5 Rekomendasi Toko Baju Koko Anak di Shopee, Bagus dan Murah

Pada kesempatan ini saya share rekomendasi toko baju koko anak di Shopee setelah pada artikel sebelumnya menulis tentang informasi penjual baju muslim untuk pria dewasa. Hm, tidak terasa anak laki-laki saya sudah beranjak besar saja. Masih segar di ingatan saat saya hamil dan melahirkan anak pertama, sekarang sudah berusia hampir 4 tahun di awal tahun mendatang. Berhubung si anak sudah mulai bisa diberi pemahaman dan sudah pintar berkomunikasi, maka Ayahnya mulai mengenalkan shalat berjamaah ke masjid. 

Namun, kami lupa kalau anak laki-laki kami belum mempunyai pakaian muslim. Ada sih dulu sepasang tapi sudah kekecilan. Sementara itu, mayoritas anak-anak yang shalat dan mengaji di masjid pakai baju muslim. Ayahnya dan saya juga ingin mengajarkannya memakai baju muslim begitu, pakai setelan koko dan bawa sajadah biar kostumnya khusus alias berbeda dari pakaian biasa. Kalau sudah ganti baju sama koko berarti saatnya pergi beribadah. Sekalian juga buat stok lebaran nanti 😀

Singkat cerita, akhirnya saya mencari-cari produk di e-commerce orange yang bagus dan murah. Saya menandai beberapa penjual yang terbaik dan membuat daftarnya di artikel ini. Rekomendasi toko baju koko anak di Shopee ini saya susun setelah melakukan riset. Jadi, tidak sembarangan ya, Semua toko memiliki rating 4.9, mayoritas produk juga memiliki rating 4.9 minimal 4.8 dan review pembeli juga pada bagus-bagus. Nah, ini dia bocorannya buat bunda-bunda semuanya :


1. Oliver Kids ( Terlengkap dan Termurah), Koko Usia 1-13 Tahun (link toko)

Seller pertama yang masuk dalam daftar ini berasal dari Jawa Barat khususnya Kota Bandung. Oliver Kids pertama kali membuka cabang online di Shopee pada tahun 2019 silam dan saat ini sudah mempunyai sekitar 36,8 ribu pengikut dengan tingkat rating toko 4.9 dari skala 5.0. Ketika saya berkunjung, saya menemukan sekitar 80 an jenis produk yang terpajang di etalasenya. Sebenarnya, produk yang dijual bermacam-macam meliputi atasan baju koko, setelan koko, kaos distro anak, celana, sweater, celana, gamis, peci dan sebagainya. 

Meski demikian, seller memiliki kategori khusus pakaian muslim anak dimana khusus baju koko terdapat 10 jenis pilihan. Walaupun variasi produk kokonya tidak begitu banyak tetapi menurut saya lumayan buat pertimbangan karena modelnya tergolong bagus. Disamping itu, harga yang dipatok juga tergolong murah. Sepasang pakaian muslim anak dijual mulai dari Rp 69.000 hingga Rp 87.000 menyesuaikan dengan size. Baju koko anak madinah dan baju koko anak toyobo merupakan dua produk unggulan dan paling banyak terjual. 

Poin yang saya suka dari seller terakhir ini adalah memang harga yang miring. Seller merupakan salah satu penjual dengan jumlah stok ribuan, ada yang 5.000 an pcs per produk, 3.000 pcs per produk dan sebagainya. Jadi, tak heran kalau lebih murah. Disamping itu, bagi bunda yang berminat bisnis berada di toko yang tepat. Oliver Kids ini menerima grosir, eceran, distributor, partai besar hingga dropship. Pada beberapa produk saya menjumpai ada paket reseller 1 lusin koko anak maupun paket reseller 2 lusin baju koko anak. Promo paketan reseller ini tidak hanya untuk koko tetapi juga bisa pada produk lain seperti dress, cardigan dan celana. 


2. Easyshop, Koko Usia 2-11 Tahun  (link toko


Seller pertama ini memiliki pengikut 114,8 ribu dan rating 4.9. Saya favoritkan karena merupakan distributor pakaian anak tangan pertama yang berasal dari Bandung. Selain harga yang terjangkau, sudah pasti jumlah stoknya juga banyak. Benar saja, satu produk stoknya bisa ribuan. Jadi, cocok juga buat teman-teman yang berminat jadi reseller, dropshipper, distributor karena pembelian dalam partai besar harganya masih bisa dinegosiasikan. Kalau saya murni membeli untuk kebutuhan baju anak saja dulu. 

Saya jatuh hati karena produknya unik misalnya saja setelan koko anak Manjadda. Bahannya memiliki sedikit tekstur dan corak tetapi polos terbuat dari katun madinah. Pilihan size juga lengkap, mulai usia 2 tahun hingga 11 tahun dari S, M, L dan XL. Poin yang membuat saya suka adalah variasi warna yang juga lengkap seperti navy, olive green, red maroon, blue denim, full black, apricot, black grey, cream, wardah, putih dan lainnya. Desain model baju yang simple tapi elegan ditambah kualitas yang bagus membuat baju ini diburu pada ibu di tanah air. 

Khusus setelan koko Manjadda sudah terjual lebih dari 10.000 potong dimana sekitar 7.500 pembeli merasa puas dan memberikan ulasan bintang 5. Sebanyak 9.800 orang memfavoritkan produk ini. Selain itu, juga ada setelan koko lain seperti kurta rayhan yang terbuat dari bahan katun toyobo. Bagi yang tidak suka setelan, ada produk baju koko khusus atasan saja. Baju-baju disini selain buat shakat dan mengaji ke masjid, cocok buat dipakai lebaran nanti. Harga dibanderol mulai dari Rp 44.000 hingga Rp 89.000 saja.


3. Little Me, Koko Usia 6 Bulan-8 Tahun ( link toko) 

Seller berikutnya ini tergolong masih sangat muda ya atau baru berjualan di e-commerce orange sekitar 17 bulan lalu. Yap, belum genap 2 tahun baru setahunan. Meski demikian, penjual khusus pakaian anak ini berhasil mendapat tempat di hati konsumen di seluruh nusantara. Buktinya mampu meraih pengikut berjumlah 91,6 ribu dengan tingkat penilaian rating toko 4.9 dari skala 5.0. Secara umum produk yang dijual memiliki review baikdari teman-teman yang sudah membeli walaupun dari segi performa chatnya agak kurang meyakinkan sekali. 

Ketika artikel ini saya tulis, Little Me mempunyai sekitar 100 jenis produk di etalasenya. Dengan kata lain, dari jumlah tersebut campur-campur kategorinya seperti setelan koko, kemeja, celana chinos panjang, celana pendek, kaos, setelan harian, romper bayi, piyama, kacamata dan masih banyak lagi. Nah, dari semua produk tersebut, setelan baju koko kurta Riyad merupakan produk paling laris dan populer. Setelan koko Riyad terbuat dari bahan 100 % katun, jadi nyaman dipakai buat anak. Pertama kali melihat produk setelan koko ini, saya sendiri langsung jatuh hati. 

Kurta setnya memiliki corak polos tapi terlihat elegan sekali dengan warna-warna yang memang bagus-bagus sekali. Misalnya, warna navy, blue jeans, dark gray, green, green leaf, khaki dan caramel. Begitu juga dengan kemeja kokonya yang memiliki warna unik semua. Pilihan usia juga terbilang lengkap, ada untuk usia 6-12 bulan, 1-2 tahun, 2-3 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun dan 7-8 tahun. Little Me tergabung dalam Shopee Mall dan mempunyai jumlah stok produk melimpah. Satu produk berkuantitas lebih dari 5.000 pcs. Setelan koko dibanderol mulai dari Rp 85.900 hingga 94.900 tergantung size. Sementara untuk sepotong atasan kemeja koko saja dapat diperoleh dengan harga Rp 55.000 an.


4. Raqilla, Koko Usia  1- 16 Tahun (link toko

Raqilla saya masukkan dalam daftar karena memang sangat layak sekali untuk dipertimbangkan. Sesuai dengan namanya, toko ini mengambil spesialisasi dalam penjualan pakaian anak dan bayi baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Seller di etalasenya terdapat sekitar 250 an koleksi produk dengan berbagai jenis seperti setelan koko kurta, kaos, celana, kemeja dan sebagainya. Khusus untuk baju anak laki-laki ada setelan koko maupun atasan kemeja koko atau kemko. 

Nah, dari 250 an produk yang ada di etalase tersebut, 4 produk dengan penjualan tertinggi diraih oleh setelan baju koko dan kemeja. Produk tersebut telah laku terjual puluhan ribu pcs, jadi tak heran menjadi best seller. Baju koko anak tersebut terbuat dari bahan katun oxford premium dengan celana berbahan katun american drill yang nyaman digunakan karena menyerap keringat. Untuk mendapatkan produk terbaik ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harganya sangat terjangkau dibanderol mulai dari Rp 119.000 hingga 168.000 tergantung ukuran badan anak. 

Dari semua toko di daftar ini, setelan baju koko anak Tabina yang dijual Raqilla ini yang paling lengkap ukurannya ya. Tersedia ukuran mulai dari usia 1 tahun hingga 16 tahun, dari bayi hingga remaja tanggung. Variasi warnanya pun banyak pilihan ada yang warna muda maupun tua. Raqilla baby shop merupakan seller yang berasal dari Kota Bandung. Pertama kali membuka cabang online di Shopee 6 tahun silam dan hingga saat ini mampu mempertahankan tingkat rating toko 4.9 dari skala 5.0 dengan jumlah pengikut sebanyak 72.000 orang. 


5. Fathan, Koko usia 1- 14 Tahun  ( link toko)


Seller yang masuk daftar rekomendasi toko baju koko anak di Shopee ini fokus menyediakan produk pakaian anak-anak. Namun, tidak terpaku pada koko semata saja tetapi ada juga produk lain seperti celana, kaos, jubah, dress, sweater, jogger, kemaja, celana sirwal hingga setelan couple sekeluarga. Secara keseluruhan mempunyai sekitar 150 jenis produk yang dipajang di etalasenya. Dari semua produk tersebut, setelan baju koko maupun atasan kemeja koko menjadi salah satu produk terlaris. Seller yang berasal dari Kabupaten Bandung ini sudah 6 tahun lalu membuka cabang di Shopee dan saat ini mempunyai sekitar 14,3 ribu pengikut dengan rating toko 4.9.

Produk baju koko disini lumayan banyak pilihannya yang terdiri dari beragam brand.  Misalnya set koko turki risallah, awesome kids kurta rayhan, setelan 4 in 1 alzam series by ANV, setelan koko Little Dino dan sebagainya. Setelannya juga tidak melulu pakai celana tetapi ada juga lho yang bawahannya sarung instan. Unik dan lucu banget kalau dipakai anak. Produk-produk tersebut tergolong murah, dibanderol mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 144.000 sesuai dengan size anak. Makin besar makin naik harganya. 

Selain tertarik dengan setelan baju koko buat anak, saya juga ingin membeli family set atau baju couple sekeluarganya. Soalnya family setnya sudah terdiri dari 2 anak, satu anak laki-laki dan satu anak perempuan. Jadi, pas banget sama keluarga kecil saya. Jarang ada produk yang pas seperti ini. Secara harga menurut saya untuk baju couple keluarga ini sangat terjangkau. Kemudian model bajunyanya unik-unik dengan warna yang juga kalem. Hanya saja, stoknya lagi pada habis. Mungkin masih sisa stok kemaren-kemaren ya. Mungkin sebulan dua bulan lagi menjelang lebaran akan direstok lagi. 



***

Demikianlah daftar 5 rekomendasi toko baju koko anak di Shopee yang bagus ratingnya dan harganya juga sangat terjangkau. Sekali lagi, daftar seller yang saya sharing disini merupakan arsip untuk diri saya sendiri. Informasi disini bisa menjadi pertimbangan bagi para bunda dimanapun berada. Saran saya, telitilah dan cermati produk berulangkali sebelum memutuskan membeli. Begitu pula, jangan menerka-nerka ukuran badan anak tanpa mengukur terlebih dahulu. Walaupun setiap pemilik toko sudah memberikan estimasi ukuran sesuai dengan usia tetapi sebagai konsumen kita tetap harus hati-hati memilih.

Disamping itu, jika menemukan produk yang dijual murah sebaiknya juga tidak berasumsi dan menaruh ekspektasi terlalu tinggi. Sudah menjadi hal mutlak dimana-mana kalau ada harga, ada rupa. Boleh jadi ada produk murah tapi kualitasnya lumayan bagus, tidak dibawah standar. Namun, bukan berarti kualitas sangat bagus ya. Tingkat bagusnya ya sesuai harganya. Kalau untuk daily wear anak-anak atau dipakai sesekali pada acara tertentu, menurut saya minimal memenuhi standar yaitu adem, nyaman dan menyerap keringat.