Gratis Ongkir XTRA dari Shopee, Lumayan Saya Dapat Potongan Biaya Kirim Hingga Rp.40.000 ke Luar Jawa





Fasilitas promo gratis ongkir XTRA dari Shopee rasanya sangat membantu sekali sejak saya tinggal di Sumatera. Belanja online dari luar Jawa memang sangat dilema sekali. Saya misalnya, yang 1 tahun ini pindah domisili ke salah satu Kabupaten di Sumatera Utara. Setiap belanja online saya harus merogoh kocek untuk biaya kirim Rp 58.000 hingga Rp.65.000 per kilonya. Kalau barang yang dibeli Rp.500.000 atau Rp.1.000.000 mungkin tidak apalah ya, sebanding. 


Masalah makin rumit kalau hanya mau belanja Rp.50.000 atau Rp.100.000. Masak ongkir sama besar atau 50 % dari harga produk yang dibeli? Iya kan? 


Terasa berat dan tidak adil rasanya walau sebenarnya pilihan mau belanja tergantung kita sendiri walau tidak ada yang mewajibkan atau memaksa melakukan transaksi. Kalau rela silahkan, kalau tidak jadi juga tidak masalah. Hati ini ingin sekali membeli secara online tapi sering urung dan tidak rela melihat biaya ekspedisi yang mahal. 


Untungnya Shopee ada promo terus meski belum sepenuhnya sesuai harapan. Potongan biaya pengiriman paling besar yang pernah saya peroleh adalah Rp.50.000. Alhamdulillah, dalam bulan ini saya mendapatkan 4 buah voucher gratis ongkir XTRA dengan potongan hingga Rp.40.000 yang bisa saya pakai ditambah 5 voucher gratis ongkir biasa semua toko dengan potongan hingga Rp.20.000.  


Kelebihan Gratis Ongkir XTRA 


-  Pembeli mendapatkan keuntungan berupa jumlah potongan yang lebih besar. Bisa dibilang besaran promo extra gratis ongkir ini diberikan dua kali lipat dari gratis ongkir biasa. Jika yang biasa berlaku untuk semua toko hanya mendapat sekitar 10 ribu atau 20 ribu, gratis ongkir XTRA kamu bisa mendapatkan subsidi sebesar Rp 40.000.


- Bisa digunakan bersamaan dengan cashback atau diskon. Sama dengan voucher biasa, kamu juga bisa menggunakan promo ekstra ini dengan kupon lain. Artinya, ketika promo sedang berlangsung kamu diperbolehkan memakai voucher gratis ongkir ekxtra beserta voucher cashback/diskon. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. 


Kekurangan Gratis Ongkir XTRA


- Belum menutupi ongkir 100 %. belum cukup bagi wilayah Luar Jawa apalagi yang paling jauh seperti Aceh dan daerah bagian Timur. Jumlah subsidi ini sebenarnya sudah tergolong besar ya diberikan Shopee tapi sayangnya juga masih belum menutup ongkir ke wilayah saya. Saya masih harus menanggung biaya kirim Rp.15.000-Rp 25.000 per kg kalau pengiriman ke salah satu kota kecil di Sumatera Utara.


Jadi, setiap belanja pengiriman ke luar Jawa saya perlu membayar selisih biaya kirim. Contohnya, kalau saya menggunakan J&T dibebankan biaya Rp.58.000/kg kemudian dikurangi potongan gratis ongkir ekstra sebesar Rp.40.000. Artinya, saya dibebankan membayar pengiriman sebesar Rp.18.000. 


Sepertinya dalam sejarah 4 tahun saya belanja di Shopee belum pernah mendapatkan 100 % tanpa membayar ongkos ekspedisi ke Luar Jawa. Seringnya sih mendapatkan subsidi atau pengurangan saja. Kalau free ongkir pengiriman ke Jawa sih sering dan banyak sekali saya dapatkan. 


- Jumlah voucher terbatas setiap bulan. Oya, pembeli hanya bisa menggunakan voucher extra ini sesuai dengan jatah yang tersedia. Misalnya, pada bulan September 2020 ini saya mendapatkan 4 buah free ongkos kirim XTRA. Kalau mau belanja dan ingin memperoleh potongan ya hanya bisa untuk 4 kali belanja. Kalau mau belanja lebih resikonya harus membayar ongkir lebih mahal atau belanjanya ditunda dulu menggunakan voucher extra bulan berikutnya. 


- Harus menggunakan Shopeepay dan Shopeepay later. Bagi kamu yang terbiasa dengan belanja cara membuat order dulu baru transfer mungkin sedikit merasa ribet karena salah satu syarat mendapatkan gratis ongkir promo ini adalah melakukan pembelian dengan menggunakan Shopeepay atau fitur Shopeepaylater. Ribetnya itu jika saldo di akun kamu lagi kosong, mau tidak mau harus diisi dulu.  


Terus agak susah mengkalkulasikan berapa dana yang harus diisi ke Shopeepay. Ini terjadi saat kamu hanya mau belanja satu kali saja atau keterbatasan dana belanja. Mengisi Shopeepay tanpa perhitungan dikhawatirkan akan membuat dana Shopeepay kamu bisa berlebih atau berkurang. Kalau kurang kamu harus nambah isi, kalau berlebih saldo tinggal di akun dan kirim lagi ke rekening sehingga dirasa kurang efektif dan efisien. 


Bagi yang rajin belanja online dan punya uang besar buat isi saldo akun terlebih dahulu mah tidak ada timbul masalah. Mau uang mengendap ratusan ribu di akun mungkin tidak ambil pusing, dibiarkan saja.


Syarat dan ketentuan Gratis ongkir XTRA



1. Program ini hanya berlaku dan dapat digunakan jika kamu mengirim barang melalui jasa logistik seperti Shopee Express baik yang Standar atau Instan, J&T Express, SiCepat REG, Ninja Xpress, Indo Paket, ID Express atau Anteraja. Jika kamu memilih jasa ekpedisi selain yang disebutkan di atas maka voucher ini tidak berlaku alias tidak dapat dipakai. Dengan kata lain, kamu wajib memilih salah satu logistik tersebut untuk mendapatkan potongan biaya kirim extra ini.


2. Voucher potongan ini berlaku  untuk 1 kali check out belanja. Bukan per kg berat belanjaan ya. Kalau berat belanja saya 2 kg maka total biaya kirimnya Rp.114.000 karena ke tempat saya Rp58.000/kg. Kemudian dikurangi subsidi exktra sebesar Rp.40.000, saya harus bayar sisa Rp.75.000 lagi. Bukan mendapatkan potongan 2 x 40.00= Rp.80.000 dalam 1 transaksi. Kalau kamu memiliki jatah 4 voucher, kamu perlu belanja 4 transaksi/order untuk memanfaatkan semua voucher tersebut.


3. Hanya untuk toko tertentu. Kamu tidak bisa menggunakan fitur pencarian biasa atau langsung membeli begitu saja. Tindakan ini bisa membuat voucher kamu gagal dan akan didapati tulisan bahwa voucher tidak berlaku. Dengan kata lain, pembelian dengan gratis ongkir XTRA ini tidak bisa di semua seller. Kamu terpaksa harus pindah ke seller lain yang terdaftar dalam promo extra jika ingin memperoleh potongan pengiriman ini dan penjual langganan kamu tidak termasuk dalam daftar tersebut.



4. Ada batas minimal belanja. Selain harus membeli produk di toko bertanda khusus, kamu juga wajib mematuhi peraturan jumlah total ketika membeli. Batas besaran belanja untuk menggunakan voucher ini selalu berubah-rubah setiap bulan dan pada momen tertentu. Namun, umumnya berada di kisaran Rp.30.000, Rp.40.000 dan Rp.50.000. Belanja di bawah batas tersebut maka promo tidak berlaku. Kalau bulan September 2020 batas belanja minimal menikmati voucher ini adalah Rp.30.000.


Cara Belanja Menggunakan Voucher Gratis Ongkir XTRA



1. Kunjungi halaman home atau beranda Shopee dan klik folder bagian bertuliskan Gratis Ongkir Xtra. 


2. Seperti yang sudah diulas di atas, pertama sekali kamu harus melakukan klik dan pencarian di kolom khusus produk dengan biaya kirim extra. Jangan lupa, harga barang yang bakal kamu beli kamu harus di atas batas atau sesuai dengan limit minimal yang ditentukan. Misalnya, saya mengetik benih selada.


3. Masukkan ke dalam keranjang belanja, input voucher dan klik checkout.


4.  Pilih alamat pengiriman dan jenis jasa kirim di kolom "opsi pengiriman" dan gunakan metode pembayaran ShopeePay. Kemudian klik buat pesanan. Masukkan sandi ShopeePay saat pembayaran dan transaksi selesai. Tinggal menunggu order dikirim pembeli. Jika paket sudah diterima, klik pesanan diterima. 


Note :  Jika baru pertama membeli online, buat dulu alamat pengiriman di akun kamu ya. Buatlah alamat sedetail mungkin agar proses pengiriman berjalan lancar. Ketika sudah input alamat, maka sistem akan otomatis menampilkan pilihan biaya kirim. 


Selain itu, pastikan kamu sudah mengisi saldo Shopeepay. Langkah ini adalah kebiasaan saya selama ini. Mungkin sebagian orang mengisi saldo Shopeepay dulu di step pertama. Akan tetapi, saya lebih memilih fix dulu produk yang akan dibeli dan jelas berapa harga serta perkiraan ongkirnya. Baru kemudian saya isi Shopeepay sesuai dengan jumlah uang yang dibutuhkan. Bagaimana supaya saldo saya pas-pasan, tidak berlebih dan tidak berkurang. Kecuali jika saya memiliki agenda belanja yang banyak dalam satu bulan, barulah saya isi saldo Shopeepay dalam jumlah besar. Sekali isi bisa untuk beberapa transaksi. 


***


Jujur, walau agak kecewa sudah mendapatkan gratis ongkir XTRA tapi masih saja kurang dan harus nutup biaya tapi saya juga sangat berterima kasih dan bersyukur. Untung ada voucher tersebut daripada sama sekali tidak ada potongan biaya kirim. 


Saya kemudian mencoba sedikit berpikir out of the box dan solusi lain bagaimana supaya bisa menekan biaya pengiriman ini sekecil mungkin. Alias sehemat mungkin dan agar saya tetap untung belanja secara daring. Salah satunya dengan memanfaatkan free biaya kirim di Jawa yang sangat membantu sekali ketika dulu saya belanja pakaian bayi di hampir 20 toko online di Shopee. 


Produk saya kirim ke tempat adik saya di Jawa Tengah, dikumpulin semua disana kemudian dikirim kembali pakai jasa kargo murah ke Sumatera. Strategi dan trik ini ternyata jauh lebih beruntung dibanding membeli secara langsung di daerah. Juga ada strategi dan trik lainnya yang saya gunakan agar tetap dapat gratis ongkir dan hanya mengeluarkan biaya sedikit. 


Subscribe to receive free email updates: