Pengalaman Kerja Survey Berbayar Online, Beneran Menjanjikan?



Pada suatu ketika saya mengunjungi salah satu situs berita nasional, disana saya melihat ada iklan "ikuti survey berbayar online dan dapatkan hadiah Rp 5.000 per survey". Wah kebetulan nih ada kerja online tanpa modal, tahu saja saya lagi nyari uang tambahan. Pikir saya. Tanpa pikir panjang saya langsung klik iklan tersebut kemudian dibawa pada halaman baru mengenai perusahaan penyedia survey berbayar tersebut. Setelah saya mempelajari segala sesuatunya, saya membuat akun. 

Oya, perusahaan tersebut berasal dari lokal dan berpusat di Jakarta. Nah, mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan namanya disini karena saya khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun sebenarnya saya menulis ini murni pengalaman saya sendiri, bukan dalam rangka menjelek-jelekan perusahaan orang. 

Singkat cerita, pada tanggal 13 Desember 2019 saya membuat akun dan selesai mengisi data yang diperlukan. Saya langsung mendapatkan tawaran kerja mengisi survei berbayar online yang pada waktu itu juga tentang belanja online. Cuma modal klik-klik jawaban saja langsung dapat uang yang dimasukkan ke dalam akun. Siapa coba yang tidak mau? Wah saya rasanya sangat senang dan bahagia. Saking semangatnya, saya langsung menghubungi adik saya supaya dia juga bisa ikut serta dalam bisnis online tersebut. Soalnya gampang banget dan uangnya lumayan besar. 

Ditambah ada succes story yang dilampirkan di dalam website tersebut, membuat saya yakin juga akan sukses seperti mereka. Terlebih saya seorang ibu rumah tangga yang sepanjang hari menghabiskan waktu di rumah bersama si kecil, rasanya sangat cocok dengan pekerjaan online tersebut. Nah, apa yang terjadi saat saya bergabung dalam survei berbayar? Yuk ikuti sharing pengalaman saya sampai akhir.


Survei Selamat Datang Membuat Angan Terbang Tinggi

Sebagaimana yang saya ceritakan di awal kalau saya begitu bersemangat langsung mendapatkan tawaran pekerjaan mengisi survei beberapa menit setelah akun jadi. Saya mendapatkan email yang mengucapkan selamat datang dan kemudian diikuti tawaran survei. Apalagi jenis survei yang saya jawab sesuai sekali sama yaitu soal belanja online. Jadi, saya menjawabnya gampang banget. Gak pake lama. 

Saya begitu bahagia menjawab pertanyaan survei satu persatu. Tak berselang lama, saya langsung mendapatkan komisi atas survei pertama tersebut. Komisinya masuk ke akun dulu karena belum mencapai batas minimal. Saking senang dan yakinnya, saya langsung menelepon adik. Memberitahu kalau sekarang ada alternatif mencari uang tambahan dari rumah dengan kerja online tanpa modal. Saya antusias menceritakan panjang lebar dan mengajak adik saya mencoba. Adik saya sangat tertarik dengan segala yang berbaur uang internet, dia pun langsung membuka akun.

Kami masih sempat membahas soal peluang kerja online mengisi survei berbayar tersebut. Bahkan sampai menghitung-hitung. Jika bisa mengerjakan 10 survei online berbayar saja perbulan sudah berapa komisi yang dikumpulkan. Wah, bisa-bisa menghasilkan cuan ratusan ribu nih. Kami tertawa bahagia seolah menemukan salah satu pintu harta karun tersembunyi di dunia maya.


Survey Berikutnya yang Tak Kunjung Datang

Setelah dibawa terbang tinggi dalam beberapa menit setelah membuat akun, kemudian saya dihadapkan pada masa menunggu sesuatu yang tidak jelas sampai kapan akan ada keberadaannya.  Menunggu dari hari ke hari sesuatu yang tidak pasti, rasanya sangat membosankan sekaligus membuat putus harapan. Saya selalu cek akun setiap saat mana tahu dapat tawaran. Kalau hari ini kosong, besok saya coba cek lagi. Besoknya saya juga login lagi mencoba cek ulang, lagi dan lagi-lagi tapi hasilnya tetap nihil. 

Beberapa minggu kemudian, akhirnya saya menyerah dan memutuskan berhenti. Bahkan saking kecewanya, saya juga berhenti layanan pemberitahuan email. Rasanya diri ini terjatuh lantaran tidak ada kabar berita lagi. Sebenarnya sih saya bisa berlapang dada jika dikasih tahu dari awal oleh penyedia kalau survey berbayar onlinenya tidak selalu ada, tidak ready. Nah, ini dari awal seolah-olah banyak survei yang menunggu untuk dikerjakan. Makanya saya jadi terbuai angan. 

Soalnya di testimoni, ada yang berhasil gajian sampai ratusan ribu perbulan. Bukankah berarti dia mengerjakan banyak survei. Saya bingung sekali sebenarnya tentang hal ini. Bertanya-tanya, apakah perusahaannya yang memang belum banyak mendapatkan tawaran survei atau memang saya yang tidak sesuai kriteria. Entahlah, bisa jadi dua-duanya. Saya cek lagi, ternyata perusahaan tersebut baru berdiri 1 tahunan pada waktu itu. 


Komisi Tidak Bisa Cair dan Tidak Bisa dinikmati

Hanya mendapatkan tawaran mengerjakan satu survey berbayar online saja dengan komisi sekitar Rp 5.000. Kemudian tidak ada tawaran lagi setelahnya, otomatis ya rewardnya tidak bisa diambil. Hal ini lantaran tidak memenuhi minimal pencairan. Kemaren saya sempat iseng-iseng apakah saldo saya masih ada disana atau sudah hilang. Terhitung sudah 3,5 tahun silam saya membuat akun. Ternyata pada tahun 2023 ini perusahaannya masih bisa ditemukan di internet dan komisi saya masih tersedia disana. 

Beberapa waktu kemudian saya juga menemukan iklan senada tentang survey berbayar online tapi sudah perusahaan international begitu. Ogh, sepertinya ini perusahaan bagus, fikir saya. Saya klik iklannya. Namun, entah mengapa saya selalu dihantui rasa takut kalau ternyata juga sama dengan perusahaan pertama. Takutnya itu kalau juga hanya memberikan harapan palsu saja dan membuat saya tidak bisa mengontrol diri dari angan-angan dan berharap lebih.  

Selain itu, saya khawatir data saya akan disalahgunakan. Soalnya, saya sempat melihat ada beberapa pertanyaan yang harus diisi ketika membuka akun. Tidak bisa di close sehingga wajib dijawab setelah login. Pertanyaan-pertanyaan yang menjurus pada hobi, latar belakang, bakat minat, keluarga, keuangan dan sebagainya. Namun, anehnya ketika saya menjawab pertanyaan ini tidak mendapatkan komisi sama sekali. 
 

***

Nah itu pengalaman saya khusus mengikuti survey berbayar online untuk satu perusahaan survei lokal yang pernah saya ikuti. Sekali lagi saya tidak bisa menyebutkan namanya disini dengan pertimbangan diatas. Satu hal yang jelas hal ini tidak bisa dijadikan patokan kalau semua survei berbayar akan mengalami nasib seperti yang saya alami. Saya rasa pasti ada perusahaan penyedia survei yang memang sudah kokoh dan bonafid. Atau mungkin memang ada orang yang sukses di perusahaan tersebut dan saya yang kurang beruntung atau belum berezeki dari sana. 

Saran saya, cobalah melakukan riset apa saja penyedia survei berbayar online yang memenuhi kriteria yaitu terbukti membayar dan jobnya selalu ada. Bila teman-teman berhasil mendapatkan perusahaan yang memenuhi kriteria ini maka insaallah rezeki dari sini bukan lagi angan dan mimpi. Jika ada teman-teman yang punya pengalaman sukses dalam survey berbayar, saya dengan sangat senang hati bila mau berbagi disini. []