12 Inspirasi Baju Couple Keluarga Ayah dan Anak Laki-Laki Kekinian 2020



Setelah melahirkan seorang bayi laki-laki, saya menjadi kepikiran untuk membeli fashion baju couple keluarga kecil saya. Rasanya senang saja ayah, ibu dan anak memiliki baju yang sama. Seperti merasa kompak walau sebenarnya kekompakan dan keharmonisan tidak bisa diukur dari pilihan fashion. 


 
Bagi saya pakaian pasangan ini tidak harus sama sampai ke model jahitannya sih, yang penting sama warna dan motifnya. Cutting bisa disesuaikan dengan usia dan selera masing-masing. Bagaimanapun, ada model baju bayi laki-laki yang kurang cocok untuk bapak-bapak atau sebaliknya. Nah, kalau style baju emak-emak sudah jelas juga pasti beda dari suami dan anaknya. 



Oya, sudah beberapa minggu ini saya menghabiskan waktu searching di berbagai toko yang menjual fashion couple keluarga ayah dan anak laki-laki. Waktu lihat sana sini, saya tertarik pada 11 model ini. Sebagian sudah saya beli dan sebagian lagi sedang dalam list belanjaan saya kedepannya. Hm, produk di bawah ini saya temukan laris manis penjualannya dan lagi tren di salah satu marketplace kesayangan saya. Konon katanya lagi musim alias kekinian. Sudah masuk dalam keranjang belanja saya dan tinggal menunggu antrian untuk di ACC pembayarannya. Apa saja? 



1. Kaos polos leher O neck 



Kalau saya pikir-pikir, model t shirt yang dimiliki oleh suami saya hampir semuanya bermotif. Ya, ada semacam gambar dan tulisan yang mayoritas di sablon. Begitu juga dengan pakaian bayi saya, rata-rata bercorak. Saya ingin sesuatu yang berbeda saja dari yang sudah ada. Kaos polos menjadi jawabannya.  Baju polos memiliki kesan sederhana dan santai. Jadi, cocok untuk dipakai couple pada saat jalan-jalan sore atau berwisata oleh ayah dan anak laki-laki.


Kebetulan saya menemukan salah satu produsen kaos polos dari Bandung. Begitu paket sampai, benar saja kami sangat suka.  Harganya tergolong murah tapi kualitasnya seperti yang dijual di distro. Bahan yang digunakan adalah katun combed yang tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis. Lebih nyaman dipakai karena bahan adem, tidak panas dan mampu menyerap keringat dengan baik.



2. Kaos henley 





Ketika menjelajahi toko online yang menjual pakaian anak, saya menemukan kaos henley. Waktu itu baru pertama kali dengar nama ini, jadi penasaran. Model ini lagi hit sekarang dan saya perhatikan juga lumayan banyak penjualannya perbulan. Produsen seperti berlomba-lomba memproduksi dan mempromosikan kaos ini. 


Ciri tshirt ini adalah memiliki leher kancing di depan atas sekitar 3 kancing. Rata-rata berlengan pendek atau panjang. Umumnya yang dijual polos. Baju model ini memiliki kesan kasual bagi pria dewasa. Bagi anak-anak terlihat lebih imut dan bikin gemas saja. 


Konon, katanya dinamakan kaos henley berasal dari nama sebuah daerah di UK. Tshirt berkancing ini sudah dikenal beberapa puluh tahun lalu dan kembali naik daun akhir-akhir ini. Selebritis papan atas Indonesia dan dunia banyak memakai kaos ini. Keunggulannya, karena memiliki kancing di depan kaos ini lebih mudah dilepas atau dipasang. Selain itu, juga bisa dilonggarkan dengan cara membiarkan beberapa kancing terbuka agar badan lebih adem ketika cuaca panas.  



3. Kaos Stripe 





Saya kaget begitu mengetahui kalau ternyata kaos stripe lagi musim dan mulai naik daun lagi. Pertama kali melihat saya sejenak di bawa pada masa lalu, rasanya ayah saya zaman dulu memiliki koleksi baju dengan corak garis-garis seperti ini. Sepertinya memang style fashion lama yang kembali hit. 


Tshit dengan motif stripe ini memiliki kesan yang baik dan berbeda. Hanya saja, saya lihat variasi pilihan warnanya belum begitu banyak. Saya sarankan agar lebih hati-hati memilih warna. Salah beli warna takutnya malah tidak jadi terpakai. Menurut saya beberapa kombinasi warna ada yang terkesan jadul sekali. Favorit saya adalah hitam list putih atau sebaliknya. Kaos stripe dijual dengan model leher O neck dan henley. 




4. Kaos abstrak



Bagi yang ingin tampil berbeda, tshirt dengan motif abstrak dapat menjadi pilihan. Tshirt ini baru mulai diproduksi oleh produsen fashion dan digadang-gadang sebagai kaos kekinian buat anak. Motif abstrak adalah sesuatu yang bebas dan tidak jelas objek apa yang dijadikan gambar pada kaos. Disinilah letak keunikannya.


Saya menemukan stok produknya belum banyak tapi  cepat sekali habis. Begitu saya cek di salah satu toko yang saya tuju, eh motif abstrak yang bagus sudah pada habis semua. Hanya tinggal corak yang kurang saya suka. Sudah berbulan bulan di tungguin sellernya belum restok lagi. Semoga suatu hari bisa membeli buat couple ayah dan anak laki-laki saya.

 


5. Kaos tie dye


Ini juga pertama kalinya saya mendengar nama kaos tie dye. Saya jadi penasaran, akhirnya mencari tahu apa maksud dari tshirt jenis ini. Jadi, tie dye itu semacam teknik dalam membuat motif baju yaitu dengan cara mengikat baik pakai benang, tali atau pun karet. Pada dasarnya,  menggunaan kaos polos kemudian diberi warna tertentu sehingga menghasilkan berbagai corak yang unik. Terkesan traditional dan natural. Cocok buat kegiatan santai. 


Saya hampir tidak bisa membedakannya dengan kaos abstrak karena motif kaos tie dye ini menurut saya juga tidak jelas dan bersifat bebas. Hanya saja, kaos abstrak sering dibuat dengan full print. Setelah saya ingat-ingat, saya sebenarnya sudah pernah beli model seperti ini untuk diri saya sendiri tapi tidak pernah tahu namanya. Di Jogja dan Bali banyak sekali produsen yang menjual kaos tie dye ini. 




6. Kaos berkerah atau polo shirt



Kaos polo memang tidak pernah ketinggalan zaman dan selalu populer dikalangan pria. Sekarang banyak seller yang mulai menawarkan kaos polo untuk anak-anak. Polo shirt anak ini memberikan kesan yang elegan, tidak kalah dengan yang dewasa. Ciri khasnya adalah t-shirt dibuat dengan model berkerah dan berkancing sehingga mudah dilepas dan memiliki rongga udara. 


Dilihat sekilas sejarahnya, baju model ini pertama kali di luar negeri dan dikenal sebagai pakaian untuk olahraga. Ya, bermain polo. Oleh karena itu, dinamakan dengan polo shirt. Bahannya pembuatannya berbeda dengan kaos biasa. Agak kaku dan tebal. Hanya saja, saat ini pemakaiannya tidak terbatas untuk kegiatan olahraga saja tetapi lebih bersifat fleksibel. Ada yang dipakai buat sehari-hari dan juga acara tertentu. 




7. Kaos hoodie

 

Inspirasi baju couple keluarga ayah dan anak laki-laki dari kaos lainnya yaitu model hoodie. T-shirt dengan model ini memang terkesan seperti jaket atau sweater tetapi juga bisa dipakai harian atau kegiatan tertentu. Saat ini, bahan dasar hoodie tidak melulu tebal buat dipakai pas cuaca dingin. Akan tetapi, produsen fashion membuat hoodie berbahan kaos yang tidak tipis dan tidak tebal sehingga tetap nyaman dipakai meskipun cuaca panas. 


Hoodie memang sudah dikenal sejak beberapa tahun silam. Keunikan kaos hoddie kekinian adalah pada desain. Jika dulu dominan polos, sekarang cuttingnya ada dikombinasikan dengan warna dan motif. Menurut saya, ayah dan anak yang memakai hoodie ini terlihat lebih macho, cowok banget gitu lho. 



8. Koko kaos kurta



Kalau berbicara baju koko, mayoritasnya berbahan katun baik itu madina, toyobo dan rayon.  Baju berbahan ini bagusnya dipakai untuk acara tertentu. Namun, sekarang lagi musim namanya baju koko yang terbuat dari kaos. Sekilas modelnya seperti kaos henley karena ada kancing 3 di depan tetapi ukurannya tidak standar alias lebih dalam. Itulah mengapa dinamakan kaos kurta. 


Koko kaos ini nyaman dipakai sehari-hari dan mendukung untuk melaksanakan ibadah. Sebagaimana diketahui, baju kaos biasa berukuran  pendek. Kalau dibawa shalat tak jarang kelihatan pinggang. Dengan memakai kaos yang lebih dalam sampai ke paha atau lutut, tiak perlu khawatir lagi soal itu. 





9. Koko kerah berpita


Baju couple keluarga buat ayah dan anak memang didominasi oleh kaos. Pilihan ini lebih cocok untuk acara santai dan pakaian harian. Namun, untuk acara tertentu yang bersifat lebih resmi banyak orang yang lebih memakai baju kemeja. Saat ini banyak model kemeja yang dapat menjadi pilihan. Bisa polos, salur dan motif kotak-kotak. Kemeja yang paling diminati terbuat dari bahan katun oxford dan katun madina. 


Namun, khusus untuk anak, saya jatuh cinta dengan kemeja yang ada pita di kerahnya. Jadinya mirip fashion pesta, semacam tuxedo. Menariknya, pita pada kemeja anak ini bisa di lepas pasang. Kalau untuk ayahnya, saya kurang suka dipakai pita. Kerah polos biasa saja. Walau banyak pria memakai leher berpita tapi entah mengapa menurut saya terkesan kurang gentle saja. Kalau untuk anak sih lucu. He.




10. Koko kurta kancing list miring



Pertama kali melihat koko ini kesannya elegan terlebih warna tertentu seperti hitam, navy,  putih dan abu-abu. Duh, sangat keren kalau dipakai menurut saya. Kesannya sederhana tapi  unik, elegan dan kekinian. Berbeda dari koko biasa yang umumnya memiliki kancing banyak sampai ke bawah dan setengah. 


Baju couple keluarga ayah dan anak laki-laki dari baju koko berkancing miring ini cocok dipakai untuk lebaran maupun kegiatan keagamaan.  Oya, koko model kancing ini yang paling diminati adalah yang terbuat dari toyobo.  Mayoritasnya polos tapi juga ada kombinasi warna tertentu dan bergaris-garis samar.
 



11. Koko turki, india dan pakistan


Selain baju koko kancing 1, saat ini lagi musim koko turki, india dan pakistan. Apa bedanya dengan baju koko Indonesia? Koko model lokal umumnya dengan cutting lebih pendek tetapi yang dari luar negeri lebih panjang ke bawah. Modelnya ada yang sampai paha dan lutut. Untuk kancing ada yang full dan ada yang setengah. 


Baju koko turki couple untuk pria dewasa dan anak laki-laki sangat cocok dipakai untuk lebaran, shalat Jumat, pengajian agama atau pun pesta. Untuk warna lumayan banyak pilihan tetapi warna putih, hitam, abu, krem dan navy merupakan favorit banyak orang. Rata-rata dikombinasikan dengan kain polos tetapi ada juga dengan batik. 




12. Sarimbit batik

Sebagai orang Indonesia, batik merupakan salah satu fashion yang wajib dimiliki. Beraneka motif hem batik yang unik membuat penampilan lebih elegan. Ayah dan anak laki-laki dapat memakai baju ini untuk pergi acara pesta atau kondangan. Ibu pun juga bisa ikut menggunakan gamis atau atasan batik. Karena batik tidak polos alias bermotif, belilah corak dan warna yang sama. 


Saat ini sudah banyak produsen yang menjual sarimbit batik couple keluarga yang sudah jadi. Kamu tinggal menyesuaikan ukuran. Ada juga layanan kain batik meteran disertai jasa penjahit online dengan sistem pre order. Sedangkan untuk modelnya, umumnya couple batik modern kekinian 2020 mayoritas dikombinasikan dengan brokat atau kain polos. 


***


Sebagai wanita muslimah yang memakai gamis, agar selaras dengan suami dan anak saya siasati dengan memakai baju yang sama warnanya bertiga. Misalnya, suami dan anak memakai kaos polos warna hitam, jika ingin baju couple keluarga (ayah, ibu dan anak) saya akan memakai gamis polos warna hitam. Kadang-kadang, saya ingin anak laki-laki saya saja yang sama bajunya dengan ayahnya. Bahagia saja lihat mereka berdua memakai pakaian yang persis mirip satu sama lain. 

Subscribe to receive free email updates: