[Sharing Pengalaman] 15 Ide Kado Bayi Perempuan & Laki-Laki Baru Lahir Bermanfaat Sampai Besar


Akhir-akhir ini ada beberapa saudara maupun teman - teman saya baru siap melahirkan. Jadi, saya dan suami sudah berencana membelikan hadiah. Ternyata pusing juga dan tidak mudah menemukan produk yang sesuai dengan keinginan. Inginnya sih ngasih kado bayi perempuan dan laki-laki baru lahir yang bermanfaat sampai besarAwalnya kami sempat bingung karena tidak mendapatkan produk yang benar-benar bisa dipakai dalam jangka waktu lama. 


Kalau dipikir-pikir, sejatinya bayi itu kan selalu berkembang dan tumbuh besar dari waktu ke waktu. Seringkali orang tua memberikan wejangan kalau membeli perlengkapan bayi baru lahir tidak usah banyak-banyak karena takutnya nanti malah mubazir. Hal ini karena perlengkapan tersebut hanya dipakai beberapa bulan saja oleh bayi karena dia makin tambah besar sehingga produk yang dibutuhkannya pun berubah terus. Tidak sama.


Sempat berpikir mau beli mainan. Mainan bayi 1,2 dan 3 bulan tentu berbeda dengan mainan bayi 1 tahun, 2 tahun maupun 3 tahun. Kecil sekali kemungkinan mainan bayi baru lahir masih digunakan sampai usianya menginjak 3 tahun apalagi 5 tahun. Bayi selalu tertarik dengan hal-hal baru, begitu juga dengan mainan. Kalau soal ini, saya belajar dari anak saya sendiri. Sebagian bayi memang mudah bosan dengan mainan yang sama setiap hari. Rasa keingintahuan mereka juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan kecerdasan otak. 


Kalau alamiah sunatullahnya bayi terus bertumbuh kembang, rasanya akan sulit menemukan ada kado bayi perempuan dan laki-laki baru lahir yang bermanfaat sampai besar seperti berumur belasan tahun. Menurut saya, hal yang bisa dilakukan adalah membeli produk yang frekuensi pemakaiannya tergolong sering, yang terpakai hampir setiap hari dan durasi pemakaiannya juga dalam waktu lebih lama.




15 Ide Kado Bayi Perempuan dan Laki-Laki Baru Lahir yang Bermanfaat Sampai Besar 


Ketika merasa mentok dan bingung mencari kado bayi yang bisa dipakai dalam jangka waktu panjang, saya kemudian berkaca kepada anak saya sendiri. Dia lumayan banyak mendapatkan hadiah pas lahir dan bermacam-macam jenisnya. Saya perhatikan, di usia dia yang menginjak 3 tahun, beberapa kado yang didapatnya masih bisa digunakan bahkan dapat dimanfaatkan oleh adiknya yang baru lahir.  Selain itu, saya juga memperhatikan apa saja barang-barang milik anak saya yang ternyata lama pemakaiannya. Nah, dibawah ini 15 ide kado ala saya yang bisa kamu pertimbangkan : 


1. Pakaian harian. Bisa piyama, setelan kaos, celana panjang, celana pendek, kaos dalam, sapu tangan dan lainnya. Triknya adalah dengan membelikan ukuran satu atau dua tingkat di atas usia si bayi.  Jangan membeli ukuran yang pas karena durasi pemakaiannya hanya singkat. Misalnya, jika membeli baju untuk bayi berusia 0-3 bulan maka hanya akan terpakai sekitar 3 bulan saja paling lama 6 bulan kalau badan bayi kecil. Beda halnya kalau membeli yang agak besar, masa pemakaian akan lebih lama. Saya pernah membeli piyama ukuran L ketika bayi saya berumur 6 bulan yang seharusnya pakai M. Alhasil piyama tersebut masih bisa digunakan hingga sekarang di usia 3 tahun. 


2. Handuk mandi. Anak saya mendapatkan 2 kado yang isinya handuk dan alhamdulillah keduanya masih bermanfaat sampai sekarang. Sudah 3 tahun dipakai buat gonta ganti handuk masih bagus dan sepertinya juga bisa dipakai beberapa tahun lagi. Bahkan sampai sekarang saya belum ada lagi mengeluarkan uang untuk membeli handuk baru untuk anak, masih memanfaatkan handuk kado tersebut. Ukurannya standar, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. 


3. Cloth diapers atau clodi. Berdasarkan pengalaman memakai, clodi memiliki beberapa kancing yang bisa disesuaikan dengan usia bayi. Dulu anak saya mulai memakai clodi saat berumur 6 bulan sampai sekarang sudah 3 tahun masih bagus. Walau sudah berhenti memakai clodi karena volume pipis sudah terlalu banyak serta badan makin bertambah jadi tidak muat, clodi tersebut benar-benar masih berfungsi dengan baik dan nantinya bisa dipakai oleh anak kedua saya yang saat ini berumur 3 bulan. 


4. Baskom mandi. Kalau ingat ini sebenarnya agak lucu karena memang kadonya unik. Entah mengapa adik saya  yang nomor 2 ingin memberikan kado bak mandi plastik. Waktu itu saya melahirkan di kampung dan bak mandinya sudah tersedia sebelum bayinya lahir. Tak terasa sudah 3 tahun saja baskom mandinya masih mulus seperti baru. Selain bisa dipakai untuk mandi, juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti menampung sementara pakaian yang sudah dikeringkan sebelum dijemur.


5. Jemuran dan gantungan kain. Selain bak mandi bayi plastik, adik saya juga sempat memberikan hadiah berupa jemuran bayi yang bentuknya bulat. Dengan memakai jemuran ini maka banyak pakaian bayi yang bisa dijemur dalam satu gantungan sehingga hemat tempat. Sampai sekarang hadiah jemurannya masih bagus. Pas anak kedua saya lahir kemaren juga ada adik yang ngasih hadiah jemuran gantung ini sehingga stok jemuran bayi kami makin banyak.


6. Selimut. Buat apa pusing mencari-cari kado bayi yang bermanfaat sampai besar, mengapa tidak berpikir sederhana saja. Misalnya dengan memberi hadiah selimut. Asalkan selimut terbuat dari material berkualitas dan ukurannya sesuai, insaallah akan terpakai lama hingga bertahun-tahun. 


7. Baby feeding set. Awalnya diberi kado peralatan makan ini sama teman setempat kerja suami. Kemudian malah terinspirasi buat beli sebagai kado. Sudah tiga kali kami memberi kado baby feeding set ini kepada sanak saudara maupun teman. Kado ini memang tergolong bermanfaat dalam jangka waktu lama. 


8. Buku cerita anak dan poster. Mayoritas kado bayi baru lahir berupa pakaian, namun tidak ada salahnya juga memberi berupa buku cerita pengantar tidur buat bayi serta poster-poster menarik yang berguna untuk mengasah kecerdasan bayi. Kalau buku pasti bertahan lama ya. Pilihlah buku yang berupa kumpulan atau terdiri dari banyak cerita sehingga kisah yang dibacakan ke bayi terus berubah. Banyak lho ibu-ibu milenial yang memilih untuk membacakan cerita pada bayinya sejak dini. 


9. Playmat/matrass atau karpet main bayi. Banyak orang tua yang menyadari bahwa bayi mereka membutuhkan ruang bermain sendiri. Tak heran mereka berusaha mendesain kamar anak maupun kamar bermain dengan sebaik mungkin. Seperti memasang playmat yang tidak hanya nyaman dipandang tapi juga berfungsi melindungi bayi dari benturan di lantai. Saat ini juga banyak dijual playmat yang multifungsi bisa sekaligus dijadikan mainan maupun materi pelajaran pengasah otak. Ada beberapa karakter yang menarik perhatian anak seperti huruf abjad, berupa potongan puzzle dan lainnya. 


10. Tas perlengkapan bayi. Ide kado yang bisa dipertimbangkan adalah tas bayi. Biasanya tas ini didesain secara khusus sehingga hampir semua perlengkapan bayi bisa dibawa seperti botol susu, diapers, pakaian dan lainnya. Terdiri dari 4 ukuran yaitu kecil, sedang, besar dan jumbo. Tas multifungsi berukuran jumbo sangat bermanfaat ketika melakukan perjalanan jauh seperti pulang kampung maupun berwisata ke luar kota. Sementara, ukuran kecil dan sedang bisa dipakai untuk perjalanan yang memakai waktu singkat seperti pergi ke rumah sakit, imunisasi, perkumpulan balita dan sebagainya. 


11. Seprai karakter. Ini terinspirasi dari kejadian kemaren saya habis belanja seprai buat anak-anak. Suami saya bilang seprai karakternya sangat lucu dan menarik. Kedua anak saya sangat suka dengan motif panda serta minnie ribbonnya. Jadi terbesit di pikiran saya mau ngasih kado seprai karakter anak untuk teman yang tidak lama lagi mau lahiran. Ide ini juga terinspirasi dari kado nikah. Kami mendapatkan hadiah sekitar 10 seprai sehingga tak terasa sudah hampir 5 tahun kami tidak membeli seprai baru. Seprai hadiah tersebut bertahan lumayan lama dan masih bagus, warnanya n motifnya juga tidak pudar. Hanya saja ingin motif baru dan ganti suasana,  makanya nyari motif karakter anak. 


12. Kelambu nyamuk. Kalau diperhatikan, kelambu menjadi salah satu perlengkapan bayi yang wajib dibeli para ibu. Terutama di daerah yang dikenal banyak nyamuk atau menjadi endemik penyakit yang disebabkan oleh nyamuk seperti malaria dan demam berdarah. Rata-rata sih kelambu bayi yang dibeli berukuran kecil, memang pas sesuai ukuran kasur bayi. Namun, menurut saya akan lebih unik jika memberikan kado kelambu berukuran besar. Ya, kelambu gantung dengan tinggi sekitar 3 meter selebar tempar tidur. Kelambu jumbo ini bisa bertahan bertahun-tahun dan bisa dirasakan manfaatnya oleh anggota keluarga lainnya.


13. Lemari laci susun. Menyambut anggota baru biasanya pasti juga merencanakan akan diletakkan dimana nanti pakaian dan perlengkapan bayi. Saya sendiri lebih suka membedakan tempat pakaian masing-masing anak sehingga lebih mudah mencarinya. Membelikan lemari susun khusus menyimpan pakaian bayi yang terbuat dari kayu maupun plastik menurut saya salah satu ide yang unik. 


14. Perlengkapan perawatan kuku dan rambut (baby nail & hair kits). Paket ini biasanya terdiri dari beberapa item, ada yang 3, 4 atau 5 item dalam satu set. Produknya dibuat khusus untuk pemakaian bayi sehingga sikecil menjadi nyaman. Kado ini terbilang bermanfaat lumayan lama karena tidak dibatasi oleh ukuran sebagaimana pakaian.


15. Speaker Alquran. Jika kamu mempunyai budget yang cukup, ini merupakan rekomendasi pertama dari saya. Harga sebuah speaker Alquran memang tergolong agak sedikit merogoh kantong sekitar  Rp 150.000 hingga Rp 200.000. Namun, manfaatnya jauh lebih besar. Tidak sekedar kado biasa seperti kado-kado lain yang hanya untuk kepentingan harian bayi yang bisa habis, speaker ini mengandung manfaat jangka panjang. Bahkan bisa menjadi amal jariyah selama hadiah speaker yang kamu berikan masih dimanfaatkan oleh sibayi beserta keluarganya. Ini kado terbaik ala saya karena orientasinya dunia akhirat ya. Sangat cocok untuk keluarga yang fokus mengajarkan anak pada nilai-nilai pendidikan Islam sejak dini.



***


Ide-ide diatas memang bukan kado bayi perempuan dan laki-laki baru lahir yang bermanfaat sampai besar sampai remaja atau dewasa ya tapi setidaknya berguna dalam waktu yang lumayan lama 3-5 tahun. Bahkan jika materialnya bagus dan dirawat dengan baik bisa bertahan hingga 10 tahun, bisa juga diwariskan atau dipakai oleh anak berikutnya.