Mau Grosir di Pasar Tanah Abang? Sekarang Sudah Bisa Belanja Online Lho,Yuk Cek di 4 Tempat Berikut Ini



Fasilitas belanja grosir di pasar Tanah Abang Online merupakan salah satu hal yang menarik perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya, di mindset mayoritas masyarakat belanja di pasar Tanah Abang itu ya harus datang ke ibukota. Para pemilik toko di berbagai daerah di Indonesia bahkan sengaja datang ke Jakarta Pusat. 


Mereka ingin belanja langsung di pasar yang beralamat di Jln.H.Fachrudin No.1, Kel.Kampung Bali, Kec.Tanah Abang ini. Padahal dalam situasi dan kondisi tertentu, belanja grosir di Tanah Abang online shop justru jauh lebih hemat, efisien dan efektif.


Belum lama ini tante saya di Sumatera bercerita kalau dia pernah menginap seminggu di Jakarta diajak temannya. Temannya itu memiliki usaha di bidang pakaian.Tujuan utama ke Jakarta adalah belanja stok tokonya dalam rangka persiapan menyambut Ramadhan dan lebaran. Oleh karena itu, mereka menginap di hotel yang dekat dengan pasar Tanah Abang. 


Pas tante saya bercerita, yang muncul di pikiran saya adalah " berapa puluh juta ya kira-kira mereka menghabiskan dana untuk transportasi dan akomodasi? ". Mereka kan menginap di hotel berbintang seminggu ditambah biaya tiket pesawat Garuda pergi pulangnya.


Di kesempatan berbeda, kenalan saya yang malang melintang berjualan aksesoris di Tanah Abang dalam 10 tahun terakhir bercerita kalau sekarang sudah banyak toko di pasar Tanah Abang yang go online. " Kalau kamu berjalan di seputaran pasar Tanah Abang, mungkin agak heran karena melihat beberapa toko tampak sepi tetapi mereka sibuk packing barang dalam jumlah banyak", katanya. Hal itu lantaran beberapa toko di sana sudah mulai memasuki pemasaran secara online.


Kabar tersebut membuat saya semakin memutar otak. Bukankah itu artinya, kalau ingin grosir untuk dijual kembali di pasar Tanah Abang sekarang juga bisa secara online. Tidak serta merta harus datang langsung ke Tanah Abang seperti teman tante saya tadi. Kenalan saya menambahkan bahwa menurutnya para pembeli yang jauh-jauh seperti Kalimantan, Aceh, Makasar dan Papua sekarang bisa berbahagia dan terbantu dengan adanya toko di pasar Tanah Abang yang melayani pembelian grosir secara online tersebut.


Nah, mungkin ada diantara kamu yang bertanya apakah semua toko di pasar Tanah Abang sudah online? Dalam hal ini, memang belum semua tempat grosir disana yang memasuki pemasaran internet. Lantas dimana dan apa saja grosir Tanah Abang yang sudah online? 


Secara umum, hampir semua jenis barang di pasar Tanah Abang sudah bisa dibeli online. Saya pernah menemukan baju gamis, perlengkapan bayi, perlengkapan olahraga, aksesoris, baju kerja kantor dan lain-lainnya semuanya dari toko Tanah Abang online shop.


Jika kamu tertarik untuk membeli di toko-toko Tanah Abang secara online, kamu bisa menemukannya di tempat di bawah ini :



1. Marketplace


Dalam beberapa kesempatan saya belanja di toko Tanah Abang online shop yang membuka cabang di marketplace. Saya merasa cara ini lebih hemat biaya dan tetap tergolong murah dibandingkan datang langsung ke lokasi. Belum lagi rasa lelah dan capek belanja offline yang membuat saya menjadi malas. 


Agar aman dan irit biaya operasional serta menjangkau konsumen dari seluruh daerah, sebagian pemilik toko Tanah Abang lebih memilih membuka cabang di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Cara mengoperasikan toko online menjadi kendala bagi sebagian penjual di Tanah Abang sehingga membuka cabang di marketplace dirasa lebih mudah untuk mencari calon konsumen.




Jika kamu mau membeli aksesoris, tinggal ketik kata kunci yang diingi kan di kolom pencarian yang tersedia di marketplace. Misalnya : kata kunci grosir dan eceran aksesoris tanah abang. Nanti akan keluar pilihan beberapa toko. 


Untuk lebih absah, kamu pun kemudian bisa melakukan cek alamat toko fisiknya apakah benar berlokasi di Tanah Abang atau tidak. Tanyalah penjual apakah di blok a, b, c atau blok f kah mereka. Juga tanyakan mereka berada di lantai berapa bilang saja jika sewaktu-waktu kamu hendak singgah membeli langsung.



2. Google Playstore


Beberapa penjual di tanah abang tak segan-segan mengeluarkan biaya puluhan juta untuk membuat aplikasi toko onlinenya di Google Playstore. Pada suatu kesempatan saya pernah iseng-iseng cek di Playstore, ternyata ada beberapa tanah abang online shop disana. Benar-benar keren dan canggih karena mereka sudah memasuki internet marketing apalagi dunia aplikasi di Google Playstore yang tidak sedikit biaya menyewa vendor untuk membuatnya. 




Misalnya : mengetik kata kunci grosir tanah abang murah di Google Play Store, kamu akan menemukan toko bejibun banyaknya. Kamu tinggal menjatuhkan pilihan mau belanja di toko yang mana. Jangan lupa telitilah seberapa profesional toko incaran kamu dengan membandingkan rating dan review dari konsumen. Semakin tinggi nilainya, semakin bagus tokonya. 



3. Website online


Selain membuka cabang di marketplace dan membuat aplikasi, sebagian penjual juga ada yang membuat toko online dengan menggunakan domain sendiri. Misalnya, memakai ekstensi domain berakhiran com, net, id dan sebagainya. Tanah abang onlineshop model ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Google Playstore, bedanya yang satu tampilan versi desktop dan yang satu lagi versi mobile. Apakah mau belanja via toko yang berupa website ini atau di aplikasi tergantung kenyamanan dan keyakinan pembeli saja.


Dari ketiga cara mencari Tanah Abang online shop tersebut, saya menyarankan agar sebaiknya tetap waspada belanja melalui fasilitas internet. Selain dituntut hati-hati dalam memilih penjual yang terpercaya, konsumen juga harus menjaga akun dan kerahasiaan sandi agar tidak disalahgunakan oleh penipu di dunia maya.





4. Media sosial seperti Facebook dan Instagram


Semakin berkembangnya ilmu internet marketing, para pedagang merambah pemasaran dan promosi di social media. Dua aplikasi yang paling banyak dipakai adalah Facebook dan Instagram karena memang penggunanya lebih tinggi. Cara untuk menemukan penjual tersebut adalah sama yaitu dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian. 


Berhubung beberapa waktu terakhir kerap dilaporkan adanya penipuan di Instagram, sebaiknya kamu benar-benar memastikan toko online yang kamu tuju. Carilah cabang official shop dan lebih bagus kalau toko tersebut tidak hanya memajang gambar tetapi ada video live sedang jualan. Semacam siaran langsung pemilik toko yang kerap dilihat di Facebook. 



***


Kalau dari segi kacamata saya sebagai seorang konsumen digital yang selalu mendukung efisiensi dan efektifitas, kalau bisa hemat ongkos dan tenaga rasanya rugi kan datang langsung ke Tanah Abang karena sekarang sudah banyak Tanah Abang Online ini. Tinggal membuat pesanan dalam beberapa klik, bayar pesanan dan tinggal menunggu paket sampai di rumah. Hemat dari segi waktu juga. 


Mengenai Tanah Abang online shop ini, ada beberapa catatan dari saya :


1. Belanja sekalian melancong lebih baik membeli secara offline


Jika kamu datang jauh-jauh ke pasar Tanah Abang untuk belanja sekalian dengan niat berwisata di Jakarta, tentu saja tidak masalah. Tingkat kerugian dari segi waktu, uang dan tenaga dalam hal ini menjadi tidak kentara. Malah bagus karena kamu bisa memegang barang secara fisik, langsung melihat warna maupun koleksi yang ada dan dapat bernegosiasi langsung dengan penjual. Kondisi yang perlu dipertimbangkan dan dipikir ulang adalah jika membeli grosir tidak seberapa dan sengaja datang ke Jakarta. 



2. Belanja grosir dalam jumlah banyak semisal ratusan juta untuk pertama kali atau tidak punya tempat langganan sebelumnya, saya tidak merekomendasikan dengan beli online ini. 


Bagi saya belanja di Tanah Abang Online Shop ini sangat cocok bagi penjual pemula yang masih kecil. Juga bisa bagi penjual kelas menengah maupun pebisnis kelas atas tapi sebelumnya sudah pernah datang langsung ke pasar Tanah Abang untuk menjalin relasi berlangganan tetap dengan beberapa penjual disana. 


Kedua belah pihak sudah saling mengenal dan pembeli juga sudah biasa dengan toko tersebut sehingga tidak ada masalah saat belanja di toko online dalam jumlah banyak. Minimal kamu pernah belanja datang langsung sekali, akan lebih bagus lagi kalau ada surat perjanjian kerjasama (MoU) dengan penjual.


3. Simpan kontak penjual untuk informasi lebih lanjut

Oya, kemaren saya mendapati ada pengunjung yang mencari informasi bagaimana cara mencari nomor handphone atau whatshapp para penjual. Caranya cukup mudah yaitu :

- Ketika kamu mencari penjual grosir Tanah Abang di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, cek lah di halaman tentang informasi toko. 


Biasanya ada disediakan nomor yang bisa dihubungi. Kalau tidak ada, mintalah melalui chat. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada marketplace tertentu dilengkapi dengan warning. Ketika ada chat tentang nomor handphone terlebih nomor rekening maka akan terdeteksi. Ini terjadi karena dikhawatirkan menggiring transaksi diluar toko online. 


Kalau kamu yakin dengan toko tersebut, saya sarankan langsung belanja saja di cabang online shop yang mereka buka di Shopee, Bukalapak atau Tokopedia tersebut daripada mengajak transaksi diluar. 


Mengapa demikian? berhubung ini adalah pengalaman pertama kamu dengan seller tersebut, belum tahu apakah penjual benar-benar amanah atau tidak terlebih rating toko rendah dan minim review pembeli. Sedangkan, belanja melalui marketplace ada dikenal rekening bersama yang paling tidak bisa melindungi kamu dari penipuan. Belanja  melalui WA saja tidak ada perlindungan sama sekali jika terjadi apa-apa.


- Jika kamu cek di aplikasi playstore, download dan buka aplikasi. Biasanya juga tersedia kontak yang bisa dihubungi seperti nomor hp atau email. Begitu juga dengan toko online Tanah Abang di media sosial seperti Facebook atau Instagram. Sebagian besar mencantumkan kontak. Selagi lagi, jika ini baru pertama kali belanja melalui internet pelajarilah terlebih dahulu tentang penjual. Kehati-hatian merupakan kunci awal melindungi diri dari berbagai kejahatan cyber.


***



Oya, kalau kamu baru berencana mencoba membuka usaha dan tertarik belanja grosir, Kamu bisa membaca tulisan saya sebelumnya yaitu : 9 Tips Belanja Grosir Untuk Dijual Kembali di Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA)



Terakhir, sama dengan belanja online yang lain seperti biasanya, konsumen dituntut harus cerdas. Sebelum memutuskan belanja di Tanah Abang online shop sebaiknya kamu membaca dulu cara belanja online aman dan bebas penipuan. Juga harus pintar menyaring diantara toko-toko tanah abang online yang ada manakah penjual yang jujur, bertanggungjawab, amanah dan dapat dipercaya. 


Sebagai upaya untuk membentengi diri, saya sangat merekomedasikan kamu membaca 2 artikel berikut. Artikel ini sengaja saya susun karena prihatin dengan pengaduan penipuan yang sering terjadi akhir-akhir ini.





Nah, sudah siap belanja Tanah Abang secara online? Kalau ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan-sungkan ya. Yuk tulis di kolom komentar. 


Subscribe to receive free email updates: