6 Rekomendasi Toko Baju Muslim Anak di Shopee Buat Lebaran 2024, Sekolah dan Mengaji

Pada kesempatan ini saya mau sharing daftar rekomendasi toko baju muslim anak di Shopee cocok buat lebaran 2024 nanti, buat sekolah maupun buat costum mengaji. Baju muslim yang saya maksud adalah baju koko dan gamis jubah untuk anak laki-laki. Sementara itu, khusus anak perempuan ada gamis, hijab, overall panjang dan long tunik. Bisa dibilang sudah lengkap ya Bun. Bunda tinggal meneliti satu persatu sebelum memilih mana tahu ada yang cocok. Bagi sebagian pakaian tersebut juga multifungsi dapat digunakan ketika menghadiri acara tertentu seperti pesta pernikahan. Senyaman dan terserah si pemakainya mau dipakai buat apa saja. Ada juga yang mungkin digunakan untuk daily wear. 

Oya, rekomendasi toko baju muslim anak di Shopee ini merupakan seller yang saya favoritkan karena mempunyai rating toko yang bagus, kualitas produk yang bagus, laris dibeli dan populer dikalangan para Bunda di tanah air. Pernah beberapa kali mengalami penipuan belanja daring, saya sejak itu benar-benar hati memutuskan belanja dimana. Saya baru belanja jika menemukan toko yang meyakinkan baik dari segi profil si seller sendiri maupun dari produknya. 

NB : Untuk menemukan produk koko, gamis maupun hijab anak jangan lupa mengetik kata kunci yang spesifik di toko tujuan ya atau bisa juga dengan melihat berdasarkan kategori yang ada di masing-masing toko. Langkahnya kunjungi toko- ketik gamis, koko atau hijab di kolom pencarian-jangan lupa pastikan sudah "di toko ini" agar hasil yang keluar hanya dari satu toko yang sudah diincar saja. Kalau tidak nanti akan keluar banyak toko sehingga malah bikin bingung lagi. 


1. Baby Avene, baju muslim anak laki-laki dan perempuan (link toko)

Penampakan baju muslim anak perempuan di toko Baby Avene

Bagi Bunda yang tidak mau ribet, maka belanja di toko ini dapat menjadi pertimbangan. Alasannya disini sudah tersedia moslem wear buat anak cewek maupun cowok. Jadi, sekalian beli kalau misalnya punya anak sepasang. Tidak susah pindah-pindah toko, lebih hemat juga dari segi ongkos kirim karena bisa dijadikan satu order. Ini kalau cocok ya dengan produk yang ada, kalau tidak bisa belanja di toko berbeda mana yang Bunda suka saja. 

Saya sudah beberapa kali belanja di Baby Avene ini. Pertama kali kenal dan belanja disini pada tahun 2019 silam saat menyiapkan perlengkapan bayi buat lahiran anak pertama. Sebenarnya, seller fokus menjual pakaian anak-anak. Jadi serba ada dan lengkap baik muslim maupun non muslim baik pakaian harian maupun buat khusus tertentu. Mulai dari bayi newborn hingga anak tanggung. Ada sekitar 3.200 lebih jenis produk yang dipajang di etalasenya, jadi bunda harus mencari secara detail dengan mengetik kata kunci koko dan gamis ya supaya ketemu produknya. Kalau tidak, nanti bisa pusing sendiri karena produknya bejibun 😁

Namanya saja toko besar ya Bun, Baby Avene sudah 6 tahun jualan di Shopee, diikuti hampir 1 juta orang dan rating 4.9. Produknya bukan abal-abal melainkan berbagai macam merek ada disini seperti Little Palmerhaus, Kazel, Zebe, Mooi, Bohopanna, Boboko, Twin Tiger dan masih banyak lagi. Saya menemukan ada lebih 50 jenis produk dengan tingkat penjualan diatas 10.000 pcs. Khusus gamis ada sekitar 15 jenis dijual rentang harga Rp 50.000 hingga Rp 140.000. Sementara itu, baju koko ada sekitar  20 an pilihan produk dengan harga dibanderol mulai dari Rp 36.000 hingga Rp 140.000. 

Penampakan baju muslim anak laki-laki di toko Baby Avene

Baju muslim anak laki-lakinya lumayan variasi pilihannya, ada yang atasan saja dan setelan. Nah, setelannya ada yang pakai celana dan ada juga yang pakai sarung atau dikenal dengan sarkoci. Setelan koko adam, twin tiger sarkoci farhan 3 in 1 baju koko lebaran dan hokiku sarkoci merupakan diantara baju muslim anak laki-laki paling laku disini. Disamping itu, gamis mirabel, gamis hanna dan baju lebaran kaftan merupakan diantara baju muslim anak perempuan terlaris. 

Oya Bunda, toko Baby Avene ini termasuk aktif lho memberikan promo dan cuci gudang. Belum lama ini saya membeli baju anak murah Rp 90.000 dapat 3 pasang setelan padahal harga normalnya Rp 150.000 merek Kazel. Langsung saya borong 6 setelan pada waktu itu buat stok kalau anak sudah agak besar. Rajin-rajin saja cek promo ditokonya ya. Klik Clearance Sale atau Promo Cuci Gudang. 

2. Ayesha Officielle khusus anak perempuan (link toko) 

Wedaw, produk-produk baju muslim anak cewek di toko Ayesha ini benar-benar bikin gemes banget. Modelnya cute abis dan cocoklah ya sama baby girl biar tambah cantik. Seller yang diikuti oleh sekitar 23.000 ribu orang ini berasal Kota Tangerang Selatan. Saat ini jenis produknya terdiri dari 40 jenis dan rating tokonya 4.9 dari skala 5.0.  Ayesha tergolong pendatang baru juga di Shopee, belum genap 3 tahun namun sudah berhasil menarik hati masyarakat terutama kaum emak-emak karena bajunya yang memang unik dan berkualitas bagus. 

Bagi saya sendiri, jenis produk Ayesha yang bisa dibilang sedikit tidak mempengaruhi keputusan dalam membeli. Ya, namanya orang masih dalam proses merintis ya. Hal yang penting, toko ini survive dan kualitasnya tidak abal-abal. Rayya longdress bahan rosecrepe usia 1-4 tahun, flora dress tunik anak usia 1-5 tahun, vanilla dress tunik anak usia 1-5 tahun, mahira longdress dan kinan dress merupakan diantara produk yang populer di toko ini. 

Mayoritas baju anak yang dijual polosan tetapi memiliki kesan simple dan elegan. Cutting dan tambahan aksesoris rempel di tangan maupun dada membuat bajunya mewah dan kelihatan mahal. Padahal secara harga lumayan terjangkau dan murah. Rata-rata dibanderol Rp 50.000 dan Rp 60.000 saja. Poin yang menarik buat saya adalah adanya baju coule ibu dan anak. Kemudian, tersedia juga sekalian hijabnya. Kalau beli gamis atau tunik anak, jadi mudah mencocokkan hijabnya. Selain baju, jilbab bayi termasuk produk terlaris juga di Ayesha. 


3. Madolche Baby Kids khusus anak perempuan (link toko) 

Seller berikutnya ini sudah 3 tahun merapat jualan di e-commerce orange. Pengirimannya berasal dari Jawa Timur khususnya Kota Malang. Jarang-jarang ya ada seller dari Jatim, mayoritas dari Jawa Barat. Madolche memiliki sekitar 45.000 pengikut di tokonya dan rating 4.9. Jujur, saya langsung jatuh hati pertama kali melihat toko ini karena produk pakaian anak ceweknya girly banget, lucu-lucu dan cantik-cantik. Rasanya bikin gemes kalau anak dan bayi perempuan memakainya. 

Selain gamis, ada juga baju muslim seperti tunik dan overall yang tidak kalah lucunya. Saya jadi ingin memborong sih kalau berada di toko ini lama-lama. Selain karena modelnya unik dan cantik, ada beberapa poin kelebihan lain toko ini yang saya acungi jempol. Pertama, produknya sudah lengkap disini. Bisa beli gamis, dress, celana hingga hijabnya sekalian. Tidak hanya atasan tetapi juga ada sekalian bawahannya. Jadi ya lebih efisien dan hemat waktu saja daripada pindah-pindah toko. 

Kemudian, voucher tokonya yang lumayan banyak ya. Saat saya menulis artikel ini saja, ada 7 voucher diskon yang bisa diklaim. Asyik banget kan. Rata-rata baju yang dijual ditujukan untuk anak usia 1-6 tahun yang dikelompokkan dalam 4 size seperti S, M, L dan XL. Pilihan warna dan motifnya beragam sekali. Kalau motif ada yang polos, polkadot, bunga-bunga, abstrak hingga salur. Sementara itu, variasi warna yang tersedia mulai dari maroon, grey, black, brown, cream, navy, plum, blue dan coklat susu. Samira gamis lengan panjang dan Vienna overall set dress lengan panjang merupakan diantara produk baju muslim yang laris.  


4. Pikapou khusus anak perempuan (link toko


Seller berikutnya yang saya favoritkan dan layak untuk para bunda pertimbangkan adalah Pikapou. Sudah 3 tahun membuka cabang online di e-commerce orange, Pikapou berhasil menggaet sekitar 19.000 orang pengikut dan tingkat rating toko yang memuaskan alias bagus yaitu 4.9 dari skala 5.0. Apa yang istimewa dengan seller terakhir ini? Pertama, seller fokus menyediakan berbagai kebutuhan pakaian anak-anak baik cewek maupun cowok. Namun, saat saya berkunjung saya menemukan mayoritas produknya ditujukan untuk anak cewek. 

Dari segi jumlah jenis produk Pikapou masih dibawah 100, tergolong sedikit. Kalau dilihat pada kuantitas per produk terbilang besar. Satu produk stoknya bisa ratusan. Jadi, lumayan banyak ya. Saya perhatikan lumayan banyak produk yang sudah habis sehingga digudangkan. Kadang memang ada seller yang seperti ini, tidak banyak variasi tapi stok bejibun. Sebaliknya, ada yang variasi produk banyak tetapi stoknya sedikit sekali tidak sampai 10. Idealnya memang jumlah stok banyak dan variasi pilihan juga banyak sehingga memanjakan konsumen. Namun, harus dipahami kalau membuat sebuah usaha itu butuh proses dan tahapan. 

Oya, gamis yang dijual di Pikapou uni terbilang unik, punya ciri khas tersendiri dan berbeda dari toko lain. Hal ini karena seller memproduksi atau membikin sendiri. Misalnya, gamis Aiza Raya series dan gamis Karisha. Kedua produk baju muslim anak perempuan ini laku terjual ribuan pcs bahkan ada yang memesan lusinan pcs. Yap, produk yang bagus menarik minat para reseller hingga berani belanja jutaan rupiah.  Gamisnya bisa multifungsi buat dijadikan tunik juga. Bagus banget, saya tandai buat baby saya nanti. Usianya mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun. Per gamis dibanderol dari Rp 50.000 an hingga Rp 100.000 an. 


5. Assuffah Moslem Wear khusus anak laki-laki (link toko)

Toko Assuffah merupakan salah satu toko yang khusus menjual pakaian muslim laki-laki baik anak-anak maupun dewasa. Memiliki jumlah pengikut sekitar 8,3 ribu orang dan rating 4.9 dari skala 5.0, Assuffah sudah mendapat tempat di hati masyarakat muslim di tanah air. Walaupun baru 12 bulan membuka cabang di Shopee. produk-produk yang dijualnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Begitu juga dengan jumlah jenis produk di etalase yang cuma satu halaman saja, hanya sekitar 19 an jenis produk saja. Hal ini tidak bisa dijadikan untuk tidak belanja disini.

Sekilas seller yang masuk dalam daftar rekomendasi toko baju muslim anak di Shopee ini memang terlihat sebagai pendatang baru dan sedang berkembang, akan tetapi jumlah penjualan produknya sudah seperti toko sejenis yang senior. Kategori produk memang sedikit lantaran fokus alias tidak campur-campur. Jumlah stok yang dimiliki per produk juga tergolong banyak seperti grosiran pada umumnya. Misalnya, jubah anak premium 9-16 tahun lengan panjang alief series original yang kuantitasnya mencapai ribuan pcs. Jenis barang sedikit tetapi jumlahnya seperti pedagang distributor partai besar. Tak heran kalau harga sangat terjangkau. Koko kurta dibanderol mulai dari Rp 50.000 an dan jubah anak lengan panjang dijual mulai dari harga Rp 65.000 hingga Rp 90.000 tergantung usia anak. 

Oya, baju muslim anak yang dijual disini tidak melulu atasan koko atau setelan koko kurta. Namun, produk terlarisnya adalah jubah anak laki-laki. Baju jubah tersebut bahkan tidak hanya paling laku di toko ini saja melainkan menjadi produk terlaris no,1 di Shopee dengan kategori gamis anak laki-laki dimana sudah terjual lebih dari 10.000 pcs. Prestasi yang lumayan membanggakan. Bajunya memang unik sih modelnya, lain dari yang lain. Variasi warna juga menarik seperti abu, navy, coklat tua, coklat muda, maroon, hitam, putih, hijau dan lainnya. Begitu juga dengan variasi ukuran yang lengkap mulai dari anak usia 1 tahun hingga 16 tahun. 


6. AruyShop khusus anak laki-laki (link toko) 

Sebenarnya, toko ini dikenal juga dengan nama Gudang Sirwal. Hal ini lantaran seller merupakan produsen celana sirwal anak maupun dewasa dengan brand Sultan. Namun, disamping celana, AruyShop juga menjadi produsen atau konveksi baju koko kurta anak dan remaja. Secara keseluruhan terdapat sekitar 192 jenis produk yang dipajang di etalase yang mayoritas adalah celana sirwal. Saya hanya menemukan 3 jenis produk baju koko anak laki-laki untuk usia 2 tahun hingga 10 tahun. 

Meski tidak begitu banyak pilihan saat ini, namun saya tetap memfavoritkan seller yang memiliki 53,8 ribu follower dan rating toko 4.9 ini. Ketika saya melakukan riset penulisan artikel ini, mayoritas jenis produk penjual memang berkurang. Ada yang digudangkan atau memang stoknya habis dan belum dijual kembali. Setahu saya, para produsen hanya menghabiskan sisa stok yang ada sebelum akhir tahun. Begitu masuk awal tahun mendekati bulan suci Ramadhan, maka produk baju muslim kembali bbermunculan secara besar-besaran. 

Kelebihan AruyShop ini karena mengambil spesialisasi dalam pakain muslim khususnya celana sirwal dan baju koko. Sebagaimana diketahui, penjual apalagi konveksi langsung produk pakaian muslim ini masih termasuk jarang. Mayoritasnya penjual menyediakan baju koko dan celana biasa. Celana sirwal ini merupakan produk khusus dimana hanya segelintir orang yang memakainya. So, menurut saya hal ini unik dan berbeda dengan toko lain.


***

Selain daftar 6 rekomendasi toko baju muslim anak di Shopee diatas, sebenarnya masih ada beberapa toko tetapi jumlah produknya sedikit sekali di etalase. Sampai saya bingung, apakah mau jualan atau tidak, kayak setengah-setengah begitu. Padahal ya model produknya unik dan lucu untuk anak cewek. Ada juga saya menemukan beberapa toko lain yang khusus menjual pakaian muslim buat anak cowok tetapi review pembeli banyak yang jelek baik rating tokonya maupun rating produk per produk. Hal tersebut membuat saya jadi urung memasukkannya dalam daftar ini.

Terakhir, sekali lagi saya sekedar mengingatkan Bunda ya agar lebih teliti dan hati-hati ketika memilih pakaian anak. Tugas kita sebagai konsumen tidak cukup menemukan seller yang bagus dan terpercaya saja. Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa kita mengetahui dan memahami apa yang dibeli. Paham karakteristik bahan pembuatan pakaian, misalnya kalau katun seperti apa, kalau jersey seperti apa. Ada kain yang polos tapi berstektur, ada yang licin dan ada juga yang sedikit kasar. Bukan apa-apa kadang sebagian pembeli merasa ditipu karena tidak sesuai ekspektasi padahal di deskripsi sudah jelas nama bahannya. []