Pengalaman Beli Pulsa di Shopee 2021, Dapat Cashback & Diskon !!


Pengalaman beli pulsa di Shopee, dapat cashback & diskon



Tidak hanya memutuskan langganan pembelian token listrik PLN prabayar, dalam dua bulan terakhir saya sekeluarga juga beli pulsa di Shopee dan alhamdulillah selalu mendapatkan voucher cashback. Oya, saya khusus membeli pulsa Telkomsel untuk didaftarkan kuota internet sistem bulanan atau 30 hari. Biasanya, pengeluaran perbulan untuk paket data ini mencapai Rp 150.000 yaitu 75 ribu untuk saya dan 75 ribu untuk suami. 


BACA JUGA : 5 Cara Isi Ulang Paket Kuota Internet Telkomsel, Mudah dan Murah dengan Pulsa


Sebelum berlangganan beli pulsa di Shopee, bertahun-tahun lamanya saya dan suami membeli di counter pulsa terdekat. Dua tahun terakhir rutin tiap bulan memesan sama teman yang jualan pulsa, sistemnya online juga. Pesan lewat chat whatshapp dan melakukan pembayaran dengan cara transfer via mobile banking. Entah mengapa belum ada kepikiran di Shopee padahal saya sudah hampir 6 tahun punya akun Shopee dan tergolong aktif belanja setiap bulan. Saya berpindah haluan ke aplikasi toko online orange ini karena menurut saya sedikit lebih hemat dan murah. Sekali beli dapat beberapa ribu rupiah. Sedikit demi sedikit kalau dikumpulkan lama-lama juga bisa menjadi besar. 


Pada tanggal 1 Februari 2021 ini, saya berhasil mendapatkan diskon Rp 1.500 dan cashback sebesar 6 % sehingga saya dapat hemat sekitar Rp 6.000. Pada bulan sebelumnya, saya juga dapat cashback sebesar Rp 7.500 untuk 2 transaksi. Enaknya lagi, beli pulsa di Shopee harganya sesuai nominal. Beli pulsa 75.000 harganya tetap Rp 75.000 bahkan kemaren cuma Rp 73.500 karena ada potongan diskon langsung. Jadi, selain dapat diskon dan cashback, saya juga tidak perlu membayar kelebihan harga seperti di konter offline. Kalau beli di konter pulsa 75.000 harganya Rp 77.500. Kalau ditotal dalam 2 bulan ini, saya hemat pembelian pulsa sebesar Rp 21.500. Lumayan bukan?



Langkah-Langkah Beli Pulsa di Shopee agar Dapat Cashback dan Diskon


1. Klaim voucher cashback. Harga pulsa yang mendapat diskon biasanya sudah dikurangi secara otomatis oleh sistem. Misalnya, harga 75.000 akan tertulis 73.500 karena sudah diskon sebesar 2 %. Jadi, tidak perlu diklaim. Hanya voucher cashback yang perlu di klaim terlebih dahulu. 



Mengapa? Begitulah alur sistem belanja di Shopee, kalau tidak diklaim maka tidak akan mendapatkan cashback. Ini caranya : 

* Kunjungi Beranda atau Home Shopee dan klik menu berjudul "Voucher dan Cashback". Menu ini terletak di bagian atas yang sejajar dengan menu lainnya di Shopee.

* Scroll terus ke bawah dan cari voucher terkait pembelian Pulsa, Tagihan dan Hiburan kemudian klik voucher cashback Pulsa & Paket Data. Setelah itu, klik tulisan "Klaim" yang ada di sebelahnya. 


Oya, sebagian orang ada yang mengklaim voucher ini belakangan. Pas sudah punya produk dalam keranjang belanja baru cari voucher. Sama-sama tidak ada masalah mau klaim dulu atau belakangan. Saran saya sebaiknya voucher cashback ini diklaim terlebih dahulu di awal supaya tahu apakah lagi ada promo atau tidak. Juga kalau sudah diklaim maka pas belanja lebih gampang, tinggal input voucher saja. 


2. Belilah pada saat ada diskon dan flash sale. Promo cashback hampir selalu ada. Beda dengan promo diskon dan flash sale yang tidak menentu dan bersifat kejutan. Kalau ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi mau tidak mau harus membeli di hari ada diskon dan flash sale. Jadi, selain dapat cashback koin Shopee juga dapat diskon. Enak, dapat dua promo sekaligus. Kalau mau memburu promo diskon ini, sering-seringlah cek akun Shopee. Biasanya promo flash sale dan diskon memiliki batas waktu.


3. Pastikan sudah top up ShopeePay. Coba teman-teman perhatikan dibawah voucher cashback yang diklaim diatas ada tulisan berwarna merah ShopeePay. Ini berarti syarat untuk mendapatkan cashback tersebut adalah wajib menggunakan metode pembayaran ShopeePay. Artinya, jika menggunakan pembayaran selain ShopeePay maka tidak bisa mendapatkan cashback. Memang ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk setiap promo. 


* Jika teman-teman adalah pemula yang belajar belanja online dari nol atau pengguna baru, saya sarankan untuk memahami dulu apa itu metode pembayaran ShopeePay.

 

BACA JUGA : Mengulas Keuntungan ShopeePay + Kekurangannya (Review Pengguna)


*  Jika sudah yakin dan merasa mantap, maka tahap selanjutnya adalah mengaktifkan layanan ShopeePay dan melakukan top up atau isi saldo. Meski fitur sudah berhasil aktif dan diverifikasi, kalau tidak diisi saldonya maka tidak bisa digunakan untuk belanja. Jadi, sebaiknya diisi dulu biar lebih efektif dan cepat proses transaksinya.


BACA JUGA : Pengalaman Mengaktifkan ShopeePay 2021



4. Klik menu Pulsa, Tagihan & Hiburan. Langkah berikutnya adalah mencari pulsa yang ingin dibeli. Kunjungi menu yang ada tulisan Pulsa, Tagihan & Hiburan yang berada di halaman Beranda Shopee. Selanjutnya scroll ke menu Isi Ulang Pulsa. 


* Sebenarnya juga bisa membeli melalui fitur pencarian yang ada jika mau belanja pada agen pulsa yang membuka cabang di Shopee. Kadang sebagian pengguna lebih senang belanja dengan penjual pulsa online yang membuka cabang di Shopee karena bisa beli pulsa kecil seperti 5000. Kalau saya karena tujuan beli pulsa buat daftar paket internet, maka saya beli nominal 75.000 dan langsung sama Shopee saja. Shopee juga menjual pulsa yang bekerja sama dengan beberapa provider di tanah air.


5. Input nomor HP dan pilih nominal pulsa. Pada halaman ini teman-teman perlu mengetik nomor yang mau diisi ulang pulsa. Setelah mengetik 12 angka, nanti akan terbaca otomatis oleh sistem mengenai providernya. Seperti pembelian saya, otomatis ada gambar bertulisan.Telkomsel. Oya, periksa ulang nomor hp yang diketik supaya tidak salah dan pulsa masuk ke nomor yang benar.


Terdapat 9 pilihan nominal pulsa yang bisa dibeli yaitu 15.000, 25.000, 30.000, 40.000, 50.000, 75.000, 100.000, 150.000 dan 200.000. Oya, silahkan pilih dan klik tulisan Lanjut untuk meneruskan transaksi pembelian. Nominal pulsa yang ada angka 2 % berarti sedang ada promo diskon. Di bagian atas ada flash sale pulsa 100.000 dimana hanya membayar seharga 96.800 saja. Promo ini tidak selalu ada, jadi kemaren saya merasa beruntung karena kebetulan sedang ada disko. 



6. Pilih metode pembayaran ShopeePay. Pada kolom pembayaran terdapat 8 pilihan yaitu ShopeePay, Transfer Bank, Alfamart, Indomaret/ i.Saku, Kartu Kredit / Debit Online, Kredivo, Akulaku dan Cicilan Kartu Kredit. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa promo cashback ini baru didapat kadang ada syarat menggunakan metode pembayaran ShopeePay. Maka jangan lupa memilih ShopeePay pada pilihan pembayaran.



Jika teman-teman berencana membeli pulsa sekarang bayarnya nanti belakangan dan telah mengaktifkan layanan ShopeePayLater, maka akan terdapat 9 pilihan metode pembayaran ditambah ShopeePayLater tersebut. Oya, jika fitur ShopeePay dan ShopeePayLater belum diaktifkan, maka tidak akan tersedia di pilihan pembayaran.


BACA JUGA : Mengulas Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater



7. Input voucher promo. Setelah memasukkan nomor yang benar dan memilih nominal pulsa yang diinginkan, saatnya momen yang ditunggu-tunggu yaitu memasukkan voucher promo cashback yang telah diklaim sebelumnya. Saran saya, jika terdapat dua atau lebih voucher, maka utamakan menggunakan voucher dengan jumlah persentase lebih besar biar lebih banyak dapat untungnya. 



Terus jangan lupa perhatikan minimal belanja dan masa berlakunya. Misalnya, kemaren saya punya 2 voucher yang sama-sama cashback 5 %. Saya pilih yang pertama karena minimal belanja pulsanya cuma Rp 0. Sementara itu, untuk mendapatkan cashback di voucher yang kedua itu syarat minimal transaksinya Rp 350.000. Saya beli pulsa cuma 75.000, kalau pakai voucher yang kedua ini maka tidak akan cocok alias gagal.



8. Lakukan pembayaran. Jika sudah yakin dengan pesanan, maka langkah selanjutnya adalah membayar pesanan pulsa tersebut. Caranya menekan tombol lanjut pembayaran di bagian paling bawah checkout belanja. Nantinya akan dibawa pada halaman ShopeePay, silahkan masukkan PIN yang terdiri dari 6 angka.



9. Pesanan sedang diproses. Jika pesanan berhasil dibayar maka nantinya akan diproses otomatis oleh sistem Shopee. Nantinya akan terdapat pemberitahuan di rincian pesanan kalau pengiriman pulsa sedang diproses. Biasanya prosesnya tidak lama, hanya beberapa menit saja pulsa sudah masuk ke nomor. 


Jika tidak masuk mungkin ada kendala sistem jaringan atau kemungkinan teman-teman memasukkan nomor yang salah. Jika gagal oleh sistem eror biasanya pembelian akan batal dan otomatis uang masuk ke akun ShopeePay. Cek terus pulsanya, jika belum masuk bisa menghubungi CS Shopee untuk mengajukan keluhan. 



10. Konfirmasi penerimaan.  Setelah berhasil mendapatkan pulsa yang diinginkan, saatnya mengakhiri transaksi dengan menekan tombol penerimaan. Banyak pengguna yang melewatkan proses ini padahal kalau mau cashback segera cair, harus mengkonfirmasi bahwa pulsa telah diterima. Kalau tidak dikonfirmasi, maka menunggu penyelesaikan oleh sistem dan masuk cashbacknya kemudian. Kalau saya lebih suka segera konfirmasi biar koin Shopee cepat dan pasti diterima.




11. Kumpulkan cashback. Ketika menekan tombol penerimaan maka nantinya akan ada notifikasi bahwa dana akan cair kepada penjual. Selain itu, juga akan muncul jendela yang identik dengan warna kuning yang berisi informasi koin Shopee yang didapatkan dari voucher cashback. Untuk melihat total koin yang dimiliki, bisa masuk ke halaman Beranda dan lihat bagian atas disamping tulisan saldo ShopeePay. Bisa juga klik "Saya" dan klik menu Koin Shopee. Nanti akan ada histori koin seperti berapa jumlah yang masuk dan berapa yang sudah dijadikan untuk belanja. 




***


Kadang saya sempat berandai-andai, mengapa saya tidak dari dulu saja langganan beli pulsa di Shopee. Kalau dari dulu, sudah lumayan  diskon dan cashback yang terkumpul. Bisa mencapai ratusan ribu mungkin.  Kalau dapat 5.000 saja perbulan, dalam setahun sudah 60.000 dan 120.000 kalau 2 tahun. Kalau berdasarkan pembelian saya dalam 2 bulan terakhir yang untung Rp 21.500, tentu total uang yang bisa saya hemat jauh lebih besar lagi. 


Lumayan bisa beli daster atau mainan anak 😀. Tapi ya sudahlah, yang penting sekarang sudah mengetahui cara mencari pulsa promo agar lebih hemat dan murah. Mulai bulan kemaren hingga kedepannya, insallah yakin lanjut beli pulsa online. Bisa di Shopee atau pun di e-commerce lainnya jika ada yang lebih murah.


Subscribe to receive free email updates: