5 Merek Popok Kain Tali Bayi Baru Lahir SNI, Rating Bagus Beserta Harga



Postingan kali ini saya ingin berbagi informasi dan pengalaman membeli merek popok kain tali bayi baru lahir. Ceritanya, ketika di kehamilan 8 bulan saya mulai mempersiapkan perlengkapan buat menyambut anak pertama. Salah satu daftar utama yang dibutuhkan newborn adalah popok. Awalnya saya bingung mau beli yang mana karena setelah saya lakukan riset di toko online harga dan materialnya beragam.  Ada yang murah meriah mulai Rp.1.000 - Rp.2.000 an yang membuat saya sempat tertarik tapi kemudian urung. 


Setelah saya pikir-pikir, pastilah ada harga ada rupa. Benar saja, rata-rata hasil reviewnya kurang bagus dengan rating cuma 4.7, 4.6, 4.5 dari skala 5.0. Bahannya tergolong tipis, panas, kaku dan kurang menyerap pipis. Saya ingin membeli popok yang berbahan lembut, nyaman, adem dan tebal sedang tapi dengan harga yang standar. Tidak terlalu mahal juga karena cuma dipakai bayi cuma beberapa bulan saja. Tingkat ketebalan wajib diperhatikan supaya tidak terlalu bocor. 


Saya kemudian terus mencari di berbagai toko dan akhirnya menemukan 5 merek popok kain tali bayi baru lahir yang reviewnya bagus dan telah SNI. Saya pikir mungkin para calon ibu membutuhkan informasi ini, jadi saya mencoba menulisnya. Ini daftarnya :


1. Libby, harga mulai 11.500/pcs



Para ibu yang sudah sering belanja online di toko perlengkapan anak, pasti sudah tidak asing dengan merek yang satu ini. Libby lumayan banyak penggemarnya, dari penelurusan di beberapa toko, rating yang diberikan konsumen rata-rata adalah 4.9 dari skala 5.0. Keunggulan produk ini yaitu diklaim bebas dan aman dari bahan kimia berbahaya, anti alergi dan anti bakteri serta terbuat dari bahan katun khusus yang lembut. 


Dari pengalaman saya, bahan produk Libby ini tidak mudah berbulu asalkan tidak disikat saat mencuci. Menjadi pilihan para ibu karena harga terjangkau dan kualitas tidak murahan. Umumnya bermotif dan dibedakan antara corak buat anak cowok dan cewek. Popok 2 tali ini selain SNI juga memenuhi  Oeko-tex standar 100 yaitu sebuah lembaga sertifikasi terkait merek, pabrik dan perusahaan tekstil. 


Libby tidak hanya sebatas memproduksi popok kain tali bayi baru lahir tetapi juga setelan baju newborn, celana dan baju piyama anak, bedong, sarung tangan, sarung kaki, topi dan lainnya. 


2. Velvet Junior, harga mulai Rp.10.650/pcs



Kelebihannya yaitu bahan terbuat dari katun yang nyaman, lembut dan halus, tidak menimbulkan alergi, sertifikasi SNI dan Oeko-Tex 100 sehingga sangat aman untuk bayi. Oya, merek ini diklaim satu-satunya merek yang sudah ada lisensi aman pewarna baju dan yang mengurangi resiko alergi pada anak. Tak heran mendapatkan review pembeli yang bagus dengan rating rata-rata 4.9 dari skala 5.0.


Berbeda dengan Libby yang rata-rata bermotif, popok tali merek Velvet Junior memiliki 2 pilihan yaitu bercorak penuh dan corak sedikit berbahan dasar polos. Motifnya lucu-lucu dan unik. Pilihan corak tergantung seriesnya, ada edisi machu pichu, madagaskar, zootopia dan mono boy atau mono girl. 


Tidak jauh berbeda dengan Libby, produsen Velvet Junior dikenal dengan produk pakaian bayi. Selain popok kain tali, juga memproduksi setelan piyama anak, celana panjang dan pendek, baju atasan, bedong, sarung tangan, sarung kaki hingga topi. 



3. Miyo, mulai dari harga Rp.10.000/pcs



Merek ini terbuat dari bahan katun yang aman dan nyaman untuk bayi. Juga telah memenuhi sertifikasi SNI sehingga tidak perlu meragukan kualitasnya. Pilihan motif unik dan berbeda dari produk lain yaitu ada corak garis atau salur, polos dan polkadot. Saya sangat suka dengan warna merah polos, ada setelan baju, topi, sarung tangan, celana panjang atau pendeknya juga lho yang persis sama. 


Sama dengan dua merek sebelumnya, produk popok kain tali Miyo juga mendapatkan review bagus dari pembeli dengan rating 4.9 dari skala 5.0. Produsen merek Miyo juga menyediakan gurita model perekat bagi bayi sehingga gampang dipasang. Saya sempat membeli kemaren tetapi malah tidak jadi dipakai karena rumah sakit tempat saya melahirkan tidak memakaikan gurita pada bayi dan juga karena kontroversi yang ada. 



4. Chiyo, mulai harga Rp.10.700/pcs



Merek ini tergolong baru tetapi sudah lumayan banyak juga terjual dan peminatnya. Bahan sudah terdaftar sertifikasi SNI, tergolong lembut dan nyaman untuk buah hati. Menurut saya, kelebihan merek Chiyo terletak pada desain motifnya yang soft dan unik. Pilihan warna lembut, corak tidak terlalu tua dan tersedia varian full polos berwarna. Ada corak pink lembut yang imut-imut untuk bayi perempuan. 


Popok tali Chiyo yang saat ini beredar di toko online terdiri dari series abu misty stripe, sport tanpa pink, white stripe, pink dan polos warna. Review dan penilaian pembeli pada produk Chiyo juga tergolong bagus, ratingnya 4.9 dari skala 5.0. 



5. Aruchi, Harga mulai Rp.10.000-Rp.11.000



Aruchi termasuk salah satu merek yang diminati para ibu beberapa tahun terakhir. Saya juga pernah membeli beberapa produknya dulu dan lumayanlah sesuai SNI. Umumnya material yang digunakan adalah katun sehingga nyaman dipakai buat bayi.


Ciri khas merek Aruchi adalah warna lebih berani dan agak tua. Untuk produk bercorak biasanya terang sekali. Nah, untuk yang polos tidak terlalu soft warnanya tapi senang saja melihatnya. Produsen ini juga tidak hanya menjual popok kain tapi juga setelan piyama, celana panjang dan pendek, sarung tangan, topi dan lainnya. 


Untuk produk tertentu, Aruchi memiliki kelas premium yang kualitasnya lebih bagus dari Aruchi biasa. Ya, fashion Aruchi tertentu uang non premium atau standar biasanya harganya tergolong murah dibanding merek lain. Dari beberapa review yang pernah saya baca, ada yang berpendapat kalau materialnya dibawah Velvet Junior dan Libby. Dari pengalaman saya bahannya lumayan tebal, lembut dan nyaman. Harganya lebih murah dan kualitasnya tidak murahan.



Berapa Sebaiknya Beli Stok Popok Kain Tali?


Oya, mungkin calon ibu baru bingung berapa jumlah  popok kain tali yang dibutuhkan bayi baru lahir. Maklum, saya dulu juga ikut kebingungan. Saran saya, sebaiknya minimal punya 2 lusin. Kalau punya budget kalau bisa dilebihkan sedikit. Saya dulu 2,5 lusin untuk berjaga-jaga. Kalau musim hujan pakaian akan lama kering, jadi musti ada stok cadangan. Begitu juga, jika capek mencuci, saya punya stok untuk beberapa hari.

 


Bagaimana Cara Pakai Popok Kain 2 Tali


Salah satu alasan mengapa masih banyak orang tua yang memilih popok kain 2 tali untuk newborn adalah cara pasangnya yang sangat mudah. Bagian yang bertali tinggal diletakkan dibawah pinggang anak dan bagian ujung yang tidak bertali dibawa ke bagian atas kemudian kedua tali diikatkan. 


Konsekuensi memakai popok kain tali adalah ibu akan sering mengganti karena anak sering buang air. Jumlah cucian agak menumpuk dan bau pesing. Itulah sebabnya dianjurkan mencuci setiap hari. Walau sedikit ribet gonta ganti, pemakaian popok kain tali karena  lebih longgar dan tersedia rongga udara buat bayi. Kelebihan ini mengapa popok ini masih digemari meskipun sudah ada pampers dan clodi.



Tips Penting Buat Calon Ibu Baru 


1. Pastikan membeli yang original ya moms karena produk asli lebih terjamin. Walau rata-rata ratingnya 4.9, sebaiknya moms tidak menaruh ekspektasi berlebihan. Biasanya kualitas sesuai harga. Kalau mau yang paling bagus super premium tentu harganya akan jauh lebih mahal dari merek2 di atas. Lagipula sesuatu yang bagus bagi setiap orang standarnya berbeda-beda. Jadi, ketahui dulu apa yang diinginkan sebelum membeli biar tidak salah belanja.


2. Motif bisanya sering berubah dan diperbarui oleh produsen. Selain itu, foto diatas hanya sebagai salah satu contoh. Masing masing merek tersebut memiliki variasi beragam. Oleh karena itu, saya sertakan link agar mom bisa melihat update produk serta lebih leluasa membandingkan masing masing merek. Jika ibu punya budget terbatas, saya sarankan membeli motif netral agar bisa dipakai baik oleh anak laki-laki atau pun perempuan. 


3. Sesuaikan ketebalan dengan cuaca. Jika cuaca di kota bunda tinggal tergolong sangat panas sebaiknya memilih ketebalan sedang. Bisa juga tipis asalkan nyaman. Pengalaman saya, waktu anak saya lahir lagi musim panas dan walau pakai popok tali, ternyata kulitnya bisa merah dan melepuh. Mungkin karena saya lapisi lagi dengan celana pendek trus bedong. Jadi sekitar organ vital bayi menjadi panas. Sebaliknya, jika bunda tinggal di kota yang cuacanya dingin, usahakan membeli popok yang lumayan tebal atau lapisi dengan celana luar. Merek diatas umumnya memiliki ketebalan sedang. 


NB :

Link yang saya cantumkan semata-mata untuk menunjukkan contoh produk dan gambaran review pembeli sebagai bahan pertimbangan. Saya tidak terlibat kerjasama iklan dengan pihak Shopee atau pun pemilik toko tersebut. 



***


Sebagai calon ibu baru saya memang sempat dilema apakah sebaiknya memakai popok tali, popok kain modern (clodi) atau popok sekali pakai. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja, buat newborn sudah turun temurun dari orang tua memakai popok 2 tali. 


Berdasarkan pertimbangan saya, popok ini memang cocok karena kulit newborn sangat sensitif. Kalau langsung memakai clodi atau pampers saya khawatir mengiritasi kulit bayi saya. Walau clodi dan pampers sudah didesain dengan bahan khusus tapi menurut saya popok kain tali lebih longgar dan punya ruang udara lebih baik. 


Setelah bayi menginjak usia 3 bulan saya merasa popok kain tali bayi baru lahir ini sudah tidak efektif untuk anak saya. Kemudian saya memutuskan membeli popok kain modern yang dikenal dengan sebutan clodi. Ada beberapa alasan mengapa berdasarkan pengalaman saya clodi lebih cocok untuk bayi usia 3 bulan ke atas. 

Subscribe to receive free email updates: