5 Rekomendasi Toko Make Up Lengkap di Shopee Terlaris dan Terpopuler

Rasanya saya semangat sekali sharing informasi dan rekomendasi toko make up lengkap di Shopee lantaran temanya cewek banget gitu. Yup, sebagai kaum hawa ngomongin dunia kecantikan memang tidak pernah ada habisnya. Selalu menarik untuk dibahas. Wanita identik dengan cantik dan salah satu usaha untuk mencapainya adalah dengan perawatan. So, membeli berbagai rangkaian produk buat wajah, kulit, bibir dan sebagainya seperti sudah menjadi sebuah keharusan. Nah, syarat wajib tentunya harus belanja produk yang terjamin 100 % original. Kalau terjebak pada produk abal-abal bukannya makin cantik malah bisa makin buruk rupa.

Saya senang dan percaya diri menulis tema ini karena rekomendasi toko make up lengkap di Shopee yang sharing disini bukanlah sembarangan toko. Melainkan, official shop paling laris dan paling populer di e-commerce orange yang dijamin original karena langsung toko resminya. Rangkain produk juga lengkap mulai dari face make up, eyes make up, lips make up dan sebagainya. Saya melakukan riset sederhana kemudian membuat urutan berdasarkan jumlah pengikut dan jumlah penilaian terbanyak dari pembeli. Asyik banget bukan? Dengan membuat daftar ini berdasarkan urutan, maka secara tidak langsung teman-teman juga mengetahui brand make up terpopuler dan paling digemari masyarakat. Tanpa lama-lama yuk intip daftarnya :


1. Maybelline Indonesia Official, pengikut 5,1 juta dan rating 4.9 (link toko)

Peringkat pertama diraih oleh Maybelline dimana berhasil memperoleh kepercayaan lebih dari 5 juta orang di Shopee dengan penilaian bintang 4.9 dari skala 5.0. Sejauh ini saya melakukan penelitian tentang toko terpopuler di e-commerce orange, rasanya baru kali ini saya yang menemukan followers diatas 5 juta. Kalau dibawah 5 juta sih sudah sering walaupun sebenarnya mayoritas seller sih masih di angka ratusan ribu. Jumlah follower diatas 1 juta masih jarang apalagi yang 5 juta ke atas. Artinya, kualitas produk Maybelline benar-benar sudah tidak perlu diragukan lagi. Sudah mendapatkan tempat di hati konsumen dan memiliki pelanggan setia. 

Pernah meraih penghargaan #1 merek make up di dunia, brand yang markas pusatnya di New York ini telah tersebar di berbagai negara. Khusus di toko resmi Indonesia terutama di Shopee, sudah 5 tahun beroperasi. Memiliki sekitar 112 jenis pilihan produk yang dipajang di etalase, rangkaian make up Maybelline tentu saja sudah komplit dan lengkap. Total pilihan produk tersebut sudah dikelompokkan secara detail ke dalam beberapa kategori diantaranya eyes make up, face make up dan lips make up. So, teman-teman tinggal pilih berdasarkan fungsi atau kegunaannya kemudian disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, juga disediakan etalase khusus produk best seller dan best eye bundle. 

10 rangkaian kosmetik terlaris di Maybelline ditempati oleh fashion brow cream pencil make up, the blushed nudes eye shadow, superstay matte ink liquid matte lipstick waterproof, fitme 12 hour oil control powder make up, baby skin pore eraser primer make up, fitme liquid foundation matte + poreless full coverage, volum express hypercurl waterproof mascara, instant age rewind treatment concealer makeup, lip & eye make up remover, fitme blush make up dan fitme 24 hours oil control powder foundation. Semua produk sudah terjual puluhan hingga ratusan ribu pcs. Harganya cukup beragam mulai dari Rp 56.000 hingga Rp 268.000. Beli paket bundle jauh lebih murah. Jangan lupa selalu cek tokonya ya karena Maybelline sering mengadakan promo diskon besar-besaran lho.


2. Wardah Official Shop, pengikut 4,5 juta dan rating 4.9 (link toko)

Hm, peringkat kedua ditempati oleh brand make up favorit saya. Apalagi kalau bukan Wardah. Saya memakai produk dari brand ini baru sekitar 5 tahunan terakhir. Kalau diperhatikan secara detail, perbedaan jumlah followersnya dengan Maybelline tidak terlalu jauh ya, cuma ratusan ribu. Sepertinya kedua merk ini sama-sama sedang naik daun di tanah air. Sama-sama kencang laju bisnisnya. Jumlah followers Wardah lumayan berbeda jauh dari daftar toko sesudahnya di daftar yang saya susun ini yaitu Emina dengan 2,8 juta pengikut. Wardah juga sudah 5 tahun membuka cabang online di Shopee dengan performa chat 100 %. Saat ini terdapat sekitar 393 jenis produk yang dipajang di etalase dan dapat dipilih oleh pembeli dimana kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori.

Kategori yang disediakan sangat lengkap dan sangat memudahkan konsumen seperti face make up, eye make up dan lips make up. Disamping itu, produk juga dikelompokkan berdasarkan series dan kegunaan seperti hair & body care, crystallure premium series, instaperfect series, serum essence toner, face cleanser, face mask, skin care, acne seris dan lainnya. Oya, asyiknya di wardah juga sudah di pisahkan produk berdasarkan tujuan. Jadi lebih gampang memilih seperti produk for anti aging skin, for bright skin dan for glowing skin. Benar-benar lengkap dan rinci banget deh, pemula pasti akan sangat terbantu dan mudah memahaminya. 

10 produk terlaris ditempati oleh wardah lightening face toner, wardah lightening night cream, wardah UV Shield essential sunscreen gel, wardah lightening day cream, wardah crystal secret foaming cleansher, wardah acnederm pore refining toner, wardah lightening serum ampoule, wardah eyexpert optimum dan wardah perfect bright moisturizer. Poin yang tidak kalah menarik bagi saya adalah promo yang diberikan oleh Wardah. Selain promo pembelian paket bundle, juga ada etalase banjir diskon 50 %. Ini belum termasuk promo diskon lain dimana selalu ada voucher yang dapat diklaim. 


3. Emina Official Shop. pengikut 2,8 juta dan rating 4.9 (link toko)

Rekomendasi toko make up lengkap di Shopee yang ketiga adalah Emina. Dibandingkan dengan 4 brand lain yang saya masukkan dalam daftar ini, saya awalnya sedikit kurang familiar dengan merek Emina. Mungkin saja dari segi umur, ke empat brand lainnya sudah senior atau berdiri sejak lama. Pertama kenal dari adik saya dan juga sering saya lihat produknya di e-commerce sekitar 7 tahun lalu. Setelah saya cek ternyata memang brand baru ya, berdiri sejak tahun 2015. Pas kemaren saya berkunjung, saya kaget banget brand Emina sudah tumbuh dan berkembang dengan cepat ya. Sukses mencapai pengikut 2,8 juta di e-commerce orange dalam jangka waktu 5 tahun merupakan prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Oya, ada sedikit informasi yang perlu diluruskan karena saya dulu juga sempat berpikir kalau Emina itu produk Korea. Namun, akhir-akhir ini saya baru mengetahui kalau sebenarnya Emina adalah brand lokal. Sama dengan wardah, rangkaian produk make up nya tidak kalah dengan brand ternama yang berasal dari luar negeri. Memiliki sekitar 176 jenis produk yang dipajang di etalase, produk Emina laris manis telah terjual puluhan ribu hingga ratusan ribu pcs per produk. Kalau secara keseluruhan, mungkin sudah jutaan pcs laku terjual ya. Diantara kategori etalase pilihan yaitu bright stuff series, for SPF bestie, for bright dan glowing skin, for acne care and treatment, for at home pampering dan sebagainya. Disamping itu, pengelompokan etalase sudah rinci banget dan memudahkan seperti khusus cleanser, moisturizer, serum & toner, sunscreen, mask & scrub dan lip care. 

10 produk terlaris Emina yaitu emina bright stuff face wash, emina sun battle  SPF, emina bright stuff moisturizing cream, emina glossy stain 3 g, emina magic position lip tint natural dan fresh, emina bright stuff loose powder, emina creamytint, emina creamatte, emina bright stuff face serum dan emina bright stuff for acne prone skin. Keunggulan lain dari brand Emina adalah termasuk sangat rajin bagi-bagi promo. Saat saya menulis ini terdapat beberapa promo seperti serbu diskon 50 %, best deals 2.2, beli banyak lebih hemat dan juga tersedia 4 voucher diskon yang dapat diklaim selama bulan Februari 2023. Bagi yang ketinggalan, tidak perlu khawatir, bulan depan biasanya akan ada voucher promo baru lagi. 


4. Garnier Indonesia Official, pengikut 2,8 juta dan rating 4.9 (link toko)


 
Brand make up ke empat paling laris dan paling banyak penggemarnya di Shopee adalah Garnier. Merek keempat dan kelima yang masuk dalam daftar ini berada dalam satu perusahaan. Keren abis ya, mereka berdua bisa menguasai dunia per make up an di tanah air. Orang tahunya beda perusahaan mungkin ya karena brand berbeda. Saya sendiri juga tidak menyangka kalau mereka satu. Nah, sebenarnya Garnier ini dulu-dulunya memang didirikan oleh founder yang berbeda. Namun, kemudian perusahaan Garnier diakuisisi oleh perusahaan L'oreal. Keduanya menjadi brand dari Perancis yang berkembang pesat hingga ke seluruh penjuru dunia. Hampir di setiap negara ada official store nya. 

Garnier Indonesia mulai membuka cabang di Shopee sejak tahun 2018 silam. Jumlah pengikut ini baru di Shopee ya teman-teman, belum di e-commerce lain. Garnier mungkin juga membuka cabang online mereka di marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan sebagainya. Setelah saya perhatikan, Garnier di Shopee unik juga karena pengikutnya 2,8 juta tetapi jumlah orang yang memberikan penilaian lebih dari 3 juta. Artinya, jumlah pembeliannya lumayan besar. Khusus di Shopee, terdapat sekitar 223 jenis produk yang dipajang di etalase. Total produk tersebut ditawarkan kepada konsumen dengan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori yang lebih rinci. 

Diantara kategorinya yaitu sakura glow : kulit glowing, bright complete : kulit cerah, pure active : sensitive & acne prone, color & neil : rambut, serum & essence, micellar & sabun wajah, sun screen & krim wajah  (moisturizer), masker wajah dan hand body lotion. Lima produk terlaris ditempati oleh garnier sakura glow hyaluron, garnier bright complete vitamin booster serum, garnier micellar water salicylic, garnier hyaluron facial wash dan garnier bright complete vitamin C. Oya, selain belanja retail seperti biasa, Garnier juga mempunyai program membership ya guys. Dengan program ini maka teman-teman yang memang setiap hari pakai Garnier tentu jauh lebih hemat karena terdapat promo yang lebih banyak dari pembeli biasa. Saat ini ada voucher exclusive offer jika bergabung menjadi member yaitu berupa voucher diskon 12 %. 


5. L'oreal Paris Indonesia Official, pengikut 2,2 juta dan rating 4.9 (link toko)

Brand ini merupakan yang terakhir masuk dalam daftar ini. L'oreal juga sama dengan yang lain, sama-sama sudah 5 tahun membuka cabang di marketplace orange. Link toko yang saya infokan disini merupakan 100 % asli akun resmi L'oreal Paris Indonesia ya sehingga teman-teman tidak perlu khawatir belanja. Kalau belanja langsung di official shop produknya pasti original, tidak perlu diragukanlah. L'oreal per artikel ini ditulis memiliki sekitar 177 jenis pilihan item yang ditawarkan kepada konsumen di tanah air. L'oreal merupakan salah satu brand yang meraih penghargaan merek kecantikan no.1 di dunia.

Make up mewah ala Paris ini diproduksi berdasarkan riset sains yang terpercaya dimana memiliki performa tinggi & keamanan terbukti dari institut independen. Dengan tagline "karena kita begitu berharga", L'oreal menawarkan berbagai rangkaian produk kecantikan mulai dari face make up, eye make up, lip make up, skin care, sun care, hair color, serum & essence, oil control, youthful skin, cleanser, sheet mask, extraordinary oil hingga produk untuk pria. L'oreal termasuk yang aktif merilis produk baru, diantara produk barunya adalah L'oreal Paris Hyaluronic eye serum dan L'oreal Paris Glycolic Bright Range. L'oreal juga membuat kategori khusus inpirasi paris fashion week. 

L'oreal mengklaim bahwa mereka lebih dari sekedar brand kecantikan. Mereka percaya akan pentingnya memimpin bidang kecantikan dengan mengedepankan terobosan sains , teknologi, dan dedikasi terhadap produk yang lebih aman dan berkelanjutan. Meski produk keluaran L'oreal identik dengan sesuatu yang mewah dan wow, harganya lumayan terjangkau. Rangkaian produk kecantikannya dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 243.000. Tidak jauh berbeda dengan sudaranya brand Garnier, selain penjualan biasa L'oreal juga menerapkan sistem membership. Sekarang lagi ada promo jika bergabung menjadi member maka akan mendapatkan voucher diskon 12 %. 


***

Nah, demikianlah sesi sharing pada kali ini. Informasi rekomendasi toko make up lengkap di Shopee yang original paling laris dan populer ini terutama saya tujukan untuk teman-teman pemula yang bingung mau belanja dimana. Dulunya, saya juga pernah merasakan berada di fase kebingungan karena saking banyaknya agen, distributor dan penjual yang menawarkan make up. Bahkan, waktu itu saya sempat merasa tertipu membeli facial wash bermerk di salah satu seller. Penjualnya sudah memiliki pengikut banyak dan mengklaim grosir termurah tetapi hasilnya meragukan banget. Kok saya malah merasa produknya tidak asli ya. 

Oleh karena itu, sekarang saya mengutamakan belanja di official shop saja lagi biar hati merasa tenang dan yakin. Rekomendasi toko make up lengkap di Shopee yang saya tulis ini semuanya merupakan brand-brand ternama nasional dan international. Iklannya berseliweran dimana-mana dan tidak ada yang tidak mengenalnya. Jadi, cocok banget bagi teman-teman yang suka tidak yakin takut terjebak membeli produk abal-abal. Apalagi akhir-akhir ini ada oknum yang suka membuat produk tiruan kemudian dijual dengan iming-iming murah meriah. []