13 Penyebab Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan dan Solusi



Akhir-akhir ini ada beberapa teman-teman pengguna pinjaman online yang mengeluhkan soal Shopee paylater tidak bisa digunakan. Sebagian mereka ada yang memang baru bergabung jadi masih belum mengetahui secara menyeluruh seluk beluknya. Sebagian lagi sudah pernah memakai, selama ini lancar membayar tidak pernah telat dan kemudian tiba-tiba tidak dapat dipakai lagi. Hal yang menarik adalah ada yang tidak pernah berhutang di aplikasi manapun dan baru pertama mau mencoba layanan pinjaman belanja ini tetapi ternyata juga tidak bisa dikabulkan. 


Sebagian ada yang kecewa berat lantaran diberi limit besar dan terus ditambah limitnya sementara akunnya malah tak dapat dipakai. Setiap kali mencoba tetap tidak mau. Sebagian besar keluhan atau kendala yang dihadapi seperti tidak bisa dipakai padahal saldo cukup, tidak dapat masuk ke halaman Spaylater, tidak dapat klik bayar di menu pembayaran tagihan Spaylater, tidak dapat menggunakan metode pembayaran, kode pembayaran tidak muncul, error saat membayar maupun tombol menjadi abu-abu sehingga tidak bisa diklik. 


Nah, untuk itu di postingan kali ini saya berusaha mengumpulkan informasi apa saja penyebab layanan beli dulu bayar kemudian dari Shopee ini tidak bisa dipakai. Tidak hanya sampai disitu, tulisan ini juga dilengkapi dengan bagaimana cara mengatasi atau solusi terhadap permasalahan tersebut. Jika Shopee Paylater tidak bisa digunakan, mungkin saja beberapa hal dibawah ini yang menjadi penyebabnya : 


1. Spaylater kamu belum aktif. Agar bisa memanfaatkan layanan beli dulu bayar kemudian ini, maka perlu diaktifkan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu tinggal buka aplikasi, klik akun saya dan klik tulisan Spaylater. Ikuti dan lengkapi proses aktivasi sampai selesai. Setelah berhasil, disarankan menunggu beberapa waktu sebelum digunakan pertama kali. Misalnya, 2x24 jam setelah itu atau beberapa hari. 


2. Belum mendapat tawaran. Yap, Shopee paylater merupakan layanan yang diberikan kepada pengguna yang terpilih. Artinya, tidak semua pemilik akun yang bisa menemukan layanan ini di akun mereka. Jika kamu tidak menemukan tulisan Spaylater beserta angka nominal limit di akun berarti kamu belum bisa mendapatkan layanan ini. Kasus ini terutama dihadapi oleh pengguna baru yang tingkat loyaltynya masih classic. Perlu diketahui Shopee mengelompokkan pengguna dalam 4 tingkat yaitu classic, silver, gold dan platinum. Pengelompokan ini berdasarkan keaktifan mereka belanja. Makin sering belanja, maka tawaran limit Shopee Paylater otomatis akan naik. Jadi, jika ingin mendapatkan tawaran, solusinya adalah sering-sering belanja. 


3. Belanja melewati batas limit. Sebagaimana diketahui, layanan paylater dibatasi nominal dimana jatah limit tiap orang berbeda satu sama lain. Adakalanya karena keasyikan belanja tidak sadar kalau saldo sudah tidak mencukupi sehingga pembayaran tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, selalu cek berapa sisa limit yang tersedia untuk dipakai. Jika kamu merasa limit yang diperoleh terlalu sedikit, maka cobalah belanja berdasarkan prioritas sehingga ketika limit habis kamu tidak terlalu kecewa karena produk yang paling dibutuhkan sudah dibeli.


4.  Kendala sistem dan maintenance. Biasalah ya, dimana-mana pasti selalu ada masalah ini. Hampir semua aplikasi mengalami kasus sistem yang sedang down dan ada berbagai kerusakan sehingga membutuhkan waktu untuk maintenance. Solusinya satu-satunya ya hanya menunggu sampai proses perbaikan selesai. Setelah tampilan sistem kembali normal, maka akan bisa dipakai seperti sedia kala. Kendala ini memang kadang sedikit menyebalkan karena lagi asyik belanja, dapat diskon lagi pas mau checkout ternyata aplikasi tiba-tiba down. 


5. Jaringan internet tidak stabil. Seringkali pengguna kecewa mengapa aplikasi sulit diakses seperti halaman hasil pencarian produk yang lama muncul. Berpindah dari satu halaman ke halaman lain yang juga tersendat-sendat bahkan seperti mogok. Sebelum menyalahkan aplikasi, pastikan data seluler aktif dan kuota internet kamu mencukupi untuk mengakses layanan belanja online. Tidak semua lokasi memiliki jaringan internet yang kencang dan stabil. Kalau mau lancar menggunakan paylater, cobalah disaat sinyal jaringan internet kamu sedang kuat dan bagus. 


6.  Melanggar syarat dan ketentuan. Masalah ini mungkin sedikit membingungkan bagi sebagian pengguna. Sebagai orang awam, tidak tahu bagaimana caranya sebuah akun bisa terdeteksi oleh sistem melakukan pelanggaran. Kemudian apa jenis syarat dan ketentuan yang dilanggar karena alasan ini seperti umum. Tiba-tiba paylater tidak bisa digunakan dan ketika ditanyakan katanya telah terjadi ketidaksesuaian aktivitas. Katanya akun tidak dalam kondisi normal alias bermasalah. Ketika proses aktivasi memang ada syarat ketentuan yang harus dipatuhi dan disetujui. Kalimat dan pasal-pasal yang tertulis disana lumayan panjang sehingga kadang membuat segelintir pengguna malas membaca secara detail. Agar dapat menikmati layanan Spaylater dengan lancar kedepannya, tidak ada salahnya kembali mencaritahu apa saja ketentuan penggunaannya biar tidak terjadi kendala berulang.


7. Tagihan menunggak. Mereka yang punya riwayat terlambat membayar tagihan sudah dipastikan tidak bisa menggunakan Shopee paylater. Namun, tenang saja karena ini hanya sementara waktu. Biasanya setelah semua tunggakan dilunasi akun langsung bisa digunakan untuk belanja seperti biasa. Kecuali kamu melakukan kesalahan yang benar-benar fatal atau telat membayar yang tergolong berat. Telat sekali sebulan mungkin masih bisa dimaklumi dan dipertimbangkan, tetapi telat melulu dan sering maka itu bisa menjadi catatan bagi pemilik dana pinjaman.

 
8. Seller belum menerima pembayaran Spaylater. Sebagaimana diketahui, Shopee itu ecommerce yang terdiri dari ribuan mungkin juga jutaan seller. Banyak penjual yang membuka cabang toko disana. Ada seller yang masih sangat baru alias baru bergabung. Ada seller yang sudah jualan setahun dua tahun dan ada juga yang jualan diatas 5 tahun atau seumuran Shopee. Biasanya penjual baru membutuhkan waktu untuk meningkatkan layanan dan performa tokonya. Sebagian mereka belum berhasil menjadi starseller dan belum memenuhi syarat menjual produk dengan metode Spaylater. 

Disamping itu, Shopee juga bekerjasama dengan berbagai merchant untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Jika pembayaran tidak bisa digunakan berarti merchant tersebut belum terhubung dengan Spaylater. Solusinya adalah pindah ke seller lain yang menjual produk senada dengan yang kamu cari. Jadi, Shopee paylater tidak bisa digunakan di semua toko.



9. Produk tidak bisa dibeli dengan Spaylater. Selain tidak semua toko yang menerima pembayaran Shopee paylater, juga terdapat peraturan bahwa tidak semua produk yang bisa dibeli menggunakan layanan beli sekarang bayar nanti. Misalnya, tidak bisa buat beli voucher. Sebaiknya, kamu kembali membaca syarat dan ketentuan untuk mengetahui Shopee paylater bisa digunakan untuk apa saja. Hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi lagi kendala lagi berikutnya.


10. Salah memasukkan PIN. Shopee paylater tidak bisa digunakan bisa saja disebabkan oleh kesalahan ketika menginput PIN saat akan melakukan pembayaran. Jika salah memasukkan PIN berulangkali maka akun bisa diblokir. Hal ini berarti Spaylater tidak dapat digunakan. Namun, ini bukanlah kendala permanen. Hanya sementara waktu. Kamu dapat mengurus agar bisa menggunakan akun kembali.


11. Aplikasi tidak berfungsi maksimal. Pernahkah kamu menemukan beberapa fitur aplikasi yang tidak bisa diakses? Hal ini kadang disebabkan karena aplikasinya masih versi lama. Untuk mendapatkan pengalaman belanja yang nyaman dan lancar, maka perlu upgrade versi lawas menjadi aplikasi versi terbaru. Hampir semua aplikasi melakukan update atau pembaruan fungsi aplikasi mereka. Terlebih kalau ditemukan semacam bug dan kekurangan lain sehingga perlu ditingkatkan keamanannya. Biasanya update aplikasi ini dilakukan secara rutin. Setiap diupdate otomatis versi aplikasinya pun berbeda, lebih sempurna dari sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah upgrade ke aplikasi terbaru ya. Caranya mudah, buka Google Playstore dan cari aplikasinya. Misalnya Shopee, nanti akan ada tulisan update. Tinggal klik dan tunggu proses updatenya. Setelah itu, akun dapat dipakai seperti biasa.


12. Ganti HP baru. Kendala ini banyak sekali tidak disadari pengguna sehingga lumayan sering terjadi keluhan layanan Shopee Paylater tidak bisa digunakan setelah mereka berganti ke beda smartphone. Login ke device berbeda ternyata juga bisa menyebabkan masalah pada aplikasi tertentu alias tidak terbaca. Namun, tidak semua aplikasi yang mengalami hal ini. Kalau kamu pernah membuka akun Gmail di device berbeda biasanya akan dikirimkan pemberitahuan kalau akun telah dibuka di perangkat berbeda dan meminta konfirmasi kalau aktivitas tersebut benar kita yang melakukan. Ini sih perusahaan sekelas Google ya. Sementara, perusahaan lokal maupun nasional belum semuanya memiliki layanan canggih seperti itu sehingga aplikasi hanya bisa dipakai di perangkat saat didaftafkan saja. Tidak bisa pindah perangkat.


13. Aplikasi lemot. Umumnya penyebab aplikasi terasa berat saat dibuka adalah jaringan atau tingkat sinyal internet yang kurang kuat atau jumlah kuotan paket internet yang mau habis. Namun, dalam beberapa kasus, penyebab aplikasi lemot sehingga layanan tidak bisa diakses adalah karena ruang penyimpanan smartphone yang hampir penuh. Agar kondisi smartphone kembali prima, disarankan untuk melakukan bersih-bersih file yang tidak diperlukan. Begitu juga sebaiknya bersihkan cache di pengaturan dan periksa ruang penyimpanan. 




Tanya Jawab Seputar Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan



1. Saya sudah mencoba identifikasi semua penyebab diatas tetapi tetap tidak bisa, harus bagaimana?

Jika kamu sudah mengenali diantara penyebab diatas kemudian mencoba mengatasinya mandiri namun ternyata itu tidak membantu, maka tidak ada jalan selain menghubungi call center Shopee. Cobalah membuat pengaduan resmi melalui kontak email. Kalau komplain lewat fitur chat kadang tidak maksimal karena seakan diburu-buru waktu. Kurang leluasa membuat pengaduan. Kadang kita masih mengetik dan memformat kata-kata tapi kolom chat sudah ditutup, dianggap selesai atau dialihkan. 



2. Saya sudah mencoba menghubungi pihak Shopee tetapi jawabannya sama sekali tidak membantu, apa yang harus dilakukan?

1. Cobalah melakukan uninstall, download lagi kemudian di install ulang aplikasinya. Dalam beberapa kasus trik ini berhasil dengan baik.
2. Membuat akun baru. Jika cara pertama diatas juga gagal, maka cara berikutnya adalah mencoba membuat akun baru dan mendaftar baru saja. Dapat juga menggunakan data anggota keluarga lainnya jika data kamu sudah terdaftar.
3. Coba apply paylater lain. Jika solusi kedua diatas juga tidak memungkinkan, jika sedang butuh pinjaman buat belanja, maka jalan terakhir adalah mencari aplikasi paylater lain. Saat ini sudah aplikasi yang menyediakan layanan beli sekarang bayar nanti. Jadi, masih ada pilihan lain jika satu paylater gagal.  Seperti kata pepatah, tidak satu jalan ke Roma. 



3. Bagaimana jika Shopee paylater tidak digunakan?
 
Kalau tidak digunakan ya tidak ada masalah. Tidak akan ada tagihan kalau tidak belanja menggunakannya. Namun, tetaplah berhati-hati soal OTP serta data akun takutnya nanti akun kamu dibajak dan akun Spaylater kamu disalahgunakan orang berniat jahat. Di Media Konsumen ada beberapa pengaduan dimana mereka tidak ada menggunakan tapi tiba-tiba datang tagihan karena teledor melindungi data pribadi.


***