5 Rekomendasi Baju Lebaran di Shopee 2024, Model Terbaru dan Rating Bagus

Horee, kali ini saya mau sharing rekomendasi baju lebaran di Shopee 2024. Yeay, akhirnya kali ini kita ngomongin soal baju lebaran. Tidak terasa saja, sekitar 2 bulan lagi sudah mau Ramadhan dan tentunya 3 bulan lagi menuju lebaran Idul Fitri. Saya perhatikan,  dimana-mana sudah pada ramai bicarakan bulan puasa dan juga sibuk hunting baju lebaran. Tak terkecuali kami yang juga tidak sabaran. Saya bahkan sudah sejak 2 bulan lalu membicarakan soal pakaian baru untuk dipakai di hari yang suci. Soalnya, tahun kemaren kami tidak sempat membeli sebelum Idul Fitri, mau beli online tapi sudah sangat terlambat karena kondisi tidak memungkinkan, baju barunya malah setelah lebaran 😀

Khusus tahun ini, saya mau sedikit lebih gercep. Sudah diskusi sama suami, rencananya kami mau beli baju idul fitri lebih awal. Produk yang diincar adalah couple an atau sarimbit sekeluarga yang terdiri dari dari ayah, ibu, anak laki-laki dan anak perempuan. Selain itu, rencananya saya juga mau beli beberapa gamis dan hijab secara terpisah di toko berbeda. Walaupun anak saya dua, daftar rekomendasi baju lebaran di Shopee 2024 ini tidak terbatas pada 4 anggota keluarga saja. Bisa disesuiakan dengan kebutuhan apakah 2 orang tua 1 anak, 3 anak, 4 anak dan seterusnya.

Oya, sarimbit ini tidak mutlak harus dibeli semuanya, bukan sistem perpack ya. Melainkan harga per item produk. Belinya ya satu per satu. Kalau mau couple an intinya beli di series yang sama semua untuk anggota keluarga biar warna dan desain sama juga. Jadi sangat oke banget untuk yang masih lajang atau yang tidak ada rencana beli couple an. Pilihan produknya beragam, ada gamis dewasa, gamis anak, gamis anak tanggung, hijab dewasa, hijab anak, baju koko pria dewasa hingga baju koko anak. Mau beli satu gamis saja oke, mau beli gamis anak saja juga oke. Teman-teman tinggal memilih sesuai kebutuhan.  Insallah hanya produk terbaik dengan rating bagus yang saya sharing disini. Nah, yuk kepoin list rekomendasi baju lebaran di Shopee 2024 berikut :


1. Sarimbit keluarga by Kakha, pengikut 460 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Nah, siapa sih yang tidak kenal dengan seller yang satu ini. Brand produk pakaian muslimnya bahkan modelnya para artis seperti Dude Herlino & Alyssa Soebandono dan Citra Kirana & Rezky Aditya. Per tanggal artikel ini ditulis, Kakha tercatat mempunyai sekitar 172 jenis koleksi produk yang terpajang di etalase toko. Secara umum, produknya dibagi ke dalam beberapa kelompok kategori seperti sarimbit keluarga muslim, hijab balita & dewasa, mukena balita & dewasa, pakaian muslim ayah & ibu, pakaian muslim anak 1-5 tahun dan baju bayi 0-1 tahun. Dari semua produk yang ada, sarimbit keluarga muslim termasuk salah satu kategori yang paling diminati konsumen. 

Terdapat beberapa series pakaian couple keluarga seperti Kakha Raya Series Sarimbit Keluarga Muslim, Kakha Kareem Series Sarimbit Keluarga Muslim, Kakha Sarimbit Keluarga Muslim Linen Series, Kakha Sarimbit Keluarga Muslim Aruna, Kakha Antalya Sarimbit Keluarga Muslim, akha Sarimbit Keluarga Muslim Cappadocia, akha Sarimbit Keluarga Muslim Kalinda, Kakha Sarimbit Keluarga Muslim Danika dan Kakha Sarimbit Keluarga Muslim Ankara. Semua produk tersebut laris manis dipasaran dan telah berhasil terjual ratusan hingga ribuan pcs. Harga yang dipatok bervariasi mulai dari Rp 127.000 hingga Rp 350.000. 

Oya, khusus baju muslim wanita baik itu dewasa maupun anak perempuan terdiri dari dua pilihan yaitu gamis dan setelan long tunik plus celana. Seller ini tergolong sebagai salah satu penjual yang sudah lama membuka cabang online di Shopee, tepatnya 6 tahun silam. Toko yang berasal dari Kota Jakarta Selatan ini telah terbukti berhasil mempertahankan kualitas dan pelayanan dengan baik sehingga teman-teman tidak perlu ragu belanja disini. Tak hanya rating penilaian toko yang 4.9 dari skala 5.0, bahkan mayoritas penilaian produk juga 4.9 dari pembeli. Poin menarik yang saya suka adanya sekitar 8 voucher diskon 88 %yang dapat diklaim bulan ini. 


2. Hidayah Sarimbit, pengikut 7,9 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Hidayah adalah produsen dan penjual grosir resmi pakaian muslim. Kualitasnya adalah yang terbaik di kelasnya, di segmen baju sarimbit, baju koko dan baju gamis. Tak heran jika penilaian pembeli ratignya sempurna, mayoritas bintang 5.0. Hidayah bergabung di Shopee sudah 11 bulan dengan pengikut 7,9 ribu, performa chat 100 % dan rating 4.9. Jadi, insaallah sellernya amanah dan bisa dipercaya. Toko yang berasal dari Kota Bandung ini memiliki jumlah produk hampir 80 jenis pilihan yang dipajang di etalase. Khusus untuk baju sarimbit ada sekitar 30 koleksi yang ditawarkan kepada pembeli yang berasal dari berbagai brand seperti Arra, Eticha, Nibras, 

Sarimbit keluarga 2023 ori series madina sky blue by Arra, Sarimbit keluarga 2023 mewah ori series madina charcoal by Arra, sarimbit keluarga 2023 series mecca sage green, sarimbit keluarga 2023 ori series rayyan hijau army by Arra dan gamis couple pasangan-baju couple keluarga muslim jumbo merupakan 5 produk dengan tingkat penjualan tertinggi. Yup, kelima produk tersebut secara total sudah terjual ratusan hingga ribuan pcs. Produknya sudah lengkap ya teman-teman. Ada koko dewasa, koko anak, gamis dewasa, gamis anak, kerudung dewasa hingga kerudung anak. Begitu juga dengan size yang komplit mulai dari XS, S, M, L, XXL, 3 XL dan 4 XL. Pilihan warna cantik dan kombinasi desain unik mewah membuat saya jadi ingin membeli beberapa set. 

Saya salfok sama jumlah stok per produknya yang lumayan banyak ada yang mencapai diatas 1.000 pcs. Artinya, toko Hidayah ini memang penjual besar. Harga dibanderol mulai dari Rp 102.000 hingga Rp 278.000 untuk 1 pcs baju ya. Biasanya harga yang paling rendah merupakan size anak dan tertinggi merupakan baju untuk orang dewasa. Harga beragam dipengaruhi oleh brand, bahan, model dan juga ukuran. Saat ini seller memberikan promo yang super menarik. Terdapat 12 voucher diskon yang dapat diklaim yaitu 1 x voucher diskon Rp5RB, 1 x voucher diskon Rp2RB, 5x voucher diskon 30 % dan 5 x voucher diskon 20 %. 


3. Arra Original Store, pengikut 12,3 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Sesuai dengan namanya, seller ini khusus menjual berbagai produk pakaian muslim dengan brand lokal Indonesia bernama Arra. Merk Arra ini merupakan salah satu merk yang lumayan populer di tanah air karena bahan pembuatan pakaian yang berkualitas premium. Seller ini berasal dari Kota Bandung, sudah lebih dari 2 tahun membuka cabang di Shopee dan memiliki performa chat 97 %. Terdapat sekitar 61 jenis produk yang dipajang di etalase dengan kategori sarimbit keluarga, koko daily dewasa dan baju couple ayah & anak. Dari semua kategori tersebut, baju sarimbit meraih peringkat penjualan tertinggi alias best seller. 

Saya sendiri salut dengan desain yang unik dan kombinasi warna yang menarik. Kesannya lebih elegan dan mewah. Produk baju muslim keluaran Arra dijual sesuai dengan kualitasnya yang premium. Seperti kata orang bijak, ada harga ada rupa. Jadi, ya harganya sedikit di atas rata-rata pakaian muslim berkualitas standar. Agak sedikit lebih mahal ya teman-teman. Untuk mendapatkan produk merk Arra perlu merogeh kocek mulai dari Rp 100.000 ribuan hingga Rp 200.000 ribuan. Nah, kalau mau beli buat couple an bagusnya sih sekali beli saja biar hemat ongkir. 

Untuk lebih detail akan saya berikan contoh total uang yang harus disiapkan kalau beli untuk satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak perempuan dan anak laki-laki.  Tujuan saya untuk memberikan gambaran budget. Saya ambil contoh pada produk paling laris yaitu sarimbit keluarga 2023 Ayman Choco baju couple Keluarga Lebaran dimana sudah terjual lebih dari 2.600 pcs per artikel ini ditulis. Gamis dewasa Rp 235.000, gamis anak Rp 210.000, koko dewasa Rp 144.000, koko anak Rp 131.000, hijab dewasa Rp 123.000 dan hijab anak Rp 105.000. Total semuanya adalah lebih kurang Rp 950.000. Namun, sekali lagi ini tidak wajib harus beli sekeluarga. Bisa beli satu-satu. 


4. Baju couple family by Mikmika, pengikut 16 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Seller terakhir yang masuk daftar toko rekomendasi baju lebaran di Shopee 2024 ini saya favoritkan karena mayoritas produknya adalah pakaian couple an keluarga. Menurut saya toko Mikmika punya keunikan tersendiri yang berbeda dengan seller lainnya. Hal ini disebabkan pilihan baju couplenya sangat beragam. Tidak hanya baju keluarga buat lebaran tetapi juga tersedia baju couple buat fashion casual sehari-hari. Jadi, desainnya ada yang santai dan ada yang semi formal. Misalnya, ada baju couple keluarga yang terbuat dari bahan kaos polos pakai kerah. Ada juga kaos couple keluarga motif salur yang bisa dipakai buat acara keluarga santai.  Khusus untuk idul fitri tersedia baju seragam keluarga berbahan linen, soft crinkle dan lainnya. 

Saya suka desainnya yang cantik dan kombinasi warna yang menarik. Selain bahan berkualitas mengutamakan kenyaman, pakaiannya memberikan kesan yang simple dan berkesan. Tak heran jika mayoritas produknya mendapatkan bintang 5 alias sempurna dari pembeli. Saya sendiri tertarik pada baju lebaran couple Mahrez Series 2.0 yang memiliki kesan vintage, mewah dan elegan. Warnanya juga berkesan banget, ada warna latte dan moos green. Pilihan size juga lengkap mulai dari S, M, L dan XL. Saran saya, saat membeli pastikan sudah memilih size yang benar karena pilihannya ada ukuran anak, ukuran ayah dan ukuran ibu.  

Agar lebih nyaman, sebaiknya diukur dulu di rumah. Jangan sampai salah klik dan salah size karena ini akan membuat kecewa. Setelah saya perhatikan, harga yang ditawarkan termasuk lebih murah mulai dari Rp 42.000 hingga Rp 140.000. Dibanding toko lain memang jauh lebih miring padahal kualitasnya yang tidak murahan. Sekedar informasi, toko Mikmika.id saat saya menulis artikel ini, koleksi produknya tidak begitu banyak melainkan hanya sekitar 25 pilihan saja yang ready. Seller yang sudah 4 tahun lalu membuka cabang di Shopee ini memang tergolong masih kecil dan berkembang. Walau begitu, produknya tidak perlu diragukan. 


5. Family Set by Mustlimah, pengikut 3,4 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Wedaw, saya salfok sama seller ini ketika mendapati ternyata sudah dari 7 tahun lalu bergabung membuka cabang online di Shopee. Ini mah usianya sama persis dengan usia pertama kali Shopee hadir di Indonesia sekitar tahun 2015 silam dan mulai ramai dikenal di tahun 2016. Baru pertama kali saya bertemu dengan "seller tertua" seperti ini karena jarang banget. Saya terharu saja lantaran, saya sendiri bersama saudara pertama kali punya akun Shopee juga sekitar 7 tahun silam. Waktu itu Shopee masih kecil banget, websitenya pun sangat sederhana sekali tampilannya. Nah, Mutslimah ini mampu bertahan sampai sekarang dengan mendapatkan rating 4.9 pula berarti sellernya terpercaya. 

Sesuai dengan namanya, seller ini termasuk salah satu yang fokus pada penjualan produk pakaian muslim. Tidak hanya terbatas pada pakaian muslim wanita seperti gamis, mukena dan khimar melainkan juga tersedia baju untuk kaum pria seperti koko dewasa dan anak. Oya, pas saya cek seller ini memiliki sekitar 159 jenis produk namun jika ditelusuri yang ready terpajang cuma sekitar 15 an produk saja. Ternyata sudah banyak yang habis. Kemudian, khusus untuk produk family set lebarannya juga tidak ready melainkan harus melalui pre order dulu. So, dituntut rajin cek tokonya karena beberapa series saya temukan malah sudah tutup pre ordernya. 

Sarimbit Silmee Kaivan & Kayana dress dan tunik, sarimbit khazanah by shizzyca brand original serta baju couple lebaran Neyza merupakan 3 jenis produk yang paling populer. Ketiganya mendapatkan review bagus dari pembeli. Meskipun jangka waktu booking list orderan terbatas dan penjahitan memakan waktu sekitar 14 hari hingga 1 bulan, pelanggan rela bersabar menunggu karena berdasarkan testimoni yang ada kualitasnya memang bagus dan tidak mengecewakan. Poin kelebihan produknya menurut saya terletak pada desain baju yang unik berbeda banget dari yang dijual di pasaran dan pilihan warna yang elegan. Terlebih model baju ceweknya terlihat mewah dan cantik. Oya, harga di gambar bukan harga baju ya, hanya formalita saja booking list. Sementara harga bajunya beragam mulai dari Rp 120.000 hingga Rp 200.000 tergantung size. 


***

Nah, demikianlah rekomendasi baju lebaran di Shopee 2024 ini. Gimana? Rasanya makin tidak sabar segera ingin punya baju barunya ya. Saya insallah bulan Februari langsung order atau maksimal 1 bulan sebelum Ramadhan. Alasannya untuk menghindari peak session dimana sering terjadi penumpukan paket di pihak ekspedisi. Pernah lho lebaran 3 tahun lalu paket gagal dikirim sampai ke alamat karena overload. Pas kami mau ambil langsung ke kantor cabang ekspedisi, wedaw jumlah paket beanr-benar membludak sampai dihalaman kantor dan mereka kewalahan. Akhirnya, paket baru diterima sekitar seminggu setelah lebaran. 

Untungnya baju baru yang lain sudah ada yang sampai duluan. Jadi, ya tidak masalah dengan keterlambatan tersebut. Khusus baju lebaran tahun 2023 ini, saya membeli lebih awal biar leluasa saja memilih karena kalau makin dekat hari H variasi dan koleksi toko makin menipis. Kadang model dan warna yang saya sukai malah sudah out of stock dan malah bikin kecewa. Kemudian biar tenang juga, jika sewaktu-waktu pulang kampung tinggal dibawa. Oya,  beberapa produk ada yang ready stock dan ada juga yang harus preorder misalnya 7 hari atau 14 hari. So, belinya gak bisa tiba-tiba mendesak mepet lebaran takut gak selesai dan gak sampai. []