15 Tanya Jawab Seputar Beli Token Listrik di Shopee




15 tanya jawab seputar beli token listrik di Shopee


Pada postingan kali ini saya ingin mengulas FAQ seputar beli token listrik di Shopee. Pertanyaan yang saya buat disini merupakan hal dasar yang paling sering ditanyakan. Saya mafhum sebagai pengguna baru, pasti banyak hal yang membuat ragu, bingung maupun penasaran. List tanya jawab ini akan di update jika diperlukan.  Jika masih ada hal-hal  yang ingin teman-teman tanyakan tetapi belum masuk dalam daftar ini, silahkan membuat pertanyaan di kolom komentar. Insaallah saya usahakan menjawabnya sesuai pengetahuan dan pengalaman saya. Jika tidak tahu, saya akan mencari informasi dan melakukan riset sederhana. 



1. Dimana beli token listrik di Shopee? Ada dua pilihan. Pertama, langsung ke Shopee melalui menu Pulsa, Tagihan & Hiburan yang ada di beranda. Ini langsung dikelola oleh Shopee melalui kerjasamanya dengan pihak PLN. Kedua, melalui agen pulsa online yang membuka lapak di Shopee. Untuk membeli melalui seller yang berjualan di Shopee ini menggunakan fitur pencarian produk seperti biasanya. Nanti tinggal pilih mau belanja di toko yang mana. Biasanya pembelian melalui penjual pulsa listrik ini nomor listrik akan dikirim melalui chat. Saya sendiri belum pernah membeli ke pedagang pulsa online yang membuka cabang di Shopee. Biasanya saya langsung membeli listrik melalui menu Tagihan Shopee langsung. 


2. Bagaimana langkah dan cara beli token listrik di Shopee?Secara umum mengikuti tahap demi tahap pembelian  seperti biasanya meliputi memilih token, melakukan pembayaran dan mencatat nomor token yang diberikan. Jika teman-teman merupakan pengguna baru dan masih bingung, saya menulis langkah-langkahnya pada artikel sebelumnya yang berjudul pengalaman beli token listrik murah di Shopee. Postingan saya pisahkan karena takut terlalu panjang dan memudahkan dalam membaca. 


3. Berapa pilihan nominal pembelian token listrik di Shopee? Terdapat 9 pilihan nominal yang disediakan oleh Shopee yaitu token 20.000, 50.000, 100.000, 200.000, 500.000, 1.000.000, 5.000.000, 10.000.000 dan 50.000.000.  Jika membutuhkan pulsa listrik prabayar misalnya 150.000, maka harus membuat dua kali pesanan yang terdiri dari token 100.000 dan 50.000. Tidak hanya di Shopee, di tempat lain juga biasanya begitu karena memang jarang ada token 150.000. Pengeluaran listrik saya sebenarnya 150.000 perbulan namun karena tidak ada nominal tersebut, maka saya putuskan langsung beli 200.000 saja bulan ini dan bulan depan tinggal nambah 100.000. Mengapa? beli satu pesanan jauh lebih hemat dan murah. 


BACA JUGA : 3 Cara Mengelola Token Listrik Rumah Tangga Hemat & Murah


4. Apa saja metode pembayaran token listrik di Shopee? Terdapat 9 pilihan yaitu ShopeePay, ShopeePayLater, Transfer Bank, Alfamart, Indomaret/i.Saku, Kartu Kredit/Debit Online, Kredivo, Akulaku dan Cicilan Kartu Kredit. Jika belum mengaktifkan ShopeePay dan ShopeePayLater maka tampilan metode biasanya hanya 7. Masing-masing pilihan ini dikenakan biaya penanganan yang umumnya sebesar Rp 2.500. Saya sendiri lebih memilih menggunakan Shopeepay karena tidak ada dikenakan biaya kalau mau belanja. Hanya dikenakan Rp 1.000 ketika top up. Isi saldo sekali saja dan belanja bisa berkali-kali selama saldo cukup. 


BACA JUGA : Pengalaman Mengaktifkan ShopeePay 


5. Bagaimana cara hutang token listrik di Shopee? Dengan menggunakan fitur ShopeePayLater. Ini merupakan cara hutang token listrik di Shopee yang umumnya dilakukan para pengguna. Fasilitas ini memungkinkan teman-teman mendapatkan token listrik sekarang tapi bayarnya nanti bulan depan. Sesuai dengan namanya, paylater berarti membayar belakangan.

* Pastikan bahwa akun teman-teman mendapatkan pemberitahuan mengenai layanan ShopeePayLater. Mengapa? tidak semua pemilik akun Shopee yang memperoleh kesempatan ini, hanya untuk mereka yang terpilih. Biasanya sih akun yang sudah lama dan sering belanja akan mendapatkan tawaran pinjaman ini. 

* Jika sudah aktif dan berhasil di verifikasi, maka tinggal mengikuti langkah-langkah cara beli token listrik di Shopee yang saya tulis di artikel sebelumnya. Semua langkah sama persis kecuali metode pembayaran. Berhubung mau memakai ShopeePayLater, maka pada pilihan pembayaran maka klik pilih ShopeePayLater. Ini kuncinya. 


BACA JUGA : Untung Rugi Beli Token Listrik Bayar Nanti 


6. Apa kode voucher token listrik Shopee? Sesuai dengan pengalaman saya, tidak ada kode-kodean berupa angka-angka atau huruf. Voucher promo yang diberikan berupa cashback 5 % atau 1 %. Untuk mendapatkannya, voucher ini harus diklaim terlebih dahulu di menu Voucher & Cashback. Setelah diklaim, pada saat mau checkout belanja maka harus input voucher tersebut di kolom Voucher. Jika lupa menginput maka promo tidak akan didapatkan. 


7. Apakah ada bukti pembayaran listrik di Shopee? Ada. Setiap pembelian ada bukti atau invoicenya sebagaimana membeli listrik di tempat lain. Caranya tinggal klik rincian pesanan dan download struk pembayaran. Tulisan struk ini terdapat dibagian paling bawah informasi pesanan dan keluar kalau pesanan sudah diterima. 


8. Bisakah beli token listrik pakai ShopeePayLater ? Bisa. Jika melihat pada ketentuannya, maka pengguna ShopeePayLater ini hanya tidak dapat menggunakan  layanan untuk membeli produk kategori voucher. Selain itu, diperbolehkan seperti membeli pulsa, paket data, tiket pesawat, tiket bus, TV kabel, internet, BPJS, PDAM, Telkom, roaming, fashion, kebutuhan rumah tangga hingga listrik PLN. Namun, satu hal yang perlu digarisbawahi adalah pengguna bisa saja tidak mendapatkan cashback karena voucher promo ini sering diperuntukkan bagi pengguna metode pembayaran ShopeePay bukan ShopeePayLater. 


BACA JUGA : Mengulas Kelebihan dan Kekurangan ShopeePaylater


9. Bagaimana cara menggunakan cashback pln Shopee? Perlu diketahui, cashback Shopee ini bukan berupa uang tapi dalam bentuk koin. Jika ingin menggunakan koin cashback ini sangat mudah. Tinggal belanja dan menukarkannya. Pada halaman checkout dibawah kolom voucher maka selalu ada ikon "Tukarkan koin Shopee", tinggal aktifkan tombolnya. Otomatis jumlah total pembayaran belanja akan dikurangi sebesar koin yang ditukarkan. 


10. Bagaimana cara membatalkan pesanan token listrik di Shopee? Sepengetahuan saya, sesanan apapun entah itu baju, sepatu, pulsa maupun token listrik hanya bisa dibatalkan selama belum membayar. Kalau masih dalam tahap membuat order tapi belum dibayar, nanti order tersebut akan batal sendiri otomatis jika sudah melewati batas pembayaran yang ditentukan. Namun, kalau pesanan sudah dibayar maka tidak bisa dibatalkan karena sudah diproses oleh sistem. Jika ada masalah tertentu seperti token tidak masuk atau pesanan tidak diterima biasanya dana otomatis dikembalikan, kadang juga harus melalui layanan komplain tergantung kondisi. 


11. Bagaimana cara cetak struk pln di Shopee?  Buka rincian pesanan token listrik, dibagian paling bawah ada link download struk pembayaran. Klik, maka invoice akan terbuka di  android dengan PDF. Kalau mau cetak, tinggal klik ikon titik 3 di pojok bagian atas struk dan ada pilihan untuk cetak. Cara lainnya dengan menyimpan atau share file struk token ke Google Drive, kemudian download dalam bentuk PDF dan print. Saran saya kalau teman-teman bingung, sebaiknya buka aplikasi Shopee di laptop saja sehingga cetak struk ini lebih mudah. Tinggal menghubungkan laptop atau komputer dengan printer, maka bisa langsung dicetak seperti print kertas biasanya.


12. Apakah beli token listrik di Shopee lama? Umumnya tergolong cepat karena sistem beli online langsung. Pesanan saya diatas diproses tidak sampai 5 menit, hanya 4 menit. Beda kalau saya memesan token listrik online sama teman penjual pulsa, memang lama menunggu. Kalau di Shopee, asalkan cepat membuat order dan segera membayar, token cepat masukknya. Jadi, kalau teman-teman ada yang bertanya berapa lama proses pembayaran listrik di Shopee atau  berapa lama proses pembelian token listrik di Shopee, biasanya dalam 5 selesai diproses. 


Jika belum, coba tunggu dalam 10-15 menit. Kalau tetap tidak masuk coba hubungi CS mungkin ada kendala tertentu. Pembelian token di Shopee lama karena pembeli lama membayar misalnya harus ke ATM dulu sehingga ada jeda waktu. Kalau menggunakan mobile banking atau ShopeePay maka proses pembayaran akan lebih cepat. 


13. Apa penyebab beli token di Shopee tidak masuk? Sama dengan kendala pembelian pada umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem jaringan komunikasi data. Hal ini menyebabkan proses pengiriman data token prabayar gagal terkirim. Solusinya adalah menghubungi call center PLN di 123, PLN terdekat atau menanyakan kepada CS Shopee. 


14. Beli token listrik di Shopee dapat berapa kwh? Tergantung nominal yang dibeli. Saya tanggal 1 Februari membeli token listrik 200 ribu dapat KWH 125,9. Sebelumnya, pada  tanggal 1 Desember saya membeli token 100.000 dapat jumlah KWH sebesar 63.0. Menurut saya, mau beli di Shopee atau ditempat lain jumlah KWH tetap sama berdasarkan nominal yang dibeli karena harga listrik ini ditetapkan oleh pemerintah melalui PLN. Pihak seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Bank atau pun tempat pembayaran listrik terdekat dari rumah hanyalah semacam agen yang membantu pembelian atau pembayaran. Mereka hanya mendapatkan biaya administrasi. 


15. Mengapa beli token listrik di Shopee gagal? Karena pembelian telah melebihi limit. Mohon diperhatikan bahwa terdapat batas pembelian untuk token PLN pada setiap pelanggan. Jika gagal, masih bisa mencoba lagi pada hari pertama di bulan depan atau membeli di tempat lain. Jika bingung mengenai batas token PLN, teman-teman bisa menghubungi PLN di (021) 123 atau periksa meteran listrik. Penyebab lainnya bisa berupa faktor jaringan sistem data komunikasi yang tidak stabil. 


****


Subscribe to receive free email updates: