Bingung Bagaimana Cara Agar Lepas Dari Hutang Pinjaman Online? Ini Pengalaman Saya !



Pada kesempatan ini saya ingin sharing bagaimana cara agar lepas dari hutang pinjaman online. Khusus saya tulis dan persembahkan untuk teman-teman yang memiliki niat baik, berani dan mau bertanggungjawab menyelesaikan persoalan hutang pinjolnya. 
Berapa banyak orang yang terjebak pada pinjaman online dan memilih langkah yang salah. Alih-alih bertanggungjawab malah memilih mengakhiri hidup. Sungguh sangat disayangkan. Ini adalah langkah orang yang putus asa dan berpikiran sempit. 

Hidup ini hanya sekali, jangan sampai menyerah begitu saja karena masalah hutang apalagi sampai berniat mengakhiri hidup. Tahukah kamu diluaran sana banyak orang sukses uang dulunya juga terjebak hutang besar. Saya sendiri perlu waktu melunasi hutang 13 tahun dari tahun 2010 hingga 2023. Uang bisa dicari, kesempatan hidup masih luas dan panjang yang bisa dinikmati dengan orang-orang tersayang. 

Teman-teman hanya perlu mencaritahu bagaimana cara agar lepas dari hutang pinjaman online kemudian mencoba melakukan apa yang terbaik yang bisa dilakukan. Nah, berikut ini beberapa langkah dan cara yang saya sarankan : 


1. Terima dan Bertobatlah

Langkah pertama adalah berdamai dengan diri sendiri menerima kenyataan bahwa kamu sudah terlanjur membuat sejumlah hutang di aplikasi pinjaman online. Sesuatu yang telah terjadi, sudah tidak dapat diubah karena waktu tidak bisa diputar. Jika terus menyesali diri atau menyalahkan orang lain maka kamu akan semakin terpuruk. Hal ini tentu akan menghalangi kamu dalam menyelesaikan urusan hutang-hutangmu. Ingatlah bahwa kamu masih bisa merubah masa depanmu dengan bertekad mengakhiri lingkaran pinjaman online. 

Ya, bertobatlah dengan sebenar-benar tobat. Berjanji tidak akan menambah pinjaman online kembali. Sebaliknya, fokuskan diri menyelesaikan pinjaman online yang telah terlanjur terjadi. Yakinlah dimana ada niat dan kemauan disana pasti ada jalan. Berusaha ikhlas menerima takdir terjebak hutang ini. Kuatkan diri bahwa kamu bisa menyelesaikan masalah ini. Yakin bahwa tidak ada yang tidak bisa diselesaikan atas izin Allah. Cepat atau lambat semuanya akan berlalu juga. Perbanyaklah berdoa meminta pertolongan dariNya. Sesungguhnya dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahannya.


2. Terbuka Pada Pasangan dan Keluarga

Kamu tidak bisa terus-terusan menyembunyikan masalah pinjaman online ini dari isteri atau suami bagi yang sudah menikah dan dari orang tua bagi yang masih lajang. Mereka adalah tempat berbagi setiap masalahmu. Mengakui kesalahan juga menunjukkan bahwa kamu gentle dan membuat hidupmu tenang karena tidak perlu menyembunyikan apa-apa. Tahukah kamu satu kebohongan biasanya akan berlanjut dengan kebohongan berikutnya. Hal ini akan bisa merusak hubungan dengan keluargamu sendiri. 

Dengan berbagi beban pikiran, mana tahu mereka bisa menunjukkan jalan keluar dari masalah hutang yang menimpamu. Mungkin awalnya mereka kaget dan emosional mendengar kamu terlilit hutang pinjaman online. Hal ini bisa dimaklumi dan kamu harus siap mental. Namun, yakinlah di dalam hati mereka tidak ingin membiarkanmu terpuruk sendirian. Segala daya dan upaya akan mereka lakukan agar kamu segera terbebas dari masalah hutang pinjol.

Walaupun seumpama mereka tidak bisa membantu secara materi, mereka pasti bisa meringankanmu dari segi psikis sehingga kamu menjadi lebih tenang. Dukungan dari orang terkasih sangat besar pengaruhnya. Mayoritas orang yang terlilit hutang dalam jumlah besar terganggu pikiran dan jiwanya. Mereka membutuhkan teman walau sekedar untuk mendengarkan cerita. So, berhentilah menjadi single fighter. Tidak lagi merasa bisa menyelesaikan sendiri urusan hutang-hutang. Apalagi jika sudah menganggu tidur dan makan serta aktivitas harian, ini berarti kamu sudah seharusnya terbuka. 


3. Alternatif Cara dan Solusi Yang Bisa Dicoba

Jika kamu sudah memutuskan bertobat dan juga sudah terbuka dengan keluarga, namun masih bingung bagaimana cara agar lepas dari hutang pinjaman online. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu tempuh : 

a. Mengajukan keringanan pembayaran

Beberapa pihak penyedia pinjaman online ada yang memberikan keringanan dalam pembayaran bagi orang-orang yang mengalami masalah dalam melunasi. Keringan yang diberikan seperti penundaan pembayaran atau istirahat sejenak membayar tagihan dalam 2-3 bulan. Lumayan juga bukan bisa memberimu ruang waktu untuk berpikir dan menemukan solusi yang pas. Selain itu, ada juga yang memberikan restrukturasi kredit. Jenis keringannya macam-macam. 

Bisa juga dengan mengurangi nominal angsuran tetapi memperpanjang waktunya. Misalnya angsuran kamu setiap bulan Rp 5.000.000 selama 12 bulan kemudian mengajukan restrukturasi kredit menjadi Rp 2.500.000 perbulan selama 24 bulan atau menjadi Rp 1.250.000 selama 48 bulan. Ada juga yang memberikan keringanan berupa membayar pokok pinjaman saja dan tanpa membayar bunganya. 

Tidak ada salahnya mencoba bertanya dan mengajukan keringanan ini. Syukur-syukur pengajuanmu dikabulkan. Bukankah ini bentuk iktikad baikmu untuk menyelesaikan tanggungjawab buat apa malu. Lagipula mencoba tidak perlu membayar, jangan skeptis duluan. Jika Allah berkehendak memudahkanmu melalui cara ini, maka semuanya mungkin terjadi. 

b. Menjual barang-barang berharga

Jika cara pertama belum berhasil, cobalah menyeleksi barang-barang di rumahmu apakah ada yang berharga yang bisa dijual. Misalnya meminjam emas perhiasan isteri dan anak-anak dulu. Termasuk menjual salah satu kendaraan jika kamu punya beberapa kendaraan. Hasil penjualan ini nantinya bisa dikumpulkan untuk mengangsur membayar hutang. Syukur-syukur dapat banyak sehingga semua utangmu terlunasi. Mungkin kamu akan dihadapkan pada dilema karena sedih menjual barang berharga. Namun, mana sedihnya menjual sementara barang kesayangan daripada diteror pinjaman online. Jika ada rezeki, kamu bisa membeli barang berharga lagi nantinya. 

Kadang saya gemas banget, ada orang yang memiliki hutang tetapi sangat enggan menjual barang-barang berharga miliknya. Memiliki motor 3 kemudian hape branded beberapa buah tetapi tidak mau menggunakan untuk membayar hutang. Sekiranya sebagiannya dijual maka kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana cara agar lepas dari hutang pinjaman online. Kadang caranya sederhana dan ada di rumahmu sendiri, tidak perlu mencari jauh-jauh. 

c. Mencari dana talangan

Jika dirumahmu tidak ada satupun barang berharga yang bisa dijadikan untuk penutup hutang pinjol. Atau hanya ada sedikit dan masih jauh kurangnya. Maka selanjutnya, cobalah perhatikan dengan seksama di sekelilingmu. Adakah kira-kira pihak yang bisa memberikan dana talangan sementara waktu. Yup, mereka yang mau meminjamkan dana sebanyak total hutangmu atau sebagian dari total hutang. Usahakan kamu mendapatkan pinjaman sebesar dana hutang agar kedepannya kamu hanya berhutang pada satu tempat saja. Kepada siapa kira-kira bisa meminta pertolongan dana talangan?

- Atasan tempat bekerja

Memang memiliki hutang di pinjol adalah aib pribadi dan tentu saja kita tidak ingin berita ini sampai ke tempat kerja. Namun, demi hidup lepas dari pinjaman online tidak ada salahnya mencoba. Saat saya sudah mentok dan kepepet banget saya pernah mencoba memberanikan diri menghubungi atasan saya. Alhamdulillah saya mendapatkan pinjaman dari atasan saya Rp 10.000.0000. 

Kemaren di salah satu grup saya juga membaca kalau juga ada yang berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan tempatnya bekerja. Atasannya kasihan karena ada pihak debt collector yang datang ke tempat kerja mengejar-ngejarnya. Pinjaman ini bisa diangsur membayar menggunakan gaji setiap bulannya. 

- Karib kerabat

Keluarga sejatinya adalah tempat pertama untuk berbagi suka maupun duka. Meminjam kepada perusahaan tempat bekerja merupakan langkah yang baik dengan pemotongan gaji bulanan. Dengan cara ini kamu masih bisa menyelesaikan secara mandiri. Namun, jika langkah pertama tidak bisa, maka cobalah minta tolong sama karib kerabat. Kira-kira siapa yang hidupnya lumayan berkecukupan san memiliki tabungan. Tetapi ketika meminjam harus jelas berapa lamanya, jangan sampai membuat masalah dengan karib kerabatmu. Akan lebih baik jika kamu membayar setiap bulan kepada mereka.

- Teman dan Sahabat

Saat saya pernah kesusahan dan bingung mau minta tolong sama siapa, saya teringat pada salah seorang sahabat. Seorang teman dekat yang telah kenal lama dan selalu berbagi suka serta duka. Kadangkala mereka terbuka hatinya dan tidak tega melihat sahabatnya kesusahan. Hanya saja, jika meminjam uang sahabatmu usahakanlah agar membayar setiap bulan dengan gajimu agar nantinya tidak terlalu menyusahkan. 

Jika kamu tidak bisa mendapatkan dari ketiga pilihan di atas, maka jalan terakhir adalah mengajukan pinjaman lunak pada bank. Beberapa bank memberikan pinjaman yang tidak begitu memberatkan. Kamu bisa mengambil jangka waktu angsuran yang lebih panjang sehingga jumlah cicilannya rendah sesuai kemampuan. Hal ini tentunya tidak akan mempengaruhi belanja sehari-hari. 

***

Nah, demikianlah sharing saya bagaimana cara agar lepas dari hutang online. Saya sangat memaklumi pihak pinjol mungkin tidak mau tahu dengan masalahmu. Mereka akan terus-terusan menelpon dan menagih apalagi hutangmu sudah menumpuk beberapa bulan. Kamu juga perlu siap mental jika sewaktu-waktu debt collector datang mencari ke rumahmu. Lalui dan jalani saja sampai sementara waktu kamu bisa mencari jalan keluar masalahmu. Tetaplah semangat, semuanya pasti ada solusinya. 

Terakhir, saya sangat prihatin ada sebagian orang yang lebih memilih gagal bayar dengan cara kabur. Bukannya fokus mencaritahu bagaimana cara agar lepas dari hutang pinjaman online malah berusaha menghilangkan jejak dan menghapus semua kontak. Jangan pernah lupa bahwa masalah teman-teman mungkin teratasi di dunia tetapi bagaimana di akhirat nanti? Bagaimanapun hutang adalah hutang dan jika tidak diselesaikan akan dibawa sampai meninggal. 

So, jadilah berani dan bertanggungjawab terhadap perbuatan yang dilakukan. Dengan bertanggungjawab maka kamu akan bisa menghargai dan memiliki nilai dalam dirimu. Lari dari tanggungjawab hanyalah sifat orang pengecut, yang membuat kepribadianmu rendah. []