16 Trik, Tips Serta Cara Belanja Murah dan Hemat di Shopee





Pada postingan sebelumnya saya telah menulis tentang 10 trik yang selama ini saya gunakan untuk mendapatkan belanja online murah di situs  resmi. Artikel ini bersifat umum, dapat digunakan pada semua toko online baik Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan lainnya. Tips tersebut ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi kamu tinggal memilih kira-kira trik saya yang mana yang cocok dan bisa kamu terapkan pada toko tersebut. 


Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas lebih spesifik atau khusus bagaimana cara belanja murah di Shopee. Hal ini karena masing-masing toko online memiliki fitur berbeda satu sama lain. Perbedaan fitur dan layanan ini secara tidak langsung memberikan pengalaman berbeda juga bagi pengguna. Nah, setelah saya melakukan riset sederhana, saya menemukan 13 cara agar bisa mendapatkan belanja harga mumer di Shopee yaitu : 



1. Menggunakan filter produk termurah


Saya menempatkan cara ini sebagai yang pertama karena bisa dibilang ini merupakan trik andalan utama yang saya pakai sejauh ini. Ya, pertama sekali yang saya lakukan adalah terlebih dahulu mencari barang paling murah di Shopee. Mungkin teman-teman bertanya bagaimana caranya?


Pertama, gunakan kata kunci yang tepat.  Saya memakai kata "tepat" karena kesalahan dalam mengetik kata kunci di kolom pencarian produk dapat memperkecil peluang kamu untuk mendapatkan harga hemat.  Contohnya, jika ingin membeli baju kaos bergaris atau salur yang lagi hit sekarang. Kata kuncinya itu bukan kaos garis tapi kaos stripe anak. Atau jika ingin membeli celana anak, gunakanlah keyword yang lebih spesifik seperti celana chino anak atau jogger anak.


Kedua, pakai filter harga rendah ke tinggi. Setelah kamu menginput kata kunci tadi, maka akan keluar semua daftar produk yang relevan. Biasanya harganya acak adul. Oleh karena itu, kamu perlu klik filter harga yaitu dari yang terendah ke tinggi. Dengan ini kamu akan mengetahui mana produk yang harganya paling rendah. 


Ketiga, pilih seller dengan penjualan terbanyak dengan rating produk 4.9 dari skala 5.0. Setelah menemukan produk dengan harga mumer mungkin kamu akan bingung dan ragu manakah yang berkualitas bagus. Belanja semurah mungkin boleh tapi jangan sampai kualitas juga murahan.


Cara mendapatkan harga murah di Shopee tapi kualitas tidak murahan yaitu dengan membandingkan antar seller berdasarkan jumlah penjualan dan rating produk. Tingkat penjualan atau pembelian yang tinggi merupakan salah satu indikasi kalau toko tersebut sangat diminati atau laris. Kamu harus klik tombol scroll terus dari atas ke bawah perlahan untuk menemukannya. Jika bingung dan belum bertemu, coba juga klik fitur terlaris. Biasanya sih yang laris itu yang harganya termasuk terjangkau oleh banyak kalangan.  


Oke, jika sudah bertemu dengan produk penjualan terbanyak, coba teman-teman cek satu per satu mana diantaranya yang ratingnya 4.9. Tingkat rating ini jangan diabaikan ya supaya minim rasa kecewa dan tidak menyesal nantinya. Jika tidak ketemu yang 4.9, minimalnya rating 4.8. Nah, lakukanlah pengecekan hingga bertemu syarat tersebut. Memang trik ini sedikit memakan waktu tapi tidak apalah yang penting dapat produk harga miring dan berkualitas daripada mumer tapi abal-abal. 



2. Memanfaatkan fitur gratis ongkir
 

Langkah kedua yang saya lakukan yaitu mengklaim semua voucher gratis ongkir yang ada di Shopee. Apa saja voucher yang tersedia? Ada gratis ongkir biasa yang berlaku untuk semua star seller, gratis ongkir XTRA dan gratis ongkir bayar di tempat (COD). Bagaimana cara mendapatkannya? Mudah. Tinggal klik fitur voucher kemudian klaim satu persatu.


Potongan atau subsisi biaya kirim ini sangat berpengaruh ketika belanja. Misalnya nih, teman-teman sudah berhasil mencari dan mendapatkan produk harga murah di Shopee tapi jasa ekspedisinya buat pengiriman ke alamat ternyata besar. Sama dengan rugi lah ya karena setelah ditotal jadi tetap mahal. Nah, disini peran dari voucher ongkir ini. Dengan adanya free ongkir maupun potongan biaya pengiriman, maka teman-teman bisa belanja murah tanpa dikenai beban kirim. 


Bagaimana jika semua voucher free ongkos kirim sudah terpakai? Ada beberapa alternatif yang bisa dipakai yang saya tulis di artikel sebelumnya yaitu :




3. Memanfaatkan voucher cashback


Langkah ketiga adalah dengan melihat apa saja voucher cashback yang tersedia. Jika berhasil memperoleh voucher ini berarti pengeluaran kamu dalam belanja akan semakin berkurang dan total biaya biaya untuk membeli terbilang makin murah. Cashback di Shopee sejauh ini lebih berupa pemberian poin dalam jumlah tertentu tergantung besaran pembelian seseorang. 


Contohnya cashback 5 % setiap pembelian peralatan elektronik pada tanggal 11 November 2020. Maksudnya adalah kamu akan mendapatkan hadiah sebesar 10 % dari nominal total belanja. Kalau harga elektronik yang kamu beli Rp.1.000.000, berarti kamu memperoleh keuntungan cashback sebesar Rp.50.000. Hanya saja cashback sebesar Rp.50.000 tersebut tidak dalam bentuk uang melainkan koin.


Cashback diberikan atau dicairkan masuk ke akun Shopeepay kamu setelah transaksi selesai, bukan saat belanja berlangsung dan hanya dapat dipakai pada belanja berikutnya. Ketika kamu klik paket telah diterima, maka koin sebesar Rp 50.000 tersebut otomatis masuk ke akun dan bisa kamu gunakan untuk belanja berikutnya. Manfaat cashback memang tidak bisa langsung kamu nikmati karena diberikan belakangan tapi sebenarnya membantu dalam mewujudkan belanja dengan harga miring. Dengan adanya cashback tadi, kamu tetap bisa hemat uang dan bisa dialokasikan untuk membeli kebutuhan lain. 


Untuk mendapatkannya, kamu tinggal klik tulisan "Cashback & Voucher" kemudian klik tombol "Klaim" satu per satu. Kemudian, input voucher di kolom voucher saat kamu hendak checkout ke pembayaran. Jika cocok, maka akan ada tulisan warna kuning berupa jumlah koin. Namun, jika voucher tidak cocok, berarti kamu belum memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. 

 

4. Memanfaatkan voucher diskon toko


Disamping voucher cashback, agar mendapatkan belanja hemat di Shopee kamu dapat menggunakan diskon yang diberikan oleh seller. E-commerce yang identik dengan warna orange ini selalu menyediakan list seller atau nama toko online yang sedang memberikan promo diskon. Mungkin teman-teman bertanya, apa sih bedanya antara diskon dan cashback? 


Perbedaan mendasar terletak dalam bentuk dan waktu pemberiannya. Cashback umumnya dalam bentuk koin meskipun ada berupa uang tunai tapi sangat jarang. Waktu cairnya tidak bisa bersamaan dengan transaksi berlangsung tapi setelah transaksi tersebut selesai atau paket diterima. Sementara itu, diskon mayoritas dalam bentuk uang yang diberikan sewaktu transaksi berlangsung. Diberikan berupa potongan sehingga bisa langsung dirasakan manfaatnya.


Misalnya, total  belanja kamu sebesar Rp.100.000 dan mendapatkan diskon 10 % atau Rp.10.000. Ketika kamu mau checkout sebelum masuk ke pembayaran, akan ada kolom buat input atau memasukkan voucher-voucher. Input voucher diskon maka total belanjaan kamu otomatis akan berkurang menjadi Rp.90.000. 



5. Memanfaatkan diskon brand populer


Salah satu fitur yang tergolong baru yaitu adanya diskon khusus untuk pembelian produk-produk dari brand yang terkenal. Tujuan dari fitur ini adalah agar pembeli bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik, lebih murah dari harga retail biasa. Apa saja yang yang dapat dibeli?Hampir semua kategori produk seperti elektronik rumah tangga, handphone & aksesories, komputer, TV, fashion pria& wanita, alat kecantikan, kebutuhan ibu & anak dan lainnya. 


Berdasarkan pengalaman saya, membeli menggunakan diskon brand populer ini tergolong lebih murah. Misalnya ya, harga madu Natural Honey 500 gr free 125 gr biasanya dijual seharga Rp.125.000 tetapi di fitur ini hanya Rp 89.900 atau hemat Rp.35.000. Contoh lainnya kurma basah merek SUKARI. Setahu saya untuk 500 gr rata-rata dijual Rp.30.000 tapi melalui diskon ini harganya cuma Rp.22.000 atau hemat Rp.8.000. 



6. Belanja kombo hemat


Agar kamu bisa mendapatkan harga murah di Shopee cara lainnya yaitu memanfaatkan layanan belanja kombo hemat. Sesuai dengan namanya, melalui fitur ini kamu akan terbantu menghemat pengeluaran dalam belanja online. Maksud dari kombo yaitu membeli beberapa produk secara berbarengan atau sekaligus dalam satu transaksi. Artinya, satu keranjang belanja dan satu toko. 


Karena membeli beberapa produk maka diskon yang diberikan semakin bertambah. Makin banyak belanja, makin besar potongan yang diperoleh. Misalnya, saya tadi mau beli madu. Disamping harga ada tulisan berwarna merah Rp99 Kombo Hemat dan di bagian bawah produk ada tulisan 'Beli Kombo Lebih Hemat". 


Jika saya membeli madu sekalian dengan susu Frisian Flag UHT 225ml maka saya hanya perlu mengeluarkan uang Rp99 untuk susunya. Semacam gift atau hadiah. Harga madu Rp.125.000 dapat diskon Rp.35.000 harganya jadi Rp.89.900 kemudian ditambah susu seharga Rp.6.800 diskon 99 % jadi mendapatkan harga Rp99 saja. Total diskon yang saya peroleh adalah diskon madu + diskon susu = Rp.41.801. Lumayan murah bukan? Ada banyak barang yang tersedia dan bisa dibeli sekaligus.  Saran saya agar tidak terjerumus pada boros, sebaiknya buat terlebih dahulu list kebutuhan. 



7. Memanfaatkan fitur belanja Shopee grosir


Untuk memudahkan pembeli mencari barang murah di Shopee, maka disediakan sebuah layanan baru khusus untuk grosir. Sesuai dengan namanya, melalui fitur ini kamu bisa belanja dengan harga miring dan sangat cocok untuk dijual kembali alias berbisnis. Banyak barang yang tersedia seperti fashion pria &wanita, elektronik rumah, kesehatan & kecantikan, makanan & minuman, ibu & anak, fashion muslim, hobi, gaya hidup dan lainnya.


Keunggulan fitur ini yaitu disediakannya menu top 100 trending product sehingga kita mudah mengetahui apa saja barang terlaris beserta toko yang menjualnya. Terus untuk menghemat biaya kirim, tersedia layanan pengiriman paket melalui kargo lengkap dengan voucher gratis ongkirnya. Meski disini semuanya sudah bersifat grosir, kamu masih bisa lho mencari yang termurah dengan membandingkan antar seller yang ada. 



8. Promo belanja tanggal cantik 


Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir Shopee membuat semacam event belanja dimana pada hari tersebut disediakan banyak promo khusus. Entah itu berupa tambahan voucher gratis ongkir, cashback maupun diskon. Biasanya diistilahkan dengan Promo Puncak dan Big Sale. Kalau saya sih suka menyebutnya dengan promo tanggal cantik karena jadwalnya itu seperti 11.11 (11 November), 10.10 (10 Oktober), 9.9 (9 September)
dan seterusnya. 


Berdasarkan pengalaman saya, pada hari H memang lumayan banyak promo yang diberikan. Bahkan ada voucher yang berlaku cuma beberapa jam saja dan belanja midnight juga. Voucher promonya kadang sering terbatas, siapa yang paling cepat mengklaim maka dia yang dapat. Begitu juga dengan minimal pembelian untuk mendapatkan cashback. 


Misalnya, tepat pada hari promo 11.11 kemaren saya belanja handuk, serbet dan paranet tapi tidak berhasil mendapatkan cashback karena total belanja tidak mencapai batas minimum. Meski demikian, saya tetap bisa belanja hemat karena mendapatkan voucher tambahan gratis ongkir XTRA minimal belanja Rp 0 rupiah. 



9. Gunakan reward koin


Cara lainnya yaitu dengan menggunakan reward koin yang kamu miliki. Di halaman home bagian atas disamping tampilan nominal ShopeePay ada tulisan Reward Koin Shopee ataupun di akun ada menu Koin Shopee. Kamu bisa melakukan pengecekan berapa jumlah koin yang ada. Darimana sumber koin ini? bisa dari promo cashback, dari hasil menilai produk, ikut permainan,  atau pun karena kamu rajin mengumpulkan 5 koin check-in setiap hari. 


Dulu saya ingat Shopee ingat goyang dan hujan koin. Pada waktu itu koin Shopee lagi hangat-hangatnya dipromosikan. Jumlah koin yang diberikan tergolong besar. Kalau sekarang masih banyak promo koin, jumlahnya beragam. Ada yang besar dan kecil. Terakhir kemaren saya berhasil mendapatkan koin sebesar Rp 35.000 setelah membeli bouncer bayi senilai Rp. Rp.362.000. 



10. Memanfaatkan flash sale


Sesuai dengan namanya, promo ini berlaku sebentar. Cepat kilat, siapa yang gerak cepat maka dia yang dapat. Biasanya dibatasi waktu dan ada alat penghitung jam mundurnya. Bagaimana cara mendapatkan flash sale? Kamu cari tulisan Flash Sale yang ada di halaman home Shopee bagian atas. Kemudian klik lihat lainnya, kamu akan dibawa pada daftar semua produk yang sedang ada promonya.


Oya, ada tiga kategori jam yang umumnya ditetapkan Shopee yaitu mulai dari jam 00.00, sesi kilat di jam 12.00 siang dan 12.10. Jam promo ini bisa saja berubah-rubah.  Apa saja promo flash sale? kamu bisa mendapatkan harga mulai dari Rp.99, 12 ribu, brand day dan masih banyak lagi promo yang berlaku hampir untuk semua kategori produk. Besaran diskon yang diberikan lumayan ada yang  30 %, 50 %, 64 %, 76 %, 85 % hingga 99 %. 



11. Memanfaatkan semua 5 ribu


Kalau dalam pasar offline ada dikenal obral, nah promo ini menurut saya kurang lebih mirip obral tersebut. Semua produk yang dipajang pada etalase tertentu harganya Rp.5 ribu. Pembeli tinggal pilih mau beli yang mana. Gunakan filter produk seperti kecantikan, ibu & anak, perlengkapan rumah & aksesoris, hobi & alat tulis, kebutuhan sehari-hari, aneka camilan, atau fashion & aksesoris. 


Di dalam promo 5 rb ini, jika di scroll hingga ke bawah maka juga ditemukan kategori hot product 15rb dan hot products 25 rb. Ada juga produk rekomendasi. Berdasarkan pengamatan saya, semua 5 ribu ini obral barang-barang yang memang aslinya tergolong murah bukan promo produk mahal yang banting harga jadi Rp.5 ribu. Rata-rata produk Rp.5 ribu ini seperti kaos kaki, ikat rambut, masker, tempered glass, penjepit bulu mata, tempat tisu, mangkok, pot dan lainnya. Meski demikian, fitur ini membantu sekali untuk belanja murah. 




12. Memanfaatkan serba 10 ribu


Ada promo semua Rp 5 ribu, ada juga serba 10 ribu. Fitur ini memang mirip dengan fitur sebelumnya. Sekilas tidak jauh berbeda atau terlihat hanya beda harga saja. Namun, jika diteliti yang masuk dalam kategori promo ini umumnya bukanlah barang murah. Misalnya, ada HP Oppo A33 yang harga normalnya  diatas Rp 2 jutaan tapi dijual dengan harga Rp 10.000. Ataupun  kamera Fujifilm instax mini 9 yang harga normalnya di atas Rp.900.000 tapi disini hanya Rp.10.000.


Saya amati dari redaksi iklannya, ini seperti pembelian dengan sistem undian begitu. Ketika saya membeli HP Oppo Rp.10.000, maka belum tentu saya akan mendapatkannya. Ada seperti pengundian yang menetapkan siapa pembeli yang terpilih mendapatkan barang harga murah tersebut. Pengumuman pembeli yang menang diadakan setiap jam 12.30 siang. Jika saya tidak menang, maka uang Rp 10.000 tadi tidak hilang melainkan dikembalikan ke dalam akun ShopeePay. Fitur ini memang tergantung faktor keberuntungan tapi keberuntungan bisa dimiliki siapa saja.



13. Memanfaatkan pasti diskon 50 %


Melalui fitur ini, konsumen dipastikan langsung menemukan apa saja produk diskon. Walau dinamakan pasti diskon 50 %, di fitur ini terdapat besaran diskon yang beragam. Berdasarkan pengamatan saya, ada yang dibawah 50 % seperti 30 %, 40 % dan ada yang diatas 50 % seperti  70%, 80 % hingga 99 %. 


Untuk produk yang bisa dibeli melalui fitur ini adalah hampir semua kategori. Ada elektronik rumah tangga, perlengkapan rumah dan kantor, fashion wanita & pria, produk kecantikan, handphone dan aksesoris dan berbagai keperluan ibu & anak. 



14. Promo elektronik murah


Shopee menyediakan layanan khusus berupa promo untuk barang-barang elektronik dengan harga miring. Kategori yang bisa dibeli meliputi handphone &aksesoris, komputer &aksesoris, gaming, elektronik rumah dan perlengkapan fotografi.  Selain mendapatkan penawaran promo terbaik setiap harinya, konsumen juga bisa mengklaim voucher cashback yang ada. 


Melalui fitur ini, pembeli juga bisa mengetahui apa saja produk yang paling laris setiap minggunya. Beberapa elektronik populer yaitu Canon, Nikon, Delcell, Samsung, iPhone dan lainnya. Persentase diskon masing-masing brand tersebut tergolong besar. Berdasarkan pengamatan saya  ada yang 40 %, 50 % dan 75 % dan terus berubah setiap hari. Jadi, harus rajin melihat agar mendapatkan potongan yang lebih besar.  



15. ShopeePay Rp 1 deals


Fitur ini merupakan promo kerjasama antara Shopee dengan merchant online. Produk yang dipromosikan disini umumnya bermerek dan terkenal. Melalui fitur ShopeePay Rp 1 deals ini kamu dapat memesan makanan cepat saja secara online melalui e-commerce. Makanan dan minumannya seperti Breadtalk, Pizza Hut, CFC, Kebab, Burger King,McD,  Starbuck, JCO Donut & Coffe, Kopi, Richeese Factory, Ayam Geprek dan lainnya. 


Disamping itu, ada juga retail seperi Alfamidi, Hypermart, Ace mall, Indomaret, Vivo store, Yongki Komaladi, Fladeo. Ramayana, Circle K, Super Indo, Carrefour Transmart, Guess, Family mart, busana, dll. Ada produk kesehatan dan kecantikan, semuanya Shopee bekerjasama dengan merchant. 



16. Shopee Barokah


Shopee Barokah merupakan fitur khusus yang berisi segala kebutuhan muslim terlengkap. Juga disediakan berbagai promo spesial, cashback, diskon dan flash sale. Oya, juga ada promo setiap hari Jumat yang bisa kamu manfaatkan. Dalam hal ini, Shopee bekerja sama dengan ISEF sebagai bentuk dukungan untuk pelaku ekonomi perekonomian syariah. Beberapa kategori pilihan yaitu fashion muslim, buku & perlengkapan ibadah, kecantikan & kesehatan dan makanan &minuman yang halal. 


Menurut saya keunikan dari fitur ini adalah keberadaan metode pembayaran Shopee Barokah yaitu layanan belanja tanpa khawatir dan bebas cicilan bagi umat Islam. Jika diaktifkan, kamu tidak bisa  menggunakan kartu kredit, cicilan, SPaylater, Kredivo dan Akulaku saat checkout. Maksudnya, tidak mengkhawatirkan soal bunga pinjaman bank karena hanya transaksi tunai. Juga ada layanan berbagi donasi dan tunaikan zakat yang bekerjasama dengan lembaga seperti  Lazismu dan ACT. 




***


Oya, terkait poin 2-15 karena fitur ini disediakan Shopee maka teman-teman terikat dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Masing-masing promo cashback dan diskon ini ada peraturannya yang bisa dibaca di "S& K berlaku". Ini untuk menjawab pertanyaan mengapa kode promo cashback, diskon dan voucher lain ada yang tidak bisa dipakai. Dari pengalaman saya, jika vouchernya cocok atau memenuhi syarat, maka akan dapat diskon. Kalau voucher promo tidak bisa dipakai biasanya karena tidak memenuhi syarat. 
 

Demikianlah cara belanja murah di Shopee. Jika ada informasi terbaru, insaallah artikelnya akan saya update. Terakhir, saya mengajak kita semua sebagai konsumen di era digital agar bijaksana dalam bertransaksi. Selain mempertimbangkan trik dan tips di atas, saya berharap teman-teman lebih berhati-hati sebelum membeli. Jangan sampai terjebak seperti 5 kesalahan yang pernah saya lakukan dalam belanja online murah.  


Subscribe to receive free email updates: