( Sharing) 5 Toko Gamis Favorit Saya di Shopee, Bagus, Murah dan Syar'i

Mumpung sebentar lagi mau lebaran, pada kesempatan ini saya ingin sharing tentang penjual baju muslimah khususnya toko gamis di Shopee yang bagus ratingnya, murah dan syar'i, sudah menjadi langganan dan favorit saya. Saya pertama kali membeli gamis syar'i di Shopee pada lebaran tahun 2019. Pada waktu itu saya baru saja memutuskan hijrah dari yang sebelumnya memakai celana dan rok kemudian memakai gamis. Masih segar di ingatan betapa bingungnya saya ketika itu karena penjual baju muslimah sangat banyak di toko orange ini. 


Saking bingungnya, saya membutuhkan waktu berhari-hari dalam memilih sebuah produk. Ketika menjumpai pakaian muslimah dengan harga miring, saya makin ragu.  Saya ragu harga murah meriah apa memang produknya juga berkualitas. Tak heran, saya memasukkan banyak  produk di keranjang belanja. Misalnya hari ini ada 5 produk, hari berikutnya saya hapus dan masukkan lagi produk baru yang berbeda. Itu saja pekerjaan saya berjam-jam sampai mata rasanya lelah dan tangan pegal-pegal. Sampai suami mengomentari begini " ternyata ibu-ibu bukan hanya keliling belanja di pasar traditional yang lama ya tapi saat belanja online pun butuh waktu berlama-lama memilih. Kenapa gak tinggal pilih satu saja habis itu bayar? " 😀


Ya, masalahnya tidak semudah itu. Kalau tinggal pilih apa yang ada dan beli takutnya nanti malah seperti membeli kucing dalam karung. Tidak cocok sesuai harapan sehingga menyesal dan tidak terpakai atau mubazir. Oleh karena itu, bagi saya penting melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan apa saja nama toko gamis di Shopee yang bagus tapi harganya murah alias ramah dikantong. Nah, berdasarkan riset saya pada waktu itu, maka saya memutuskan belanja di toko dibawah ini. Oya, selain tempat langganan saya dalam 3 tahun terakhir, beberapa toko juga saya tandai sebagai favorit saya : 


1. GAMIs, pengikut 399,3 ribu & rating 4.9 (link toko)


Toko dengan nama Gamis Murah Elsyifa ini berasal dari Kabupaten Bandung dan mulai membuka cabang di Shopee sekitar 4 tahun lalu. Sesuai dengan namanya, mayoritas produk yang akan dijumpai di toko tersebut adalah pakaian muslimah. Diantara kategori produk yang ditawarkan yaitu gamis malaysia, dress malaysia, aku karissa original, bermerk syari ori, syakila syari set khimar, gamis anak perempuan, gamis anak remaja, gamis misbee set khimar syari, homedress, dress muslim, setelan celana, setelan tunik, anqueela  syafaluma hijab dan lainnya.

Rata-rata produk tersebut mendapatkan bintang 5 dari pembeli, ratingnya 4.9. Soal harga lumayan terjangkau, satu set gamis dibanderol mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 tergantung kualitas bahannya. Bahan yang lebih bagus harganya tentu lebih mahal. Sementara, gamis berbahan standar harganya juga standar. Ketika saya berkunjung, saya mendapati Gamis Murah Elsyifa ini termasuk yang aktif memberikan promo kepada pembeli. Ada kategori khusus untuk produk yang sedang diskon. Selain diskon hingga 50 % dan gratis ongkir, belanja disini juga bisa memanfaatkan voucher cashback xtra.



2. Arsyida Collection, pengikut 240,6 ribu & rating 4.9 (Link toko)



Seller ini merupakan tempat pertama saya membeli gamis dengan perasaan yang puas, harganya tergolong lebih murah tetapi bahan baju gamisnya lumayan bagus. Pada lebaran tahun 2017, saya membeli 3 potong gamis balotelli, 1 potong gamis katun jepang dan 5 hijab. Gamis balotelli dan katunnya termasuk tebal dan lebar. Kalau untuk hijab 1 pcs jenis instan berbahan buble pop saya sangat suka tetapi 4 jilbab syari dua layernya saya merasa tidak cocok. Saya perhatikan, toko ini memang 90 % memproduksi gamis bukan kerudung. Pada tahun 2019 saya belanja 2 potong gamis katun lagi dan pada tahun 2021 kemaren saya beli 1 set gamis syari untuk orang tua. 

Toko grosir busana muslimah yang berasal dari Cirebon ini bergabung jualan di Shopee sekitar 5 tahun silam. Per hari ini tanggal 15/03/2022 di etalase terdapat 208 produk dengan kategori meliputi khimar, hijab, pashmina, set niqob, gamis moscrepe, gamis balotelli, gamis ity crepe, gamis wolfis dan lainnya. Selain performa chat yang sempurna 100 %, satu hal yang paling berkesan bagi saya tentang toko ini adalah sebelum mengirimkan produk selalu difotokan dulu. Yap, jarang sekali ada toko yang seperti ini saya temui. Susah nyari seller yang dengan senang hati mau repot mengirimkan foto pesanan sebelum dipacking. Bagi teman-teman yang takut belanja online, seller ini direkomendasikan karena amanah. 



3. Baju Branded Murah, pengikut 156,3 ribu & rating 4.9 (link toko)

Toko yang dikenal dengan nama DA Shopee Moeslim Wear ini jumlah produknya hanya sekitar 60 tetapi penjualannya lumayan banyak. Berdasarkan pantauan saya, ada 6 produk dengan lebih dari 10.000 pcs. Untuk kategorinya lumayan beragam seperti bawahan, dress, aksesoris fashion, atasan, celana panjang, rok, jaket, mantel, rompi hingga alat-alat tulis. Akan tetapi, produk dengan penjualan teratas adalah pakaian muslim seperti gamis. 

Oya, seller lebih sering menawarkan produk melalui layanan LIVE di Shopee. Tak heran bila gambar atau pajangan produknya kurang. Di tokonya mayoritas terpampang nota-nota pembelian saat live. Meski sering cuma menampilkan nota di pajangan toko, link produk tersebut mendapatkan rating 4.9. Banyak review yang menyatakan lumayan puas belanja disini. Jika teman-teman tertarik, sebaiknya ikuti saat seller live biar bisa lihat produknya secara langsung. 



4. Ocik Gallery2, pengikut 107 ribu &rating 4.9 (link toko)

Toko yang pengirimannya dari Bekasi ini juga lebih aktif melakukan penawaran produk secara LIVE sama dengan toko Baju Branded Murah diatas. Seller membuka cabang toko di Shopee termasuk lama, sudah 5 tahun. Saat ini, ada 542 produk yang terpajang di etalase tetapi mayoritasnya berupa nota masing-masing orderan. Tidak banyak dijumpai gambar produk, yang ada hanya harga misalnya harga satuan, puluhan dan ratusan. 

Beberapa pembeli ternyata belanja di toko ini untuk dijual kembali karena harganya terbilang murah, bisa sebagai tempat grosir. Terdapat tingkatan harga yang bisa disesuaikan dengan budget mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 300.000. Selain gamis, kategori produk lainnya adalah dress, hijab, kaftan, atasan, jumpsuit, overall, playsuit dan lainnya. Namun, produk dengan penjualan terbanyak diraih oleh gamis yang terjual lebih dari 10.000 pcs. 



5. Gamis Modis, pengikut 35,7 ribu & rating 4.9 (link toko)

Pada tahun 2020 saya pernah membeli 2 pcs gamis disini, gamis katun kotak-kotak warna merah hati dan gamis katun polkadot warna hitam dengan harga sekitar Rp 100.000per pcs. Pada waktu itu saya searching di aplikasi Shopee penjual yang menyediakan gamis berbahan katun jepang karena saya memang suka dengan gamis kajep. Ketemulah sama toko Gamis Modis ini.  Saya cek rating produk juga 4.9 dan review dari para pembeli bagus-bagus. Selain itu harganya termasuk miring, sesuai budget saya. Makanya, saya jadi yakin membeli. Dengan harga murah, menurut saya bahan lumayan nyaman digunakan.

Selain memproduksi gamis katun jepang dengan berbagai motif, seller juga menjual gamis berbahan monalisa dan lainnya. Toko yang memiliki tagline "low price good quality" ini memasang harga gamis mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Disamping gamis, juga tersedia inner pants, mukena dewasa dan anak, inner hijab, blouse, piyama dan khimar. Terdapat sekitar 538 produk yang dapat dipilih.  Seller berlokasi di Kabupaten Cianjur dan pilihan pengiriman menggunakan ekspedisi JNE, J&T dan Sicepat. 


***

Nah, itulah 5 toko gamis di Shopee yang bagus ratingnya, tempat langganan saya sekaligus saya favoritkan. Oya, setiap orang memiliki pandangan berbeda-beda tentang bagus tidaknya sebuah produk. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa harga berbanding dengan kualitas ya, ada harga pasti ada rupa. Menurut saya, secara umum gamis yang saya beli harga murah tapi mutu kualitasnya lumayan bagus. Tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Terakhir pastikan ukuran dan bahan gamis terlebih dahulu karena meski rating toko 4.9, rating produknya juga bisa bermacam-macam. []