dan akan banyak ditemukan pilihan di dalamnya. Berhubung mau beli token listrik, maka selanjutnya pilih di bagian "Tagihan" dan klik "listrik PLN"Jika  belum punya akun, maka harus membuat akun terlebih dahulu. Kalau bingung, teman-teman bisa mengikuti langkah 1-5 cara belanja di Shopee 2021 dengan gratis ongkir dan cashback yang saya tulis di artikel sebelumnya. 


3. Input No.meter atau nomor pelanggan dan pilih nominal token yang diinginkan dan tekan "Lanjut". 


Pada halaman ini memasukkan informasi pembelian yaitu identitas pelanggan yang biasanya terdiri dari 10 digit. Kemudian mengklik jumlah pembelian token listrik apakah mau 20.000, 50.000, 100.000, 200.000, 500.000, 1.000.000, 5.000.000, 10.000.000 atau 50.000.000. Sebaiknya, ini disesuaikan dengan batas kebutuhan listrik rumah tangga untuk 1 bulan. Mengapa? kalau beli satu kali dalam sebulan jauh lebih hemat dan murah dibanding beli sedikit tapi berkali-kali karena beban administrasinya juga berkali lipat. 


BACA JUGA :  3 Cara Mengelola Token Listrik Rumah Tangga Hemat dan Murah


4. Baca ringkasan order di halaman checkout. 


Di halaman ini akan ditemukan beberapa informasi pesanan seperti nomor meter atau nomor pelanggan, nama pelanggan, nominal, biaya admin beserta total tagihan yang perlu dibayarkan. Periksa kembali informasi tersebut apakah sudah benar atau ada yang salah. Salah input nomor pelanggan bisa berakibat fatal. Kalau token listrik terlanjur salah menggunakan data orang lain tentu tidak bisa diminta kembali karena tidak ada kontak untuk menghubungi yang bersangkutan. 


5. Pilih metode pembayaran ShopeePay. 


Jika sudah fix dengan semua informasi yang ada, selanjutnya adalah memilih metode pembayaran. Terdapat beberapa pilihan yang digaransi oleh Shopee yaitu ShopeePay, transfer bank, Alfamart, Indomaret/i.Saku, Kartu Kredit atau Debit online dan Cicilan Kartu Kredit. Berhubung romo cashback ini diberikan kepada para pengguna ShopeePay, maka metode pembayaran harus menggunakan ShopeePay. 


Berdasarkan pengalaman saya, menggunakan ShopeePay ini memang banyak sekali keuntungan yang didapat sehingga sejak tahun 2019 saya 100 % pakai metode ini. Jika belum punya, maka harus mengaktifkan dulu dan melakukan top up saldo. Atau jika masih ragu apakah mau pakai atau tidak, saya telah mengulas keuntungan ShopeePay +kekurangannya (Review pengguna)


BACA JUGA : Pengalaman Mengaktifkan ShopeePay 2021


6. Input voucher dan klik "Ok".  


Dibawah menu metode pembayaran terdapat kolom disamping ikon voucher yang bertuliskan 'Gunakan/masukkan kode". Klik maka otomatis akan dibawa pada halaman yang berisi daftar voucher yang  bisa pilih. Pilihlah 1 voucher. Misalnya saya, memilih voucher cashback 5 % minimal belanja Rp 0 s/d 35 ribu. Mengapa saya menggunakan voucher ini? Karena persentase cashback yang didapatkan paling tinggi dibanding lainnya cuma 1 % dan masa berlakunya juga mepet, akan berakhir dalam 15 jam. 


Setelah berhasil mendapatkan voucher cashback, juga bisa melakukan tukar koin Shopee jika sudah punya. Lumayan juga, dengan tukar koin ini total pembayaran akan semakin berkurang dan ringan, ibarat dapat diskon juga. Saya pada waktu membeli token listrik ini ada sekitar 50.000 koin yang bisan ditukarkan namun tidak saya gunakan berhubung mau dipakai untuk belanja kebutuhan lain. 


7. Lakukan pembayaran. 


Di bagian paling bawah terdapat informasi total jumlah pembelian yang harus dibayar. Jika sudah yakin dan fix tidak ada yang salah, maka klik tulisan "Bayar Sekarang". Maka nantinya akan dibawa pada halaman ShopeePay dan selanjutnya masukkan nomor PIN ShopeePay sebanyak 6 angka. Setelah itu, akan menerima konfirmasi bahwa pembayaran telah berhasil dan pemberitahuan bahwa token akan segera tersedia. Di halaman konfirmasi pembayaran berhasil ini  juga terdapat beberapa informasi dan data pembelian. Pembeli dapat melihat menu "Lihat Rincian Pesanan". 


8. Pesanan sedang diproses. 


Jika telah berhasil melakukan pembayaran, maka akan ada informasi bahwa pesanan token listrik sedang diproses oleh pihak Shopee. Disini memang tidak ada dijelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan sehingga banyak teman-teman yang bertanya. Berdasarkan pengalaman saya, tidak butuh lama. Hanya dalam waktu 4 menit saja pesanan saya berhasil diproses. Berdasarkan pengalaman saya, saya membuat pesanan pada tanggal 01-02-2021 jam 08 :12 dan terdapat notifikasi kalau pesanan berhasil pada  jam 08:16. 


9. Salin kode token. 


Silahkan klik notifikasi pesanan berhasil, nanti akan dibawa pada halaman  yang berisi rincian pesanan. Dibawah token PLN terdapat nomor sebanyak 20 angka yang bisa disalin atau dicatat. Walau di bagian atas masih terdapat  tulisan bahwa pesanan sedang diproses, maka hal ini tidak masalah. Jika sudah muncul nomer token berarti sudah bisa digunakan.

 

10. Tinggal input kode ke listrik. Sebaiknya, begitu mendapatkan nomor token langsung dimasukkan ke listrik PLN di rumah. Supaya hati lebih tenang dan meyakinkan kalau pesanan token online ini benar-benar berhasil. Saya biasanya tidak akan menekan tombol penerimaan pesanan sebelum kode berhasil saya input. Buat berjaga-jaga saja, jangan sampai kode tidak bisa digunakan tapi sudah terlanjut menyatakan token sudah diterima. Jadi, saya pastikan dulu apakah KWH listrik saya benar-benar sudah bertambah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berapa sisa KWH listrik sebelum membeli dan sesudah membeli supaya tahu berapa jumlahnya. Ketika membeli token 200.000, maka jumlah KWH yang saya dapatkan adalah 125.900.000. 


11. Konfirmasi penerimaan. Sebagaimana yang saya singgung sebelumnya, jika input token berhasil barulah melakukan klik konfirmasi penerimaan. Sebaiknya, bagian ini tidak dilewatkan begitu saja karena ini terkait dengan voucher cashback yang sebelumnya digunakan. Semakin cepat melakukan konfirmasi penerimaan maka koin Shopee hasil promo cashback tadi akan semakin cepat cair ke akun. Jika tidak dikonfirmasi, maka akan menunggu penyelesaian otomatis oleh sistem dan koin Shopee masuk ke akun dalam beberap hari. 


Oya, dalam beberapa kasus mungkin akan dijumpai kalau nomor token listrik sudah diterima dan sudah berhasil diinput tetapi tombol konfirmasi penerimaan belum bisa diklik, masih berwarna abu-abu. Ini tidak masalah. Shopee memang sengaja membuat sistem ini untuk menjaga keamanan transaksi. Pembeli diminta menunggu selama 4 jam terlebih dahulu setelah pesanan berhasil baru mengonfirmasi pesanan diterima. Jika tombol sudah muncul tapi belum sampai 4 jam, berarti sudah boleh. 


12. Download struk pembayaran sebagai bukti.  



Di halaman rincian pesanan tadi, klik dibagian paling bawah ada tulisan warna biru 'download struk pembayaran". Tulisan ini mengandung link, kalau diklik akan dibawa pada halaman berisi struk pembelian listrik prabayar. Informasi disini sudah lengkap semuanya, sangat jelas sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. 


Rasanya tidak afdal dan masih ada yang kurang jika tidak punya bukti pembelian token. Terlebih bagi teman-teman yang terbiasa membeli token di kedai offline dekat rumah, tentu biasa memegang kwitansi fisik. Struk ini dibutuhkan untuk jaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya terutama bagi yang membeli token listrik dalam jumlah besar. Wajib sekali memegang bukti ini. Atau bagi mereka yang membeli token listrik online bukan untuk keperluan pribadi melainkan untuk kantor, maka bukti pembayaran ini sangat penting untuk pelaporan keuangan. 


***


Demikianlah artikel kali ini mengenai pengalaman saya beli token listrik murah di Shopee. Oya, sebenarnya ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna terkait hal ini. Berhubung postingan ini sudah lumayan panjang, maka saya membuat sesi tanya jawab di postingan yang berbeda. Semoga informasi tersebut bisa menjawab tanda tanya  teman-teman pemula.


Subscribe to receive free email updates: