3 Bisnis Online yang Menjanjikan Berdasarkan Pengalaman Saya Bertahun-Tahun di Internet

Jika teman-teman sudah membaca artikel jatuh bangun 13 tahun kerja online dari rumah dan bisnis internet, pasti sudah mengetahui kalau saya sudah mencoba 16 cara untuk mendapatkan rezeki dari internet. Dari pengalaman tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak semua bisnis online yang menjanjikan. Sebaliknya, malah ada yang hanya menawarkan angan-angan cepat kaya dalam semalam. Tidak bisa diterima oleh akal sehat. 

Bisa dibilang ke 16 cara tersebut adalah bagian uji coba saya untuk menemukan apa saja daftar bisnis online yang menjanjikan yang benar-benar punya potensi. So, sebagian besar sudah saya tinggalkan dan akhiri sejak lama. Namun, ada 3 bisnis online yang menjanjikan menurut saya. Ketiga hal ini saya masih saya jalani dan perjuangkan baik sekarang maupun akan datang.


1. Menjual Skill dan Hobi Lewat Internet

Ide bisnis ini merupakan yang paling pertama saya rekomendasikan. Soalnya, hampir tanpa modal uang. Cobalah buka pikiran dan hati teman-teman, apakah ada skill maupun hobi yang bisa jadi ladang cuan. Saya pernah mengenal orang yang suka desain kemudian sukses mendapatkan ratusan juta dengan menjual desain-desainnya di internet. Ada yang hobi menggambar dan melukis kemudian menjual hasil karyanya. Ada juga yang sukses menjual jasa menulis bahasa Inggris di situs freelance di luar negeri seperti Fiverr. Masih banyak lagi cerita kesuksesan mereka membisniskan keterampilan dan hobi.

Sebelumnya saya sendiri memang tidak pernah terpikirkan tentang hal ini. Lantaran saya masih terikat dengan mindset lama bahwa bisnis itu harus ada barangnya, produk fisik. Tak heran jika masa awal- awal saya mencoba mendirikan usaha saya memilih produk seperti kerudung, buku, baju dan sejenisnya. Setelah gagal bertahan dan gulung tikar, barulah saya berpikir keras mau mencoba usaha apa lagi. Modal sudah ludes dan hutang usaha pun menumpuk menuntut untuk dibayar. 

Sudah tidak memungkinkan lagi jualan produk fisik dari modal sendiri. Akhirnya, saya mencoba mencari bisnis online tanpa modal. Saya membuat toko online di marketplace dengan menjadi reseller dropship dimana saya tidak perlu keluarkan uang untuk jualan. Pada tahap ini saya merasa senang karena mengenal bisnis yang setingkat lebih keren. Keren karena hanya membantu memposting foto produk milik orang lain. Jika ada yang order, maka orang tersebut yang akan mengirimkan produk secara langsung. Saya tinggal mendapatkan komisi. 

Berhubung rezeki saya di jualan online terus mengalami penurunan. Saya pun kembali berpikir keras, kira-kira bisnis apa yang harus dilakukan? 

Menawarkan jasa pencarian referensi tugas akhir merupakan ide pertama saya yang memungkinkan saya jualan produk non fisik tanpa modal. Usaha ini pun tidak berjalan lancar hingga akhirnya saya menemukan solusi terbaik yang pernah saya miliki yaitu menjual skill yang saya miliki. Berbekal keterampilan menulis saya kemudian mendapatkan pekerjaan di media, penerbit dan pebisni sebagai penulis freelance. Berbekal skill menulis saya bisa mendapatkan uang dari jasa review produk hingga membuat konten di website dan memulai bisnis periklanan.


2 . Menjadi Content Creator dan Publisher Periklanan

Beberapa tahun terakhir menjadi publisher salah satu bisnis online yang menjanjikan. Tak sedikit orang memilihnya lantaran memiliki prospek yang bagus. Tidak hanya masyarakat biasa, para selebritis juga memanfaatkan peluang ini. Misalnya Rafi Ahmad yang mendulang uang dari periklanan adsense melalui kanal Youtubenya. Ada banyak cara menjadi publisher seperti membuat konten video dan tulisan. Medianya pun beragam bisa Youtube, website, Tiktok, Instagram, Twitter dan lainnya.

Kalau saya mengambil spesialisasi konten artikel. Sebagaimana yang telah saya singgung sedikit di poin pertama bahwa saya kemudian menjual jasa menulis baik penulisan buku maupun artikel konten. Berkat menjual skill tersebut saya jadi punya klien dari bermacam-macam seperti penjahit baju, pemilik rental motor mobil hingga dokter yang menawarkan produk di internet. Tak hanya itu, saya juga bekerja di beberapa situs online dan penerbitan buku. Uang yang saya dapatkan dari sini lumayan sekali dan alhamdulillah sangat membantu biaya kehidupan sehari-hari saya yang saat itu masih berstatus mahasiswa. Teman-teman bisa membaca kisah lengkapnya disini.

Namun, sejak saya melahirkan dan punya anak, saya tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan tawaran job dari berbagai klien yang memakai jasa penulisan saya. Beberapa sengaja saya tolak lantaran khawatir tidak sanggup menyelesaikan. Walaupun mereka ada yang menyerahkan waktu pengerjaan job terserah saya saja, saya tetap tidak enak hati. Saya merasa sedikit tertekan dengan deadline yang saya janjikan sendiri.

Dengan pertimbangan tersebut, kemudian saya memutuskan membangun bisnis online melalui website. Yup, saya menulis artikel konten dan kemudian mendaftar menjadi publisher. Alhamdulillah saya diterima oleh Google Adsense. Beberapa bulan kemudian disusul menjadi publisher affiliate salah satu markerplace di tanah air. Pilihan ini membuat saya sedikit lebih bisa bernafas bebas karena saya menulis kapan ada waktu saja. Tidak ada tuntutan sebab bekerja untuk diri sendiri saja, jadi leluasa. Hanya saja hasilnya tergantung tingkat ketekunan dan keaktifan menulis. Makin banyak memproduksi artikel, maka cuannya akan meningkat.


3. Membisniskan Uang ke Investasi Online

Walaupun saya sudah masuk ke dalam lingkaran bagaimana bekerja online dari rumah tanpa modal, saya merasa masih belum puas. Sebab, harus tetap meluangkan waktu untuk bekerja. Sementara sebagai ibu rumah tangga dengan 2 balita tentu susah mendapatkan waktu untuk itu. Dalam sehari, kadang bisa dapat waktu 1-2 jam kalau anak tidur. Kalau tidak tidur, ya tidak bisa. Saya pun berpikir, apa yang harus dilakukan agar menghasilkan uang tanpa harus meluangkan waktu banyak. 

Saya pernah membaca sebuah buku yang intinya menceritakan bahwa sebagian orang-orang sukses tidaklah bekerja melainkan memperkerjakan uang. Yup, mereka membuat uang yang bekerja keras untuk menghasilkan uang. Dengan kata lain, uang yang bekerja untuk mereka. Bukan mereka bekerja untuk uang. Konsep ini tinggal begitu dalam di benak saya. Mengapa? Sebab sangat keren sekali. Berangkat dari mindset ini saya kemudian belajar investasi uang secara online khususnya saham dan reksadana. 

Saat ini saya sudah masuk tahun ketiga belajar membisniskan uang secara online. Dari kedua instrumen tersebut, saya punya ketertarikan tinggi pada saham. Saham dikenal dengan return tinggi dengan resiko yang tinggi pula. Nah, saat ini ada banyak cara memanfaatkan uang untuk menghasilkan uang. Jika tertarik mencoba bisnis keren ini, carilah yang sesuai dengan profil resiko kamu. Sebab tidak semuanya yang cocok buat setiap orang terutama bagi pemula. Setiap jenis investasi memiliki tingkat resiko berbeda mulai dari rendah, sedang dan tinggi.


****

Sekali lagi 3 bisnis online yang menjanjikan diatas merupakan pendapat saya sendiri setelah belajar dari pengalaman dan kegagalan. Saya telah mendapatkan cuan dari bisnis tersebut. Meskipun penghasilannya masih jauh dari harapan karena semuanya masih dalam proses. Setidaknya sudah terbukti menambah pundi-pundi dan saya berhasil mencicipinya.

Oya, walaupun menurut saya ketiganya merupakan bisnis online yang menjanjikan, bisa saja orang lain kurang sepakat karena menemukan peluang rezeki lebih baik di usaha lain. Saran saya, ketahui minat dan bakat teman-teman dimana dulu. Bagaimanapun, tidak ada cara instan untuk memperoleh penghasilan dari internet. Butuh perjuangan. Jika kita menyenangi sesuatu, setidaknya perjuangan akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Ketiga jenis tersebut tidak lepas dari kecenderungan saya yang memang antusias praktik belajar bagaimana cara menghasilkan uang online dari rumah. Disamping itu, saya juga punya ketertarikan tinggi dengan menghasilkan uang dengan uang.[]