5 Rekomendasi Toko Kaos Cowok di Shopee Original, Bagus dan Murah

Pada kesempatan ini saya mau sharing daftar rekomendasi toko kaos cowok di Shopee yang bagus dan murah. Tulisan ini saya susun berangkat dari pengalaman membantu suami membeli baju tshirt. Yap, sudah beberapa kali saya dipercaya mencari seller yang produknya memang nyaman digunakan. Tidak bikin tambah gerah karena kami tinggal di daerah yang terkenal dengan cuaca panas. Jadi, baju yang dibutuhkan ketebalan sedang, tidak harus terlalu tebal dan menyerap keringat. Bahan yang digunakan juga adem dan tekstur halus soalnya saya pernah mendapati baju tshirt yang kasar banget. 

Poin penting lainnya yang kami cari adalah harga yang ramah di kantong. Berhubung mau dipakai hanya untuk gonta ganti harian, buat apa yang mahal-mahal. Budgetnya harga Rp 50.000 ke bawah, kalau bisa ya Rp 30.000-Rp 40.000. Kalau baju kaos yang dibanderol dibawah Rp 30.000 agak saya ragukan kualitasnya apalagi yang Rp 20.000 ke bawah. Hanya beberapa yang memang bagus. Mengapa? karena yang dijual murah sekali biasanya bahanya juga yang murahan juga. Dengan budget yang cuma maksimal Rp 50.000, kami hanya mencari yang berkualitas bagus dan standar ya. 

Maksudnya kualitas sedang atau menengah, tidak terlalu bagus dan tidak abal-abal. Produk yang terlalu bagus ya baju branded mahal ya. Jangan lupa, ada harga pasti ada rupa. Singkat ceriata, sesuai dengan kriteria tersebut, akhirnya saya berhasil menemukan 4 toko yang memiliki rating 4.9 dan 1 toko rating 4.8 tetapi produknya rating 4.9. Artinya, sellernya bagus, baik, amanah dan terpercaya. Rata-rata review pembeli juga bagus. Beberapa diantaranya merupakan pabrik konveksi langsung maupun supplier. Nah, tanpa lama-lama, kali ini saya bocorkan daftar rekomendasi toko kaos cowok di Shopee yang bagus dan murah : 


1. Manly Cloth, pengikut 133 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Toko pertama ini sudah 7 tahun aktif jualan di Shopee, saya favoritkan karena benar-benar fokus hampir 100 % menjual baju kaos untuk kaum adam. Ada sih beberapa produk yang ditulis bisa untuk unisex tapi hanya sebagian kecil saja. Sesuai namanya sih ini toko surganya tshirt buat laki-laki atau pria. Awal berkunjung ke Manly saya langsung terkesan dengan kata sambutannya berbunyi " selamat ya kakak, kakak sudah berhasil ketemu satu-satunya supplier kaos polos terbaik dan ternyaman se Indonesia. Yang bukan cuman menjual kaos tetapi lebih ke kenyamanan kakak". 

Menurut saya benar banget sih, bukan bualan penjual semata. Rata-rata produk kaos disini telah terjual lebih dari 10.000 pcs dengan penilaian 4.9 dari skala 5.0 oleh pembeli. Ini berarti hampir sempurna. Dari segi ketebalan, tersedia pilihan katun combed 24 S dan 30 S. Sementara itu, variasi modelnya lumayan beragam seperti kaos polo kerah, kaos shanghai, twotone misty, kaos henley, lengan pendek, lengan panjang hingga tank top sleeveless. Ada sekitar 90 an jenis produk yang terpajang di etalase. 

Manly mengklaim bahwa produk mereka 100 % combed original atau premium cotton combed 30 S. Buktinya Manly sudah dipercaya oleh lebih dari 100.000 customer dari seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan produk kaos terbaik dari Manly ini, teman-teman tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Satu pcs dibanderol mulai dari Rp 27.000 hingga Rp 59.000.  Kaos polos premium cotton combed 30 S, kaos polos lengan panjang dan kaos polos twotone misty merupakan 3 diantara produk dengan penjualan lebih dari 10.000.  


2. Yonesli7799, pengikut 60 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Seller yang ketiga masuk dalam daftar rekomendasi toko kaos cowok di Shopee ini terbilang unik dan berbeda dengan yang lain. Unik karena memiliki banyak variasi kaos yang dapat memanjakan mata konsumen. Bahkan, jumlah item produk di etalasenya juga juara banget sampai 242 produk padahal fokus jualan kaos saja lho. Secara umum, pilihan yang tersedia yaitu kaos oblong desain biasa, kaos kerah, kaos kerah saku dan kaos polos reglan. Diantara produk tersebut ada yang lengan pendek, lengan 3/4 dan lengan panjang. 

Poin yang menarik itu adalah desain bajunya, ada yang polos, pakai saku dan ada yang kombinasi baik itu kombinasi antar warna, kombinasi motif salur, doreng maupun pakai tulisan dan angka. Produk kaos kerah pria dewasa saku noveli, kaos kerah pria dewasa motif salur afada saku lengan pendek, kaos polos reglan lengan 3/4, kaos kerah polos lakos lengan panjang, kaos oblong murah tulisan basic BLAST serta kaos kerah polos lakos lengan pendek merupakan produk yang menempati peringkat penjualan tertinggi. Keenam kaos ini telah laku lebih dari 10.000 pcs per produknya. 

Untuk size terbilang lengkap, tersedia mulai dari size S, M, L, XL, XXL hingga XXXL. Harus diperhatikan bahwa ada produk-produk yang hanya terdiri dari size khusus tertentu saja. Pilihan warna kaos di toko ini juga lebih beragam. Hampir semua warna ada seperti hitam, putih, kuning, navy, merah, abu gelap, salem, hijau botol, benhur, tosca, maroon, orange, abu muda, coklat, pink, ungu dan sebagainya. Terakhir, poin yang membuat saya memfavoritkan produk disini adalah harganya yang lebih murah. Satu pcs kaos dapat dibeli dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 74.000. 


3. Millenial, pengikut 43 ribu dan rating 4.9 ( link toko) 

Seller berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Millenial Official Store. Seller memiliki slogan " toko yang tidak menjual produk yang abal-abal karena sudah berpengalaman di bidang garment. Kaos murah tapi berkualitas tidak murahan". Millenial sudah tergolong lama jualan di Shopee, sekitar 5 tahun lalu. Hal ini menjadi bukti kalau produknya disukai oleh masyarakat luas. Apalagi penilaian toko yang mencapai 4.9 dari skala 5.0. Uniknya, walaupun jumlah pengikutnya 33.000 orang tetapi jumlah penilaiannya yang mencapai bintang 4.9 tersebut diberikan lebih dari 85.000 orang. 

Millenial Official Store saat ini memiliki sekitar 70 an jenis item di etalase dengan pembagian kategori meliputi kaos polos 24S, kaos polos 30S, kaos polos 30S export dan kaos custom. Selain produk kaos yang berkualitas, keunggulan seller dari seller lain terletak pada layanan kaos kustom. Teman-teman yang mau kustom desain kaos berada di toko yang tepat. Tidak hanya melayani sablonan lusinan, bahkan sablon satuan pun dilayani lho. Kemudian model desainnya juga bebas sesuka hati pembeli dimana ada beberapa contoh pilihan lokasi sablonnya. Mantap bukan? 

Tak heran kalau kaos custom/sablon logo A7+gambar A4 menjadi salah satu produk terlaris disini disamping kaos polos cotton combed lengan pendek maupun panjang. Terhitung saya menukan ada 6 produk dengan penjualan best seller yaitu lebih dari 10.000 pcs. Belum lagi produk lain yang terjual 8.000 pcs, 6.000 pcs, 5.000 pcs dan banyak lagi. Diperkirakan penjualan di toko ini sudah mencapai ratusan ribu pcs. Satu pcs baju kaos dibanderol cukup murah, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 45.000. Sementara untuk kaos custom dibanderol mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 85.000.

 

4. Nilola, pengikut 8,3 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Seller ke empat ini berasal dari Kota Bandung memiliki pengikut 7,3 ribu dan rating toko 4.9. Entah mengapa jumlah followernya agak sedikit ya padahal jumlah orang yang memberikan penilaian mencapai 35.000 dan orang yang memfavoritkan produknya juga puluhan ribu. Nilola ini sudah 3 tahun bergabung jualan di e-commerce orange dengan produk yang bermacam-macam. Ada atasan, pakaian anak perempuan, jumpsuit, playsuit, overall, setelan hingga pakaian muslim wanita.

Dari 35 jenis produk yang dipajang di etalase toko, 50 % diantaranya merupakan produk baju kaos. So, tidak heran kalau t-shirt menjadi produk terlaris di toko ini. Sebanyak 5 produk baju kaos menjadi best seller dengan penjualan diatas 10.000 pcs seperti kaos polos lengan pendek cotton combed 30S oneck baik yang warna tua maupun warna muda.  Seri warna lumayan komplit terdiri dari warna hitam, putih, maroon, abu tua, navy, mustard, abu muda, ungu tua, hijau botol, hijau army, khaki, olive green, almond brown dan baby yellow. 

Sedangkan ukuran yang tersedia terdiri dari 3 saja yaitu M (lingkar dada 99 cm dan panjang 69 cm), L (lingkar dada 102 cm dan panjang 71 cm) dan XL (lingkar dada 105 cm dan panjang 73 cm). Seller mengklaim bahwa produk baju kaos cotton combed yang dijual terbuat dari katun pilihan dan berkualitas bukan kain kasar abal-abal melainkan kualitas bahan import. Tidak panas, bahan halus, tidak berbulu dicuci ulang, tidak mudah bau, tidak buat keringetan, jahitan rapi dan langganan para artis. Satu pcs baju kaos dibanderol mulai dari Rp 34.000 hingga Rp 44.900 tergantung modelnya apakah polosan atau sablonan. 


5. Hanger & Co, pengikut 12 ribu dan rating 4.8 (link toko

Seller terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi toko kaos cowok di Shopee ini merupakan seller termuda dibanding empat seller sebelumnya. Yap, Hanger & Co ini baru 16 bulan belakangan membuka cabang di e-commerce orange. Tak heran jika jumlah followernya tergolong masih sedikit. Begitu juga dengan jumlah item produk di etalasenya yang cuma 9 jenis saja. Sementara itu, kategori produknya pun cuma dua saja yakni kaos print dan kaos polos. Namun, kalau diperhatikan secara detail ada beberapa kategori lagi seperti kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, kaos two tone misty, kaos sablon, kaos v-neck dan kaos full print depan belakang. 

Saya yakin kedepannya toko ini akan semakin berkembang asalkan mampu menjaga kualitas dan meningkatkan layanannya. Soalnya kalau diperhatikan dari segi persentase chat memang agak kurang memuaskan. Rating toko secara keseluruhan juga 4.8 dari skala 5.0, masih kategori baiklah ya. Seller dengan pengiriman dari Kota Jakarta Utara ini merupakan salah satu supplier kaos polos produksi pabrikan. Meski dari segi usia belum seberapa, namun tingkat penjualan produknya tidak kalah dengan toko lain yang lebih senior. Dari 9 produk yang dipajang, sekitar 4 produk sudah laku terjual lebih dari 10.000 pcs. Angka pencapaian yang lumayan bagi toko pendatang baru menurut saya. 

Saya memfavoritkan Hanger & Co ini karena pilihan warna yang lengkap. Untuk kualitas bahan ya sesuai harganya, lumayan oke dengan merogoh kocek miring. Bahan lumayan adem, lembut, tidak gampang melar dan cukup menyerap keringat. Saya sukanya karena bahan tidak terlalu tebal melainkan agak tipis, cocok untuk daerah kami yang panas. Baju kaos yang dijual merupakan gramasi 150-160 gr/m2. Untuk mendapatkan t-shirt disini cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp 24.000 hingga Rp 59.000. Harganya memang jauh lebih murah dan stok produk ada yang mencapai belasan ribu, cocok juga kalau mau jadi reseller. 


***

Nah, demikianlah  rekomendasi toko kaos cowok di Shopee ini saya susun. Saya berharap informasi dan sharing ini bermanfaat untuk teman-teman dalam menemukan produk t-shirt dambaan hati. Teman-teman tidak wajib atau harus membeli pada seller yang tercantum disini karena informasi ini saya hadirkan hanyalah untuk referensi bagi yang masih bingung mau belanja dimana. Sebagaimana diketahui, produk kaos bejibun jumlahnya di e-commerce orange dan entah mengapa mayoritas yang saya temui itu ratingnya jelek-jelek seperti 4.4, 4.5,4,6 hingga 4.7 padahal mereka semua mengklaim cotton combed.

Hal tersebut sempat membuat saya khawatir belanja, takut terjebak pada produk yang abal-abal. Mau mencari informasi di google dan youtube juga tidak menemukan yang sesuai karena sebagian orang memberikan rekomendasi yang sembarangan saja. Apalagi kadang kalau mereka lagi endorse produk tidak secara objektif. Setelah riset dan obrak abrik Shopee akhirnya saya berhasil menemukan beberapa seller yang lumayan baik. Selain seller kaos pria, saya juga akan sharing pengalaman saat membeli kaos cewek dan kaos distro di artikel berbeda. []