Inilah 10 Trik Andalan Saya Agar Dapat Belanja Online Termurah di Situs Resmi. Sudah Terbukti !



Pengalaman belanja di online shop murah memang sangat menarik untuk dibahas. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara saya belanja online murah atau termurah di berbagai daftar situs toko resmi, terbaik dan terpercaya yang boleh dibilang saat ini menjadi salah satu primadona ketika melakukan transaksi di internet. Berburu barang yang murah merupakan naluri dan sangat wajar baik di kalangan kaum hawa maupun para pria. Sebagai perempuan, pikiran saya sangat sederhana sekali. Belanja murah otomatis akan membantu dalam menghemat pengeluaran rumah tangga. Bagi yang masih single dapat menekan  biaya hidup pribadi bulanan sehingga dapat merencanakan masa depan. Nah, bagi yang hobi dan punya mimpi traveling, belanja yang irit ini bahkan menjadi strategi dalam mengumpulkan uang untuk biaya perjalanan.


Ya, belanja online termurah di berbagai toko online shopping memiliki banyak keuntungan. Sisa uang tersebut bisa dialokasikan untuk keperluan lain seperti menabung, membayar hutang, angsuran kredit atau untuk disedekahkan pada sesama. Tak heran, bila siapapun pasti menginginkan belanja dengan harga paling rendah termasuk aku, kamu dan mereka. Tak dapat disangkal, mayoritas konsumen memang mengedepankan dan memusatkan perhatian pada persoalan harga atau berapa rupiah kocek yang akan dirogoh untuk mendapatkan sebuah barang. Sebagaimana yang telah disinggung di awal kalau itu merupakan naluri alami yang tidak dapat dipungkiri serta hasil dari perwujudan prinsip ekonomi.







Murmer Boleh,  Waspadai Kualitas yang Nyeleneh !



Belanja di online shop murah itu kudu objektif dan realistis. Tidak bermaksud menggurui tapi hanya sekedar mengingatkan. Saya juga tidak ingin pengalaman buruk saya yang pernah terjebak oleh mindset belanja online murah juga terjadi pada teman-teman semua. Saking fokus pada harga, justru saya jatuh pada konsumerisme, tidak efisien dan efektif. Celakanya lagi, bahkan saya dirundung raya menyesal dan selalu bertanya : " mengapa saya tidak membeli barang X saja kemaren yang sudah jelas berkualitas standar padahal cuma selisih harga beberapa puluh ribu saja dengan si barang murmer. "



Sebaiknya sebagai konsumen digital yang tidak melihat, mencicipi dan memegang fisik produk secara langsung, kita harus hati-hati karena umumnya berdasarkan pengalaman saya harga murah atau murmer malah berkorelasi tinggi dengan tingkat tidak menjamin kepuasan belanja. Maksudnya, tindakan berebut dan tergiur dengan harga murah meriah hasilnya cenderung sering tidak sesuai dengan espektasi alias mengecewakan.


Bukan rahasia lagi kalau membeli barang termurah sangat jauh dari kesan kualitas bagus sebagaimana ungkapan " ada rupa, ada harga", yang mana menurut KBBI maknanya adalah harga barang ditentukan oleh keadaan barang. Ya, merogoh kocek sekecil mungkin agar mendapatkan produk bagus identik dengan angan-angan atau jika pun menjadi kenyataan palingan karena bantuan dari yang namanya diskon, voucher atau undian.


Lumrah, pedagang menjual produk jauh lebih rendah karena memang bahan pembuatan produk yang juga murah dan tidak berkelas. 



" Jangan heran bila produk murah meriah cepat rusak, pudar, mudah robek dan tidak berumur panjang. Alhasil harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli yang baru. Jika dihitung-hitung, akhirnya sama saja dengan mengeluarkan uang untuk membeli produk yang memenuhi kualitas standar dengan harga beda tipis. Standar ya maksud saya, bukan branded atau pun mewah."  

Bagi saya sendiri, tidak punya hasrat membeli mahal dan mewah seperti orang kaya yang suka mengeloleksi barang branded. Filosofi utama saya adalah produk berfungsi dengan baik, layak dipakai dan harga terjangkau, itu sudah cukup. Barang standar mungkin hanya selisih beberapa ribu dengan produk dengan harga paling murah tadi tapi barangnya dapat dipakai berbulan-bulan bahkan bertahun.


Beberapa tahun lalu, saat berstatus pendatang baru dalam dunia jual beli online, saya seperti konsumen yang  tidak begitu berpikir panjang. Asal beli, tanpa pertimbangan mendalam. Ketika menemukan barang dengam harga paling rendah, langsung ambil barang tersebut takut keduluan orang lain dan kehabisan stok.  Tindakan ini memang sedikit gila dan sangat disayangkan. " Inilah barang yang saya cari ", gumam saya selalu. Saya pun menjadi senang dan merasa beruntung karena mendapat harga dibawah normal. Saking bahagianya saya malah menceritakan pada kenalan dan saudara-saudara saya kalau harga barang A,B,C di toko online X sangatlah rendah dari yang lain. Selisih 30-50 ribu per kg dari toko madu langganan saya yang lama.






Namun, rasa bahagia itu lenyap tatkala madu murah online murah yang saya beli itu ternyata sangat berbeda dengan madu yang saya beli biasanya padahal mereknya sama. Hal ini terungkap ketika saya mengundang seorang ibu tukang pijat ke rumah dan melihat madu tersebut yang masih dalam botol. Dia bilang mengenal berbagai jenis madu serta bisa membedakan mana madu asli dan madu palsu alias campuran. Tahu gak? Saya benar-benar syok, ternyata madu murah tersebut katanya bukanlah madu murni melainkan madu yang dicampur dengan gula merah.  Sang ibu mengatakan kalau rasanya tidak sekental madu original serta terdapat sisa-sisa bahan tidak jelas menempel di bagian bawah botol, seperti ampas begitu.


Sekonyong konyong, muncul rasa menyesal karena telah menghabiskan uang untuk sebuah kualitas palsu. Terpaksa gigit jari dan menunggu membeli madu lagi kalau sudah punya budget. Rasanya saya begitu bodoh saat itu, seperti bocah yang begitu mudah terimingi dengan harga yang murah sekali. Pantesan setelah hampir habis satu botol tidak terasa khasiat apa-apa. Satu hal yang membuat saya heran adalah pada botol madu terdapat segel yang utuh. Nah, bagaimana cara mereka mengerjakannya? Wallahu 'alam bishawab. Terus, toko tersebut memiliki banyak pembeli. Dengan kata lain, madu tersebut sudah terjual puluhan botol.


Menurut saya, boleh dan sah saja jika setiap kita berharap belanja online termurah di situs toko online terpercaya, terbaik dan resmi seperti Bukalapak, Lazada, Blanja, Shopee, Blibli,  Elevenia dan lainnya tapi harga yang rendah tersebut harus dilakukan riset kecil supaya dibarengi dengan kualitas yang baik dan standar.  Jika tidak, ujung-ujungnya hanyalah merogoh kocek kembali, lagi dan lagi karena produk yang dibeli rusak atau tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Sayangnya, kalau mau objektif, produk dengan harga rendah kualitasnya juga cenderung rendah, dibawah standar.


Seperti kemaren, adik saya tergiur membeli 2 sepatu. Satu sepatu sport model casual dengan harga 20.000, satu lagi sepatu high heel berkisar 35.000 melalui penjual di salah satu situs belanja terpercaya. Setelah paket diterima, dia pun membenarkan : " ya, sepatu yang didapat memang sesuai harga ya kak." Terkadang, di product review calon toko tempat belanja murah tersebut sudah nyata diulas oleh konsumen terdahulu bahwa barang sesuai harga. Namun, adakalanya saya, adik saya atau bahkan teman-teman terbawa suasana hingga akhirnya tetap mencoba. Apalagi mahasiswa yang bekerja dan membiayai kuliah sendiri seperti adik saya, ada kebutuhan gonta ganti sepatu tapi memiliki budget yang sangat terbatas. Atau, membutuhkan peralatan rumah tangga sehingga berpikiran biarlah membeli sepatu dengan harga yang apa adanya.


Sebenarnya, ada permasalahan, ada juga solusinya. Tidak perlu khawatir, bila berpikir out of the box dan mau sedikit bersabar, kita tetap bisa belanja murah kok dengan beberapa trik. Tidak lagi terjebak pada produk abal-abal  dengan iming-iming original lagi murah meriah.  Dengan sedikit kreativitas, barang berkualitas menengah dan standar sekarang bisa didapatkan di toko online resmi dan terbaik di Indonesia dengan harga miring plus ramah di kantong. Daripada pemasaran, berikut ini saya bocorkan 10 pilihan strategi ala saya agar memperoleh belanja yang lebih hemat. Tips dan trik tersebut telah saya gunakan dalam 4 tahun ke belakang dan hasilnya lumayan membuat saya terbantu mengurangi beban biaya saat online shopping.



1. Saya cari produsen/home industry/UMKM/ reseller tangan pertama, kalau kamu?


Strategi ini baru saja saya ngeh ketika belanja terakhir kemaren,  ternyata sekarang para produsen lokal dengan pabrik skala menengah dan UMKM sudah mulai memasarkan dagangan mereka di berbagai toko online. Jika dahulunya mereka hanya muncul sebagai mitra di Lazada, Elevenia, Muslimarket, Zalora atau sekelas e-commerce, nah sekarang para pelaku home industri tersebut sudah mulai melirik dan membuka cabang di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Saya pernah beranggapan kalau seller di toko-toko tersebut merupakan second hand alias agen, distributor dan dropshipper. Kita pun sudah mengetahui kalau sudah jelas harga langsung dari pengrajin berbeda dengan harga reseller dan tangan kedua apalagi sudah tangan ketiga.


Contohnya : Saya pernah membeli sepatu offline di toko pasar daerah dengan kualitas standar yang ditawarkan seharga 75.000 per pasang. Oleh karena pilihan model terbatas, saat membutuhkan sepatu lagi kemudian saya melakukan riset di internet. Akhirnya saya ketemu 3 pengrajin sepatu dari Bandung yang menjual sepatu dengan harga di bawah yang tadi dan bahan pembuatan sepatu yang digunakan sama atau sejenis yaitu suede dan kulit sintetis. Membeli langsung pada pelaku industri secara online, saya dapat menyisihkan uang untuk ditabung atau buat kebutuhan lain sekitar 30.000/pasang sepatu. Ganti sepatu baru tapi alhamdulillah cukup ngirit bukan?



2. Saya belanja bareng dengan saudara atau teman


Jika kamu seorang mahasiswa dan membutuhkan buku akademik penunjang kuliah, tidak ada salahnya berinisiatif mengumpulkan beberapa orang teman untuk membeli secara bersama. Dengan membeli dalam jumlah banyak, kamu pasti akan mendapatkan pengurangan harga. Tidak hanya itu, biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman juga akan ditanggung dan dibagi bersama. Bayangkan, kalau membeli 1 buku tentu lebih mahal apalagi ditambah dengan ongkos kirim, tentu jauh lebih mahal. Walaupun 1 buku tidak sampai 1 kg saat membayar ongkos kirim biasanya di sebagian ekspedisi terhitung dibulatkan ke 1 kg juga. Artinya, kamu menanggung biaya ongkir lebih mahal kalau belanja sendirian.


Kalau ingin mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan sebuah produk, solusi pertamanya adalah belanja bareng. Tak terkecuali kamu yang seorang ibu rumah tangga, juga bisa mengajak beberapa teman atau saudara. Nilai lebih jika kamu seseorang yang punya insting bisnis, kamu bahkan berkesempatan menawarkan produk dan kamu jual kepada ibu-ibu di komplek perumahan. Manfaat lain selain belanja produk dengan harga miring kamu juga mendapatkan untung dari berjualan. Jika membeli dalam jumlah banyak, kamu sekalian bisa mendaftar sebagai reselller sehingga menambah penghasilan. Cukup menggiurkan memang. Meski hobi belanja online, saya juga punya usaha jualan online lho. Jadi, beli ini itu bukan buat melampiaskan sifat hedon tapi berdasarkan kebutuhan.



3. Saya membeli saat ada promo cashback


Jika kamu belanja online termurah di situs toko online terbaik, termurah dan terpopuler, kamu akan dikejutkan dengan sejumlah promosi termasuk cashback dalam jumlah besar.Uang pengembalian hasil cashback bisa kamu gunakan untuk belanja lagi. Itulah alasan kenapa saldo cashback dikembalikan ke saldo akun kamu di toko online tersebut bukan ke rekening pribadi. Ini merupakan salah satu promosi yang ditawarkan oleh pemilik toko online untuk menarik minat pembeli agar belanja berulang dan menjadi pelanggan setia. Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan toko online lainnya seringkali memberikan informasi adanya promo cashback.


Cashback adalah pengembalian uang dalam jumlah tertentu kepada pembeli jika membeli dalam jumlah tertentu pula. Misalnya, promo cashback 30 % jika kamu belanja minimal Rp.200.000. Artinya, kamu akan mendapatkan pengembalian uang ke saldo akun toko online sebesar 30 %. Awalnya kamu akan membayar sesuai harga total belanja, kemudian memasukkan kupon cashbacknya dan setelah itu baru uang sebesar 30 % dari total belanja akan masuk ke saldo/dompet online di akun toko online kamu. Dengan kata lain, cashback ini kamu dapatkan setelah berbelanja.


Biasanya promo tersebut diberikan dalam rangka ulang tahun mereka dan hari-hari besar nasional. Cashback Shopee dan Tokopedia merupakan promo yang sering diburu oleh mereka yang suka belanja online dan banyak dicari di google. Agar tidak ketinggalan informasi promo cashback ini, jangan lupa berlangganan informasi atau mengikuti media sosial toko online yang kamu inginkan. Sekarang berdiri situs-situs yang secara khusus menyediakan informasi promo misalnya : picodi.com, iprice.co.id, flipit.com, shopback.co.id.  saleduck.co.id dan masih banyak lagi.



4. Saya Menunggu belanja ketika program diskon besar-besaran




Promo diskon tidak jauh berbeda dengan promo cashback, sama-sama fasilitas yang diberikan oleh toko online untuk menarik minat calon konsumen. Perbedaan antara diskon dengan cashback terletak pada kapan diberikan. Kalau cashback diberikan setelah berbelanja, potongan diskon biasanya diberikan langsung sebelum pembeli melakukan pembayaran transaksi. Setelah melakukan order, memasukkan alamat, memilih jasa pengiriman kemudian lanjut pada halaman konfirmasi pembayaran. Nah, setelah itu nanti di bawahnya ada kolom tempat memasukkan kode diskon atau kode promo.


Misalnya, kamu berbelanja dengan total Rp.200.000 dan mendapatkan promo diskon 25 %, maka ketika kamu memasukkan kode promo sebelum klik pembayaran nanti total tagihan kamu akan dikurangi 25% menjadi Rp.150.000.  Sejumlah Rp.150.000 itulah nanti yang kamu bayar dan transferkan ke toko online. Program diskon biasanya diberikan oleh toko online saat mereka ulang tahun atau hari-hari besar nasional. Dengan mendapatkan diskon besar, tentunya belanja online kamu akan jauh lebih hemat.



5. Saya ikut promo gratis ongkos kirim atau membeli di toko online subsidi ongkir


Tak sedikit toko yang memberikan promo belanja online termurah lagi gratis ongkos kirim atau free ongkir pada musim tertentu, selain menawarkan diskon dan cashback. Di toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak, promo ongkos kirim cuma-cuma atau tanpa biaya tersebut tidaklah setiap hari, hanya pada saat tertentu saja. Meski demikian, kamu tetap bisa mengandalkan program ini untuk mendapatkan produk dengan harga lebih murah karena tidak membayar ongkos kirimnya.



Program promo ini cocok buat kamu yang membutuhkan barang yang bersifat tidak mendesak sehingga bisa ditunggu kapan ada promo. Begitu promo berlangsung, baru melakukan order "



Sementara itu, kalau belanja di Shopee, dipastikan selalu ada subsidi ongkos kirim dan ongkos kirim gratis. Ongkos kirim yang disubsidi di Shopee biasanya untuk pembeli yang berasal dari luar Jawa misalnya Sumatera, Kalimatan, Sulawesi, Papua dan sebagainya. Misalnya, kamu belanja dan setelah memilih jenis jasa pengiriman/ekspedisi kamu dibebankan biaya ongkir Rp.40.000. Maka Shopee akan memberikan subsidi ongkir sebesar Rp 20.000- Rp.35.000 sehingga kamu hanya menanggung ongkos kirim sebesar Rp.10.000. Sementara itu, khusus untuk pembeli yang berada di Jawa, ongkos kirimnya biasanya gratis dengan syarat ketentuan tertentu. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mempelajari di masing-masing toko online ya.



6. Saya pilih jasa pengiriman murah dan lama sampai


Strategi lain agar belanja online lebih murah dan hemat adalah dengan memilih jasa pengiriman murah. Jika alamat rumah kamu berada di luar Jawa terutama daerah ujung seperti Aceh dan Papua, biaya ongkos kirim reguler atau biasa saja cukup mahal. Tak aneh bahkan biaya ongkir malah mengalahkan harga barang belanjaan kamu. Apalagi kalau memilih jasa pengiriman paling cepat seperti JNE YES atau Pos Express, dipastikan biaya selangit karena dikenakan hampir menjadi dua kali lipat dari yang biasa.


" Kalau kamu membutuhkan sebuah barang tetapi masih lama diperlukan, pesanlah 1 bulan atau 2 minggu sebelum hari H. Dengan demikian, kamu bisa menyiasati biaya ongkos kirim yang mahal dengan memilih jenis pengiriman paling murah sehingga biayanya tidak terlalu tinggi." 


Semakin cepat waktu paket dikirim dan sampai di alamat, semakin mahal biayanya. Jika membeli barang lebih dari 5 kg, pilih saja ekspedisi Pos yang paling ekonomis atau biasa. Biasanya jauh lebih murah dan hemat ongkir walaupun agak lama sampai di tujuan. Kalau barang tidak bersifat mendesak untuk dipakai, ya tidak masalah kan kalau agak lama sampai asalkan biaya dapat ditekan semurah mungkin.



7. Melakukan transaksi di waktu HARBOLNAS


Bagi kamu yang baru dalam dunia belanja online, harus mengetahui tentang momen besar belanja online sekali setahun. Apa itu Harbolnas? Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional yang merupakan pesta belanja online tahunan di Indonesia.  Harbolnas ini dirayakan sejak tahun 2012 silam yang juga dikenal dengan istilah 1212. Pada saat Harbolnas tersebut, setiap toko online akan memberikan promo besar-besaran dan sangat sayang kalau dilewatkan. Hal yang harus kamu ingat adalah tanggal berapa Harbolnas dirayakan setiap tahunnya. Untuk tahun 2017 ini, Harbolnas jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Desember  2017.


Pada tahun 2018, 2019, 2020 dan seterusnya, Harbolnas tetap dilaksanakan tanggal 12 Desember hanya saja harinya yang berbeda setiap tahun. Toko online besar dan terkemuka seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Tiket.com, Zalora, Elevenia, Mataharimall, Lazada, Blibli, Shopee dan lainnya akan mengumumkan promo khusus Harbolnas tersebut beberapa hari sebelum dimulai. Nah, untuk Harbolnas tahun 2017 ini sudah tidak lama lagi. Jadi, jangan lupa tandai kalender kamu ya. Meski demikian, kamu dituntut tetap belanja secara bijak dan matang pada hari promo besar tersebut agar Harbolnas tidak membuat kamu merasa dirugikan karena kebablasan belanja.



8. Saya survei dan cek harga di masing-masing toko terlebih dahulu


Salah satu cara dan langkah yang sering saya lakukan untuk belanja online termurah adalah dengan membandingkan harga dari banyak toko. Kadang untuk produk yang sama ada toko yang menjual sangat tinggi dengan harga berkali lipat. Bisa saja harga pertama kali kamu lihat bukanlah harga terbaik. Disarankan melakukan survei dan cek harga masing-masing toko dan bahan pembuatan produk. Kamu jangan heran kalau foto produk bisa sama ternyata satu barang asli dan satunya tiruan alias palsu. Soalnya oknum toko tertentu ada lho  dijumpai "nyontek" produk baik gambar atau pun dalam produksinya.


Ketik di kolom pencarian barang yang ingin kamu beli umpamanya baju muslim. Setelah kamu mendapatkan baju muslim yang sesuai dengan selera, kemudian ketik lagi nama baju tersebut di kolom pencarian. Misalnya, nama produk baju muslim tersebut Kanaya Muslim Longdress, jadi kamu ketik nama baju tersebut. Biasanya akan ditemukan beberapa toko yang menjual baju gamis Kanaya Muslim Longdress dengan lokasi dan harga berbeda. Dari sini, kamu bisa melihat toko yang menjual dengan harga termurah dan tertinggi.


Namun, disarankan jangan langsung kepincut dengan toko yang menjual paling murah. Tetap pelajari tokonya dulu apakah sudah banyak barang yang terjual, profesional, produknya original dan apakah ada banyak stoknya. Meski melakukan filter untuk menemukan item dengan harga paling minimal atau mumer, jarang sekali saya langsung membeli. Biasanya saya menjadi perbandingan bagi saya :


"Kenapa toko ini menjual sangat murah sekali sendirian. Sementara toko lain rata-rata harga di atas itu. apakah barang original atau apakah bahan yang digunakan berbeda? bagaimana dengan ukurannya?samakah dengan di toko lain?"


Kemaren ketika membeli baju gamis baloteli, gamis yang lagi hits sekarang di kalangan muslimah. Saya menemukan rata-rata menjual Rp.85.000 - Rp125.000 namun ada yang menjual Rp.35.000-Rp 55.000. Saya tidak langsung menerima dan klik order tapi insting saya mendorong agar melakukan riset terlebih dahulu. Kenapa nama bahan sama-sama baloteli tapi harga jauh berbeda.


Dari hasil pantauan, saya mendapati bahwa gamis baloteli berharga Rp.45.000-Rp.55.000 memiliki klok lingkaran bawah lebih pendek yaitu hanya berkisar 120 meter-180 meter, harus pre order dengan lama pengerjaan, pengiriman hingga sampai di rumah sekitar 10-14 hari serta bahan baloteli biasa. Sementara itu, gamis yang dijual Rp.85.000-Rp.120.000 bersifat ready to buy alias no preorder, balotelli yang digunakan buat gamis lebih tebal dan klok lingkaran bawah baju mayung/payung sekitar 3-4 meteran.


Nah, setelah mengetahui bahwa sebenarya ada perbedaan mendasar tersebut, sebagai konsumen kita tidak bisa fokus hanya pada persoalan murah semata bukan? Bahkan sejatinya kita dituntut berpikir ulang sebelum menjatuhkan pilihan akan dimanakah kita belanja.



9. Saya terbiasa belanja dengan 1 keranjang belanja





Sebagian pembeli pemula dan belum berpengalaman belanja online kadang kurang mengerti urutan langkah berbelanja. Mereka melakukan klik barang, memasukkan alamat dan membayar. Setelahnya mereka memesan produk lain lagi dengan cara yang sama sehingga memiliki dua order dan 2 ongkos kirim. Padahal bila mengetahui cara belanja dengan 1 ongkos kirim akan jauh lebih hemat dan tidak perlu ribet. Untuk lebih hemat dalam belanja online, belanjalah dengan menggunakan 1 keranjang belanja. Syaratnya harus belanja di toko yang sama ya dear.


Misalnya, kamu membeli celana anak di toko A. Kemudian kamu ingin juga membeli bandana anak perempuan. Sebaiknya membeli bandana di toko A juga sehingga pesanan kamu terkumpul dalam 1 paket, 1 nomor resi, 1 transfer dan dikirim bersamaan. Selain itu, kamu juga tidak perlu membayar ongkos kirim ganda. Tipsnya adalah pilihlah toko grosir besar yang menjual semua produk yang akan kamu beli sehingga kamu tidak perlu belanja di toko lain. Namun, jika kamu menyukai bando di toko B yang tidak dijual di toko A, juga tidak masalah tetapi kamu harus merelakan mengeluarkan uang lebih.



10. Belanja Pada Seller dalam Satu Kota atau Saya Titip Keluarga


Trik terakhir ini perlu kamu pertimbangkan karena saya sudah merasakan kemudahan dan manfaatnya. Saat menulis artikel ini saya sedang berada di Sumatera yang notabene harus menanggung ongkos kirim mahal ketika belanja di internet. Kebanyakan promo gratis ongkir hanya berlaku untuk pembeli yang berdomisili di area Jawa karena ongkos pengiriman antar kota sesama Jawa tergolong murah. Harga pengiriman dari Semarang atau Solo ke Yogyakarta contohnya tidak sampai 10.000.


Sementara itu, khusus untuk luar Jawa seperti Sumatera, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Aceh dan daerah lain tingkat biaya ekspedisi lumayan tinggi, hampir Rp.30.000 ke atas bahkan ada yang Rp.60.000 an per kg. Jadi, pembeli luar Jawa biasanya mendapat keringanan berupa subsidi ongkos kirim apakah Rp.20.000, Rp.25.000, Rp.30.000 atau Rp.35.000. Hal ini tergantung kebijakan toko dan marketplace yang menaunginya.


Misalnya : Secara normal, saya akan dibebankan biaya kirim sebesar 32.000/kg dari Bandung ke daerah saya tinggal. Itu disebabkan saya kategori luar Jawa, ketika belanja kemaren sebenarnya saya harus membayar ongkir Rp.12.000/kg karena hanya mendapatkan subsidi sebesar Rp.20.000. Bayangkan kalau berat barang belanjaan saya 2 kg, artinya saya perlu membayar ongkos kirim sekitar Rp.42.000. Kondisi tersebut akan dialami kalau kamu belanja antar kota, jarak tempat tinggal sangat jauh dari kota penjual/pengiriman.


Beruntunglah kamu-kamu yang tinggal di JABODETABEK atau kota besar lainnya seperti Yogyakarta, Surabaya dan Bandung, untuk belanja secara online kamu dapat mengeluarkan biaya mulai dari sekitar Rp.9.000 saja. Meski demikian, bagi yang berada jauh dari ibu kota besar seperti saya tidak perlu berkecil hati. Kita hanya perlu sedikit memutar otak agar memperoleh barang yang tetap ramah kantong.


Alhamdulillahnya, dalam satu tahun ini suami saya hampir 2 bulan sekali berkunjung ke Jakarta. Jadi, saya siasati dengan belanja online ketika dia sedang berada di Jakarta karena akan mendapatkan nol ongkir alias gratis. Tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman lagi namun ya harus bersabar menunggu dia pulang baru bisa melihat produk yang dibeli dan menunda pembelian. Kadang saya membutuhkan sebuah produk pada bulan Agustus tapi berhubung suami akan ke Jakarta September, akhirnya menunda dulu deh sampai September. Begitulah, apa boleh buat. Untuk biaya termurah juga perlu pengorbanan lho. Tidak hanya pengorbanan antrian, waktu yang habis untuk membandingkan harga tapi juga menahan hasrat dan keinginan sementara waktu karena belum jadi membeli barang yang dibutuhkan hingga waktu yang ditentukan.


Trik tersebut dapat juga kamu lakukan jika ada anggota keluarga atau sahabat karib kamu yang sedang berkunjung ke ibu kota. Oya, tidak hanya itu. Cara mudah belanja online termurah tanpa ongkir lainnya adalah memfilter lokasi penjual. Pada toko online terdapat fitur untuk menyaring kota pedagang berada, apakah di Jakarta, Surabaya, Bangka Belitung, Batam dan kota lainnya. Umpamanya kamu tinggal di Batam dan ingin belanja tas di toko online, belilah di onlineshop yang beralamat di Batam. Begitu juga, kamu orang Bandung yang ingin membeli baju seragam kantor, maka belilah di penjual yang mengirim barang dari Bandung. Alhasil, kamu dapat menghemat biaya dan belanja jauh lebih murah.


Agar mendapatkan pengalaman belanja online termurah lagi aman dan terpercaya, langkah dan catatan di atas mungkin akan berguna dan dapat menjadi bahan pertimbangan. Belanja yang hemat adalah pangkal kaya. Meski demikian, belanjalah dengan cara yang bijak dan selektif agar tidak mengganggu keuangan rumah tangga. Selamat berbelanja online murah meriah ya tapi sekali lagi jangan lupakan kualitas barang kudu tetap oke dan tidak murahan. Jangan sampai membeli gamis batik dengan harga mumer tapi sekali dua kali dipakai sudah robek tak karuan. So, mari berburu produk standar or good quality berharga ramah di kantong dengan cara yang lebih kreatif.



Punya pengalaman belanja online termurah selain cara di atas, yuk share ide dan pengalaman kamu di komentar di bawah ini guys. Let's saving money []



This article protected & monitored by :