Pengalaman Membuka Akun Saham di Mirae Asset Tanpa Minimal Deposit 10 Juta

 


Sebenarnya saya sudah lama mendambakan punya akun saham di Mirae Asset Sekuritas. Siapa yang tidak mau terdaftar di salah satu sekuritas populer di tanah air dan mancanegara ini. Yup, sekuritas yang berpusat di Seoul, Korea dan telah berkembang ke beberapa negara. Termasuk sekuritas yang diperhitungkan di tanah air karena sering meraih total transaksi jumbo dengan jumlah nasabah yang tinggi pula. Saya kenal Mirae Asset saat menonton para scalper dan trader saham yang ikut dalam lomba trading saham. 

Saya perhatikan dengan seksama mereka memakai HOTS dan saya pun dibuat penasaran. Saya pikir pastilah ada alasan mengapa para trader terkenal dan senior memakai aplikasi tersebut. Setelah saya cari tahu, ternyata HOTS itu aplikasi milik Mirae Asset. Mentor saya di persahaman juga menyarankan agar memiliki beberapa akun untuk investasi dan melakukan average down. Saya berpikir membuat tambahan akun melalui sekuritas Mirae ini. Motivasi lainnya adalah saya ingin punya akun khusus saham syariah. Kebetulan di Mirrae sudah disediakan secara khusus sehingga lebih gampang, tidak perlu memilah saham konvensional dan saham syariah lagi secara manual. 


Terkendala Minimal Deposit Rp 10.000.000

Pada sebuah grup saham di telegram yang saya ikuti, saya juga menemukan member yang memakai Mirae Asset. Keinginan saya semakin kuat dan mencari tahu apa saja syarat ketentuan membuka akun HOTS.Tak lupa berapa minimal setoran awal Mirae Asset. Saya dibuat kaget. Yup, kala itu untuk kalangan umum deposit yang ditetapkan adalah Rp 10.000.000 dan khusus mahasiswa Rp 3.000.000. 

Saya merasa berat dengan jumlah setoran awal sebagai umum yang berjumlah Rp 10.000.000. Selain belum ada budgetnya, saya tujuannya untuk akun tambahan saja karena sudah punya 2 akun di sekuritas lain. So, saya pikir buat apa mengeluarkan uang besar saat itu sebab sifatnya belum mendesak. Saya pun searching apakah ada solusinya. Katanya kalau membuka akun lewat Sekolah Pasar Modal maka depositnya bisa Rp 100.000 saja. Akhirnya saya cek langsung di SPM, ternyata belum ada jadwal Mirae Asset Sekuritas dan tidak tahu kapan adanya.

Hal tersebut membuat saya melupakan keinginan punya akun di Mirae Asset. Saya kemudian memutuskan fokus pada akun saham saya yang sudah ada di sekuritas lain saja. Dalam hati saya bergumam, jika bisa punya sekrang alhamdulillah, jika belum juga tidak apa-apa. Bisa nanti-nati saja. Seperti yang saya bilang tadi, belum mendesak untuk dimiliki.


Pertemuan Tak Terduga, Promo Deposit Rp 1.000.000

Kalau rezeki tidak akan kemana, begitulah kata-kata bijak. Suatu hari menjelang akhir tahun 2022 saya mengikuti kelas yang diselenggarakan oleh sebuah komunitas saham dengan pembicara salah satu trader dan investor ternama di tanah air. Nah, di pintu masuk ruangan saya melihat terdapat beberapa meja dan selebaran. Ternyata ada beberapa sekuritas yang membuka stand disana termasuk Mirae Asset. 

Sambil menyelam minum air. Kebetulan bertemu dengan Invesment Specialist Mirae Asset yang super ramah, maka saya mulai bertanya-tanya. Walau sebelumnya sudah memutuskan pending buka akun disini. Tak disangka, dia menawarkan promo pembukaan akun dimana khusus peserta kelas pada hari itu diperbolehkan setoran minimalnya Rp 1.000.000. 

Selain itu, juga akan diberikan merchandise yang bisa dipilih sendiri. Tawaran ini berlaku terbatas jika langsung membuka akun langsung di lokasi acara. Wah, sayang sekali kalau dilewatkan. Mumpung ada promo. Saya sangat antusias dan mulai melengkapi berbagai persyaratan. Taraaaa, saya pun senang bukan kepalang bisa membawa pulang tumbler merchandise dari Mirae Asset.😀


Dari Minimal Deposit Rp 1.000.000 Menjadi Rp 100.000

Sebagian syarat dikirimkan menyusul secara online karena ada beberapa syarat yang saya tidak bawa. Setelah semua syarat lengkap dan pengurusan dokumen yang dibutuhkan selesai. Saya disuruh menunggu karena pengajuan pembukaan akun sedang diproses. Informasi awalnya sekitar seminggu tetapi sudah lebih 7 hari, masih belum ada pemberitahuan. Hingga investment specialist Mirae Asset menghubungi saya menanyakan apakah saya sudah mendapatkan pemberitahuan. Kalau lancar, biasanya sudah jadi. Mungkin ada kendala karena pada waktu banyak hari libur. Dia menyuruh saya untuk terus cek e-mail masuk. 

Namun, belum ada e-mail pemberitahuan yang masuk. Ya sudahlah, saya pikir kalau memang berhasil disetujui alhamdulillah. Kalau belum, mungkin belum rezeki saya. Lagipula deposit Rp 1.000.000 juga belum disetor. Setoran minimal akan dilakukan sesaat setelah akun jadi. Akhirnya, beberapa hari kemudian akun Mirae Asset saya sudah disetujui, sudah lengkap beserta dengan Rekening Dana Nasabahnya. Saya kemudian disuruh melakukan penyetoran deposit Rp 1.000.000 sesegera mungkin agar akun bisa digunakan. 

Awalnya, saya bermaksud melakukan penyetoran di awal bulan Desember sekalian dibelikan saham incaran. Disamping itu, saya juga berencana transfer saham beberapa lot ke akun Mirae Asset. Berbagai kesibukan membuat saya lupa hingga kembali dihubungi oleh pihak Mirae mengingatkan agar segera melakukan penyetoran. Saya pun berinisiatif bertanya, kira-kira kapan batas akhir penyetorannya karena tidak ada informasinya di pemberitahuan. Saya pun mencatat dan membuat note tanggal penyetoran. 

Beberapa hari sebelum saya mau menyetor, saya kembali dihubungi oleh Investment Specialist Mirae Asset sebelumnya. Kalau saya diperbolehkan depositnya Rp 100.000 agar akun segera aktif. Wah, saya jadi bahagia banget mendengar hal ini. Dengan gerak cepat, saya langsung deh melakukan setoran saat itu juga. Takut kelupaan lagi, jangan sampai deh. Yeay, akhirnya saya bisa mendapatkan promo minimal deposit Mirae Asset Rp 100.000  sama seperti mereka yang membuka akun melalui Sekolah Pasar Modal. Alhamdulillah, thanks Mirae. Oya, saya dapat promo ini untuk akun regulernya.[]