A-Z Tentang Gopay (Pengertian, Sejarah, Fitur, Cara Isi Saldo, dll)


Seiring maraknya penggunaan uang elektronik dalam transaksi di zaman digital saat ini, maka berbagai bentuk dan jenis e-wallet pun semakin bermunculan. Disadari atau tidak  kehadiran e-money tersebut dapat memberi banyak sekali dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Baik transaksi skala kecil maupun besar bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan uang elektronik. Hal ini karena berbagai keuntungan yang ditawarkannya. Kehadiran uang elektronik memangkas jarak dan waktu sehingga dirasa lebih efisien dibanding uang fisik biasa. 

Salah satu e-money yang paling banyak digunakan saat ini adalah GoPay. Berdasarkan penelitian terbaru oleh iPrice dan App Annie, GoPay masih menjadi peringkat pertama sejak kuarter kedua 2019 berkaitan dengan jumlah pengguna aktif dan jumlah aplikasinya di download disamping Shopeepay, DANA, LinkAja dan lainnya. Mayoritas masyarakat sudah cukup familiar dengan GoPay yang memang identik dengan ojek online bernama Gojek. Saya sendiri termasuk aktif menggunakan Gojek sekitar 3 tahun yaitu rentang tahun 2016-2019. Selain membayar cash pada driver, saya juga membayar menggunakan saldo Gopay. Nah, pada artikel ini saya mau berbagi beberapa informasi yang berhubungan dengan GoPay ditujukan khusus untuk teman-teman pengguna baru. 

.  

Apa yang dimaksud dengan GoPay? 

GoPay adalah salah satu layanan dompet digital atau uang elektronik yang terdapat di GoJek Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai pembayaran dan transaksi keuangan di aplikasi Gojek. Meski tidak ada penjelasan resmi apa maksud kata Gopay, bila dipahami sepertinya istilah Gopay merupakan gabungan dari kata Gojek dan Pay yang berarti pembayaran Gojek. 


Bagaimana sejarah atau awal mula Gopay?

Hadirnya GoPay bermula saat seorang pengusaha muda bernama Aldi Haryopratomo yang sebelumnya telah mendirikan dan mengembangkan PT RUMA  (Rekan Usaha Mikro Anda) atau lebih dikenal dengan istilah“MAPAN”. Awalnya, PT RUMA merupakan perusahaan yang menyediakan produk-produk furnitur. Pada tahun 2017, perusahaan ini di akuisisi oleh Gojek. 

Nah, saat ini Aldi Haryopratomo memiliki keprihatinan bagi orang –orang terutama kalangan menengah ke bawah yang ingin memiliki furnitur tetapi tidak memiliki uang tunai yang cukup. Aldi memikirkan cara bagaimana agar mereka bisa membeli furniture tanpa harus membayar secara cash. Aldi tidak merekomendasikan kredit karena ini akan menaikkan harga cukup tinggi. Akhirnya Aldi memiliki ide untuk membuat seperti sistem arisan, dimana beberapa orang mengumpulkan sejumlah uang yang sama dan mendapatkan furniture yang mereka inginkan secara bergiliran setiap bulannya. 

Dengan cara ini mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang sama seperti cash tapi dengan sistim cicilan. Untuk mempermudah hal ini Aldi memikirkan cara praktis agar masyarakat bisa menyetor uang dengan mudah setiap bulannya seperti sistem di Bank.  Akhirnya muncullah e-money ini yang setelah dikuisisi Gojek namanya berubah menjadi GoPay. 


Apa saja layanan atau kegunaan GoPay ?

GoPay memberikan beberapa fitur yang sangat bermanfaat sebagai bentuk layanan terbaik pada pelanggannya. Sebagaimana sudah disinggung diatas, GoPay sangat berguna untuk melakukan berbagai transaksi secara online dengan mudah dan praktis. Sesuai dengan fitur-fitur yang ada di Gopay maka Gopay bisa kamu gunakan untuk pembayaran berbagai transaksi di aplikasi gojek seperti  GoRide, GoCar, GoShop, GoSend, dan aplikasi lain yang tersedia. Selain itu kamu juga bisa menggunakan GoPay untuk pembelian pulsa, kuota internet, pembayaran cicilan secara online dengan mudah. 

Dengan adanya GoPay di aplikasi Gojek, pembayaran sudah tidak perlu lagi menggunakan uang tunai. Hal ini tentu saja membuat transaksi lebih mudah, dan praktis bagi kedua pihak. Selain untuk applikasi Gojek itu sendiri, GoPay mengembangkan fitur-fiturnya agar juga bisa digunakan untuk pembayaran online “In-Store” tertentu yang bekerja sama dengan GoPay. Nah, berikut fitur-fitur lengkapnya yang perlu diketahui : 

1. GO-Pulsa. Dengan adanya GoPay kamu bisa membeli pulsa dari berbagai operator terbaik di Indonesia, seperti Telkomsel, Indosat, 3, Indosat, Smartfren dan Axis. Tidak hanya pulsa, data internet pun bisa kamu beli dengan Gopay sehingga kamu tidak perlu lagi harus keluar  rumah untuk membeli pulsa dan kuota internet. 

2.GOPay Diary. Fitur ini kurang lebih seperti data histori atau mutasi di akun rekening Bank dimana pada penggunaan GoPay, traksaksi kamu juga tercatat dengan baik pada fitur GoPay Diary. Dengan adanya fitur ini, bisa membantu menganalisis pengeluaran kamu setiap bulannya menggunakan GoPay. Pastikan kamu sudah verifikasi email di aplikasi GOJEK untuk mengaktifkan fitur ini.

3.GO-Bill. Untuk kemudahan transaksi tagihan wajib perbulan, seperti bayar listrik, token, hingga BPJS, GoPay juga punya fitur GO-BILL. Hanya dengan satu aplikasi kamu bisa melakukan transaksi dengan aman dan cepat dengan saldo GoPay.

4.Tarik Tunai. Saldo GoPay kamu juga bisa diuangkan dalam bentuk tunai, jadi tidak perlu khawatir uang kamu terpendam di aplikasi. Saldo kamu yang ada di GoPay bisa kamu kirim ke rekening bank kamu setelah melakukan upgrade akun GoPay dengan cara mendaftarkan diri.  Panduan pendaftarannya akan dijelaskan saat kamu mengupgrade akun kamu. Kamu hanya perlu menyiapkan foto kartu identitas. 

5.Transfer. Mau berbagi saldo dengan pengguna GoPay lainnya? Tentu saja bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan tanpa biaya dengan fitur transfer pada GoPay. Kamu bisa mentransfer kapan saja dan dimana saja. 

6.Go-Point. Untuk memberikan reward pada pengguna setianya, Gopay juga mempunyai fitur “GoPoint”.  Jadi setiap pembayaran menggunakan GoPay, pengguna akan mendapatkan poin atau poin yang nantinya bisa ditukar dengan berbagai voucher yang disediakan di Gojek. Semakin sering kamu menggunakan GoPay semakin banyak poin yang terkumpul dan semakin menarik hadiah yang mungkin bisa kamu dapatkan dari penukaran poin tersebut.

7.Pay-Later. Pay Later merupakan fitur terbaru GoPay dimana kamu bisa melakukan pembelian terlebih dahulu dan pembayaran akan dilakukan dengan sistim cicilan. Sistem PayLater ini seperti sistem kartu kredit yang tidak dikenai bunga.


Apa Kelebihan dan Kekurangan GoPay?

Sebagai salah satu e-wallet atau e-money paling banyak digunakan di Indonesia, GoPay memiliki beberapa kelebihan dibandingkan e- wallet lainnnya. Sebagai dompet digital paling lama dan paling banyak digunakan, GoPay lebih mudah digunakan dan dipelajari oleh pengguna lama maupun pengguna baru.  Selain itu Top up GoPay juga sangat mudah dilakukan, salah satunya melalui pengemudi Gojek. Aplikasi Gopay juga sering memberikan promo dan voucher yang menarik untuk para penggunanya apalagi pengguna setia yang berkesempatan mendapatkan promo lebih banyak. 

Fitur-fitur pada GoPay terbilang banyak dan sangat mengedepankan manfaat bagi penggunanya. Misalnya saja, untuk Pay Later limit yang diberikan GoPay juga lebih besar dari e-wallet lainnya. Kelebihan menguntungkan lainnya adalah jaminan saldo kembali untuk kasus –kasus tertentu. Namun, dibalik kelebihannya, dibandingkan dengan aplikasi lain sejenis, banyak keluhan dari pelanggan mengatakan bahwa pembayaran melalui GoPay cukup mahal. 


Apa Beda GoPay dan GoPlus?

GoPlus adalah bagian dari GoPay yang sudah melalukan upgrade akun.  Kamu bisa menggunakan GoPlus hanya jika kamu telah mengupgrade akun GoPay kamu.  Dengan adanya GoPlus kamu bisa melakukan lebih banyak transaksi dan kamu bisa terhubung dengan mudah ke akun rekeking bank kamu. Nah, di GoPlus kamu akan mendapat fasilitas tambahan seperti Go PayLater. 

Lalu apa bedanya GoPlay dan GoPlus? Batas saldo GoPay hanya 2.000.000 sedangkan GoPlus bisa mencapai 10.000.000. Itu artinya kamu lebih leluasa bertransaksi dengan GoPlus karena memungkinkan kamu untuk melalukan tranfer ke sesama pengguna dan melakukan pembayaran untuk beli di Gopay Merchant. Jika kamu belum mengupgrade GoPay ke GoPlus maka penarikan melalui rekening bank tidak bisa dilakukan. GoPlus memungkinkan kamu untuk menarik saldo GoPay kamu melalui akun bank yang ditautkan.


Apa Beda GoPay Customer dan Driver?

Selain customer, driver Gojek juga mempunyai akun GoPay yang bisa mereka gunakan dan diuangkan. Lalu apa bedanya GoPay customer dan GoPay driver? Sebenarnya sederhana saja. GoPay customer adalah untuk pengguna aplikasi Gojek. Nah untuk driver, aplikasi yang dimiliki berbeda dengan pengguna atau customer. Driver Gojek memiliki aplikasi tersendiri yaitu “GoJek Driver” yang disana juga ada fitur GoPay.  Saat kita membayar menggunakan GoPay makan akan sampai pada akun GoPay mereka. Nah, pada saat pengisian Top Up pun berbeda antara GoPay Customer dan Driver. 


Bagaimana Cara Mendaftar dan Berhenti Layanan GoPay?

Tidak ada cara khusus untuk mendaftar layanan GoPay. Hal ini karena saat kamu mendownload lalu mendaftar di akun Gojek otomatis kamu sudah langsung memiliki akses ke GoPay. Kamu bisa membeli GoPay dari driver ataupun dari bank dengan nomor yang kamu daftarkan. Setelah itu pihak bank akan meminta verifikasi melalui email. Ikuti saja langkahnya dan setelah itu GoPay kamu langsung bisa digunakan untuk transaksi di Gojek. 

Jika kamu mau menonaktifkan layanan GoPay, kamu bisa menghubungi pihak Gojek dan pihak Gojek akan menghentikan akun kamu yang secara otomatis juga akan menonaktifkan GoPay kamu. Kamu bisa menghubungi call center GoPay (021) 5084-9000 atau (021) 5025-1110 lalu sampaikan keinginan untuk tutup akun. Pihak Gojek akan memverifikasi kepemilikan akun terlebih dahulu setelah itu baru memutuskan untuk menonaktifkan akun. 


Bagaimana Cara Isi Saldo GoPay?

Pengisian saldo GoPay bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah kamu bisa langsung mengisi dari driver Gojek saat kamu selesai menggunakan layanan Gojek. Driver hanya perlu nomor kamu yang terdaftar di Gojek untuk melakukan pengisian. Pengisian melalui driver ini paling disarankan karena kamu tidak akan terkena biasa sepeserpun.

Selain melaluk driver, pengisian juga bisa dilakukan di beberapa agen seperti Alfamart, Indomaret dan penyedia jasa transaksi online lainnya.  Jika kamu mau mengisi saldo sendiri, kamu juga bisa melakukannya melalui M-Banking atau ATM. Biasanya di berbagai ATM atau M-Banking sudah menyediakan menu pembelian GoPay yang juga sudah sesuai jenis Bank masing-masing. Jadi kamu tinggal mengikuti prosedur atau langkah-langkah yang muncul di layar, mengisi data dan kamu bisa mendapatkan saldo GoPay kamu dengan mudah dan aman. 


Apa Saja Promo-Promo Gopay?

Sebagai e-money yang paling populer GoPay banyak sekali menyediakan promo-promo menarik untuk pelanggannya. Hal ini tentu saja akan terus dilakukan untuk mempertahankan pelanggan serta sebagai reward bagi pengguna. Di antara promo yang sering diberikan GoPay adalah cashback, voucher, kode promo, potongan harga dan lain-lain. Promo diberikan untuk semua layanan termasuk Go-Ride, Go-Car, GoFood, GoSend dan layanan lainnya.  

Dengan banyaknya promo-promo yang diberikan, membuat pengguna semakin betah menggunakan GoPay sebagai salah satu alat transaksi elektronik mereka. Untuk detail apa saja promo yang ada hari ini, disarankan untuk mengecek langsung di aplikasinya. Hal ini lantaran promo bisa berubah setiap waktu berdasarkan kebijakan Gopay. 


Tanya Jawab Tentang Gopay Lainnya


1. Apakah GoPay sama dengan Gojek? ya, sama-sama dalam satu perusahaan induk, beda fungsi tapi satu kesatuan. Gojek adalah layanan ojek online. Sementara GoPay adalah semacam metode pembayaran digital atau e-wallet yang digunakan untuk membayar biaya ojek online Gojek maupun pembayaran lain. 

2. Top up GoPay lewat apa saja? Bisa langsung dengan driver, ATM, Mobile Banking, Indomaret, Alfamart dan lainnya.

3. Apakah bisa isi GoPay di Indomaret? Bisa sekali namun kamu akan dikenakan biaya administrasi. Sementara kalau kamu mengisi melalui driver langsung tidak dikenakan biaya.

4. Apakah GoPay bisa tarik tunai? Bisa asalkan akun kamu sudah ditautkan dengan data bank. Untuk menghubungkannya perlu up grade ke GoPlus dulu dan melakukan pendaftaran. 

5. Isi saldo atau top up Gopay di Alfamart minimal berapa? minimalnya Rp 20.000

6. Berapa minimal top up GoPay di Indomaret? Rp 20.000 dan dikenakan biaya admin Rp 2.000 setiap kali top up. 

7. Berapa saja isi saldo GoPay? 10.000, 20.000, 50.000, 100.000, 200.000, 300.000, 400.000 dan 500.000 

8. Apakah bisa isi saldo Gopay 10 ribu dan 30 ribu? Bisa tetapi top up melalui selain driver akan memberatkan kamu karena dikenakan biaya administrasi. 

9. Berapa minimal isi saldo GoPay? Rp 10.000

10. Apakah saldo di GoPay bisa hangus? Tidak bisa hangus karena saldonya tidak pakai batas masa berlaku. Selama akun kamu masih ada dan aktif, maka seharusnya saldonya ada. Kalau saldo tiba-tiba hilang, sebaiknya menghubungi pihak Gopay. 

11. Berapa batas maksimal isi GoPay? Jika akun kamu masih Gopay biasa maka maksimal batasnya Rp 2.000.000. Akan tetapi, kalau sudah upgrade akun Gopay ke GoPay Plus maka batas maksimalnya naik menjadi Rp 10.000.000. 


***