16 Tanya Jawab Seputar Voucher Gratis Ongkir Shopee





Pada postingan sebelumnya, saya sudah mengulas tentang 3 cara yang selama ini saya gunakan untuk mendapatkan gratis ongkir Shopee jika voucher sudah habis. Nah, pada artikel kali ini saya ingin membuat semacam frequently asked questions atau daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman beserta jawabannya. Saya berharap dengan adanya artikel ini teman-teman yang berstatus konsumen pemula atau baru terjun dalam dunia belanja online bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 


Oya, saya berusaha mengumpulkan pertanyaan yang sering diajukan dari berbagai sumber dan memfilter yang menurut saya penting untuk newbie. Sementara itu, untuk jawabannya saya peroleh sebagian berdasarkan pengalaman saya dan sebagian lagi berdasarkan analisa saya setelah melakukan riset sederhana di situs resmi Shopee Indonesia. Saya melakukan ini sekalian untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bergelayut di otak saya sejak lama dan juga ingin punya gambaran menyeluruh tentang voucher gratis ongkir Shopee ini. 



1. Bagaimana cara mendapatkan gratis ongkir Shopee?


1. Membuat akun Shopee. Pertama teman-teman harus terdaftar dulu di Shopee. Di halaman awal/home Shopee versi desktop di bagian kanan atas ada tulisan "Login dan Daftar". Klik "Daftar" dan ikuti atau isi semua informasi yang diminta sampai selesai. 

2. Klaim jatah gratis ongkir.  Untuk melakukan klaim, kamu bisa mengunjungi menu yang bertuliskan "Cashback & Voucher" di halaman home. Klik, nanti akan tersedia berbagai voucher jika kamu scroll terus ke bawah. Silahkan klik dan klaim semua voucher yang ada atau pilih mana yang kamu suka. 
 


2. Apakah pengguna baru bisa dapat gratis ongkir Shopee? 

Ya, semua new user bisa dapat free biaya kirim. Saat ini promo tidak hanya diberikan pada pengguna lama tapi juga bagi pengguna yang baru bergabung. Tidak hanya free ongkir, pengguna baru juga diberikan cashback tertentu. Untuk mengetahuinya, kamu perlu cek di menu "Voucher & Cashback" tadi. 



3. Apakah Shopee benar-benar free ongkir 100 %?

Ya, 100 % bebas biaya pengiriman selama jumlah biaya kirim yang seharusnya kamu tanggung tidak melebihi jumlah promo gratis ongkir yang diberikan Shopee.  Contohnya, teman-teman dapat voucher free biaya kirim sebesar Rp 20.000 dan biaya pengiriman ke alamat rumah teman-teman hanya Rp 20.000 atau Rp 15.000, maka otomatis gratis seluruhnya. Berdasarkan pengalaman belanja saya ada 2 jenis gratis ongkir Shopee yaitu :


1. Gratis ongkir full atau penuh. Jenis ini yang benar-benar 100 % gratis. Namun, promo ini mayoritas didapatkan oleh pengguna yang berdomisi di Jawa karena biaya ekspedisi sesama Jawa lebih ringan. Jadi, peluang gratisnya lebih tinggi. Besaran promonya biasanya berkisar Rp 20.000 ke bawah. Misalnya, saya belanja mainan bayi di toko yang berdomisi di Jakarta Utara kemudian dikirim ke Jakarta Barat dengan berat 1 kg, otomatis menjadi gratis karena sesama Jakarta. Biaya kirim tercover oleh voucher gratis ongkir. 


2. Gratis ongkir subsidi. Sesuai dengan namanya, ini adalah bantuan potongan biaya pengiriman. Jadi, tidak penuh atau 100 %. Besarnya beragama. Voucher XTRA merupakan subsidi paling besar yang bisa didapatkan yaitu Rp 20.000 untuk pengguna yang di Jawa dan Rp 40.000 untuk pengguna luar Jawa. Misalnya, saya membeli cincin emas di Bekasi dan dikirim untuk hadiah adik saya di Yogyakarta, maka ongkirnya RP 22.000 pakai J&T. Maka, saya mendapatkan subsidi/potongan sebesar Rp 20.000 dan membayar sisanya Rp 2.000. 



4. Apakah voucher gratis ongkir Shopee ada setiap bulan? Berapa jumlahnya?

Ya, selalu ada setiap bulan bahkan setiap hari. Masa berlaku masing-masing voucher berbeda, jadi sebaiknya lebih teliti. Tidak ada jumlah pasti berapa jatah voucher yang bisa didapatkan dalam sebulan karena promo selalu berubah-rubah. Saya sendiri pada bulan Desember 2020 ini per tanggal 04 ada sekitar 13 voucher yang bisa saya pakai. Biasanya setiap hari atau pada hari tertentu selalu ada tambahan voucher yang bisa diklaim terlebih sebentar lagi promo puncak 12.12 atau Harbolnas. 



5. Apa saja daftar atau jenis gratis ongkos kirim yang bisa didapatkan ketika belanja di Shopee? 

Saya sudah bergabung dan aktif belanja sejak awal Shopee baru buka di Indonesia pada tahun 2015 silam. Berdasarkan pengamatan saya, sejauh ini terdapat 7 kategori free biaya jasa kirim yang bisa teman-teman dapatkan yaitu : 


1. Gratis ongkir COD Bayar di Tempat. Sesuai dengan namanya, fitur ini khusus untuk pembelian dengan pilihan pembayaran cash on delivery atau bayar tunai di rumah. 

2. Gratis ongkir Semua Pembayaran. Promo voucher ini berlaku untuk semua jenis metode pembayaran transaksi baik itu melalui transfer bank, indomaret, COD, ShopeePay dan lainnya. 

3. Gratis ongkir XTRA. Hal yang membedakan dengan voucher free ongkos kirim biasa adalah segi jumlah atau besaran ongkosnya. Pada voucher biasa, kamu biasanya hanya  mendapatkan Rp 5.000-10.000 tetapi dengan free ongkir XTRA bisa mendapatkan hingga Rp 20.000 (Jawa) dan Rp 40.000 (Luar Jawa). Untuk untuk kelebihan dan kekurangan, syarat & ketentuan dan cara belanja menggunakan voucher ini sudah saya tulis di artikel ini ya. 

4. Gratis ongkir Shopee Loyalty. Setiap pengguna dibagi Shopee dalam beberapa tingkat loyalty seperti silver, gold dan platinum. Masing-masing tingkatan tersebut biasanya mendapatkan promo free biaya kirim tambahan yang dapat diklaim di akun yang bertuliskan Shopee Loyalty. 

5. Gratis ongkir ShopeePay. Disini pengguna hanya memperoleh voucher free biaya pengiriman jika memilih menggunakan metode ShopeePay sebagai pembayaran. 

6. Gratis ongkir voucher hemat. Paket voucher hemat biaya pengiriman adalah fitur berbayar alias dijual oleh Shopee. Ini adalah alternatif solusi bagi yang sangat aktif belanja dan sudah kehabisan voucher lain yang gratis dan cuma-cuma. Biasanya dijual Shopee 3 voucher sekaligus dengan harga Rp 10.000. Namun, sering ada promo. Misalnya, dalam event 12.12 Birthday Sale 3 voucher cuma bayar Rp 1. Ya, 1 rupiah saja.
 
7. Gratis ongkir khusus untuk pengguna baru.  Promo ini selalu ada dan ditujukan bagi user yang baru membuat akun. 



6. Berapa Syarat Minimal Belanja Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee?


Syarat minimal selalu berubah dari waktu ke waktu alias beragam. Bisa naik atau turun, biasanya dipengaruhi oleh event-event atau hari-hari khusus tertentu. Namun, secara umum, sejauh ini berikut daftar syarat minimal belanja yang bisa memperoleh free dan subsidi biaya pengiriman :


1. Minimal belanja 0 atau tanpa minimal belanja
2. Minimal belanja 30 ribu
3. Minimal Belanja 40 ribu
4. Minimal belanja 50 ribu
5. Minimal belanja 60 ribu
6. Minimal belanja 90 ribu
7. Minimal belanja 120 ribu biasanya diselenggarakan olej JNE
8. Minimal belanja khusus seperti 11 ribu, 12 ribu tergantung event bulanan. 



7. Berapa besar nominal gratis ongkir yang didapat di Shopee?

Jumlahnya sering berubah-rubah dipengaruhi oleh kebijakan e-commerce dan event-event tertentu. Namun, berdasarkan pengalaman saya umumnya jumlah yang diberikan yaitu :


1. Gratis ongkir hingga 50 ribu
2. Gratis ongkir hingga 40 ribu
3. Gratis ongkir hingga 20 ribu
4. Gratis ongkir hingga 10 ribu
5.Gratis ongkir hingga 5 ribu
6. Gratis ongkir hingga 12 ribu



8. Apa Saja Pilihan Ekspedisi untuk Gratis Ongkir ?

Perlu diketahui, voucher free biaya pengiriman ini terselenggara melalui kerjasama antara Shopee dengan pihak ekspedisi. Adapun daftar jasa kirim yang biasanya termasuk dalam free biaya ini adalah J&T Express, J&T COD, J&T Jemari, ShopeeXpress, Indo Paket, Ninja Xpress, Sicepat, iD Express, AnterAja, Halu, JNE, Pos Indonesia dan lainnya. 



9. Apa kode rahasia voucher gratis ongkir Shopee J&T, JNE dan lain-lain?

Biasanya tidak ada rahasia-rahasiaan ya. Promonya transparan dan terbuka alias dapat dilihat siapa saja. Berdasarkan pengalaman saya, jarang sekali ada kode-kode gratis ongkir yang berupa angka atau huruf di Shopee karena sistem free ongkirnya adalah otomatis terbaca oleh sistem. Begitu voucher di klaim maka akan langsung terbaca otomatis jika membuka kolom voucher pada halaman checkout. Tidak ada input-input kode angka-angka atau huruf. Ini untuk gratis ongkir ya. 


Kalau promo diskon  toko-toko di Shopee sih masih banyak yang berupa kode angka atau huruf. Untuk mendapatkan kode gratis ongkir shopee baik dari J&T, JNE, COD atau pembayaran biasa, caranya adalah dengan cek di halaman Home bertuliskan " Cashback & Voucher", scroll ke bawah dan klik klaim satu persatu. Setelah itu, jangan lupa pilih voucher free ongkos kirim pada kolom Voucher di halaman checkout sebelum melakukan pembayaran.



10. Siapa yang bisa memakai gratis ongkir Shopee?

Semua pengguna yang melakukan transaksi belanja. Penjual atau pembeli sama-sama punya hak untuk klaim voucher ini alias tidak dibeda-bedakan. Walaupun seseorang membuka cabang toko di Shopee, dia juga memiliki voucher free pengiriman jika dia berbelanja di toko lain. 


11. Siapa yang menanggung gratis ongkir Shopee?

Pihak yang menanggung biaya voucher gratis ongkos kirim adalah Shopee. Sebagai penyelenggara dan pemilik e-commerce, promo ini merupakan salah satu fitur yang diberikan Shopee untuk pengguna. Shopee hanya menanggung biaya jika pembeli mengklaim voucher free pengirima. Jika tidak pakai voucher maka biaya kirim tidak ada subsidi dan ditanggung sepenuhnya oleh pembeli. 


12. Bagaimana cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee tanpa minimal belanja?

Menurut hemat saya tidak ada cara yang pasti karena kebijakan dan promo Shopee selalu berubah setiap hari. Dalam sebulan kadang ada promo tanpa minimal belanja dan kadang tidak. Biasanya dipengaruhi oleh hari-hari khusus tertentu. Misalnya, pada saat Harbolnas atau dalam rangka ulang tahun e-commerce. Satu-satunya cara adalah berusaha rajin membuka aplikasi Shopee untuk melihat promo terbaru. Kadang promo voucher gratis ongkir minimal 0 rupiah datang tiba-tiba alias kejutan. 


13. Kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak muncul?

1. Belum diklaim. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, voucher ini harus diklaim terlebih dahulu. Pembeli dituntut aktif dalam hal ini. Meski tanpa kode rahasia dan tidak input manual, voucher ini harus diklaim agar bisa digunakan. Jika tidak, maka tidak ada free biaya pengirimannya.
 
2. Tidak relevan atau tidak cocok sesuai S& K. Masing-masing voucher memiliki ketentuan dan syarat tersendiri yang harus dipenuhi. Intinya, kalau belanja kamu memenuhi syarat voucher tersebut, maka voucher akan berlaku. Sebaliknya, jika tidak memenuhi syarat maka gratis biaya kirim tidak akan muncul. Misalnya, free biaya kirim minimal belanja Rp 50.000 dengan pembayaran ShopeePay. Kalau kamu memenuhi syarat tersebut, maka pasti dapat. Namun, kalau kamu belanja Rp 50.000 tapi tidak membayar menggunakan ShopeePay, maka voucher tersebut tidak akan muncul. 

3. Belum input atau belum memilih jenis Voucher pada halaman checkout. Memang voucher gratis ongkir Shopee tidak input manual angka dan huruf, namun kamu perlu input voucher di halaman checkout dengan cara memilih dan klik voucher yang mau digunakan. Setelah di klik otomatis voucher akan terbaca oleh sistem dan terdapat hasil pengurangan biaya kirim di dalam transaksi belanja. 



14. Kapan promo gratis ongkir Shopee tanpa minimal pembelian?

Tidak pasti kapan adanya. Sesuai dengan namanya, promo tidaklah selalu ada setiap hari. Voucher free pengiriman tanpa minimal pembelian ini termasuk dalam kategori promo khusus yang bisa dijumpai pada hari-hari tertentu saja. Jumlahnya tidak menentu dalam sebulan. Selama bulan November 2020, saya hanya mendapatkan 2 voucher ini. Agar kesempatan dan peluang main besar, sering-seringlah cek kalender promo Shopee. 


15. Bagaimana cara mendapatkan voucher gratis ongkir Shopee jika sudah habis?

Voucher free biaya kirim ekspedisi dari Shopee selalu diperbarui hampir setiap hari. Terdapat promo yang selalu berubah-rubah. Jika voucher sudah habis pada hari tersebut, belanjalah pada hari berikutnya, tidak sekaligus semuanya dalam satu hari karena biasanya dibatasi penggunaan harian. Jika sudah belanja dalam beberapa hari dan voucher habis, maka cobalah klaim ketujuh jenis ongkir yang saya sebutkan tadi.  Selain itu, jangan lupa cek aplikasi mana tahu ada promo voucher terbaru.
 

16. Bagaimana cara mendapatkan gratis ongkir Shopee tanpa batas

Kalau menurut saya berdasarkan pengalaman 5 tahun aktif belanja di Shopee, tidak ada yang namanya voucher tanpa batas. Pasti dibatasi jumlahnya untuk setiap pengguna. Berapa batasnya juga tidak ada jumlah pasti. Selalu berubah. Hanya saja, kamu bisa mendapatkan voucher lebih banyak dari jumlah biasa kalau sedang ada promo tambahan. Silahkan cek dan klaim semua voucher yang ada di akun kamu kemudian ditotal jumlahnya berapa yang kamu dapatkan. Jangan lupa cek setiap hari kolom Voucher & Cashback karena biasanya ada voucher tambahan yang berlakunya cuma untuk 1 hari tersebut atau bahkan beberapa jam saja. 


***

Seluruh artikel diatas dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi menyeluruh dan berbagi kepada sesama konsumen. Dalam hal ini, saya bukan customer service Shopee dan tidak bertindak mewakili Shopee. Beberapa kebijakan terkait belanja Shopee gratis ongkir bisa saja berubah sewaktu-waktu. Sementara waktu, demikian dulu informasi yang bisa saya bagi. Jika ada yang baru, insallah akan segera update atau teman-teman juga bisa meninggalkan pertanyaan di kolom komentara jika masih ada yang membingungkan.  


Subscribe to receive free email updates: