Pengalaman TabunganKu BCA, Rekening Bebas Biaya Administrasi Bulanan




Sebenarnya saya sudah lama sekali mencari informasi bagaimana cara memiliki rekening tabungan yang benar-benar bebas biaya administrasi bulanan
Kebetulan saya sudah 7 tahun menjadi nasabah Bank Central Asia dan selama itu belum tahu kalau ternyata ada rekening yang tidak dipotong beban admin. Masih segar di ingatan, saya membuka rekening bank BCA karena atasan mensyaratkan untuk pembayaran gaji bulanan. Ketika saya mendaftar, ada beberapa pilihan. Saya memilih Tahapan BCA dimana pada waktu pembuatan rekening diwajibkan setoran awal Rp.500.000 pada tahun 2011. 



Selama ini saya memakai rekening tersebut yang tiap bulan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 17.000. Setelah saya kali-kalikan biaya ini agak memberatkan bagi saya. Masalahnya adalah uang di rekening tersebut tidak banyak, kadang sekedar lewat dan bukan dalam rangka bisnis. Kadang juga bermaksud untuk menabung tapi karena jenisnya Tahapan uang yang sedikit tersebut berkurang setiap bulan. Menurut saya rekening ini cocok untuk pelaku bisnis dan mereka yang aktif dalam transaksi keuangan. 

 

Setelah 7 tahun bersama bank Bank Central Asia barulah saya mengetahui kalau ada namanya TabunganKu BCA, rekening bebas biaya administrasi. Layanan ini memang diperuntukkan untuk mendorong budaya menabung masyarakat. Tidak hanya BCA yang memiliki layanan ini tapi juga ada di bank lain seperti Tabunganku BNI, Tabunganku Mandiri dan Tabunganku BRI. Berawal dari mengurus masalah ATM BCA saya tertelan, saya kemudian menyelam sambil minum air. Sekalian saja membuka rekening tabungan ini.



Alasan & Motivasi Saya Membuka Rekening TabunganKu BCA


1. Ingin mulai disiplin menabung sekecil apapun itu. Pada waktu itu, saya juga berpikir sekalian menabung sebagai persiapan untuk melahirkan. Besaran alokasi dana untuk ditabung setiap bulan memang tidaklah banyak namun saya ingin disiplin. Kalau menunggu uang berlebih atau bersisa dulu, entah kapan akan bisa menabung. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Ini benar adanya. Walau nominal kecil tapi kalau konsisten maka akan menjelma menjadi besar. 


2. Ingin punya rekening terpisah alias khusus tabungan. Sebagaimana yang saya ceritakan di awal kalau saya sudah punya rekening Tahapan BCA. Selama ini semua uang bercampur di satu rekening tersebut termasuk pembayaran gaji, tagihan, belanja online dan juga tabungan. Hal ini membuat saya sering pusing. Dengan membuat rekening terpisah dari BCA Tahapan, maka uang tabungan saya menjadi jelas. 


3. Ingin punya rekening tabungan yang benar-benar bebas biaya administrasi bulanan. Kalau rekening Tahapan yang sudah saya miliki bukan rekening untuk tujuan menabung karena dipotong sekitar Rp 17.000 setiap bulan untuk biaya administrasinya. Rekening ini lebih cocok untuk mempermudah transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan internet/telepon atau pun air, alat pembayaran belanja online dan sebagainya. Jika ingin menjadikan rekening ini untuk menabung tentu uang akan terus berkurang. Berhubung saya baru mulai menumbuhkan semangat menabung, tentunya saya berharap punya rekening bank khusus tabungan yang tidak dipungut biaya administrasi bulanan.  


4. Setoran awal, setoran selanjutnya dan saldo mininum sangat terjangkau. Sesuai dengan fungsinya mendukung kebiasaan menabung, TabunganKu ini dikhususkan bagi perorangan dengan syarat yang mudah dan ringan. Dengan uang Rp 20.000, saya sudah bisa membuka rekening ini. Bagaimana dengan saldo selanjutnya? Juga tidak memberatkan, hanya minimal Rp 10.000. Hal selanjutnya yang sering jadi beban pikiran saya adalah saldo minimum yang mengendap di rekening. Untuk kategori rekening biasa, saya menemukan ada bank yang menetapkan saldo minimum Rp 50.000 bahkan Rp 100.000. Syukurlah, saldo mininum untuk rekening TabunganKu ini hanya Rp 20.000. 


5. Sudah jadi nasabah BCA sejak 2011. Hal utama yang ditakutkan ketika ingin menabung uang di bank adalah keamanannya. Khawatir tiba-tiba uang tabungan hilang, gaib entah kemana atau juga takut bank gulung tikar. Alhamdulillah, sejauh ini saya merasa BCA aman dan tidak ada masalah yang merugikan. Jadi, saya yakin membuat rekening satu lagi khusus menabung. 
 

6. Bank & ATM dekat dari kantor.  Alasan lain yang memperkuat pilihan saya pada TabunganKu BCA adalah karena jarak bank BCA hanya beberapa meter dari lokasi kerja saya. Kebetulan saya juga sering diberikan tugas oleh atasan untuk membayar tagihan kantor, pembayaran gaji dan menarik uang cash di ATM tersebut. Jadi, sekalian saja saya menyempatkan diri menabung. Tidak perlu jauh-jauh buka rekening. 


7. Lebih mudah transfer karena sesama BCA. Sebagaimana yang saya singgung di awal postingan kalau saya sudah punya rekening Tahapan BCA. Rekening ini biasanya sebagai tempat menerima pembayaran gaji saya. Nah, jika saya membuka rekening tabungan di BCA juga, maka setiap gajian saya bisa langsung melakukan transfer tanpa dikenakan biaya. Kalau beda bank tentu ada biaya. 


8. Tidak ada internet banking.  Bagi sebagian orang mungkin faktor ini menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan tapi bagi saya menjadi tantangan. Berhubung TabunganKu BCA tidak memiliki fitur internet banking ataupun mobile banking, jadi saya terhalang dari godaan buat memakai uang tabungan. Kalau mau mengambil uang perlu manual di ATM. Jika ada internet banking saya malah khawatir uangnya terpakai terus terutama dari keinginan buat belanja online. 
 

9. Limit transfer, setoran dan tarik tunai yang lumayan besar. Umumnya hal utama yang membedakan masing-masing rekening adalah limit penarikan tunai harian dan limit transfer harian. Pada rekening Tahapan baik jenis Blue, Gold dan Platinum terdapat limit yang lumayan besar sehingga menjadi pilihan bagi mereka yang aktif bertransaksi dalam jumlah besar pula. Limit tabungan ini lumayanlah. Meski syarat setoran rendah, limitnya tidak begitu rendah atau terlalu kecil. Nasabah boleh melakukan penarikan tunai sampai Rp 7.000.000/hari, setor tunai Rp 15.000.000/hari dan transfer antar BCA maksimum RP 25.000.000. Menurut saya, ini sih tergolong besar. Rakyat biasa seperti saya jarang sekali mengalami limit maksimum sebesar itu. 


Oya, nasabah yang menabung melalui rekening TabunganKu BCA ini sebenarnya juga mendapatkan bunga sesuai dengan nilai uang yang dimiliki. Persentasenya mulai dari 0,25 hingga 1 % dalam setahun. Namun, saya tidak begitu mengharapkan hal ini. Arti kata, tidak menjadi motivasi saya. Wong, tabungan saya tidak seberapa. Lagipula saya sudah cukup merasa bahagia bisa punya rekening tabungan yang benar-benar bebas biaya administrasi bulanan.
 



Kesan Ketika Membuka Rekening TabunganKu BCA



1. Syarat mudah, hanya pakai KTP. Saya sudah lama sekali tidak membuat rekening baru. Jadi, sebelum membuka rekening saya sempat mencari informasi mengenai syarat-syarat yang biasa diminta agar lengkap dan bisa langsung diproses. Saya tipikal yang malas kalau harus pulang menjemput syarat karena belum lengkap. Nah, saya baca-baca dan juga dari pengalaman keluarga kalau buka rekening diminta NPWP. Saya belum memiliki. Sempat ragu tapi saya coba dan alhamdulillah bisa pakai KTP saja. Ternyata NPWP adalah opsional jika sudah ada saja. 


2. Proses pendaftaran atau pembuatan rekening lumayan cepat. Salah satu yang membuat kurang nyaman kalau berurusan dengan bank adalah antrian yang panjang. Apalagi kalau semua tempat duduk sudah penuh, kaki pegal karena berdiri lama. Berhubung saya tidak sedang libur kerja, hanya minta izin sebentar, jadi saya berusaha mendatangi bank paling awal. Kebetulan sekali karena saya tergolong pagi, belum ada antrian panjang. Hanya ada 1-2 orang sehingga proses pembuatan rekening saya menjadi cepat. 


3. Customer Servicenya sangat ramah. Saya mengurus kartu ATM BCA yang tertelan di CS yang sama. CSnya bercanda begitu melihat kartu ATM Tahapan yang terlihat sudah lama sekali. Saya jawab kartunya sudah dari tahun 2011 dan belum pernah saya ganti. Dulunya saya buka rekening di Jl.Urip Sumohardjo Yogyakarta. Ternyata kantor bank BCA yang di depan kantor saya tersebut baru 5 tahunan dibuka. Saya dan CS tersebut sempat tertawa. Artinya, kartu saya umurnya lebih tua dari usia kantor cabang BCA tempat dia bekerja. Setelah urusan ATM tadi selesai barulah saya mengutarakan niat membuka rekening tabungan. CS tersebut membantu dengan baik, sopan dan ramah. 




Kekurangan TabunganKu BCA Menurut Pengalaman Saya


Kalau teman-teman membaca alasan dan motivasi saya di atas, secara tidak langsung sudah disinggung kelebihan TabunganKu BCA. Selain dorongan pribadi, keunggulan tersebutlah yang membuat hati saya tertarik untuk menggunakan layanan ini. Nah, oleh karena itu di bagian ini saya hanya mengulas tentang kekurangan TabunganKu BCA berdasarkan pengalaman saya. 


1. Penggunaan ATM terbatas di BCA saja. Di halaman produk situs resmi BCA memang sudah dibuat catatan penting demi menjaga kenyamanan nasabah mengenai kekurangan layanan ini. Artinya, teman-teman tidak bisa menarik di ATM bank lain yang tergabung dalam ATM Bersama. Konsekuensinya, kalau lokasi ATM jauh dari tempat tinggal dan sedang kepepet butuh uang, teman-teman perlu waktu untuk melakukan penarikan tunai. Saran saya, kalau tertarik dengan rekening ini carilah cabang paling dekat dari rumah sebagai antisipasi untuk berjaga-jaga saja. ATM yang dekat lebih efisien dan efektif baik dari segi transportasi maupun waktu. 
 


2. Hanya bisa untuk setoran, tarik tunai, cek saldo dan transfer. Sesuai dengan fungsinya sebagai tempat untuk menabung, maka fitur produk ini memiliki keterbatasan. Hanya bisa untuk melakukan setoran, tarik tunai, cek saldo dan transfer sesama BCA. Artinya, teman-teman tidak bisa menggunakan uang di rekening ini "secara langsung" untuk membayar tagihan dan pembelian. Dalam kasus saya, uang tabunganKu saya transfer dulu ke rekening Tahapan BCA baru bisa saya gunakan untuk transaksi pembayaran. Atau alternatifnya, uang ditarik tunai kemudian di setor tunai jika beda bank. Ini sekilas agak ribet. 


3. Bisa menerima dari semua bank tapi tidak bisa mengirim ke bank lain. Ya, sebagaimana yang saya singgung, rekening TabunganKu BCA hanya bisa transfer ke sesama BCA saja. Tidak bisa transfer ke rekening bank lain meskipun sama-sama terhimpun dalam jaringan ATM Bersama. Namun, uniknya rekening tabungan bebas biaya administrasi bulanan ini bisa menampung uang transferan dari hampir semua bank. Tidak bisa "mengirim" ke bank berbeda tapi bisa "menerima".   


4. Manual, tidak ada internet banking. Bagi sebagian orang  hal ini mungkin dianggap kekurangan. Orang-orang sudah terbiasa dengan layanan perbankan yang makin mudah. Hanya dirumah dengan beberapa klik bisa membayar tagihan, kirim uang atau membeli sesuatu. Rekening yang tidak memiliki layanan internet banking terasa aneh dan kurang mendukung untuk kemudahan transaksi. Tak heran bila ada nasabah yang ingin punya rekening tabungan bebas biaya administrasi bulanan tapi ada fitur sebagaimana fitur rekening biasanya. 

 
4. Bebas biaya untuk 4 kali transaksi debet/keluar. Walau uang tabungan bisa ditransfer ke sesama BCA bukan berarti bebas semaunya.  Agar tidak dikenakan biaya, maka nasabah hanya bisa melakukan transaksi debet seperti transfer dan tarik tunai hanya 4 kali saja dalam sebulan. Jika lebih dari 4 kali maka dikenakan biaya Rp 2.500/transaksi. Supaya uang tabungan tidak berkurang karena transaksi melebihi batas, maka nasabah harus bisa mengatur dengan baik. Jika perlu transfer dan tarik tunai, buatlah jadwal dan tanda pengingat supaya sesuai limit. Lagipula menurut hemat saya, kalau sering-sering transfer dan tarik tunai juga tidak efisien dari segi waktu. Kalau saya dulu, belum pernah mencapai batas ini. Palingan dalam sebulan cuma 1 transaksi debet tapi jarang karena tujuannya untuk menabung bukan untuk diambil. 



Saat ini bagaimana?


Saya ini saldo saya masih ada di rekening tersebut tapi sudah beberapa bulan ini tidak pernah saya tambah. Sesuai dengan ketentuan, rekening yang tidak aktif selama 6 bulan berturut-turut akan berubah status menjadi dormant. Ya, rekening saya mungkin sudah ditutup. Saya mengalami kendala, suami saya pindah tugas ke kota kecil beda provinsi dimana disini belum ada bank BCA. 


Jika saya terus menabung seperti biasa dan tiba-tiba ada kebutuhan mendadak, tentu saya tidak bisa menarik uangnya. Mau pulang kampung buat narik uang di ATM BCA saja rasanya tidak mungkin. Saya punya bayi kecil dan jarak tempuh untuk pulang kampung adalah sekitar 7-10 jam naik transportasi umum. Cukup melelahkan. Yah. sayang sekali rasanya harus berakhir dalam keadaan seperti itu padahal saya begitu terkesan dengan TabunganKu BCA karena bebas biaya administrasi bulanan




Pertanyaan yang Sering Diajukan


1. Mana saja tabungan BCA yang bebas biaya admin? Produk simpanan perorangan yang dimiliki Bank Central Asia kurang lebih ada 10 jenis yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tapres, Simpanan Pelajar, TabunganKu, LAKU, BCA Dollar dan Deposito Berjangka. Dari semua produk tersebut, ada 3 jenis tabungan yang bebas biaya admin bulanan yaitu Simpanan Pelajar, Tabunganku BCA dan LAKU. Selain ketiga produk tersebut dikenakan biaya admin yang beragam mulai dari Rp 17.000/bulan. 


2. Apakah TabunganKu BCA bisa dipakai untuk pembayaran? Tidak, saat ini hanya bisa digunakan untuk transfer sesama BCA, tarik tunai, setoran dan cek saldo. Jika ingin memakai uang tabungan untuk pembayaran dalam keadaan darurat, maka uang tersebut harus ditarik tunai atau ditransfer ke rekening BCA biasa seperti Tahapan. 

 
3. Apakah TabunganKu BCA dapat kartu ATM? Iya, membuka tabungan ini otomatis akan mendapatkan fasilitas kartu ATM. Selain kartu, juga diberikan bukti kepemilikan seperti buku rekening. 


4. Apakah kartu ATM TabunganKu BCA sama dengan kartu ATM biasanya? Dari segi fisik memang sama tapi dari segi fungsi berbeda. ATM biasanya bisa dipakai untuk pembayaran tagihan listrik/telepon/air, belanja online dan lainnya. Sementara itu, ATM TabunganKu BCA hanya bisa cek saldo, transfer ke sesama BCA, menerima transfer dari BCA dan bank lain, tarik tunai dan setor tunai. Tidak bisa transfer ke bank lain dan tidak bisa penarikan di ATM bank lain meski tergabung dalam jaringan ATM Bersama. 



5. Berapa bunga TabunganKu BCA? Suku bunga dibagi dalam tiga kategori yaitu saldo tabungan Rp 500.001 ke bawah suku bunga pertahun 0 %, saldo tabungan Rp 500.001-Rp 1.000.001 suku bunganya 0,25 % dan saldo di atas Rp 1.000.001 mendapatkan bunga sebesar 1 % pertahun.

 
6. Apa perbedaan TabunganKu dan Tahapan BCA? Tabunganku fungsinya untuk menabung dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Sementara itu, Tahapan BCA fungsinya untuk memudahkan bagi yang aktif bertransaksi dan ada biaya administrasi bulanan. 


7. Bagaimana Cara Setor Tunai TabunganKu BCA? Bisa setor datang langsung ke loket bank dan bisa melalui mesin setor tunai yang tersedia di ATM BCA.




Subscribe to receive free email updates: