5 Rekomendasi Toko Baju Koko Pria di Shopee, Murah, Bagus dan Modern

Postingan rekomendasi toko baju koko pria di Shopee yang saya tulis ini merupakan produk yang paling laku di e-commerce orange. Mengapa demikian? Lumrah biasanya pakaian bermutu diburu banyak orang. Kadang-kadang memang ada saya jumpai produk dengan jumlah penjualan puluhan ribu tetapi reviewnya jelek minta ampun. Oleh karena itu, dari 100 produk populer yang saya teliti kemudian saya eliminasi satu persatu. Hanya seller yang berhasil mempertahankan rating bagus yang saya masukkan dalam daftar ini. So, saya harap teman-teman pemula bisa belanja dengan lebih nyaman. 

Bagaimanapun terjebak belanja pada seller abal-abal merupakan hal buruk yang tidak diharapkan semua orang. Saya pun begitu di fase awal mengenal belanja online, pernah mengalami kecewa berat lantaran ternyata foto produk berbeda 360 derajat dari yang aslinya. Belum lagi, sedih karena kualitas bahan yang ternyata rendah sekali. Rasanya menyesal sekali sudah menghabiskan uang tetapi produknya malah tidak jadi terpakai alias mubazir.

Nah, rekomendasi toko baju koko pria di Shopee ini berangkat dari pengalaman buruk tersebut. Bagaimanapun, seller hanya menjual produk yang mereka punya. Namun, di tangan konsumenlah keputusan untuk membeli atau tidak. Oleh karena itu, wajib hukumnya sebelum membeli kita mengenal produk, bahan, ukuran dan lainnya. Harus dipastikan dulu kalau sebuah produk itu bagus minimal standar sesuai harga dan si sellernya juga amanah. Tanpa berlama-lama yuk intip daftar toko berikut dibawah ini :


1. NR Store, Harga Rp 48.000 - Rp 140.000  (link toko)


NR Moslem Wear dikenal sebagai penjual fashion muslim yang lumayan lengkap. Disamping menyediakan pakaian pria juga ada pakaian wanita. Tidak hanya baju atau atasan tetapi juga tersedia bawahan, sepatu hingga akseoris. Jika ditotal terdapat sekitar 250 pilihan produk yang dipajang di etalase. Walaupun begitu, baju koko pria dewasa merupakan salah satu produk yang diganderungi konsumen.Setelah saya cek lebih detail lagi, untuk baju koko terdapat sekitar 60 produk yang dapat dipilih. 

Sebagian dari produk tersebut telah berhasil terjual ribuan pcs. Diantara variasinya yaitu koko lengan panjang, koko lengan pendek, bordir non bordir, cutting model koko biasa dan koko kurta atau koko pakistan. Saya suka warnanya kalem-kalem semua seperti putih bersih, putih tulang, abu muda, abu tua, mocca, hitam, navy, cream, mustard, hijau tua dan hijau muda. Sekedar informasi, bordir yang digunakan adalah bordir asli komputer sehingga aman dicuci pakai mesin cuci. Mayoritas model koko disini lebih klasik alias memang koko zaman dulu gitu, sederhana dan memiliki kesan islami banget. Tidak didesain seperti kemeja sebagaimana koko kekinian. 

Harga yang dipatok sangat murah sekali dibanding yang lain, mulai dari Rp 48.000 hingga Rp 140.000 untuk atasan saja. Sementara kalau setelan koko dibanderol Rp 150.000 hingga Rp 190.000 sudah termasuk baju dan celana. Toko ini bukanlah pendatang baru melainkan sudah bergabung jualan online di Shopee sejak 4 tahun yang lalu. Sampai sekarang masih menunjukkan keeksistensinya melayani pembeli dari seluruh tanah air. 


2. Ummah Official, Harga Rp 113.000 - 138.000  (link toko)


Kalau teman-teman berkunjung dan memperhatikan secara seksama, seller ini sebenarnya merupakan pendatang baru. Yap, baru sekitar 2 tahunan ini aktif beroperasi di Shopee. Jadi, ya bisa dimaklumi kalau jumlah pengikutnya masih sedikit sekali. Selagi pemilik toko konsisten memberikan layanan yang baik, menjaga kualitas bahan dan terus berinovasi, saya yakin kedepannya bisnis mereka akan makin berkembang. Saya memfavoritkan Ummah karena model baju koko yang dijual berbeda dan unik yaitu ada yang terbuat dari kain cotton combed 24 s. 

Sejauh ini, jarang sekali saya menemukan pakaian muslim pria berbahan katun combed 24 s ini. Setahu saya biasanya dipakai pada konveksi kaos distro karena karakteristiknya adem, lembut, menyerap keringat, tidak mudah kusut dan memiliki ketebalan sedang. Keunikan lain terletak pada model baju seperti adanya kombinasi beberapa warna, ada saku pocket dan kerah henley. Produk  ini memang layak untuk dijadikan koleksi karena nyaman, simple dan stylish. Tidak melulu dipakai pada acara yang formal atau semi formal tetapi bisa sebagai daily wear. 

Seller yang menawarkan baju kurta modern premium quality ini berasal dari Kabupaten Bandung. Brand yang diusung adalah KHOIRUMMAH. Varian warna mayoritas cenderung netral seperti putih, hitam, abu-abu, hijau, maroon dan navy dan masih banyak lagi. Size yang tersedia pun beragam pilihan mulai dari S, M, L, XL hingga XXL. Jumlah stok juga terbilang banyak diatas 1.000 pcs per produk. Selain pakaian muslim pria dewasa, baju koko kurta anak-anak turut laris manis diminati pembeli.  


3. Family Muslim, Harga Rp 65.000 - Rp 68.000 (link toko)

Berbeda dari keempat toko lain yang ada di daftar ini, Family Muslim memperoleh rating 4.8 dari skala 5.0 dengan jumlah pengikut 31,2 ribu. Sebagaimana diketahui, toko lain yang saya tulis disini ratingnya 4.9. Awalnya saya mau memasukkan seller lain yang ratingnya 4.9 tetapi ternyata produknya sedikit sekali terus persentase chatnya juga jelek. Seperti tidak serius mau jualan. Kemudian, saya lanjut searching dan saya tidak menemukan lagi yang rating 4.9 yang memenuhi kriteria saya yaitu kualitas lumayan bagus dan harga murah. 

Walaupun Seller ini ratingnya 4.8 tapi menurut pengamatan saya memiliki keistimewaan tersendiri. Bukan pendatang baru melainkan sudah 4 tahun jualan di Shopee kemudian persentase chat nya hampir sempurna 98 %. Beberapa keunggulannya yaitu merupakan salah satu konveksi terbesar di Jawa Barat, memiliki pilihan produk lebih dari 250 jenis dan stok produk belasan ribu pcs per produk. Satu produk saja stoknya bisa mencapai 13.000 pcs. Benar-benar produsen besar ini mah. 

Teman-teman yang mau grosir untuk dijual kembali atau mencari supplier tangan pertama cocok sekali. Mereka melayani order grosir murah mulai dari 50 pcs, 100 pcs, 200 pcs dan seterusnya.  Disamping itu, baju koko produksi konveksi ini memiliki ciri khas dan unik. Ada beragam pilihan bahan seperti embos, katun turkey dan katun besway dengan model koko biasa, koko kurta, setelan gamis hingga jubah. Kalau setelan baju dan celana mulai dari Rp 83.000 hingga 210.000. 


4. Alkaf Store, Harga Rp 43.000 - Rp 78.000 (link toko) 


Seller kedua yang masuk dalam rekomendasi toko baju koko pria di Shopee ini berasal dari Kabupaten Bandung ini ternyata juga sudah cukup lama membuka cabang di Shopee. Yap sekitar 5 tahun silam dan masih bertahan sampai sekarang. Terlebih kalau melihat kepada review teman-teman yang sudah membeli, mayoritas bagus-bagus semua. Secara tidak langsung, hal ini menandakan bahwa seller berarti mampu menjaga kualitas dan layanan. Kalau kualitas dan service jelek ya otomatis tokonya tidak berdiri kokoh hingga hari ini.

Saat saya berkunjung, memang jumlah followernya tergolong sedikit tetapi ternyata jumlah pembeli yang berkenan memberikan review atau feedback jumlahnya justru jauh lebih banyak. Jika dilihat di bagian informasi toko, terdapat hampir 25.000 penilaian dari konsumen dengan rating 4.9 dari skala 5.0. Artinya, peminatnya memang lumayan ramai ya. Begitu juga kalau dilihat jumlah penjualan, ada baju koko yang telah terjual 7.000 pcs, 5.000 pcs, 4.000 pcs, 3.000 pcs dan 2.000 pcs. 

Warnanya elegan-elegan semua, tidak norak dan mayoritas netral. Cocok untuk pria seperti hitam, putih, navy, coklat tua, hijau, putih premium dan abu-abu. Pilihan ukuran lengkap mulai dari S,M,L,XL dan XXL. Keunikan dari seller ini karena terdapat baju koko berbahan dasar kaos, jadi pastinya nyaman banget dipakai untuk kegiatan santai. Kaos kurta pria lengan pendek 3/4, kaos kurta big size atau jumbo, koko model pakistan lengan pendek polos dan kaos kurta lengan panjang adalah 4 item paling laris.  


3. Moslemepic, Harga Rp 149.000 - Rp 216.000 (link toko

Seller yang sudah 4 tahun membuka cabang di Shopee ini berasal dari Kota Yogyakarta. Memiliki sekitar 11 ribu pengikut dan rating 4.9. Saya merekomendasikan lantaran mereka fokus menawarkan pakaian laki-laki muslim. Mayoritas yang dipajang di etalase merupakan berbagai produk kebutuhan pria dewasa. Namun, ada beberapa produk khusus anak laki-laki yang dapat sekalian dibeli jika memerlukannya. Misalnya, ingin baju ayah dan anak couple an memiliki corak yang sama. 

Selain baju koko, produk lain yang dijual yaitu celana sirwal dengan merek sirwal ayyash, sirwal ammar dan sirwal salman. Asyik ya disini disamping beli baju bisa juga sekalian beli celananya. Cocok bagi teman-teman yang suka belanja di satu tempat atau malas pindah-pindah toko. Produk lainnya ada baju gamis pria atau jubah, moslem henley tees, kemeja, sweater dan cardigan. 

Saat artikel ini saya tulis, ada sekitar 30 an pilihan produk. Kalau dipikir-pikir memang tergolong sedikit ya. Namun, hal ini bisa dimaklumi karena sellernya memang fokus pada pakaian muslim pria. Nah, dari 6 produk terlaris 4 diantaranya merupakan baju koko yaitu kurta nu'man twotone lengan panjang, kurta bilal twotone lengan pendek, longline moslem shirt dan kurta nu'rman plain & twotone. Keempat produk ini telah terjual ribuan pcs. Baju koko dewasa dibanderol mulai dari Rp 149.000 hingga Rp 216.000. 


***

Kelima seller yang masuk dalam rekomendasi toko baju koko pria di Shopee tersebut di atas secara umum sudah bagus. Kualitasnya sudah sesuai dengan harga. Bahkan ada yang kualitasnya diluar ekspektasi melebihi atau lebih bagus dari harganya. Namun, dari ratusan produk mungkin ada beberapa produk yang reviewnya agak kurang bagus. Entah itu karena penilaian subjektif pembeli karena kesalahan sendiri dalam memilih ukuran atau pun keterlambatan penjual mengirimkan barang. 

Memang tidak ada yang sempurna sih. Toko dan produk terbaik nomor 1 pun pasti ada celah kekurangan kalau dicari. Kembali kepada kita konsumen, sebaiknya teliti lagi satu persatu sebelum membeli. Bila perlu bandingkan dengan toko lain yang senada. Tak lupa rajin bertanya kalau tidak paham dengan bahan pembuatan baju. Karakteristik setiap bahan kain itu berbeda. Tidak sama. Baju koko bahan kain katun madina sudah jelas berbeda dengan embos dari segi teksturnya.