[ Sharing Pengalaman] Token Listrik Gagal Terus dan Tidak Bisa Masuk



Kalau diingat-ingat dalam 5 tahun terakhir, kami belum pernah mengalami token listrik gagal terus dan tidak masuk. Selama itu hampir selalu lancar dan tidak ada masalah. Biasanya membeli di penjual pulsa terdekat. Namun, sudah lebih setahun ini berlangganan pembelian listrik prabayar di salah satu toko online. Meski beli online juga tidak pernah ada masalah.


Baru kemaren ada kendala token listrik gagal terus dan tidak bisa masuk. Hal ini membuat saya sangat panik dan sempat marah-marah. Panik karena takut rugi, kehilangan uang dengan nominal yang lumayan. Ceritanya seperti biasa setiap tanggal 1 saya belanja bulanan termasuk listrik. Saya membeli listrik nominal 100.000 namun suami ternyata lupa langsung menginputnya. Dia baru ingat dua hari setelah itu. Nah, ketika di input berulangkali tetap tidak bisa.


Saya pikir mungkin nomor tokennya sudah kadaluarsa karena telat input beberapa hari. Suami pun berinisiatif bertanya kepada temannya yang menjual token  katanya tidak ada kadaluarsanya. Mau telat input seminggu pun seharusnya tetap bisa masuk. Kami pun berpikir mungkin memang nomornya bermasalah, jadi saya mencoba beli sekali lagi beli baru nominal 50.000. Eh, ternyata oh ternyata tetap tidak bisa. 


Kami pun mencoba tanya sana sini, mencari berbagai informasi mana tau ada teman yang mengalami hal sama. Namun, hal tersebut tetap tidak membantu menyelesaikan kendala yang sedang kami hadapi. Saya coba menghubungi PLN secara online sudah dua hari juga tidak ada jawaban. Akhirnya suami berinisiatif datang langsung ke kantor cabang PLN terdekat dan alhamdulillah masalah terpecahkan. 




Penyebab Mengapa Token Listrik Gagal Terus dan Tidak Bisa Masuk


Ada beberapa penyebab mengapa input listrik pulsa mengalami kendala. Nah, sebagai orang awam kami tidak mengerti apa-apa saja kendala tersebut secara rinci. Apalagi ibu rumah tangga seperti saya paling gak ngeh dengan istilah-istilah masalah listrik. Ketika terjadi masalah kemaren, mau tidak mau dituntut harus mencari tahu. Saya sempat membaca-baca berita yang bersileweran di dunia maya. Dari berbagai sumber yang saya baca token listrik gagal terus dan tidak bisa masuk kemungkinan penyebabnya bisa saja salah satu atau beberapa faktor dibawah ini : 



1. Migrasi kode tarif indeks yaitu proses perubahan kode tarif indeks dari kode PT Pelayanan Listrik Nasional ke tarif indeks nasional. Tujuannya adalah supaya semua perubahan bisa sinkron dengan sistem nasional. Proses perubahan dari tarif indeks lama ke angka baru inilah membuat voucher tidak bisa dimasukkan karena kodenya sudah berbeda. Nah, ternyata kami mengalami masalah kategori ini. 


2. KWH Overlimit atau melewati batas pengisian maksimal. Jadi, ternyata walau sudah listrik prabayar kita tidak bisa sembarangan mengisi sesuka hati melainkan ada batasnya. Sama halnya saat melakukan pembelian token PLN. Ketika saya membeli online di bagian bawah selalu muncul peringatan " Mohon perhatikan bahwa terdapat batas pembelian untuk token PLN. Jika pembelian telah melebihi limit, maka pesanan akan gagal".


3. Server pusat milik PLN sedang down. Namanya server dan jaringan pastilah ada erornya ya. Bukan hanya PLN, perusahaan telekomunikasi pun juga mengalami. Data listrik masing-masing warga seperti nomor ID dan nomor meteran terhubung dengan server pusat tersebut sehingga kalau servernya terganggu otomatis pengisian token pun akan terkendala. 


4. Sedang mengurus listrik seperti dalam proses pembaharuan sistem meter ataupun sedang mengajukan perubahan daya. Otomatis proses yang ada perlu diselesaikan dulu baru bisa menggunakan token seperti sebelumnya. 


5. Salah mengetik nomor meter atau ID pelanggan saat membeli. Hal ini kurang lebih sama seperti kasus salah transfer uang maupun salah kirim pulsa. Penyebabnya karena kurang hati-hati dan kurang teliti sehingga nyasar ke orang lain. Jika salah menuliskan nomor meter saat membeli, maka saldo token tidak bisa masuk.


Tentang hal ini saya jadi teringat kejadian saat ada orang yang pindah mengontrak rumah baru. Jadi, listriknya pun juga baru dipasang. Di meteran sudah dituliskan dengan spidol berapa nomor ID nya. Otomatis penyewa membeli token listrik sesuai nomor ID yang ditulis di meteran. Namun, token tidak kunjung masuk. Setelah ditelusuri ternyata yang membantu pengurusan pasang baru listriknya salah menuliskan nomor ID. Dia malah menuliskan nomor ID dia pribadi sehingga token listriknya salah alamat. Si penyewa terpaksa merelakan token yang sudah dibeli tersebut dan merasa tidak enak meminta kembali.


6. Kurang teliti menginput nomor token ke meteran. Setiap membeli token biasanya kita akan diberikan nomor token berupa 20 angka. Angka tersebut harus dimasukkan ke meteran dengan benar sesuai urutan dan tidak ada yang kurang satu pun. Salah input sekali dua kali masih bisa dimaklumi tidak apa-apa tetapi kalau sudah tiga kali maka meteran akan terblokir. Ini yang menyebabkan token listrik gagal dan tidak bisa masuk. 




Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus atau Reject


Bagi teman-teman yang saat ini mengalami hal yang sama seperti yang kami alami dan juga bingung harus bagaimana, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi token listrik yang gagal terus atau reject : 


1. Pastikan dulu nomor token dan nomor ID pelanggan sudah diketik dengan benar. Ini merupakan langkah pertama yang sebaiknya dilakukan. Jangan buru-buru mengadukan ke PLN karena bisa saja kendala yang terjadi karena kelalaian kita.

Jika terjadi kesalahan input, maka solusinya adalah dengan mereset ulang meteran. Caranya cukup menekan tombol 00 kemudian di enter. Tunggu beberapa saat maka akan tereset. Setelah itu kamu sudah bisa memasukkan nomor token kembali. Kalau memang kesalahan input, biasanya setelah direset token langsung terbaca.

 
2. Menunggu beberapa waktu. Mungkin saja kendala yang dihadapi disebabkan oleh adanya gangguan server. Tidak ada salahnya menunggu dulu beberapa saat kemudian mencoba lagi. Kalau benar karena server eror, begitu server normal maka otomatis token berhasil masuk. 


3. Melapor ke pihak PLN secara online atau datang langsung. Jika yakin tidak ada masalah ketika melakukan input nomor dan ID juga tidak ada gangguan server, saran saya sesegera mungkin datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat. Mana tahu ya kendala yang kamu hadapi sama dengan kami yaitu perubahan indeks tarif sehingga kodenya berubah. Agar voucher dapat digunakan maka harus di upgrade dulu nanti akan muncul nomor baru atau key change token 1 dan 2. Kode yang terdiri dari 20 angka ini kami dapatkan langsung dari petugas PLN. 

Sekarang memang ada layanan pengaduan online baik lewat telepon, email maupun media sosial. Namun, jumlah orang yang melaporkan pengaduan bisa saja banyak sehingga laporan aduan kamu tidak bisa diproses dengan cepat seperti yang saya alami. Dulu saya juga pernah melakukan pengaduan online lewat telepon, memang hanya perlu menunggu di rumah saja tapi lumayan lama menunggu untuk diproses. 

Oleh karena itu, kami memutuskan bertanya langsung ke kantor PLN terdekat, sekitar 15 menit naik motor dari rumah. Memang terkesan kurang efektif datang langsung ke kantor PLN tetapi masalah listrik lebih cepat selesai. 






TANYA JAWAB SEPUTAR TOKEN LISTRIK GAGAL TERUS



1. Jika token listrik gagal terus masuk apakah uang bisa kembali?
  
Bisa. Kamu bisa melakukan klaim kepada pihak penjual tempat kamu membeli token. Pernah ada kejadian tetangga kami yang tokennya tidak bisa masuk, dia langsung melapor ke penjual dan langsung dikasih nomor token baru. Kalau pembelian token online, pengajuan ganti ruginya juga harus online. Ini sedikit memakan waktu karena toko online hanya mau ganti rugi atau mengembalikan uang kamu jika disertai bukti. Bukti token listrik tidak bisa masuk harus melapor dulu ke PLN. Ketika pihak PLN mengatakan nomor token tersebut memang tidak valid, maka itu bisa dijadikan bukti untuk meminta ganti rugi pada penjual. 


2. Mengapa tidak bisa beli token listrik hari ini?

Umumnya karena masalah gangguan jaringan PLN atau server pusat sedang eror. Bisa juga karena kamu sudah melewati batas limit atau jaringan internet tidak mendukung ketika melakukan pembelian secara online. 


3. Apakah token listrik bisa hangus?

Nomor token tidak ada masa kadaluarsanya sehingga kamu tidak perlu khawatir akan hangus dan rugi jika telat melakukan input.


4. Apa yang terjadi jika token listrik gagal 3 kali?

Listrik kamu akan kena blokir otomatis. Untuk memulihkan kembali seperti sediakala solusinya adalah melaporkan ke PLN. 


5. Bagaimana cara pengaduan token listrik gagal? 

Bisa melalui layanan mobile atau online dengan menelpon contact center 123.


6. Ketika isi token listrik gagal ada tulisan "periksa", apa maksudnya?

Ini terjadi karena kesalahan teknis saat pemasangan instalasi listrik. Solusinya adalah dengan melapor ke PLN karena harus ada petugas yang memeriksa secara langsung keadaan listrik di rumah kamu. 


***