Apakah Tabungan Emas di Pegadaian Bisa Diambil Semua?


Banyak teman-teman pemula yang ingin tahu apakah uang tabungan emas di Pegadaian bisa diambil? Tentu saja bisa diambil guys. Tidak jauh berbeda dengan tabungan uang di bank yang bisa diambil kapan saja seseorang butuh. Hanya saja pada tabungan emas, tabungan dalam bentuk emas sehingga perlu dijual terlebih dahulu. 

Kemudian lebih lanjut ada yang bertanya apakah tabungan emas bisa diambil dalam bentuk uang? Bisa banget, setelah tabungan emas dijual maka hasil penjualan sudah berupa uang yang bisa dicairkan atau ditransfer ke rekening sendiri yang terdaftar di akun tabungan emas Pegadaian. Setelah transfer ke rekening pribadi tersebut berhasil maka barulaj teman-teman bisa mengambil uang tunai hasil penjualan tabungan emas tersebut di ATM terdekat. 

Apakah tabungan emas bisa ditarik tunai? Tabungan emas bisa ditarik sebagaimana yang saya jelaskan sebelumnya tapi tidak bisa tarik tunai secara langsung sebab tabungan emas tidak ada ATMnya dan Pegadaian juga bukan bank. So, isi tabungan tidak berupa uang melainkan gram emas. Dengan demikian, tarik tunai tabungan emas hanya bisa dilakukan melalui bank yang kamu daftarkan di akun tabungan emas. Setelah terlebih dahulu diuangkan dengan cara dijual.


Tabungan Emas di Pegadaian Bisa Diambil Tapi Tidak Bisa Semuanya Kecuali Tutup Rekening

Sudah saya singgung diatas bahwa tabungan emas memang bisa diambil tapi tidak bisa diambil semua. Seperti menabung uang di bank yang juga tidak bisa diambil semua, harus ada saldo tinggal. Begitu juga aturan uang berlaku pada tabungan emas. Saldo tabungan emas tidak bisa dijadikan nol atau kosong.

Jika teman-teman berencana mengambil tabungan emas, maka poin yang harus diperhatikan dan penting diketahui bahwa tabungan emas Pegadaian tidak bisa dijual seluruhnya. Dengan kata lain harus ada saldo mengendap dalam jumlah tertentu sesuai kebijakan dari pihak Pegadaian selaku penyedia layanan tabungan emas.

Kalau dipikir-pikir memang sih agak sedikit disayangkan saja ada emas yang mengendap direkening dalam jumlah lumayan juga tapi ketentuan ini juga bukan tanpa tujuan. Sebenarnya untuk kepentingan nasabah sendiri. Yup, saldo emas tidak bisa dijual semua dan harus disisakan tujuannya adalah untuk menjaga agar rekening emas tetap aktif. Ini jika teman-teman masih berencana menabung kedepannya. 

Namun, kalau memutuskan berhenti menabung atau mau menutup tabungan ya secara logika emasnya bisa diambil semua. Hanya saja nanti akan dikenai biaya penutupan rekening sebesar Rp 30.000. 

Lantas, berapa saldo mengendap tabungan emas Pegadaian?

Pada saat artikel ini saya tulis, pihak Pegadaian menetapkan biaya saldo minimal wajib tinggal di rekening adalah 0,1 gram. Berapa ya jumlahnya kira-kira kalau dalam bentuk uang? Tergantung berapa harga beli emas saat teman-teman menjual. 

Sebab harga emas naik turun dari waktu ke waktu. Jadi, besaran saldo minimal dalam satuan uang rupiah akan berbeda-beda. Hal yang jelas patokannya 0,1 gram. Jika saat ini harga emas Rp 996.000, maka kalau dikonversikan dalam bentuk uang 0,1 gram dari Rp 996.000 adalah 96.600. 


Ketentuan Minimal dan Maksimal Penjualan Saldo Tabungan Emas

Nah, selain mengetahui berapa saldo mengendap, poin yang tidak kalah penting saat mengambil tabungan emas adalah berapa minimal penjualan. Saat mendaftar tabungan emas di Pegadaian Digital, saya dulu tidak pernah membaca informasi tentang ini, saya pikir bisa dijual berapa saja. Soalnya berdasarkan pengalaman saya membuka tabungan emas di Shopee yang juga bekerja sama dengan Pegadaian, bisa dijual berapapun.

Yup, beneran tidak sampai 1 gram pun boleh dijual. Mau jual 0,5 gram pun bisa. Ceritanya itu saya aktif belanja online di Shopee dan sering dapat cashback serta diskon. Nah, hasil cashback, diskon dan sisa belanja tersebut kemudian saya tabung di tabungan emas Shopee. Beberapa bulan kemudian, tabungan emas saya sudah mencapai 0,5 gram kurang sedikit. Ketika saya hendak menjual, saldo yang bisa dijual hanya 0,3997 graman hampir 0,4 gram karena harus disisakan di akun 0,1 gram. Nah, setelah dijual maka saya nendapatkan uang sebesar Rp 351. 736.

Namun berbeda, saat suami saya membuat tabungan emas langsung di Pegadaian Digital secara online dimana ditetapkan minimal saldo penjualan tabungan emas adalah 1 gram. Yup, jika tabungan emas masih dibawah 1 gram otomatis tidak bisa dijual alias tidak bisa diambil. Agar bisa diambil, maka mau tidak mau tabungannya harus ditambah dulu. Harus lebih dari 1 gram yaitu minimal 1,1 gram dimana 1 gram untuk dijual dan 0,1 gramnya untuk saldo mengendap.

Sementara itu, pihak Pegadaian juga membuat kebijakan dan pembatasan penjualan dimana tabungan emas maksimal bisa dijual 100 gram per harinya untuk satu rekening. Jika teman-teman punya beberapa rekening maka bisa melakukan total penjualan lebih dari itu dengan cara masing-masing rekening dijual 100 gram.


***

Nah, demikianlah ulasan saya kali ini tentang apakah tabungan emas Pegadaian bisa diambil semua atau tidak. Jika bisa seperti apa ketentuannya, jika tidak apa alasannya. Semoga informasi diatas bisa menjawab berbagai tanda tanya yang muncul di pikiran teman-teman pemula. Kalau ada pertanyaan lagi dan hal-hal yang ragu soal tabungan emas ini, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah. Begitu juga kalau seandainya teman-teman punya pengalaman berbeda ketika menjual atau mengambil tabungan emas Pegadaian, yuk sharing disini. []