Pengalaman Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Mencoba membersihkan karang gigi secara alami merupakan upaya pertama yang saya lakukan di rumah. Saya ingin sekali plak dan kotoran yang sudah mengeras bertahun-tahun tersebut bisa lepas tanpa perlu ke dokter maupun ke puskesmas. Saya tidak tahu mengapa jadi ada karang gigi, rasanya sudah berusaha menjaga kebersihan dengan menggosok gigi beberapa kali sehari. Katanya sih karena sikat gigi tidak bisa menjangkau semua bagian pada gigi, pasti ada bagian yang sulit dijangkau sehingga lama kelamaan membentuk plak hingga karang. 

Saya berpikir mencari cara membersihkan karang gigi secara alami agar lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya besar. Soalnya akhir-akhir ini saya merasa kok mulut saya agak lebih bau dari biasa. Kemudian juga mulai merasakan sakit gigi, awalnya sangat kaget mendapati gigi saya berlubang. Walau lubangnya kecil tapi sangat sakit. Setelah saya cari tahu ternyata bau mulut dan gigi berlubang bisa jadi merupakan efek dari karang gigi yang sudah mengeras. Ternyata kotoran yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama dapat merusak gigi.


Karang Gigi Saya Ternyata Tidak Bisa Lepas Dengan Cara Alami

Berhubung saya tipe yang malas ke dokter, saya pikir kalau masih bisa dibersihkan sendiri di rumah mengapa harus ke puskesmas? Saya kemudian mencaritahu cara membersihkan karang gigi secara alami yang berterbaran di internet seperti menggunakan baking soda, garam dan lainnya. Selain memanfaatkan garam dapur, saya juga mencoba menghilangkan karang gigi dengan kuku dan jarum. Tak hanya itu, saya juga mencoba menggosok lebih keras dengan sikat gigi pada bagian yang berkarang tetapi tetap tidak mau lepas dan rontok. 

Terbentuk bertahun-tahun, karang gigi saya benar-benar sudah membandel. Rasanya sebal banget punya karang gigi ini guys karena selain merusak kesehatan gigi juga membuat saya tidak percaya diri. Pasalnya, lokasi karang gigi di bagian depan dan samping sehingga kelihatan kalau lagi berbicara. Saya mikir kok saya jorok amat ya 😌 meskipun pada kenyataannya hampir semua orang memiliki karang gigi baik berukuran kecil, sedang maupun besar sudah parah. 

Oya, berdasarkan pengalaman saya, membersihkan karang gigi secara alami di rumah sendiri tidak membuahkan hasil sesuai harapan. Bahkan bisa dibilang tidak berhasil. Mengapa? Namanya karang gigi itu kan sudah keras banget dan menempel kuat. Mau mencoba pakai bahan alami apapun tetap tidak bakalan rontok, tidak akan lepas dengan sendirinya. Beda dengan kotoran dan plak biasa yang belum mengeras, maka bisa dibersihkan dengan sikat gigi bahkan langsung minggat dengan sekali sikat saja. 

Saya juga sempat menemukan ada namanya obat karang gigi yang dijual secara bebas. Obat yang diklaim mujarab, sekali pakai karang gigi langsung rontok. Nah, kok saya jadi sangsi dan takut mendengarnya. Jadi merinding. Obat apa yang super seperti itu, khawatirnya malah obat keras dan memiliki efek samping. Saya putuskan tidak membeli obat perontok gigi karena kurang yakin. Lebih baik mencari cara lain yang lebih masuk akal saja, aman dan tanpa efek samping pada kesehatan tubuh. 


Solusi Terbaik dan Masuk Akal adalah Menggunakan Alat Dental Scaling

Faktanya, jika plak sudah mengeras membentuk karang gigi, maka solusi satu-satunya adalah dikikis atau dirontokkan dengan alat khusus. Sudah tidak mempan dengan kuku, jarum maupun dengan baking soda, garam maupun cara alami lainnya. Terlebih jika selama ini karang gigi kamu belum pernah dibersihkan. Kayak saya yang sampai usia 37 tahun belum pernah membersihkan karang gigi. Sudah jelas karang giginya keras dan menempel kuat. Mana mempan pakai garam, baking soda dan bahan alami lainnya. 

Yup, menurut saya menggunakan alat perontok karang gigi jauh lebih masuk akal ketimbang menggunakan bahan alami. Bukan ngapain, karang gigi itu keras dan menempel kuat di gigi. Ya pastilah butuh alat buat melepaskannya. Dengan menggunakan alat khusus pembersih gigi bernama dental scaling ini, maka karang gigi lebih mudah lepas dan jatuh. 

Biasanya dokter gigi di klinik, rumah sakit maupun puskesmas menggunakan alat khusus tersebut untuk membersihkan karang gigi. Nama alatnya dental scaling. Saya mengetahui alat ini pertama kali ketika membaca pengalaman seorang blogger yang membersihkan karang gigi di suatu klinik. Katanya dia sampai mengeluarkan biaya ratusan ribu untuk melepaskan gigi berkarang di klinik tersebut. 

Nah, saya kemudian penasaran. Kira-kira ada gak ya yang jual alatnya secara online. Kepo banget berapa harganya juga. Biar saya bisa tetap bisa membersihkan sendiri di rumah secara leluasa. Soalnya kalau pergi ke rumah sakit dan ke klinik doker gigi susah nyari waktu dan sikond yang kurang mendukung. Maklum, emak-emak yang punya bayi pasti sangat rempong apalagi kalau ngantri di klinik. Bayi saya pasti rewel dan susah diajak kompromi. 

Terlebih membersihkan karang gigi di rumah sakit pasti membutuhkan waktu yang lumayan lama juga. Kalau di rumah kan bisa disesuaikan waktunya, misalnya diangsur-angsur pas anak lagi tidur. Pas saya searching, saya menemukan alat pembersih karang gigi yang dimaksud. Dental scaling adalah sebuah alat elektronik yang dibuat khusus untuk membersihkan karang gigi. Alat ini berukuran mini dan cara mengoperasikannya juga terbilang mudah dan sederhana. 


Yeay, Akhirnya Punya Alat Pembersih Karang Gigi Sendiri

Setelah membandingkan berbagai produk, saya akhirnya memutuskan membeli dental scaling alat pembersih karang gigi sonic elektrik 1 set 3 modes seharga Rp 178.000. Produk ini telah terjual lebih dari 4.800 pcs dengan rating 4.8 dari skala 5.0 dan juga meraih peringkat No.1 terlaris untuk kategori pembersih karang gigi. Sebenarnya banyak pilihan produk dengan berbagai merek dan harga berbeda. Namun, setelah melakukan riset, produk tersebut merupakan pilihan terbaik untuk saya. Seperti ini gambaran alatnya guys, kalau mau lihat langsung sudah disertai link dibawahnya. 


Dental Scaling No.1 Terlaris, Rating Bagus dan Termurah di Shopee 


Dari segi harga alat pembersih karang gigi tersebut pas dan ramah di kantong, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Jika dibandingkan dengan biaya perawatan di rumah sakit, klinik maupun puskemas maka jauh lebih hemat. Sebab, alat ini tidaklah sekali pakai melainkan dapat digunakan berulangkali selama sparepartnya masih bagus. Kalau bagi saya selain untuk penghematan juga biar lebih leluasa dibersihkan di rumah. Seperti yang saya singgung tadi karena punya bayi dan tidak mendukung untuk ke klinik. 

Nah, di toko online ada yang dibanderol mulai Rp 50.000 hingga Rp 1.000.000 an. Untuk yang harganya jutaan ini memang bagus sih ratingnya 4.9 dan 5.0 tapi sayang sekali saya tidak ada budget sebesar itu. Lagian menurut saya yang mahal itu lebih cocok digunakan oleh tenaga kesehatan misalnya dokter gigi. Kalau untuk membersihkan karang gigi sendiri di rumah, harga seratus ribuan sudah oke punya. Sebaliknya, alat yang dijual murah meriah dibawah seratus ribu ratingnya jelek banget guys dan membuat saya ragu. Itu alat apa ya sangat murah begitu, kayak mainan saja 😀

Berdasarkan penggunaan, dental scaling tersebut memang terbukti mampu dalam membersihkan karang gigi. Bahkan karang gigi saya baru pertama kali dibersihkan di usia saya yang sudah lewat 37 tahun bisa bersih dalam hitungan menit saja. Hanya saja untuk memakai dental scaling ini dibutuhkan kesabaran ekstra, tidak bisa buru-buru melainkan secara tenang. Sebab, karang giginya sudah mengeras bertahun-tahun, tentu tidak mungkin sekali congkel langsung copot. Sebaiknya dilakukan secara pelan-pelan saja. Sedikit demi sedikit sampai semua karang lepas. 



Dental Scaling No.1 Terlaris, Rating Bagus dan Termurah di Shopee 


Rasanya saya sangat senang dan bersyukur bisa memiliki alat pembersih gigi sendiri di rumah. Setelah karang gigi lepas, saya merasa lebih percaya diri saat bicara. Sudah tidak perlu menyembunyikan gigi lagi karena malu takut ketahuan ada karang giginya. Malu karena terkesan jorok, tidak bisa menjaga kebersihan gigi. Saya juga sangat senang bisa lebih leluasa membersihkan karang gigi di rumah tanpa harus ke dokter dan puskesmas. Sangat praktis dan tidak perlu mengantri juga. Bisa dibersihkan kapan saja saya sempat tanpa harus khawatir meninggalkan bayi saya. 

Oya, menurut saya menggunakan dental scaling ini jauh lebih ramah di kantong dan hemat. Seperti yang sempat saya singgung sebelumnya bahwa dental scalling ini bisa digunakan berkali-kali selama masih awet dan saya hanya mengeluarkan uang Rp 178.000 di awal saja. Kalau membersihkan karang gigi ke klinik, harganya sudah pasti ratusan ribu. Nah, itu baru biaya untuk satu orang saja plus untuk satu kali saja. Kalau anggota keluarga juga mau ikut membersihkan seperti suami dan anak kemudian dibersihkan sekali 6 bulan, nah kira-kira berapa biaya yang dikeluarkan? Lumayan menguras kantong bukan ? []