[Berbagi Pengalaman] 5 Cara Saya Membeli Paket Kuota Internet Telkomsel, Mudah dan Harga Lebih Murah dengan Pulsa


Cara membeli paket internet Telkomsel yang saya lakukan dari dulu hingga sekarang sudah beberapa kali perubahan. Awalnya saya lebih senang gonta ganti kartu alias membeli kartu baru perdana setiap bulan. Begitu paket internet habis, langsung beli kartu. Pada waktu itu, paket internet kartu perdana lebih banyak promonya. 


Saya bandingkan jauh lebih hemat, murah dan mudah. Pihak counter biasanya sudah melakukan setting pendaftaran sehingga tinggal input ke hape dan langsung pakai. Tidak perlu daftar ini itu lagi. Namun, sejak ada aturan yang ketat dalam pendaftaran nomor baru, saya merasa membeli paket internet dengan kartu perdana terasa agak sulit. 


Kemudian saya beralih membeli langsung voucher paket internet. Beberapa bulan terus membeli paket internet pakai voucher ini, saya pun menemukan ternyata jauh lebih mahal dibandingkan dengan membeli pulsa kemudian didaftarkan paket internet. Ketika pindah ke kota yang baru beda provinsi, saya pun hendak mencoba lagi membeli kuota internet langsung non pulsa. 


Itu lho, sistem beli kuota 5 GB, 10 GB, 15 GB dan  sebagainya. Saya pikir mana tahu lebih murah. Ternyata lagi-lagi lebih mahal. Untuk 15 GB kalau beli kuota harganya Rp.115.000 dan kalau beli kartu perdana Rp.90.000. Padahal kalau dihitung-hitung beli pulsa kemudian didaftarkan kuota internet 15 GB hanya bermodalkan Rp.75.000. 


Sejak saat itu, saya lebih suka mengisi atau menambah kuota Telkomsel dengan pulsa baik ketika menggunakan kartu AS maupun Simpati. Namun, membeli internet dengan cara pulsa ini harus lebih selektif dan cermat juga. Tidak semua pilihan paket internet ramah di kantong. Oleh karena itu, perlu dibandingkan terlebih dahulu dan juga jangan lupa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pemakaian. Berikut cara mudah dan murah mengisi kuota Telkomsel dengan pulsa :



1. Cek dulu paket internet yang akan dibeli


Langkah pertama sebelum membeli pulsa adalah dengan menentukan berapa kuota yang diinginkan dan berapa harga belinya. Hal ini karena jumlah kuota bisa berbeda dengan total harga. Misalnya, kuota internet 1 GB 25 ribu untuk seminggu, pulsa yang dibutuhkan biasanya lebih dari Rp.25.000 untuk membelinya. Harga bisa menjadi Rp.28.000. Artinya, kamu harus punya pulsa Rp.28.000 bukan Rp.25.000. 

 Cara cek paket yang akan dibeli : 

- Pada layar panggilan telepon, silahkan ketik kode *363#, maka akan langsung keluar berbagai pilihan dan tawaran kuota.

- Ketik di kolom balasan sesuai dengan urutan angka. Kamu bisa utak atik berbagai tawaran hingga menemukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, sesuai layar diatas kalau kamu nanti ingin membeli kuota internet Telkomsel Combo Sakti 15 GB (Nelp dan SMS ke Tsel)/Rp75 rb/30hr, maka langkah berikutnya kamu tinggal menyiapkan pulsa Rp.75.000 


Tips : Bandingkan dulu jumlah kuota, limit waktu dan harga masing-masing paket yang ditawarkan. 


Jangan lupa limit waktu pemakaian kuotanya. Pembelian internet ada beragam, ada yang sistem harian, mingguan dan bulanan. 

Kamu butuhnya berapa GB dan berapa lama? 

Juga apakah kamu akan membeli paket promo malam atau tidak? 

Ada konsumen yang lebih banyak memakai internet siang hari, ada juga malam hari hingga dini hari sehingga membeli paket promo khusus tengah malam. Tawaran kuota paket juga berdasarkan layanan seperti paket nelpon, paket sms, Youtube dan lainnya. Kamu harus jeli menyaring sesuai dengan keperluan kamu sehari-hari. 


2. Nonaktifkan Data Seluler terlebih dahulu


Jika Data Seluler dalam keadaan aktif, begitu pulsa masuk ditakutkan pulsa yang baru kamu beli untuk mendaftar kuota internet berkurang. Ketika kamu kehabisan internet, mungkin banyak notifikasi dan chat media sosial yang mengantri masuk. 


Pas kamu membeli pulsa, takutnya pulsa tersebut terpakai otomatis atau tersedot untuk internet dengan tarif pulsa yang biasanya dihitung berdasarkan tarif per kb. Ini bisa saja terjadi meskipun kuota belum didaftarkan. Langkah ini untuk pencegahan dan berjaga-jaga saja. Jangan sampai pulsa kamu habis lantaran lupa mematikan koneksi internet. 


3. Saatnya membeli pulsa


Mengisi kuota internet Telkomsel dengan cara pulsa, kamu tinggal beli pulsa di konter hape terdekat, lewat pulsa online, layanan ATM atau pun mobile/internet banking. 


Tips : Lebih baik membeli pulsa dengan nominal sesuai harga kuota yang akan dibeli. 


Misalnya, jika berencana mendaftar kuota internet seharga Rp.50.000, belilah langsung pulsa Rp.50.000. Jangan membeli pulsa Rp.5.000, Rp.10.000 atau Rp.25.000 berkali-kali. Kenapa?Justru ini akan menambah biaya karena setiap ada pembelian pulsa penjual menarik keuntungan. 


Jika membeli pulsa langsung 50 ribu, penjual hanya satu kali mengambil untung. Sebaliknya, membeli pulsa 20 ribu sebanyak dua kali ditambah pulsa 10 ribu sekali supaya mencapai total 50 ribu membuat pengeluaran kamu lebih banyak dan proses pembelian internet menjadi lebih mahal.


Kemudian saran saya, lebih baik membeli pulsa di gerai atau agen besar karena biasanya menjual secara grosir dan harga miring. Kemudian, pilihan nominal pulsanya lebih bervariasi dan banyak. Pernah saya membeli pulsa di sebuah warung harian dan ternyata tidak pulsa 50 ribu alhasil harus beli pulsa pecahan, 20 ribu dan 10 ribu. Jadi tiga transaksi, makan waktu dan menguras dompet. 


4. Beli paket yang diinginkan


-Pada tahap ini kamu dapat kembali melakukan panggilan *363# dan kembali pada pilihan kuota yang ingin diaktifkan. Misalnya, tadi tertarik dengan tawaran kuota internet Telkomsel Combo Sakti 15 GB (Nelp dan SMS ke Tsel)/Rp75 rb/30hr, maka dikolom ketik balasan kamu tinggal input angka 1 (Beli). 


-Tunggu notifikasi dari Telkomsel. Nanti akan data sms masuk dari Telkomsel yang memberitahukan bahwa kuota paket kamu telah aktif lengkap dengan informasi jumlah kuota dan batas pemakaiannya. 


Tips : Supaya hemat dan murah, minimal belilah paket internet Telkomsel bulanan atau 30 hari 


Oya, saya sangat jarang membeli paket internet yang harian, mingguan karena menurut penilaian saya justru lebih tidak hemat. Boros. Pernah saya mencoba memakai kuota internet untuk seminggu ketika lagi kepepet butuh internet dan uang di dompet lagi pas-pasan. 


Selain ribet harus membeli internet setiap minggu, kalau dibandingkan dari segi harga dan jumlah total kuota yang didapat juga tidak murah. Memang beli internet dalam skala kecil tidak perlu menghabiskan banyak uang tetapi bagi saya sama saja, toh kemudian beli lagi. 


Daripada terus-terusan beli yang sedikit-sedikit juga tetap menghabiskan banyak uang bahkan terkesan lebih mahal, mendingan beli kuota langsung sesuai kebutuhan internet dalam sebulan. Saya juga kurang suka dengan paket internet dengan batasan pemakaian harian atau mingguan atau khusus malam hari. Suka yang unlimited dalam 30 hari bisa dipakai siang atau pun malam, saya merasa ini lebih mudah, nyaman dan murah. 


Kemaren adik saya mengeluh baru beli internet 2 minggu lalu tapi sudah habis. Akhirnya saya tanya, ternyata ketahuan kalau dia memang beli paket seharga 50 ribu dengan limited 2 minggu dan hanya 6 GB lho. Jadi, selama ini dia dalam sebulan 2 kali membeli paket internet yaitu kalau ditotal membayar Rp.100.000 dan dapat kuota internet 12 GB. Kemudian saya kasih tahu cara mengisi kuota internet dengan pulsa yang lebih murah, akhirnya dia mendapatkan kuota 15 GB untuk 30 hari hanya dengan harga Rp.75.000. 


5. Aktifkan Data Seluler kembali dan saatnya berinternet.


Setelah pembelian kuota paket internet selesai, langkah terakhir yaitu mengaktifkan kembali Data Seluler kamu. Selanjutnya, kamu sudah bisa memakai internet untuk berselancar, mengirim pesan, menonton Youtube, membuka media sosial dan keperluan lainnya.


Cara mengisi paket isi ulang kuota internet Telkomsel dengan pulsa diatas merupakan gambaran secara umum. Kabarnya, pihak Telkomsel memberikan harga, kuota dan promo  berdasarkan wilayah. Sedikit pengalaman, kemaren ada promo Telkomsel kuota internet 5 GB dan nelpon gratis 100 menit hanya dengan harga Rp.1 saja. Lagi mumpung murah, saya pun bergegas mengirimkan informasi kepada keluarga. Eh, ternyata adik saya yang berada di Jawa tidak mendapatkan promo tersebut. Hanya berlaku untuk wilayah Sumatera. 


Begitulah, jangan kaget kalau mengisi kuota internet Telkomsel dengan cara pulsa mungkin harganya bervariasi. Harga dan kuota bisa saja berbeda pada masing-masing wilayah. Dengan kata lain, harga untuk kota kamu mungkin berbeda dengan harga yang saya beli ya karena ada penyesuaian layanan dan faktor lain. Melalui artikel ini saya hanya ingin berbagi tips maupun informasi cara memasang internet simpati telkomsel baik harian, mingguan maupun bulanan yang lebih mudah dan hemat berdasarkan pengalaman saya.


Oya, apakah cara menambah kuota internet Telkomsel di atas hanya berlaku untuk kartu Simpati saja? Tidak. Cara ini dapat digunakan oleh semua pengguna yang memakai Telkomsel baik Simpati, Kartu AS, Kartu Halo maupun Loop. 



Subscribe to receive free email updates: