5 Rekomendasi Toko Sepatu Basket di Shopee Lokal & Import

Hallo teman-teman, pada kesempatan ini saya ingin sharing rekomendasi toko sepatu basket di Shopee yang menurut saya sellernya bisa kita percaya. Bagi teman-teman yang baru pertama mengunjungi blog ini, pada postingan sebelumnya, saya juga telah menulis informasi dan rekomendasi tentang toko sepatu futsal, toko sepatu bola dan toko sepatu nike original. Manatahu juga membutuhkan informasi terkait produk sepatu tersebut. Nah, dalam menyusun artikel sepatu basket ini saya juga mengalami sedikit kesulitan untuk menemukan penjual yang ratingnya bagus baik rating toko maupun produk. Saya bahkan sudah memeriksa lebih dari 100 produk terlaris tetapi hasilnya tidak sesuai harapan saya. 

Ada lho saya menemukan sepatu basket nike kyrie yang terjual ribuan pcs dengan penilaian 4.9 tetapi pas saya kunjungi tokonya, saya kaget ternyata rating toko cuma 4.7. Yah, kecewa deh. Seperti biasa, saya memprioritaskan seller-seller dengan penilaian terbaik yang mendapatkan bintang 4.9 dari konsumen, minimal 4.8 masih bolehlah. Kalau dibawah itu, rasanya saya ragu dan tidak yakin. Makin tinggi rating, maka itu bisa jadi salah satu indikasi kalau penjualnya bagus. Setelah pencarian yang cukup lama, untungnya saya berhasil mendapatkan 3 toko yang memiliki penilaian bintang 4.9 dari skala 5.0 dan 2 toko dengan penilaian 4.8 dari skala 5.0. Nah, berikut ini rekomendasi toko sepatu basket di Shopee terbaik berdasarkan hasil riset saya : 


1. Ballerbroid. pengikut 101 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Nah, inilah toko pertama yang sangat saya rekomendasikan buat teman-teman baik untuk pelajar maupun profesional. Ballerbro merupakan salah satu brand lokal yang sudah dipercaya oleh para atlet. Saya juga sangat memfavoritkan seller ini karena memenuhi semua syarat yang saya tetapkan. Tak hanya memiliki rating bagus dan jumlah pengikut lumayan banyak. Akan tetapi, seller sudah aktif berjualan di Shopee sejak 6 tahun lalu dan juga mempunyai performa chat hampir sempurna yaitu 96 %. Hal tersebut sebagai bukti bahwa sellernya amanah dan pelayanannya lumayan baik. Kalau pelayanan buruk dan sellernya nakal misalnya menjual produk abal-abal, sudah pasti pembeli akan meninggalkan komentar yang jelek-jelek juga. Konsumen itu cerdas-cerdas dan kreatif, yang buruk pasti dibilang buruk dan sebaliknya. 

Oya, keunggulan seller ini adalah fokus menjual sepatu basket dan berbagai kebutuhan pendukung olahraga basket. Per artikel ini ditulis, seller mempunyai sekitar 127 jenis koleksi produk yang dipajang di etalase toko untuk dipilih oleh pembeli. Total keseluruhan produk tersebut kemudian dibagi lebih detail ke dalam beberapa kategori diantaranya sepatu basket, bola basket, atasan olahraga, bawahan olahraga, kneepad, support, kaus kaki, sleeves, compression, tas, jaket, bundling, aksesoris, tas, headband hingga sepakbola dan futsal. Jadi, sudah komplit banget. Meski terdapat lumayan banyak kategori, perlengkapan basket menempati posisi pertama produk terlaris. 

Sangat cocoklah untuk pemula dalam dunia perbasketan karena mulai dari sepatu, bola, baju, celana basket hingga kaus kaki basket tersedia disini. Produk sepatu basket paling banyak dibeli yaitu sepatu basket ballerbro BB1 merah, sepatu ballerbro BB3 red & white, sepatu ballerbro BB2 merah, sepatu basket ballerbro BB studento, sepatu basket ballerbro BB5, sepatu basket ballerbro pro BB1, sepatu basket ballerbro BB4 dan sebagainya. Pilihan warna lumayan beragam seperti merah, putih, orange, biru dan hijau. Soal harga, seller mengatakan sepatu keren cuma Rp 299.000 termurah se Indonesia. Yup, sepatu nya dibanderol mulai dari Rp 299.000 hingga Rp 499.000. Terakhir, pilihan ukuran termasuk sangat lengkap mulai dari size 36 sampai 48. Sangat bisa buat para pelajar karena ada ukuran dari yang kecil. 


2. Guarindonesia, pengikut 14,1 ribu dan rating 4.9 ( link toko)

Tidak jauh berbeda dengan seller pertama tadi, toko kedua ini juga merupakan salah satu penjual yang fokus pada sepatu basket dan berbagai perlengkapan perbasketan. Guard merupakan brand sepatu basket lokal. Brand ini memang termasuk baru karena launching belum lama ini tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Dengan hastag " harga lokal kualitas global", sepatunya laris manis dipasaran. Apalagi pilihan warna yang sangat stylish dan tidak membosankan. Spesifikasi sepatu basket Guard yaitu ringan hanya 600 gr, decit 1000 %, bahan sintesis dan flyknit edition. Cocok banget buat basket dan multifungsi bisa juga untuk dijadikan sneakers maupun couplean karena awet untuk indoor dan outdoor. 

Salah satu produk terlaris adalah sepatu basket GD1 colourways. Sesuai dengan nama, pilihan warna sangat beragam seperti pastel pink, merah, putih, hitam, hingga light purple. Sepatu bestseller ini telah laku terjual 2.000 pcs lebih meskipun baru launching. Tak hanya itu, sejauh ini sepatu basket GD1 tersebut difavoritkan oleh 4.200 orang dengan penilaian 4.9 dari skala 5.0. Khusus sepatu basket GD 1 saat ini masih dalam promo dengan harga Rp 379.000. Tak hanya sepatu basket seri perdana GD1, sepatu basket lainnya juga laris manis diantaranya sepatu basket GD2 colourways dan sepatu basket guard GD3 eagles. Yup, Guard sejauh ini sudah mengeluarkan 3 seri produk dan ketiganya sukses terjual ribuan pcs. Produk tersebut dibanderol lumayan terjangkau mulai dari Rp 379.000 hingga Rp 499.000. 

Sementara itu, pilihan ukuran juga termasuk lengkap mulai dari size 38, 39, 40, 41, 42, 43, 44 dan 45. Saya salut banget sama seller yang satu ini. Dari segi umur tokonya terbilang muda juga, baru sekitar 34 bulan lalu bergabung jualan di Shopee. Begitu juga dari jumlah koleksi produk di etalase hanya sekitar 52 produk saja. Meski demikian, pertumbuhan tokonya termasuk cepat dan bagus. Sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat dan mempunyai pelanggan setia. Selain sepatu basket, tersedia produk penunjang basket lainnya seperti bola basket, kaos kaki basket tebal, tas sepatu, kaos basket, celana basket, basket ankle, basket, bando basket, manset tangan basket, celana jogger dan sebagainya. Produk-produk ini juga telah laku ratusan hingga ribuan pcs dan mendapatkan apresiasi review bagus dari pembeli. 


3. Raysportindo, pengikut 89 ribu dan rating 4.8 (link toko)


Toko selanjutnya yang saya rekomendasikan agar dapat menjadi bahan pertimbangan teman-teman membeli sepatu basket adalah Raysportindo. Saya favoritkan karena menjual produk yang 100 % original. Sesuai dengan namanya, seller ini merupakan toko yang khusus menjual perlengkapan dan kebutuhan olahraga. So, tidak hanya menjual sepatu basket saja melainkan menyediakan berbagai produk sepatu untuk badminton, sepatu voli, sepatu futsal, sepatu dan sebagainya. Yah, bisa dibilang isi tokonya lumayan padat dan lengkap. Jadi, teman-teman bisa sekalian membeli produk selain sepatu basket jika memang memerlukan sehingga lebih hemat ongkos kirim. Per artikel ini ditulis, saya menemukan terdapat sekitar 1.400 jenis produk yang dipajang di etalase. 

Menurut hemat saya, dengan jumlah koleksi ribuan tokonya termasuk besar dan luas. Apalagi kalau melihat jumlah pajangan produk dan jumlah stok per produk. Satu jenis produk stoknya bahkan ratusan pcs dan pastilah mereka mempunyai gudang penyimpanan yang lumayan luas juga. Total keseluruhan produk tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa kategori dimana pembagian berdasarkan brand dan fungsinya. Diantaranya ada sepatu basket, sepatu badminton, sepatu voli, bola sepak & futsal, apparel & lifestyle tshirt & sandal dan raket. Sementara itu, juga disediakan produk dari brand-brand ternama lokal dan import seperti ortuseight, specs, mills, 910 nineten, calci, piero, asics, mizuno, adidas, ardiles, eagle, puma, yonex, nike dan masih banyak lagi. 

Walaupun isi tokonya sangat beragam, sepatu basket termasuk ke dalam salah satu produk yang paling laris. Sepatu basket nike fly by mid 5 warna, sepatu basket ardiles AD1 E-lite series, sepatu basket nike precision V 2 warna, sepatu basket ardiles AD2series dan sepatu basket nike precision VI 4 warna merupakan diantara yang paling diminati. Selain belanja online, teman-teman juga bisa mampir langsung ke toko offlinenya di Raysportindo Elite, Jl. W.R. Monginsidi No.43, Karangwaru. Kec. Tegalrejo, Yogyakarta. Seller termasuk rajin memberikan promosi kepada para pelanggan. Saat ini ada voucher diskon 200.000 minimal belanja 3,4 juta dan voucher diskon 250.000 minimal belanja 3,6 juta. Ada juga promo spesial bulan Maret 2023 dan etalase khusus cuci gudang diskon hingga 60 % off. 


4. Sepatukampus.id, pengikut 13 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Seller ini pertama kali membuka cabang di Shopee sejak 5 tahun yang lalu dan mampu bertahan sampai sekarang. Untuk pengiriman produk berasal dari Jakarta. Jika ada waktu dan ingin membeli secara offline bisa datang langsung ke alamat yang tertera di google maps "hideout familia", seller membuka toko di Jl. Raya St Cakung 19 RT15/RW 03, Kel. Pulogebang, Kec. Cakung, Jakarta Timur. Tak sedikit konsumen yang membeli langsung hingga mengambil foto bersama penjual. Saat ini terdapat sekitar 325 jenis produk yang dipajang di etalase yang dibagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan brand seperti reebok, new balance, airwalk dan converse. 

Saya sudah sejak lama memfavoritkan seller ini ketika mencari sepatu sneaker untuk gonta ganti suami pergi kerja. Produk sepatu yang dijual harganya lumayan terjangkau dan yang paling penting reviewnya pada bagus-bagus. Mayoritas produk mendapatkan penilaian 4.9 dari teman-teman yang sudah membeli. Inilah salah satu alasan mengapa saya percaya. Oya,walaupun namanya tertulis sepatu kampus, sebenarnya bisa dipakai buat siapa saja karena ukurannya juga beragam. Hanya saja dalam promosinya seller sepertinya menargetkan anak sekolah dan kuliahan. Jadi, tidak ada batasan bahkan kalau mau ibu-ibu rumah tangga pun juga belanja disini karena tersedia sepatu sneaker warna-warna girly. 

Kadang sih tidak ada batasan penggunaan bahkan sepatu yang katanya untuk basket pun malah dipakai oleh sebagian orang untuk main voli atau dipakai buat bepergian layaknya sneaker harian. Misalnya, sepatu nike kyrie yang sudah biasa dipakai untuk olahraga basket tetapi juga digunakan untuk sepatu lari. So, semuanya tergantung pada masing-masing. Oya, produk yang khusus sepatu basket sih tidak begitu banyak disini ya guys. Namun, bisalah untuk dijadikan alternatif pilihan, menurut saya yang penting seller menjamin bahwa barangnya original BNIB 100 %. Soalnya, saat ini kita sebagai konsumen dibuat kebingungan dalam membedakan mana yang asli original dan mana yang palsu. Kadang-kadang barang palsu pun dibuat di judul adalah produk original import tetapi ketika dibaca di deskripsi ternyata adalah barang replika alias KW. Nah, kan?


5. Verified Authentic, pengikut 7,3 ribu & rating 4,8 



Salah satu penjual alternatif berikutnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah toko sepatu basket ini. Pas saya baca deskripsi produk katanya premium original high quality dan barang import made in vietnam. Sesuai dengan namanya, seller memang spesialis menjual sepatu untuk olahraga basket dan non basket. Toko yang sudah membuka cabang sejak 25 bulan lalu di Shopee ini termasuk memiliki jenis produk yang lumayan, tidak kalah dibandingkan dengan toko lain yang ada di dalam daftar ini. Yup, terdapat sekitar 500 an jenis produk yang terpajang di etalase tokonya. Hanya saja tidak ada pengelompokan secara detail di etalase tokonya, jadi teman-teman harus scroll satu persatu atau halaman per halaman ya untuk menemukan produk idaman. Begitu juga dengan nama produk yang tidak dibedakan apakah tergolong sepatu sneaker biasa, sepatu basket ataukah sepatu lari. 

Namun, mereka yang sudah paham sepatu basket pasti sudah mengetahui walau tidak disebutkan secara spesifik. Jika dua toko sebelumnya merupakan brand lokal, nah seller ini khusus menjual sepatu basket branded import. Tersedia berbagai pilihan diantaranya sepatu nike dengan berbagai series seperti sepatu basket nike kyrie, sepatu basket nike zoom freak, sepatu nike blazer, sepatu nike air max, sepatu nike joyride run, sepatu nike air force, sepsatu nike air more up tempo wheat, sepatu nike aqua rift white black, sepatu nike air rift breathe dan lainnya. 

Tak hanya itu, juga menjual sepatu adidas dengan dengan berbagai series, sepatu puma dengan berbaga series dan masih banyak lagi. Bisa dibilang koleksinya lengkap sekali ya guys. Saya nyaman saja melihat pajangan produk di etalase tokonya yang warna warni. Jadi, selain brandnya banyak, pilihan warna juga banyak mulai dari hitam, putih, ungu, merah, hijau, biru, orange, pink muda, kuning dan sebagainya. Mau yang polosan ataupun yang kombinasi, tinggal pilih deh. Harga yang ditawarkan bervariasi banget tergantung brand. Akan tetapi umumnya dibanderol berada di antara rentang harga Rp 400.000 hingga Rp 800.000. 


***

Nah, demikianlah sesi sharing rekomendasi toko sepatu basket di Shopee pada kesempatan ini, semoga informasi diatas bermanfaat buat teman-teman semua. Saya beharap produk-produk yang ditawarkan oleh beberapa penjual diatas dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menemukan produk idaman. Saya hanya sekedar sharing informasinya, keputusan tetaplah ditangan teman-teman. Informasi diatas tidak bersifat mengikat, tidak wajib diikuti. Teman-teman bisa dengan leluasa jika sekiranya menemukan toko lain yang lebih cocok. Daftar toko yang saya cantumkan disini semata-mata hasil penelitian sederhana saya sendiri. 

Sebagai konsumen yang memang aktif belanja berbagai kebutuhan secara online, saya selalu melakukan filter terlebih dahulu. Sebenarnya ada 2 toko lain yang menjual sepatu basket juga, keduanya mempunyai rating 4.8 tetapi jumlah pengikutnya sangat sedikit sekali. Sepertinya masih baru membuka cabang di e-commerce orange atau memang pertumbuhan tokonya yang lamban. Hal tersebut membuat saya sedikit bingung dan ragu. Alhasil, saya putuskan untuk membuat 5 rekomendasi toko sepatu basket di Shopee sebagaimana tertera diatas saja. []