Pengalaman Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Mengeras


Sebenarnya saya sudah mulai gelisah melihat gigi saya yang kotor sekitar 10 tahun lalu. Yup, saya sudah mencari cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras puluhan tahun tersebut. Saya mencoba mengatasi dengan gosok gigi dan mencoba melepaskan dengan kuku atau benda. Memang ada karang gigi yang berhasil lepas sendiri tetapi tidaklah seberapa. Tanpa disadari jumlah yang tertinggal dan nempel di gigi malah makin bertambah banyak saja. Hal ini saya ketahui ketika kemaren salah satu gigi saya berlubang dan terasa sakit. 

Namanya sakit gigi rasanya sangat tidak nyaman banget sampai kurang konsentrasi beraktifitas dan jadi tidak produktif. Saya bingung kenapa saya bisa sakit gigi soalnya tidak ada riwayat sama sekali. Hingga usia 37 tahun ini, baru kali ini kena masalah gigi. Ternyata salah satu penyebab munculnya sakit gigi dan gigi berlubang adalah gigi yang kotor seperti plak dan karang. Tidak hanya nyeri nyut-nyutan, mulut saya terasa lebih bau sehingga saya tidak percaya diri. Belum lagi gusi yang sering berdarah dan perih saat gosok gigi. 

Kejadian ini, membuat saya bertekad mencari cara menghilangkan karang giri yang sudah mengeras tersebut. Tidak mau gigi saya berikutnya menjadi korban, berlubang parah dan rontok. Sungguh tidak terbayang jika saya jadi ompong seperti nenek-nenek dalam usia masih muda 😒  So, kali ini saya benar-benar bertekad kuat berikhtiar untuk mengatasinya.


Solusi Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Mengeras Sendiri di Rumah

Berhubung sudah mencoba berbagai langkah di rumah untuk mengatasi dan tidak berhasil. Saya pun mencoba mencari referensi dan membaca pengalaman orang lain. Saya sempat memutuskan untuk membersihkan karang gigi ke dokter spesialis gigi di klinik terdekat. Namun, suami saya bilang kalau dokternya kurang ramah sehingga saya ragu. Terus juga tidak menerima BPJS makin saya galau soalnya budget juga belum ada. 

Kepikiran membersihkan karang gigi di puskesmas saja kata teman saya harganya jauh lebih murah dibanding klinik. Saya terus menunda-nunda karena entah mengapa rasanya malu saja memperlihatkan gigi yang kotor di depan dokter. Rasanya saya jorok sekali gitu. Terlintas di pikiran saya, ada gak ya cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras sendiri di rumah? Sehingga saya tidak perlu ngantri ke klinik maupun puskemas, susah nyari waktunya apalagi emak-emak yang punya momongan. Akhirnya, saya menemukan solusinya yaitu alat elektrik bernama dental scaling. 

Dental scaling merupakan alat elektronik pembersih karang gigi. Alat ini terbuat dari teknologi getaran frekuensi tinggi sehingga mampu membersihkan noda gigi dan plak bakteri gigi. Awalnya saya sempat ragu juga apakah ini beneran akan berfungsi sesuai harapan? Takutnya bualan penjual semata, sudah susah payah mengeluarkan uang tapi bukannya untung malah buntung. Seperti saya bilang tadi belum ada budgetnya sih, adanya bulan depan. Namun, saya mencoba menalangi dulu memakai uang jajan, biarlah jajan dikurangi demi kesehatan dan keindahan gigi 😁

Ternyata, saya menjumpai ada banyak merek dan produk yang dijual secara online. Bentuknya macam-macam, begitu juga dengan harganya. Ada yang dibanderol mulai Rp 50.000 hingga Rp 1.000.000 an. Sebelum memutuskan membeli merek mana, saya melakukan riset dulu yaitu mencari produk yang sudah terjual ribuan pcs dan ratingnya bagus. Bukan ngapain, saya ngeri melihat produk yang ratingnya rendah seperti 4.7 ke bawah. Tidak berani membeli. 
 
Setelah berulang kali dan berhari-hari membaca review serta testimoni orang yang sudah membeli dan setelah melakukan riset, bismillah saya mantap. Pilihan saya jatuh pada dental scaling alat pembersih karang gigi sonic elektrik 1 set 3 modes seharga Rp 178.000. Produk ini telah terjual lebih dari 4.800 pcs dengan rating 4.8 dari skala 5.0. Kemudian juga meraih peringkat No.1 terlaris untuk kategori pembersih karang gigi. Berikut penampakan alatnya ya guys : 


Dental Scaling No.1 Terlaris, Rating Bagus dan Termurah di Shopee 


Untuk dental scaling harga dibawah Rp 100.000 rasanya kurang meyakinkan, selain ratingnya jelek juga kok seperti mainan saja ya. Kurang masuk di akal. Takut sekali pakai langsung jadi barang rongsokan. Untuk dental scalling harga Rp 1.000.000 ke atas memang sangat oke, bagus dan kualitasnya meyakinkan plus ratingnya sempurna tetapi sayang tidak sesuai budget saya. Kemudian saya pikir yang mahal-mahal ini mah cocoknya untuk dokter spesialis. Buat kita-kita yang mandiri membersihkan sendiri di rumah, harga ratusan ribu sudah okelah.  Tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah, sedang-sedang saja.


Alhamdulillah Dalam Waktu Singkat, Karang Gigi Yang Sudah Mengeras 30 an Tahun Lepas

Sebelum membeli saya sempat membaca testimoni pembeli yang sudah mencoba menggunakan, bahkan ada yang memfotokan karang gigi yang rontok. Melihat hal tersebut, saya tidak sabaran ingin membersihkan gigi sekaligus penasaran ingin membuktikan apakah alatnya memang sesakti itu. Saking tidak sabar, saya selalu cek sudah sampai dimanakah paket saya. Saya memesan produk pada tanggal 08 Juli 2023 dan paketnya datang pada tanggal 14 Juli 2023. Sedikit lebih lama karena saya memesan pada hari libur, otomatis paket dikirim pada hari kerja. Begitu paket sampai ke tangan, hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek kelengkapan produk dan langsung di cas dulu sampai penuh baterainya. 

Hm, setelah baterai full kini dental scalling siap untuk digunakan. Sampailah saatnya saya eksekusi ke gigi. Penggunaannya sederhana dan gampang, tidak membingungkan. Di dalam box juga sudah disediakan petunjuk penggunaan. Awal mencoba memang masih sedikit kaku dan belum mengerti bagaimana cara yang pas. Saya membersihkan dari bawah, samping dan tidak beraturan. Lama-lama makin menemukan strategi untuk melepaskan karang giginya. Langkah terbaik dari pengalaman adalah memulai dari atas dibawah perbatasan dengan gusi kemudian ditarik ke arah bawah. Dengan cara ini, karang gigi lebih mudah lepas dan jatuh. 


Dental scaling pembersih gigi bisa diatur kecepatan getarannya apakah mau yang kecil, sedang dan besar. Begitu juga dengan alatnya diberikan dua pilihan yaitu yang ujungnya agak lebar dan kecil runcing. Ujung lebar cocok untuk merontokkan karang gigi yang besar. Sementara besi dengan ujung kecil runcing cocok untuk bagian sela-sela gigi. Agar lebih mudah membersihkan karang gigi dibagian tersembunyi dan sulit misalnya di pangkal gigi bagian dalam, maka produk ini sudah dilengkapi dengan endoskopi atau cermin rongga mulut. 

Oya, pesan dan kesan saya yang pernah mencoba memakai dental scaling ini, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk melepaskan karang gigi. Tidak bisa buru-buru melainkan dalam waktu dan kondisi yang tenang. Bayangkan saja, karang giginya sudah mengeras bertahun-tahun, tentu tidak mungkin sekali congkel langsung copot. Lagipula pada proses pembersihan ini bau karang giginya minta ampun. Saya bahkan rasanya mau muntah sehingga perlu berkumur-kumur sesering mungkin. Saran saya, bagi yang karang giginya tebal sebaiknya diangsur saja perlahan-lahan. Dibersihkan sedikit demi sedikit hingga menjadi kinclong. 

Berdasarkan penggunaan, dental scaling memang terbukti ampuh dalam menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Bahkan karang gigi saya baru pertama kali dibersihkan di usia saya yang sudah lewat 37 tahun. Warnanya sudah menghitam dan menempel kuat terutama di gigi bagian samping kiri kanan. Alhamdulilah bisa lepas dan menjadi lebih bersih. Suami saya juga ikutan menggunakan dan berteriak histeris beberapa kali ketika karang giginya berjatuhan. 

Setelah selesai, rasanya gigi menjadi lebih ringan. Alat ini sudah dilengkapi sensor jika kontak dengan gusi maka otomatis akan berhenti bekerja. Sebaliknya, akan bekerja jika ada kontak dengan kalkulus gigi atau benda keras. Namun, jika cara penggunaannya kurang tepat bisa menyebabkan gusi berdarah misalnya terlalu menekan ujung alat tetapi tidak perih sama sekali. Bisa juga karena karang gigi yang menempel terlalu mepet ke gusi, ya mau tidak mau kadang terkena gusinya. 

Dari pengalaman mereka yang pernah bersihin gigi ke klinik gigi pun katanya juga mengalami begitu, gusi mereka sedikit berdarah serta gigi terasa agak ngilu tapi beberapa hari kemudian menjadi normal. Kalau saya sih tidak ada merasakan gigi ngilu terus gusi yang berdarah juga sangat sedikit sekali dan tidak perih karena memang tidak ada luka. Ini karena karang gigi saya bersembunyi di bawah gusi. 



Dental Scaling No.1 Terlaris, Rating Bagus dan Termurah di Shopee 


Hm, saya bersyukur bisa memiliki alat pembersih gigi ini. Kini saya merasa lebih percaya diri saat bicara. Sudah tidak perlu menyembunyikan gigi lagi karena malu takut ketahuan ada karang giginya. Malu karena terkesan jorok, tidak bisa menjaga kebersihan gigi. Saya juga sangat senang bisa lebih leluasa membersihkan karang gigi di rumah tanpa harus ke dokter dan puskesmas. Sangat praktis dan tidak perlu mengantri juga. Bisa dibersihkan kapan saja saya sempat tanpa harus khawatir meninggalkan bayi saya. 

Terakhir, jika dibandingkan dari segi biaya penggunaan dental scaling jauh lebih hemat. Dental scalling ini bisa digunakan berkali-kali selama masih awet dan saya hanya mengeluarkan uang Rp 178.000. Kalau menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras ke klinik, harganya sudah pasti ratusan ribu. Itu baru untuk satu orang dan untuk satu kali saja. Kalau anggota keluarga juga mau ikut membersihkan seperti suami dan anak, nah kira-kira berapa biaya yang dikeluarkan? Tentu berkali lipat.[]