7 Cara & Tips Menemukan Toko Perhiasan Emas Online Terpercaya







Sebagaimana yang saya tulis pada artikel sebelumnya mengenai  tips membeli emas online agar aman dan bebas penipuan, belanja di toko yang amanah merupakan hal yang mutlak. Pilihan wajib bagi semua konsumen. Mengapa demikian? Seller yang amanah memiliki niat jual beli yang lurus dan tidak ingin merugikan pembeli. Sebaliknya, penipuan belanja daring seringkali terjadi salah satunya disebabkan karena ulah penjual nakal dan tidak jujur. 


Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menemukan toko perhiasan emas online terpercaya tersebut? Berdasarkan pengalaman saya membeli perhiasan logam mulia, mencari pedagang yang tepat memang sedikit menyulitkan di dunia internet. Saya bingung dimana tempatnya dan sebaiknya beli sama siapa. Lebih dari bingung, lebih tepatnya pusing tujuh keliling. Ini disebabkan karena saya belum pernah belanja emas daring sebelumnya, Jadi, belum punya langganan dan gambaran sama sekali. Masih blank. Mau pilih toko ini tapi ragu. Mau pilih toko itu juga ragu. 

 

Namun, dengan beberapa langkah dan strategi sederhana akhirnya saya berhasil menemukan toko perhiasan emas online terpercaya di Shopee. Rasanya senang sekali pengalaman pertama saya membeli cincin dan anting emas secara daring lancar sesuai harapan. Penjual tersebut juga ramah dan hanya menjual emas asli terlebih harganya menurut saya tergolong murah. Rencananya saya bakal berlangganan. Oya, berikut cara dan tips yang saya gunakan mungkin bisa berguna buat teman-teman :



1. Menggunakan sugesti dan keyword di marketplace


Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengunjungi aplikasi e-commerce langganan saya. Dalam hal ini Shopee. Pada kolom search atau pencarian yang terletak di bagian atas halaman saya kemudian mencoba mengetik kata kunci "Toko Emas". Tahan sebentar, tidak usah dienter/diklik fitur cari lebih lanjut dulu. Maka nanti otomatis akan keluar sejumlah rekomendasi nama toko. Terus scroll ke bawah, akan ada tulisan 'Lihat Semua" beserta tanda panah. Klik, maka teman-teman akan dibawa pada halaman yang penuh dengan daftar penjual emas. 


Nah, jumlahnya yang bejibun mungkin sedikit pusing mau memilih yang mana ya. Ini langkah manual dan agak memakan waktu. Biasanya saya cek dulu satu persatu toko ini mulai dari yang teratas. Mana yang menurut saya terbaik akan saya ikuti atau masukkan dulu sebuah produk ke keranjang belanja. Saya kumpulkan dulu minimal 3 calon toko terbaik dan yang terpercaya, kemudian barulah saya bandingkan harga dan kualitas. Akhirnya, saya akan mengambil 1 atau 2 toko buat belanja. 



2. Menelusuri produk terlaris


Selain menggunakan sugesti dari pencarian kata kunci di kolom pencarian yang ada di aplikasi, saya juga memanfaatkan fitur filter "Terlaris". Caranya, ketikkan keyword atau kata kunci di kolom pencarian produk. Kemudian klik "Terlaris", nanti akan keluar informasi toko beserta jumlah penjualan produknya dalam sebulan.  Ada angka-angka disamping bintang. Selanjutnya, klik produk tersebut dan masuk ke dalam toko untuk melihat-lihat produk lainnya. 


Dengan menggunakan cara ini, saya jadi tahu mana saja toko emas paling laris di Shopee dari seluruh daerah pada hari atau bulan tersebut. Jika ingin lebih spesifik misalnya untuk kota atau daerah tertentu saja, maka tinggal klik tulisan "Filter" yang berada di pojok kanan atas. Kemudian scroll dan pilih kota yang diinginkan. Oya, untuk menelusuri produk logam mulia atau perhiasan emas paling laris di Shopee juga bisa dengan melihat halaman "Produk Terlaris" di home Shopee yang berada di bawah informasi tentang Pulsa, Tagihan dan Hiburan. 


Klik lihat lainnya, nanti akan keluar halaman baru penuh dengan daftar produk yang terlaris dan beserta jumlah penjualannya perbulan. Halaman ini jauh lebih jelas dibanding cara menelusuri produk terlaris di kolom pencarian. Shopee sudah membuat rekap nama barang dan jumlah yang terjual beserta harga. Biasanya saya klik mana yang relevan karena tidak semua daftar yang disana merupakan emas asli, ada yang duplikat juga. Setelah itu, kunjungi toko pemilik produk tersebut. 



3. Mencari toko lokal offline yang membuka cabang resmi di markeplace


Trik berikutnya adalah belanja di toko satu daerah atau satu kota yang membuka cabang secara online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Jika tidak tahu, coba cek apa saja nama toko yang populer dan terkenal di kota teman-teman. Kemudian cek apakah sudah go online atau belum. Sebagian konsumen pemula lebih memilih cara ini sebab tingkat keamanannya juga lebih tinggi dan terjamin karena mengetahui toko realnya di offline. 


Misalnya, di Kota Yogyakarta salah satu toko emas yang terkenal adalah Semar Nusantara. Jika ingin membeli secara daring, tinggal cari toko tersebut di Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Bisa juga melalui website atau instagram resminya. Sekali lagi, pastikan akun toko tersebut resmi ya bukan akun palsu. Bisa saja oknum membuat akun dengan nama serupa. Serupa belum tentu sama. 


Keunggulan cara ini adalah jika sewaktu-waktu mau jual, teman-teman bisa langsung jual offline datang ke lokasi karena satu daerah. Kalau jual online beda kota sepertinya tidak efektif ya menurut saya. Emas dipaketkan dulu ke alamat toko dan kita tidak melihat langsung bagaimana toko menakar harganya. Rasanya ini ribet dan tidak begitu transparan. Kalau berencana investasinya sementara dan mau dijual, lebih baik beli dari penjual yang satu kota. 





4. Cek berapa jumlah pengikut dan rating



Setelah berhasil menemukan beberapa calon toko yang masuk list untuk tempat belanja, cek lah informasi mengenai masing-masing toko tersebut. Terutama adalah sudah berapa jumlah konsumen yang menjadi pengikutnya. Logika sederhananya sekali, penjual yang baik dan amanah biasanya diikuti oleh banyak pembeli yang memutuskan berlangganan. Toko  terpercaya akan membuat orang senang membeli ulang. Tidak hanya sekali tapi berkali-kali. Semakin banyak jumlah pengikut suatu toko, maka semakin bagus untuk dipertimbangkan belanja di tempat tersebut. 
 


Disamping itu, lihat juga rating yang dimiliki toko. Rating 4,8 - 4,9 dari skala 5,0 menunjukkan bahwa toko tersebut lumayan bagus baik dalam kualitas produk, pelayanan maupun pengiriman. Biasanya saya menetapkan standar minimal 4,8 dan sedapat mungkin 4,9 atau 5.0. Walau produk sangat menarik atau bagus tapi kalau rating toko 4,7 saya berusaha mencari penjual lain. Saya agak ragu karena seperti ada yang salah sehingga ratingnya rendah diberi konsumen. Tidak selalu kualitas produk tapi mungkin pelayanan atau pun kecepatan pengiriman. 




5. Foto dan video produk yang realpict di kolom komentar 



Salah satu beda antara penjual yang jujur dengan yang tidak jujur terletak pada foto atau gambar produk yang mereka pajang. Pedagang yang tidak amanah atau penipu biasanya suka mencomot foto barang orang lain. Kadang penipu melampirkan foto fiktif untuk menjebak pembeli. Walaupun ini tidak berlaku mutlak karena kadang ada beberapa reseller yang tidak punya barang tapi dia bekerjasama dengan sebuah toko sehingga memakai foto toko tersebut. Namanya, reseller dropshiper


Namun, bagi konsumen pemula yang akan belanja logam mulia pertama kali kebenaran foto menjadi fokus utama yang perlu diperhatikan seksama. Foto yang asli apa adanya biasanya lebih membuat konsumen percaya. Foto adalah sebuah seni yang kadang membuat sesuatu yang biasa saja tampak menjadi luar biasa. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dalam hal ini. 


Dalam beberapa kasus, penjual ada yang tidak memajang foto sebenarnya tapi mereka punya produk asli. Hanya sebagai gambaran saja. Ada juga yang tidak realpict alias terlalu berlebihan dari keadaan yang asli. Sudah diedit sedemikian rupa. Oleh karena itu, fokuslah pada penilaian atau review pembeli lain karena foto yang real atau asli biasanya ada di kolom review. Konsumen yang membeli ada yang suka menampilkan penilaian beserta video atau foto saat produk diterima. Ada juga semacam video unboxing. Jadi, ini lebih meyakinkan. 


 

6. Meneliti penilaian dari pembeli



Setelah melihat jumlah follower dan rating, tahap selanjutnya meneliti bagaimana pengalaman pembeli. Kalau hanya berpatokan pada foto dan gambar perhiasan yang menarik kadang membutakan mata. Konsumen menjadi tidak berpikir realistis. Hanya dengan lihat foto pajangan yang indah kadang seseorang langsung memutuskan membeli. Saya dulu pernah mengalami hal ini dan sangat kecewa sekali. 



Jika ingin membeli sebuah emas, ceklah sudah berapa pcs yang terjual dan apa komentar mereka yang telah pernah membeli produk tersebut. Konsumen biasanya akan menilai apa adanya sebuah produk. Setiap konsumen pasti berharap mendapatkan barang yang berkualitas. Kalau banyak pembeli yang menilai produk tersebut bagus, kemungkinan besar memang bagus walau standar bagus masing-masing orang berbeda. Minimal bagus sesuai harga. 




7. Perhatikan alamat dan kontak penjual



Penjual yang amanah pasti memiliki alamat yang jelas dan lengkap. Mereka terbuka dan tidak ragu jika ada pelanggan yang ingin datang langsung melihat  koleksi produk mereka. Bahkan akan senang kalau ada yang mau belanja offline juga karena pelanggan mereka akan semakin banyak bertambah. Tidak menyembunyikan identitas atau keberadaannya. Begitu juga dengan nomor kontak yang bisa dihubungi.  Selain nomor telepon atau HP, juga teliti akun media sosialnya untuk mencaritahu kebenaran apakah toko tersebut real atau fiktif. 



Penjual perhiasan emas yang jujur biasanya melampirkan logo bisnis, alamat dan ketentuan jual beli di halaman depan tokonya. Hal ini karena mereka bersedia jika pembeli ingin menjual kembali di tokonya. Sementara itu, penjual yang nakal atau palsu selain memajang foto palsu biasanya juga suka menyembunyikan identitas. Tidak ada alamat yang jelas. Kalau ada tapi tidak lengkap. Begitu juga dengan nomor yang bisa dihubungi. Jika berbelanja di toko beda kota, bila perlu carilah alamat tersebut melalui google maps atau tanya kenalan yang berada di kota tersebut kalau ada. 





***



Diluar sana banyak sekali rekomendasi toko perhiasan emas online terpercaya  bertebaran di mesin pencari Google atau pun rekomendasi para blogger dan youtuber yang bisa dijadikan pertimbangan. Namun, menurut saya semuanya tergantung kepada masing-masing pribadi. Meski menurut review orang lain penjualnya jujur tapi di dalam hati kurang yakin, maka akan tetap ragu dan takut membeli. Kalau saya hanya belanja di tempat yang saya yakini. Apa yang membuat hati saya mantap, maka itu yang saya pilih. Untuk memantapkan hati, saya menyeleksi toko-toko yang ada dengan 7 cara di atas. 



Subscribe to receive free email updates: