Menabung 5 Ribu Setahun Dapat Berapa? Ini Cara Mudah Menghitungnya

Banyak yang beranggapan bahwa menabung itu hanya dilakukan oleh kelompok orang dengan tingkat penghasilan yang tinggi. Mindset ini sangat keliru.Jika hanya orang dengan gaji besar menabung, maka hanya merekalah yang akan menjadi kaya raya. Nah, kalau seperti itu kapan giliran mereka yang ekonomi terbatas akan mencapai kebebasan finansial? Sesungguhnya hidup berkecukupan adalah hak setiap orang. Tidak peduli miskin maupun kaya. Gaji besar maupun gaji kecil. Tua maupun anak muda. Mulailah segera menyisihkan penghasilan walaupun hanya menabung 5 ribu per hari selama setahun. 

Bagi orang yang ekonominya pas-pasan, menabung tetaplah jadi keharusan. Tidak perlu muluk-muluk, sesuaikan budget tabungan dengan isi dompet. Misalnya menabung 5 ribu setiap hari. Berapapun sanggup dan bisanya menabung saja. Itu jauh lebih baik karena merupakan langkah nyata dalam menggapai masa depan. Sebab meraih impian memiliki uang yang banyak bisa dimulai dari saat ini. Makin cepat memulai, maka cita-cita mencapai kebebasan finansial makin cepat tercapai juga. 


Kekuatan Uang Kecil

Sebagian orang memang menganggap sepele soal uang dalam jumlah kecil. Yah, cuma menabung 5 ribu cuma dapat berapa tu. Menurut saya uang Rp 5.000 merupakan jumlah yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Seandainya baru bisa menabung lima ribu per hari saya sudah sangat bersyukur sekali. Bahkan ada orang yang dalam sehari susah mendapatkan uang Rp 5.000 sehingga kesusahan dalam biaya makan.  

Banyak orang tidak menyadari bahwa terdapat kekuatan tersembunyi dibalik uang yang dianggap kecil. Saya pernah membaca sebuah buku tentang pengelolaan keuangan dimana terdapat kisah seorang ibu rumah tangga yang rajin menyimpan uang recehan sisa kembalian belanjanya. Kegiatan menabung recehan ini dilakoninya bertahun-tahun. Tak disangka ternyata sudah terkumpul dalam jumlah banyak sehingga di masa tuanya dia bisa pergi traveling keliling dunia. 

Beberapa kali saya juga sempat membaca berita kisah orang yang membeli motor dan produk lain berkat menyisihkan uang receh. Ada yang menyimpan di galon air minum, kaleng dan sebagainya. Kisah tersebut membuka mata saya mengenai kekuatan uang recehan. Benarlah kata-kata bijak bahwa sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit.
 

Menabung 5 Ribu Setahun Dapat Berapa?

Dibanding uang receh sisa belanja di pasar, menabung 5 ribu justru jauh lebih besar. Hasilnya pun akan lebih besar juga apalagi jika ditabung dalam waktu lama. Setahun saja sudah terlihat hasilnya asalkan rutin dilakukan. Nah, ada teman-teman pemula yang bertanya menabung 5 ribu setahun dapat berapa? Jawabannya adalah Rp 1.825.000. Berikut penjelasannya :

* Langkah pertama : menghitung jumlah hari dalam setahun. Misalnya tahun 2023 dari Januari 2023 hingga Desember 2023 total harinya adalah 365 hari. 

* Langkah kedua : mengalikan jumlah hari dengan nominal tabungan yaitu 365 hari x Rp 5.000 = Rp 1.825.000. 

Cara diatas adalah yang paling mudah dan sederhana. Sayangnya, dikalikan begitu saja tanpa ada catatan keuangan. Hanya langsung mengetahui jumlah keseluruhan saja. Namun, jika teman-teman sama seperti saya yang sedang belajar mengelola finansial, maka membuat catatan tabungan merupakan pilihan terbaik sebab informasinya lebih rinci. Bisa diketahui secara detail pertambahan nilai tabungan dari waktu ke waktu. Catatan tabungan yang saya maksud adalah catatan per hari yang kemudian direkap setiap akhir bulan. 

Dengan cara rekapan bulanan pada akhirnya tetap juga akan diketahui menabung 5 ribu setahun dapat berapaJika teman-teman menabung 5 ribu setiap hari, maka dalam sebulan akan terkumpul mulai dari Rp 140.000 hingga Rp 155.000. Perbedaan hasil dalam sebulan ini disebabkan oleh perbedaan jumlah hari setiap bulannya. Ada bulan yang harinya 28,29, 30 dan 31. Contohnya saya menabung 5 ribu setiap hari selama setahun dimulai dari Januari 2023 hingga Desember 2023, maka berikut catatan tabungannya :
Kalau mau jauh lebih rinci lagi juga bisa yaitu dengan membuat catatan tabungan harian. Langkah ini sering dianggap ribet tapi menurut saya malah sangat menguntungkan, bagus karena bisa membentuk kebiasaan menabung yang disiplin dan konsisten. Berikut contoh catatan menabung harian :


Jika membuat catatan tabungan harian seperti diatas mau tidak mau teman-teman harus membuat catatan selama 12 bulan. Mulai dari bulan Januari hingga Desember. Hasil tabungan di setiap akhir bulan dihitung dan dikumpulkan sampai mencapai akhir tahun.


Tips Menabung 5 Ribu Setahun Agar Berlipat Ganda

Kembali ke kisah ibu rumah tangga yang menabung recehan tadi. Ternyata dia tidaklah sekedar menyimpan recehan saja. Tidak ditumpuk pada satu atau beberapa celangan. Ketika celengannya sudah penuh maka uang tersebut ditukar ke bank. Tidak hanya sampai disitu, bagian yang mencengangkan adalah dia kemudian membuka tabungan valuta asing dari hasil tabungan receh tersebut. Sekali dua kali hingga berkali-kali dilakukannya tanpa henti.

Dengan kata lain, dia menginvestasikan hasil tabungan receh tadi sehingg makin berkembang dari tahun ke tahun. Hasil tabungan plus hasil investasi inilah yang membuatnya sanggup membayar biaya traveling ke berbagai negara. Dari kisah tersebut dapat dipetik dua pelajaran penting agar menabung 5 ribu setahun atau uang yang sedikit bisa berkembang. Tidak hanya hewan ternak yang bisa berkembang. Tidak hanya benih yang bisa tumbuh. Uang pun bisa beranak pinak alias berlipat ganda. Kedua pelajaran tersebut yaitu : 

1. Jika sudah terkumpul sebulan maka  pindahkan ke investasi. Daripada uang dibiarkan mengendap lama-lama di celengan, mendingan tiap bulan diambil untuk dipindahkan ke portofolio investasi. Ada banyak pilihan investasi seperti valuta asing, tabungan emas, saham, reksadana dan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa setiap investasi memiliki resiko rugi. Tidak hanya untung melulu. Jadi pastikan sudah melakukan riset, analisa dan punya ilmu dibidangnya untuk meminimalisir kerugian serta memaksimalkan keuntungan.

2. Tambah waktu menabung. Cara lain untuk melipatgandakan tabungan 5 ribu adalah dengan memperpanjang target menabung. Tidak hanya setahun, bisa 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun atau 20 tahun. Menyisihkan uang Rp 5.000 tersebut dimaksudkan memang untuk tabungan masa tua atau pensiun nanti. Bukan diniatkan untuk membeli barang ini itu. Jadi, walau sudah mencapai setahun tetap diteruskan dan tidak diambil. 

Menabung 5 ribu dalam waktu panjang hasilnya sangat mencegangkan guys. Jika dalam setahun terkumpul Rp 1.825.000, maka dalam 10 tahun akan terkumpul Rp 18.250.000. Sementara itu, dalam 20 tahun akan terkumpul Rp 36.500.000. Besar bukan? Ini baru tabungan saja dalam bentuk simpanan, belum di investasikan. Jika dibelikan emas setiap tahun kemudian disimpan bertahun-tahun, maka jumlah dananya jauh lebih besar lagi. Sebab emas biasanya selalu naik setiap tahun walaupun persentasenya tidak menentu alias fluktuatif.


***

Nah, demikianlah tulisan saya tentang menabung 5 ribu setahun dapat berapa. Lumayan banyak ya guys bahkan sama besar dengan gaji UMR satu bulan di kota tertentu. Saya ingat adik saya kerja di sebuah pabrik perbulan dapat gaji Rp 1.700.000. Mendapatkan THR saja satu kali dalam setahun rasanya sungguh senang luar biasa. Sebab penghasilan jadi double. 

Bayangkan, jika menabung 5 ribu setahun teman-teman pun akan memiliki tambahan sebesar 1 bulan gaji. Jika sudah sukses menyisihkan uang Rp 5.000 setiap hari selama 12 bulan, maka saatnya naik kelas pada tantangan menabung berikutnya. Misalnya menabung 10 ribu dalam setahun. Begitu juga, jika sudah mampu disiplin dalam setahun, maka mari menabung 5 ribu selama 2 tahun. Mari meningkatkan prestasi menabung, jangan sampai semangat menabung malah makin turun. []