Pengalaman Kerja Online Dibayar di Situs Freelancer Indonesia [Projects.co.id]



Salah satu penyedia kerja online dibayar yang pernah saya coba adalah Projects.co.id. Bagi teman-teman yang belum mengetahui, Projects.co.id merupakan sebuah situs yang mempertemukan antara pencari kerja dengan pemberi kerja. Tak heran kalau berkunjung ke situsnya, kita akan menemukan orang yang menawarkan jasa dan keterampilan. Selain itu, orang-orang juga aktif membuka lowongan baru setiap harinya untuk menemukan pekerja yang sesuai. 

Kurang lebih seperti marketplace dimana ada orang yang bertindak sebagai penjual jasa dan ada pihak yang posisinya sebagai pembeli jasa profesional. Sekarang yang diperjual belikan bukan produk saja tapi skill dan juga produk digital. Beberapa tahun terakhir, mulai tren marketplace tenaga kerja freelance. Bahkan baru-baru ini ada wacana marketplace untuk pengajar. 


Penghasilan Selama Bergabung di Projects.co.id 

Saya pertama kali mengenal situs freelancer Projects.co.id pada tahun 2017 dan langsung membuat akun pada tanggal 15 Oktober 2017. Niat awal cuma coba-coba dan iseng saja. Ingin mengetahui apakah beneran membayar dan aman. Ternyata dua hari kemudian saya mendapatkan jadwal interview dari salah satu penyedia kerja yang berpusat di Singapura. Namun, saya merasa kurang cocok dengan bayaran dan jam kerjanya. Saya putuskan mencari kerja lain. 

Selama join sekitar 6 bulan, saya mengerjakan 6 job saja. Saya tipikal yang pilih-pilih, hanya bid pekerjaan menulis yang tarif bayarannya cocok dengan saya saja. Selain itu, saya juga bekerja sebagai karyawan di sebuah kantor offline. Dengan demikian, job online ini menjadi kerja tambahan saja. Mengerjakan 6 job tersebut, saya berhasil mendapatkan uang dengan total Rp 1.664.500. Berikut bukti history pembayarannya :



Sebenarnya, total penghasilan saya dari ke 6 pekerjaan tersebut adalah Rp 1.900.000 namun dipotong fee Projects.co id sebesar 12 % atau Rp 228.000 dan fee transfer bank Rp 7.500 sehingga bersihnya Rp 1.664.500. Jika tertarik kerja online dibayar melalui Projects.co.id, disini saya akan sharing beberapa hal yang mungkin akan berguna bagi pemula. Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin sharing dalam bentuk tanya jawab berikut ini. Mayoritas pemula pasti membutuhkan informasi sebelum mengambil keputusan dan saya pun dulu begitu. 
 

1. Projects.co.id apakah aman? 

Selama saya menggunakan, selama itu saya tidak menemukan ada masalah. Juga belum pernah mengalami sesuatu yang mencurigakan dan hal-hal yang merugikan. Ketika saya berhasil menyelesaikan job dan melakukan transfer, pembayaran juga lancar dan baik-baik saja sampai mendarat ke rekening pribadi saya. Salah satu hal yang dikhawatirkan saat bekerja online adalah khawatir gaji tidak dibayarkan atau si pemberi kerja menghindar dengan berbagai alasan agar tidak jadi membayar.  Salah satu kelebihan lewat situs freelancer seperti Project.co.id ini adalah mereka bertindak sebagai perantara. 

Jika seseorang berniat mencari tenaga kerja lepas, maka dia harus membayar dulu ketika sudah mendapatkan worker yang dikehendaki. Namun, uang pembayaran mereka disimpan di rekening perusahaan pemilik situs freelancer, dalam hal ini ke rekening escrow Projects.co.id. Setelah pekerja menyelesaikan job dan tanpa revisi, maka uang tadi akan dilanjutkan ke pekerja melalui akun. Terus kalau ada perselisihan antara pemberi kerja dan pekerja lepas, maka diselesaikan melalui arbitrase. 

Hanya saja, kita harus menjaga dan melindungi data akun seperti username dan pasword agar tidak disalahgunakan orang yang tidak bertanggungjawab. Samalah dengan akun online dimanapun, harus dijaga dengan baik agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Jika data akun bocor umpamanya diketahui orang lain, bisa-bisa akun kamu dikendalikan dan pindah tangan. Jadi, disarankan ganti password secara berkala dan harus memastikan kamu sudah login di situs yang benar. 


2. Pekerjaan apa saja yang ada di Projects.co.id? 

Terdapat banyak pilihan seperti writing & translation, website development, android & IOS development, desktop programming, graphic & logo desain, 3 D modelling & animation, accounting & consultancy, audio, video, photograpy, data entry & data mining, electronics & robotics, game programming hingga internet marketing & social media.

Disamping itu, juga tersedia lowongan kerja layout, logo, graphic design, mobile programming, network & system administration, SEO & website maintenance, website development dan lainnya. Pekerjaan paling banyak tersedia adalah website development dan programming. Kemudian disusul writing & translation. Untuk penulisan lebih bisa dirinci lagi menjadi penulisan artikel, penulisan naskah buku, penulisan proposal bisnis, penulisan suara video ke teks, naskah tugas akhir dan sebagainya. 


3. Berapa bayaran kerja online di projects? 

Sangat beragam tergantung jenis pekerjaan. Sebagaimana sudah dijelaskan di poin no 2 diatas bahwa terdapat banyak job yang tersedia untuk dilamar. Bayaran menjadi penulis artikel konten dengan menjadi website programming tentu sangat berbeda. Rata-rata harga penulisan artikel standar berada diantara Rp 10.000 - Rp 20.000 dipengaruhi oleh jumlah kata. Bahkan ada sistem penulisan per paket, jika menulis dalam jumlah banyak semisal 50 artikel maka harganya bisa turun lagi. Sementara, untuk pemograman website bisa mendapatkan bayaran Rp 3.000.000- Rp 6.000.000. 

Bayaran ini tidak mutlak karena juga ada tawaran yang lebih tinggi atau lebih rendah dari itu. Selain tergantung jenis pekerjaan, juga ditentukan oleh pilihan seorang freelancer sendiri. Pada setiap lowongan kerja, sudah tertera budget yang ditetapkan oleh si pemberi kerja. Kalau kamu melakukan bid dan memenangkan job tersebut berarti kamu setuju dengan besaran budget tersebut. Agar mendapatkan bayaran yang lebih tinggi, mau tak mau kamu harus menyeleksi job yang ada. Misalnya : hanya apply pekerjaan yang budgetnya Rp 1.000.000 ke atas atau menulis yang bayarannya Rp 50.000/artikel saja. So, semua tergantung pilihan masing-masing. 


4. Bagaimana cara kerja dari awal hingga pencairan penghasilan?

Tahapan sejak mulai bergabung membuat akun hingga cuan masuk ke rekening sangat mudah dipahami oleh pemula. Tidak membutuhkan tutorial khusus karena step by stepnya sangat sederhana. Namun, agar mendapatkan gambaran menyeluruh, sebaiknya kamu memang mengetahui bagaimana prosesnya dari awal hingga akhir. Bagi pengguna baru, maka pertama sekali langkahnya adalah membuat akun. Masukkan email, user nama dan captcha dikolom yang disediakan. Kemudian buka email untuk melakukan verifikasi. 

Setelah pendaftaran selesai, maka otomatis akun sudah aktif dan bisa digunakan. Saatnya mengedit profile kamu agar lebih meyakinkan saat mencari kerja nantinya. Jika ingin langsung ingin mendapatkan job, maka klik browse projects untuk melihat apa saja tawaran job yang tersedia. Lakukan bid jika menemukan job idaman. Biasanya ada puluhan pencari kerja yang menawarkan diri. Jika kamu terpilih dan beruntung, maka saatnya mengerjakan job dan memperoleh bayaran sesuai dengan yang dijanjikan di awal. 


***

Saya sangat senang dan bersyukur sekali bisa mengenal situs yang membantu saya mendapatkan kerja online dibayar. Apalagi pada waktu itu, saya baru saja resign kerja kantoran dan menikah. Yup, saya harus memulai kehidupan yang baru dan membutuhkan tambahan pemasukan selain gaji suami. Bahkan hasil kerja di Projects.co.id sangat berjasa karena bisa buat biaya berobat. Saya sudah ada dapat tawaran kerja offline tetapi mulai masuk 1 bulan lagi. Sambil menunggu panggilan, saya memanfatkan waktu luang mencari cuan di internet. Salah satunya melalui Projects.co.id ini. 

Eh, malah ketagihan. Setelah saya mulai masuk kerja kantoran pun, saya masih sering kepoin Projects.co.id, mana tahu ada job yang waktu dan bayarannya sesuai. Beruntungnya pada waktu itu saya mulai mendapatkan klien yang berlangganan jasa penulisan saya. So, mereka langsung invite tanpa saya harus melakukan bid bersaing dengan pekerja lain. Nah, demikianlah sharing pengalaman saya kerja online dibayar di Projects.co.id. Semoga informasi di atas berguna dalam menjawab rasa penasaran teman-teman sekalian. Bagaimana, tertarik mencoba []