Jatuh Bangun 13 Tahun Kerja Online dari Rumah dan Bisnis di Internet (Part 2)

Postingan ini merupakan bagian ke 2 dari sharing pengalaman dan suka duka saya kerja online dari rumah  dan membangun bisnis di internet selama 13 tahun terakhir. Terdapat 16 cara yang pernah saya coba jalani untuk mencari cuan di dunia digital. Nah, poin 11 hingga 16 ada di halaman ini beserta penutup. 

Sementara itu, poin 1-10 terdapat di artikel part 1 yaitu tentang membuat website bisnis online, jual beli domain, jual e-book di amazon, jualan produk di marketplace, menjadi freelance writer, mengelola blog dan monetisasi, mengisi survei online, membaca dan menonton dibayar, mengetik captcha, dan menjual jasa online. Agar tidak terdapat miss informasi dan mendapatkan sesi sharing secara menyeluruh, saya sarankan agar teman-teman terlebih dahulu membaca part 1 disini


11. Menjadi Publisher Adsense. Saya pertama kali membaca tentang bagaimana mendapatkan uang dari adsense sekitar tahun 2013-2014. Saya langsung tertarik membeli beberapa domain untuk blog. Akan tetapi semuanya terbengkalai sebab saya malas-malasan menulis. Barulah pada Juni 2020 saya bertekad menulis konten secara rutin karena ingin mendaftar sebagai publisher adsense. Singkat cerita saya diterima pada Desember 2020. Jujur, tidak mudah gajian dari adsense karena nilai per klik yang murah seperti Rp 100, Rp 200. Sampai sekarang saya masih belum bisa gajian setiap bulan dari adsense. Kadang kalau rezeki bisa payout per 3 bulan. Saat ini mungkin akan butuh waktu 1-2 tahunl lagi untuk gajian karena penghasilan harian menurun drastis.

12. Menjadi Affiliate Marketer. Tidak jauh berbeda dengan adsense, saya mendengar bisnis online menjadi afiliate juga dari para mastah internet marketer. Pada waktu itu, bertebaran kisah seseorang yang sukses dengan afiliate produk luar negeri seperti di Amazon. Katanya hasil afiliate di Amazon jauh lebih gurih dibanding di dalam negeri. Berhubung saya tidak begitu paham bahasa Inggris, saya pun tertarik mencoba afiliate dalam negeri tetapi saya tidak tahu harus mulai dari mana. Terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sehingga saya mengalami penolakan. Mayoritas harus punya sekian ribu followers dan saya tipikal yang tidak aktif bermedia sosial. Pada awal tahun 2022 saya mendapatkan email penawaran afiliate marketing. Alhamdulillah sejak saat itu sampai sekarang saya menghasilkan uang dari sini setiap bulan. Ya, bisalah buat beli snack beberapa bungkus. 

13. Review Berbayar. Setiap blogwalking ke beberapa situs yang saya senangi, saya mendapati kalau mereka menerima paid review. Malahan ada salah satu blogger yang penghasilan utamanya berasal dari sini dan jauh lebih besar dari iklan seperti adsense. Hanya saja bisnis ini sifatnya menunggu harus ada orang yang menghubungi atau mencari reviewer. Beberapa kali saya pernah melihat di situs freelancer lowongan menjadi reviewer di blog tetapi niche nya tidak relevan dengan blog saya. Akhirnya, pada bulan Agustus 2022 saya untuk pertama kalinya mendapatkan tawaran paid review dari salah satu pelaku bisnis. Memang harganya lumayan, satu kali review dibayar Rp 250.000. Sayangnya, belum ada penawaran selanjutnya hingga saat ini. 

14. Investasi dan Trading Saham. Hm, sampai saya berumur 35 tahun, saya benar-benar awam sekali soal saham. Tidak tahu dan tidak pernah mendengar karena selama ini tidak pernah terbesit keinginan untuk investasi karena memang belum ada dana untuk itu. Berhubung sudah berkeluarga dan punya anak yang masih kecil-kecil, saya mulai belajar melakukan pengaturan keuangan. Selain searching sana sini mempelajari bagaimana mengelola uang, saya juga menonton video dan membeli buku. Barulah saya kenal dengan saham dan mulai tertarik mendalami. 

Saya memberanikan diri membeli beberapa lot saham dengan modal awal sekitar Rp 750.000 dan sudah berjalan sekitar 2 tahun belakangan. Memang bisa menghasilkan uang tapi tidak mudah seperti dibayangkan. Adakalanya hijau dan beruntun. Adakalanya merah dan buntung. Resikonya memang tinggi dan membuat jantungan apalagi day trading. Saat ini saya memilih menjadi swing trading saja dan invetasi jangka pendek hingga menengah.

15. Investasi Reksadana. Saya pertama kali mengenal istilah reksadana beriringan dengan saham, sama-sama dari belajar macam-macam produk investasi. Ditambah dengan gencarnya iklan reksadana berseliweran di dunia maya yang dipromosikan oleh para artis papan atas. Yup, invetasi ini memang lagi naik daun dan booming dikalangan anak muda. Akhirnya saya pun mencoba membuat akun reksadana. Saya ingin membuktikan apakah beneran menghasilkan atau tidak. Setelah invetasi sekitar 6 bulan, ternyata benar bisa mendapatkan uang dari sini. Sekali beberapa hari uang yang diakun selalu bertambah beberapa ribu tergantung jumlah modal. Ketika hendak mencairkan, lumayan saya bisa mendapatkan sekitar Rp 250.000 dari reksadana. 

16. Investasi Emas. Pada tahun 2021 saya sekaligus melakukan uji coba menggunakan 3 instrumen investasi online sekaligus yaitu saham, reksadana dan emas. Saya pun membuat akun di pegadaian digital service. Pernah juga membuat akun di salah satu marketplace karena bisa beli mulai dari Rp 5.000 saja. Jadi, duit hasil diskon dan cashback belanja online dibelikan ke emas saja agar terkumpul. Setelah mencoba sekitar 2 tahun, menurut saya pertumbuhannya cenderung lambat. Kayak siput berjalan. Bahkan sampai sekarang saja kurang lebih balik modal saja. Memang ada dapat selisih harga beli dan jual tetapi hasilnya tidak bisa dinikmati. Masih kecil baru bisa buat membayar biaya penyimpanan saja. Memang ini tergantung modal juga sih. Kalau modal besar mungkin dapat agak lebih. Namun, secara umum returnya gak sebesar reksadana dan saham. 


***

Mungkin teman-teman bertanya dari 16 kerja online dari rumah dan bisnis di internet diatas, mana yang berhasil? Belum ada sebenarnya yang berhasil sesuai dengan harapan tapi baru berhasil mendapatkan cuan secara konsisten yaitu dengan menjadi publisher adsense dan affiliate marketer. Sebab harapan saya adalah bisa gajian sebesar UMR setiap bulan dari internet. Sampai detik ini saya pun masih mengejar harapan tersebut.

Kalau sukses yang dimaksud patokannya kaya, ya saya belumlah sukses karena sejauh ini internet belum membuat saya tajir. Namun, saya merasa sukses telah berhasil membuktikan ke diri sendiri dan orang tua kalau internet memang bisa menghasilkan uang. Membuktikan kalau bekerja juga bisa dirumah, tidak harus kerja diluar. 

Saya ingin membuka mata orang terdekat kalau di zaman teknologi yang berkembang pesat, kantor pun sudah tidak harus di suatu tempat karena ada virtual office. Tidak asing lagi di zaman sekarang ada orang yang mulai bekerja untuk perusahaan Afrika dengan hanya stay di sebuah kosan di jogja. 


Berapa cuan yang saya dapatkan dari kerja online dari rumah dan bisnis di internet?

Untuk cuan nya alhamdulillah bisa gajian setiap bulan walau beberapa ratus ribu saja. Pada tahun 2023 ini, cuan nya antara 200.000-500.000 perbulan. Yup, masih jauh dibawah target yang sebesar UMR.  Saya baru berada di tahap penghasilan online yang konsisten setiap bulan tetapi jumlahnya masih fluktuatif. Naik turun tergantung rezeki. Paling rendah Rp 30.000 sebulan dan paling tinggi pernah mencapai Rp 900.000 ribuan dalam sebulan. Berapapun itu saya bersyukur karena tidak mudah mendapatkan uang secara online dengan internet. Kemaren, kini dan hingga nanti, insaallah saya terus berjuang. Semoga nanti rezeki saya semakin membaik dari bisnis online. []