17 Tanya Jawab Seputar Beli Pulsa di Shopee

17 tanya jawab seputar beli pulsa di Shopee



Pada kesempatan lain, saya menuliskan pengalaman beli pulsa di Shopee. Ya, saya sudah mulai berlangganan sejak bulan Desember 2020 kemaren. Di artikel tersebut saya berbagi mengenai mengapa saya memutuskan beli pulsa online. Nah, di artikel ini saya ingin membuat sesi tanya jawab khusus mengenai hal tersebut. Berhubung lumayan banyak pertanyaan yang dilontarkan teman-teman pengguna pemula, jika digabungkan dengan artikel sebelumnya maka akan terlalu panjang. Jadi, saya pisahkan.  Berdasarkan penelusuran saya, ada 17 pertanyaan yang paling sering diajukan. Jika masih ada pertanyaan lain diluar daftar ini, jangan sungkan-sungkan menuliskan pertanyaan di kolom komentar. 


1. Bagaimana cara beli pulsa di Shopee bisa bayar nanti bulan depan? Dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePayLater. Metode ini merupakan layanan hutangatau kredit online dari Shopee yang memungkinkan pengguna bisa membeli produk fisik maupun nonfisik sekarang tapi bayarnya bisa belakangan. Sebelumnya, akun ShopeePayLater ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Silahkan cek akun Shopee apakah teman-teman mendapatkan penawaran atau tidak. 


BACA JUGA : Mengulas Kelebihan dan Kekurangan ShopeePaylater


2. Bagaimana caranya kalau beli pulsa di Shopee salah nomor? Jika belum membayar maka bisa mengganti dengan cara mengetik ulang nomor yang benar. Jika sudah terlanjur membayar dan pesanan sudah diproses sistem, maka biasanya tidak bisa dibatalkan. Sama seperti beli pulsa di konter dekat rumah, kalau salah memberikan nomor ya kita menjadi rugi sendiri. Tapi kalau mau berusaha, kita bisa menghubungi nomor yang salah tersebut, memberitahu kalau ada kesalahan dan meminta pengembalian pulsa. Dalam sikond seperti ini tidak semua orang mau mengembalikan. 


3. Beli pulsa di Shopee berapa lama prosesnya? Biasanya tidak sampai 5 menit sudah masuk. Asalkan membuat order dan membayarnya juga cepat, maka prosesnya akan cepat juga. Kalau menggunakan transfer ATM maka akan menambah waktu karena perlu pergi ke ATM dulu. 


4. Beli pulsa di Shopee apakah langsung masuk? Berdasarkan pengalaman saya bisa langsung masuk. Kurang lebih sama prosesnya saat membeli pulsa di konter yang kadang langsung masuk dan kadang harus menunggu kalau ada gangguan jaringan. Sudah 3 kali mengisi ulang pulsa di Shopee alhamdulillah belum pernah menunggu, cepat masukknya. 

 

5. Bagaimana cara beli pulsa lewat ShopeePay? Tinggal mengganti pilihan metode pembayaran menjadi ShopeePay. Sebelumnya pastikan saldo ShopeePay sudah ada dan mencukupi untuk pembelian. 


6. Berapa batas pembelian pulsa di Shopee? Khusus untuk Telkomsel batas nominal pembelian tertinggi adalah  Rp 200.000 dan batas minimum adalah Rp.15.000. Ini kalau membeli melalui menu 'Pulsa, Tagihan & Hiburan" di Shopee. Kalau membeli pada seller yang bertindak sebagai agen pulsa online di Shopee batas pembeliannya bisa 5.000 hingga jutaan. 


7. Mengapa mengisi ulang pulsa ada peringatan batas maksimum pembelian? Karena setiap pengguna dibatasi frekuensi transaksinya kalau pakai promo diskon dan voucher cashback. Rata-rata dalam setiap promo, satu pengguna hanya dapat memakai 1 voucher dalam 1 waktu yang sama. 


8. Beli pulsa di Shopee apakah akan nambah masa aktif? Untuk nomor Telkomsel iya, kalau untuk kartu lain saya kurang tahu. Namun, menurut saya mengisi pulsa apa saja akan nambah masa aktif kartu sebagaimana kita beli di konter pulsa biasa. 


9. Apakah beli pulsa di Shopee bisa COD? Tidak. Sistem cash on delivery  hanya untuk pengiriman barang fisik yang bekerja sama dengan pihak ekspedisi. Sementara itu, pulsa adalah produk digital yang tidak membutuhkan biaya pengiriman sehingga tidak berlaku metode bayar di tempat atau COD. 


10. Apa yang dilakukan jika pulsa belum masuk? Silahkan menghubungi CS Shopee atau menghubungi seller kalau seandainya membeli pada agen pulsa online yang membuka cabang di Shopee. 


11. Mengapa muncul pemberitahuan 'pengembalian dana berhasil" saat beli pulsa? Ini merupakan tanda kalau pembelian gagal dilakukan. Penyebabnya bisa faktor gangguan sistem jaringan. Dana pembelian tidak hilang melainkan ditampung di fitur ShopeePay yang berfungsi sebagai tempat penampungan dana dompet digital dan pembayaran belanja. Kalau masih mau beli, bisa dilakukan pemesanan ulang menggunakan dana yang sudah dikembalikan tersebut. Pada waktu pembelian, silahkan memilih pembayaran menggunakan ShopeePay sehingga tidak perlu melakukan transfer uang lagi.


12. Bagaimana cara beli pulsa di Shopee pakai ShopeePayLater? Tinggal mengganti pilihan metode pembayaran menjadi ShopeePaylater. Di kolom pilihan pembayaran terdapat sekitar 7-9 jenis pembayaran, tinggal menukar ke ShopeePayLater. Sebelumnya pastikan kalau akun kamu mendapat penawaran ShopeepayLater karena tidak semua pengguna mendapatkan layanan ini. Jangan lupa mengaktifkan dan verifikasi fitur terlebih dahulu. Kalau layanan ShopeePayLater ini belum diaktifkan dan diverifikasi, maka tidak bisa digunakan karena tidak akan muncul di pilihan pembayaran.


13. Bagaimana cara beli pulsa di Shopee pakai koin? Tinggal mengaktifkan tombol yang ada di samping tulisan "Tukarkan Koin Shopee". Tombol ini biasanya mudah ditemukan karena terletak di bawah pilihan metode pembayaran. Biasanya jumlah koin yang akan ditukarkan dipengaruhi oleh berapa banyak koin yang teman-teman dimiliki, jumlah transaksi dan ketentuan persentase yang membolehkan pakai koin pada satu transaksi.


Pemakaian koin ini dibatasi lebih kurang sebesar 25 % dari nilai total transaksi. Misalnya, saya punya koin 75.000 dan mau beli baju setelan anak seharga Rp 110.000, maka koin yang bisa digunakan sekitar 27.000. Jika saya ingin menghabiskan koin 75.000, maka saya harus belanja minimalnya sekitar 350.000. Makin banyak total belanja, makin besar koin yang bisa ditukarkan selama di akun teman-teman ada koin.


14. Bagaimana cara beli pulsa 5000 di Shopee? Untuk pulsa Telkomsel dalam jumlah kecil bisanya hanya melalui pembelian di penjual yang bertindak sebagai agen pulsa di Shopee. Kalau beli langsung melalui menu "Pulsa, Tagihan & Hiburan" maka tidak ada ditemukan nominal 5000 karena pilihan paling kecil cuma 15.000. Perlu diketahui bahwa sejauh ini terdapat dua cara membeli pulsa di Shopee yaitu melalui fitur Pulsa yang dikelola langsung oleh Shopee dan melalui penjual pulsa yang membuka cabang online di Shopee. 


15. Bisakah beli pulsa di Shopee bayar di Indomaret dan Alfamart?  Bisa, sebagaimana belanja barang fisik biasanya. Tinggal memilih metode pembayaran menggunakan Alfamart atau Indomaret. Setelah membuat order, selanjutnya pergi ke Indomaret dan memberitahukan nomor pesanan. Pesanan berhasil diproses biasanya hanya butuh waktu beberapa menit setelah dibayar tunai di kasir.


16. Berapa harga pulsa di Shopee? Tergantung kartun teman-teman apa providernya. Kalau pulsa Telkomsel mayoritas harganya sesuai nominal. Pulsa 75.000 harganya 75.000, pulsa 15.000 harganya tetap 15.000 dan seterusnya. Namun, pada waktu tertentu harganya bisa lebih murah karena ada promo. Misalnya, pada tanggal 1 Februari 2021 kemaren pulsa 100.000 harganya cuma Rp 96.800, pulsa 50.000 harganya Rp 49.250 dan pulsa 75.000 harganya Rp 73.500. Oya, membeli pulsa tidak ada biaya adminnya. Tidak sama dengan membeli token listrik prabayar PLN yang setiap mau isi ulang dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.750. 


17. Apakah beli pulsa di Shopee dapat cashback? Iya dapat. Biasanya selalu ada promo voucher cashback yang bisa diklaim setiap bulan tapi tergantung promo pada saat teman-teman membeli. Besaran promo selalu berubah setiap waktu. Ada cashback 1 %, 2 %, % %, 6 % dan lainnya. Saya sendiri sejauh ini selalu dapat cashback yaitu 2 % dan 6 % tapi kalau dapat diskon baru 1 kali. Kadang-kadang ada promo besar-besaran tapi sayangnya pulsa masih ada dan belum membutuhkan. Untuk memperoleh promo saran saya cek Shopee secara berkala agar informasinya lebih akurat. Berdasarkan pengalaman, beberapa promo memiliki batas waktu terbatas seperti cuma berlaku 1 hari, 2 hari dan lainnya.


***


Subscribe to receive free email updates: