16 Sekuritas Syariah Terdaftar OJK & Bersertifikasi DSN MUI Beserta Nama Aplikasi

 


Memiliki akun di sekuritas syariah terdaftar OJK dan bersertifikasi DSN MUI merupakan pilihan wajib para investor syariah. Pada artikel yang lalu, saya sempat bercerita kalau saya berencana membuka sebuah akun saham syariah di salah satu sekuritas. Di sekuritas yang sebelumnya saya gunakan hanya ada akun reguler dimana tidak ada pemisahan saham syariah. Mau tidak mau saya melakukan pemisahan secara manual. Hanya saja kurang efektif dan efisien. Mau tidak mau sedikit kerepotan karena harus melakukan pengecekan satu persatu. 

Bahkan saya kadang berusaha menghafal mana saja yang masuk dalam daftar saham syariah agar lebih mudah. Namun, tetap tidak bisa ingat semuanya. Wong, saham syariah jumlahnya banyak banget. Saham syariah itu kan ada ratusan, juga terus mengalami perubahan secara berkala. Kalau sudah punya akun saham syariah, teman-teman tidak perlu cek, ricek dan update lagi. Tinggal pakai saja karena sudah diupdate dan dipisahkan oleh sekuritas dari saham konvensional. 

Rata-rata sekuritas di tanah air menawarkan dua jenis akun yaitu akun reguler dan akun syariah. Sekarang yang jadi pertanyaan, apa saja daftar sekuritas syariah terdaftar OJK dan bersertifikasi DSN MUI yang ada di Indonesia? Dilansir dari halaman PT. Bursa Efek Indonesia tentang Shariah Online Trading System (SOTS) per tanggal 23 Juni 2023 artikel ini saya tulis, terdapat 16 Anggota Bursa (AB) penyedia layanan SOTS yang aktif dan sudah memiliki sertifikasi dari DSN MUI. Nah, bagi teman-teman yang berencana investasi saham syariah, yuk cek informasi di bawah ini : 

1. PT.Indo Premier Sekuritas dengan nama IPOT Syariah. Kamu yang sudah lama berkecimpung di pasar modal pasti sudah tidak asing dengan sekuritas yang satu ini. Indopremier termasuk salah satu sekuritas dengan jumlah nasabah terbesar di tanah air dengan jumlah transaksi tertinggi di Bursa Efek Indonesia. IPOT menawarkan kenyamanan berinvestasi di pasar saham dengan dukungan fitur dan tools analisa yang komprehensif serta Artificial Inteligent (AI). 

Kiprahnya sebagai perantara pedagang efek dan manajemen investasi yang sudah terintegrasi secara online sudah dimulai sejak lama yaitu pada tahun 2007. Namun, berdirinya sudah dari tahun 2002 silam. Di masa awal-awal Indopremier memang hanya punya akun reguler namun sejak tahun 2011, perusahaan meluncurkan platform online trading syariah bernama IPOT Syariah. PT. Indopremier sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Informasi selengkapnya bisa diakses di www.indopremier.com

2. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dengan nama HOTS Syariah. Sekuritas berikutnya ini juga merupakan salah satu yang populer di tanah air. Memiliki perkembangan tercepat dengan jumlah nasabah serta transaksi yang tinggi pula. PT.Mirae Asset Sekuritas berada dibawah kendali Mirae Asset Financial Group, sebuah perusahaan yang berpusat di Seoul, Korea dan berdiri sejak tahun 1997. Kemudian perusahaan ini melakukan ekspansi ke berbagai negara di dunia termasuk ke Indonesia. 

Di tanah air, cikal bakar kiprahnya sudah dimulai dari 1994 silam dan sudah berapa kali mengalami pergantian nama karena proses akuisisi. PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)Jika kamu tertarik membuka akun syariah Mirae Asset, bisa mengunjungi www.miraeasset.co.id untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi kantor cabang terdekat di kotamu.

3. PT BNI Sekuritas dengan nama e-Smart Syariah. BNI merupakan salah satu bank  terbesar di tanah air yang sudah berdiri sejak tahun 1946. Tidak hanya dikenal sebagai bank yang menghimpun dan menyalurkan dana, BNI kemudian memberikan layanan terpadu dengan mendirikan beberapa anak perusahaan.Salah satu anak perusaaan BNI adalah BNI Sekuritas yang fokus pada layanan transaksi saham maupun obligasi. 

Berdiri pada tahun 1995 di Jakarta, BNI Sekuritas telah berkembang ke berbagai kota di Indonesia. PT. BNI Sekuritas juga sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.bnisekuritas.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

4. PT Mandiri Sekuritas dengan nama MOST Syariah. Tidak jauh berbeda dengan bank BNI, Bank Mandiri juga mendirikan anak usaha dengan nama Mandiri Sekuritas yang khusus bergerak dalam keuangan pasar modal. Berdiri sejak tahun 2.000, dalam 23 tahun terakhir telah menjelma menjadi salah satu broker dengan terdepan di tanah air. Jumlah nasabah dan asetnya tidak bisa dianggap sebelah mata. 

MOST Syariah merupakan salah satu aplikasi akun saham syariah yang populer dan yang pertama kali saya dengar. Kini kantor Cabangnya pun sudah tersebar di berbagai daerah yang terdiri dari puluhan beserta kantor perwakilan. PT. Mandiri Sekuritas sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.most.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

5. PT Panin Sekuritas Tbk dengan nama POST Syariah. Bank Panin termasuk salah satu bank tertua di tanah air selain BNI yang berdiri pada tahun 1971. Bank Panin juga membuka layanan baru dalam pasar modal melalui anak perusahaannya bernama Panin Sekuritas. Kiprah Panin Sekuritas sebagai pialang saham dimulai dari tahun 1989 dengan kantor pusat di Jakarta. PT. Panin Sekuritas Tbk telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.pans.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

6. PT Phintraco Sekuritas dengan nama PROFITS Syariah. Phintraco Sekuritas merupakan salah satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan perkembangan yang signifikan. Merujuk situs resminya, sekuritas ini telah berhasil meraih 7 kali rekor MURI dan telah melayani lebih dari 100.000 nasabah dari Sabang hingga Merauke. Lebih lanjut, Phintraco bekerja sama dengan berbagai pihak seperti bank, pasar, rumah sakit hingga perguruan tinggi. 

Saya sendiri pertama kali mengenal Phintraco Sekuritas dari kelas yang akan diadakan oleh Sekolah Pasar Modal. Phintraco Sekuritas merupakan anggota dari Indonesia Stock Exchange dan telah mendapat izin serta diawasi oleh OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.profits.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

7. PT FAC Sekuritas Indonesia dengan nama FAST Syariah. Broker atau pialang saham yang sudah berpengalaman selanjutnya adalah FAC Sekuritas. Bagi yang belum kenal, sekuritas ini berdiri sudah lumayan lama yaitu sejak tahun 1989. Yup, sudah berusia sekitar 34 tahun dalam memberikan layanan investasi kepada masyarakat. 

Tak heran jika kantor cabangnya tersebar di beberapa daerah dan juga terdapat 29 galeri investasi di berbagai kota. PT. FAC Sekuritas Indonesia merupakan anggota bursa efek Indonesia dan telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.facsekuritas.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

8. PT MNC Sekuritas dengan nama MNC Trade Syariah. Mendengar kata MNC pikiran langsung tertuju kepada raja media tanah air baik itu televisi maupun berita online. Namun, ternyata MNC berkembang dalam berbagai layanan dan produk. Salah satu anak perusahaannya yang bergerak dalam pasar modal adalah MNC Sekuritas. 

Sekuritas ini bukanlah pendatang baru sebagai perantara perdagangan efek melainkan sudah berdiri sejak tahun 1989. PT. MNC Sekuritas sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.mncsekuritas.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

9. PT Henan Putihrai Sekuritas dengan nama HPX Syariah. Saya seringkali mendengar broker Henan Putihrai dari media massa karena tim risetnya yang sering dimintai dan memberikan analisa terhadap saham dan perkembangan pasar modal. Setelah saya telusuri, ternyata sekuritas ini telah berdiri sejak tahun 1990 dan merupakan salah satu anggota pendirian Bursa Efek Jakarta. Henan Putihrai Sekuritas meluncurkan platform online trading pada tahun 2011. 

Sementara, untuk HPX Syariah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah MUI dengan nomor SK No.007.44.02/DSN-MUI/VI/2016. PT.Henan Putihrai Sekuritas juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.hpfinancials.co.id/hps atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

10. PT Philip Sekuritas Indonesia dengan nama POEM Syariah. Sama seperti Sekuritas Henan Putihrai diatas, pertama mendengar sekuritas ini juga dari membaca analisa para tim risetnya tentang pasar modal. Tidak jauh berbeda dengan sekuritas lain, ternyata Philip Sekuritas Indonesia juga sudah berkiprah sejak lama di tanah air. Yup, berdiri sejak tahun 1989. Sekuritas ini telah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK.

Sebagai bagian dari lembaga keuangan terdepan di Asia yaitu Philip Capita Group, Philip Sekuritas sudah mendapatkankepercayaan dari masyarakat. Sementara itu, untuk investasi syariah khusus saham syariah dan reksadana syariah terintegrasi dalam satu akun yang berada di dalam satu platform. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.poems.co.id, www.phillip.co.id/personal/investasisyariah atau mengunjungi langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

11. PT RHB Sekuritas Indonesia dengan nama RHB Trade Smart Syariah. Sekuritas berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah RHB Trade Smart Syariah. Sistem online trading saham berbasis syariahnya hadir baik dalam aplikasi desktop maupun mobile. Aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur  seperti informasi saham berforma terbaik, laporan keuangan dan sebagainya. PT. RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diwasi oleh OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.rhbtradesmart.co.id/ atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

12. PT Samuel Sekuritas dengan nama STAR Syariah. Teman-teman yang sudah lama masuk ke pasar modal, pasti sudah mengenal sekuritas yang sering disebut dengan SSI ini. Sebab, perjalanannya sebagai broker tidaklah singkat, sudah dimulai sejak tahun 1990 lalu. Mengusung slogan your lifelong investment partner, SSI sudah mendapatkan kepercayaan dari para investor baik pemula maupun senior. PT. Samuel Sekuritas Indonesia telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta Penjaminan LPAS. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.samuel.co.id/ atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

13. PT Maybank Sekuritas Indonesia dengan nama Maybank Trade Syariah. Sekuritas selanjutnya yang tidak kalah populer di tanah air adalah Maybank Sekuritas. Bergabung dalam Maybank Group, sekuritas ini didirikan pada tahun 1990 di Jakarta. Seperti broker pada umumnya, produk dan layanan utama dari Maybank Sekuritas adalah transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi. 

Membuka akun di Maybank Trade Syariah menurut saya lumayan menarik sebab tidak ada deposit awal, bisa dibuka secara online maupun offline. PT. Maybank Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi maybank-ke.co.id/ atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

14. PT BRI Danareksa Sekuritas dengan nama D'ONE Syariah. Sekuritas yang sudah lebih dari  40 tahun berpengalaman di pasar modal ini sudah tidak perlu diragukan lagi produk dan layanannya. BRI Danarekasa Sekuritas merupakan bagian dari Bank Rakyat Indonesia dan berdiri pada tahun 1992. 

Sementara itu, khusus produk Danareksa Online Syariah diluncurkan pada tahun 2020 lalu untuk memenuhi kebutuhan nasabah di tanah air akan investasi dan trading sesuai konsep syariah. PT.BRI Danareksa Sekuritas sudah mendapat izin dan diawasi oleh OJK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.bridanareksasekuritas.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

15. PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia dengan nama CGS-CIMB iTrade Syariah. PT. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia merupakan bagian dari CGS-CIMB Group yang merupakan jasa keuangan terkemuka dan terpercaya di Asia. Perusahaan ini merupakan join venture antara China Galaxy International Financial Limited (anak perusahaan China Galaxy Securities atau CGS) dan CIMB Group Sdn Bhd atau CIMB. 

CGS-CIMB iTrade Syariah merupakan salah satu akun saham syariah yang sudah memenuhi kaidah syariah dan diaudit serta mendapatkan sertifikasi dari DSN MUI. PT. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.cgs-cimb.do.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 

16. PT Korea Investment and Sekuritas Indonesia dengan nama KOINS SYARIAH. Satu lagi broker asal Korea yang bisa menjadi pilihan selain Mirae Asset Sekuritas. PT.Korea Investmen and Sekuritas Indonesia dikenal juga dengan singkatan KISI merupakan bagian dari Investasi dan Securities Korea.Co.Ltd, sebuah perusahaan keuangan terbesar dan perusahaan pialang saham di Korea. PT. Korea Investment and Sekuritas Indonesia juga telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Khusus pembukaan akun saham syariah dengan nama aplikasi KOINS SYARIAH merupakan pendatang baru yang diluncurkan secara resmi pada bulan Mei 2023 kemaren. Dimana pihak sekuritas bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga Syariah dan memberikan promo cashback untuk para pendaftar 150 pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sekuritas ini, dapat mengunjungi www.kisi.co.id atau datang langsung ke kantor cabang terdekat di kotamu. 


***

Demikianlah daftar sekuritas syariah terdaftar OJK dan bersertifikasi DSN MUI beserta nama aplikasinya. Oya, daftar penyedia tersebut bisa saja mengalami perubahan karena biasanya ada proses update secara berkala. Setiap penyedia layanan harus mendapatkan sertifikasi dai Majelis Ulama Indonesia. Terkadang ada yang sudah berhasil mendapat sertifikasi tetapi di beberapa waktu berikutnya belum mengurus perpanjangan sertifikasinya. Disamping itu, juga ada bermunculan sekuritas-sekuritas syariah baru. Untuk memiliki akun syariah, maka ketika mendaftar maka teman-teman harus memilih akun syariah ya, jangan akun reguler. 

Kalau akun reguler itu masih campur daftar sahamnya, ada konvensional dan syariah disana. Begitu juga dengan beberapa fiturnya ada yang belum sesuai dengan ketentuan syariah. Beberapa sekuritas mungkin ada yang mewajibkan nasabah membuka akun reguler dulu baru kemudian bisa membuka akun syariah. Untuk informasi lebih jelas, sebaiknya tanyakan detail pada sekuritas tujuan kamu.

Nah, kira-kira teman-teman mau pilih yang mana nih? Sudah dapat sekuritas terbaik belum? Sebelum memutuskan membuka akun di sebuah sekuritas syariah terdaftar OJK dan bersertifikasi DSN MUI diatas, sebaiknya melakukan riset dulu mana yang cocok. Sebab masing-masing sekuritas memiliki keunggulan tersendiri. Jangan lupa dibandingkan dulu baik itu layanan, sistem aplikasi, minimal deposit dan sebagainya. Agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian hari. Khawatirnya merasa kurang nyaman terus ulang lagi membuat akun di sekuritas baru. []