5 Rekomendasi Toko Sepatu Bola di Shopee, Toko Resmi, Original, Rating Bagus dan Murah

 

Saya sengaja membuat sharing daftar rekomendasi toko sepatu bola di Shopee dengan harapan agar mereka yang sedang membutuhkan informasi ini bisa terbantu. Minimalnya bisa dijadikan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan belanja. Kalau tidak punya bekal informasi sebelum belanja sebuah produk cenderungnya membuat salah pilih dan membuat tersesat. Apalagi di zaman sekarang uang menjadi sesuatu yang susah dan harga sepatu lumayan, jadi harus benar-benar dengan pilihan matang. Salah pilih dan terjebak pada produk tiruan kadang membuat uang terbuang saja karena biasanya produk non ori tidak awet lama. 

Pengalaman saya, mencari sepatu olahraga secara online buat suami rasanya sangat tidak menyenangkan. Hal ini disebabkan menjamurnya produk sepatu yang dari segi foto dan nama sama tetapi kualitasnya beda. Sangat membingungkan orang awam atau orang yang baru belanja sepatu secara daring. Nah, ditengah maraknya gempuran produk tiruan atau palsu, saya meneliti dan mencari penjual yang amanah dan bisa dipercaya. Perjuangan saya membuahkan hasil, akhirnya saya menemukan 5 penjual yang berani mengklaim kalau mereka hanya menjual produk original, penjualnya berani memberikan garansi uang kembali jika tidak ori dan mau bertanggungjawab atas keaslian produk. Beberapa diantaranya merupakan distributor resmi. 

Jadi, daftar rekomendasi toko sepatu bola di Shopee yang saya susun ini sudah melalui tahap riset sederhana misalnya dengan memisahkan toko rating terbaik dengan toko rating buruk. Syarat utamanya rating toko adalah 4.9 dari skala 5.0, ini penting menurut saya untuk mengidentifiksi penjual yang amanah. Seller di daftar ini juga merupakan toko resmi beberapa merek sepatu bola yang bagus specs, nike, adidas, ortuseight, mills, puma dan lainnya. Nah, tanpa lama-lama yuk diintip daftar seller serta produknya mana tahu ada yang membuat teman-teman mantap membeli, cocok atau sekedar lihat-lihat dulu sambil menyiapkan budget.


1. Ortuseight Official Store, Pengikut 328 ribu dan rating 4.9 (link toko


Toko pertama yang sangat saya rekomendasikan adalah Ortuseight Official Store. Yup, ini merupakan langsung toko resmi dari brand Ortuseight. Sebagai salah satu brand yang sedang naik daun, permintaan sepatu bolanya termasuk tinggi. Produknya selalu laris manis di pasaran. Beberapa diantara sepatu bola keluaran Ortuseight yang paling banyak terjual adalah Sepatu Sepak Bola Zenith FG Black Grey yang telah dibeli lebih dari 2.300 pasang. Kemudian disusul oleh Sepatu Sepak Bola Horizon FG Aqua Lime White dan Sepatu Bola Inferno FG White Ortred Black yang masing-masingnya terjual hampir 1.500 pasang.  

Tentunya masih banyak series sepatu bola lain yang bagus-bagus bisa ditemukan saat berkunjung ke toko onlinenya. Tercatat saya artikel ini ditulis terdapat sekitar 65 jenis pilihan sepatu bola di etalasenya. Teman-teman tidak perlu takut kena tipu karena langsung membeli di toko resmi berarti produknya 100 % original. Sering dijuluki sebagai sepatu lokal rasa international, produk keluaran Ortuseight memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun lebih murah namun kualitasnya tidaklah murahan. 

Sepatu bola Ortuseight ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki budget terbatas tetapi membutuhkan sepatu yang nyaman, kokoh dan mendukung performa football di lapangan hijau. Misalnya saja sepatu bola paling laris yang saya sebutkan diatas, hanya dibanderol dengan harga 200 ribuan saja. Lebih ramah di kantong bukan? Di Shopee sendiri, Ortuseight sudah membuka cabang online sejak 5 tahun yang lalu dan masih aktif melayani pembeli dari berbagai kota hingga sekarang. Mendapatkan rating 4.9 dari skala 5.0 berarti selain produknya original dan bagus, pelayanannya juga tidak mengecewakan. 


2. Mills Official, pengikut 216 ribu dan rating 4.9 (link toko)


Seller kedua ini  ini sama denga seller sebelumnya, sama-sama merupakan produsen sepatu bola lokal yang sedang naik daun. Jika teman-teman langsung belanja di toko resmi Mills cabang Shopee yang saya share linknya disini tentu saja dijamin produk yang dijual adalah 100 % original. Sekedar informasi, merk Mills menjadi salah satu yang mendapat apresiasi dari Kementerian Olahraga 2023 lho dan apparelnya dipakai untuk Tim Nasional Indonesia tahun 2020 dan tahun 2022. 

Toko ini saya pilih dalam artikel rekomendasi toko sepatu bola di Shopee ini karena sepatu bola Mills menjadi salah satu produk unggulan yang dipakai oleh pesepak bola dari PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia). Apparel olahraga Mills juga digunakan oleh PERSITA FC 2022, Bhayangkara FC 2021, 2022, 2023, SULUT UNITED FC 2021 2022, DEWA UNITED FG 2022, PSG PATI FC 2021 dan BALI UNITED FC 2021. Dengan demikian, untuk kualitas tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Sudah pasti bukan berbeda dengan sepatu bola tanpa merk yang dijual di kaki lima. 

Apalagi Mills juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan di luar negeri seperti di Inggris. Yup, produknya telah mulai dipasarkan di luar negeri. Tak heran jika produk lokal yang digadang-gadang rasa international ini sangat laris manis di pasaran. Selain kualitas bagus dan nyaman, harganya juga sangat terjangkau. Sepatu bola dibanderol mulai dari Rp 279.000 ribuan hingga Rp 899.000 tergantung seriesnya. 


3. Specs Official, pengikut 363 ribu dan rating 4.8 (link toko)


Toko ketiga ini saya masukkan ke dalam daftar rekomendasi toko sepatu bola di Shopee ini karena memang sudah terkenal dimana-mana baik offline maupun online. Siapa coba yang tidak mengetahui merk Specs, sudah mulai berdiri sejak puluhan tahun silam. Bahkan sejak saya berusia 10 tahun di bangku SD saya sudah mulai melihat brand ini dipakai hingga sekarang juga masih berjaya. Tak diragukan lagi bahwa sepatu bola Specs sudah memiliki penggemar setianya. Hal ini ditandai dengan penjualannya yang selalu laris manis. 

Saat ini terdapat lebih dari 100 produk sepatu bola yang bisa teman-teman pilih di etalase toko resmi Specs di Shopee. Yup, sangat banyak pilihan dimana desain dan warnanya sangat menarik. Pokoknya keren-keren guys. Dari semua yang ditawarkan, sepatu bola yang paling laris diantaranya adalah Sepatu Bola Lightspeed Reborn Fg Moonraker Apricot Wash Frosty Day, Sepatu Bola Arrow Fg Pink Glow Downriver Valhalla, Sepatu Bola Elevation One Fg Black White dan Sepatu Bola Accelerator Alpha Nerve. 

Untuk pilihan ukuran juga tidak perlu dikhawatirkan sebab variasi size termasuk lengkap sehingga bebas memilih sesuai kebutuhan. Tersedia mulai dari ukuran 37, 38, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45 hingga 46. Disarankan untuk membaca secara detail panduan ukuran yang ada agar tidak salah pilih. Terakhir, soal harga sangat bersahabat di kantong yaitu dibanderol mulai dari Rp 258.000 hingga Rp 959.000 saja. Benar-benar sangat terjangkau dan ekonomis sehingga cocok bagi teman-teman yang memiliki budget terbatas. 


4. Sporty Id, pengikut 91,5 ribu dan rating 4.9 (link toko)

Sebagai informasi, di toko ini teman-teman bisa mendapatkan sepatu bola bermerk luar negeri maupun lokal. Merupakan salah satu seller dengan jumlah jenis produk terbanyak yang mencapai hampir 2.000 jenis yang dipajang di etalase. Menurut saya ini suatu kelebihan yang lumayan fantastis, menunjukkan kalau seller ini merupakan toko besar yang sudah teruji sepak terjangnya di dunia produk olahraga. Angka tersebut baru jenis produk ya teman-teman bukan stok gudang. Kalau stok tergantung, ada yang puluhan pcs hingga ratusan pcs per produk dipengaruhi kecepatan penjualan. Produk yang laris ya cepat habis stoknya dan juga dipengaruhi oleh proses restok. 

Total hampir 2.000 jenis pilihan produk tersebut kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori etalase diantaranya sepatu bola, sepatu futsal, sepatu running hingga kaos kaki dan deker. Untuk kategori seller ini juga paling detail dan rapi pengaturannya, terdapat 28 rak di etalase seperti sepatu bola adidas, sepatu bola nike, sepatu bola puma, sepatu bola specs, sepatu bola ortuseight, sepatu bola di bawah 500 ribu, sepatu bola di atas 500 ribu dan masih banyak lagi. Pembagian etalase yang rinci ini sangat memudahkan pembeli melihat koleksi per merek sepatu. Nilai plus lainnya adalah tersedia etalase khusus promo misalnya clearance sale 2022, adidas 12.12 diskon 20 % - 45 %, mills 12.12 diskon 15 % dan informasi produk yang sedang diskon. 

Tak ketinggalan seller juga rajin update informasi baik itu new stock, new arrival maupun seri-seri terbaru dari setiap brand sepatu. Seller memberitahukan bahwa ada garansi uang kembali 100 % karena mereka hanya menyediakan produk kebutuhan olahraga yang original. Sepatu bola nike tiempo legend 9 club FG warna hitam, coklat, silver dan putih, sepatu bola mills matera FG, sepatu bola specs accelerator alpha XTD pro FG, sepatu bola ortuseight catalyst liberte FG dan sepatu bola adidas X Speedportal 4 FG merupakan 5 diantara produk terlaris. Pilihan size termasuk lengkap dari 39 sampai 47 tergantung jenis merek ya. Oya, sepatu bola di Sport Id lumayan murah karena promo diskon tadi. Satu pcs dibanderol mulai dari harga terendah Rp 194.000 untuk sepatu bola enkai atlantis. Sementara itu, produk termahal diraih oleh sepatu bola nike superfly 7 elite seharga Rp 2.975.000.


5. Radar Store 01, pengikut 40 ribu dan rating 4.9 (link toko) 

Ini adalah seller terakhir di artikel rekomendasi toko sepatu bola di Shopee. Saya mantap yakin dengan penjual ini karena pas saya berkunjung melihat tokonya di Shopee, dihalaman pertama bagian atas saya langsung menemukan pemberitahuan " Hanya menjual barang ORIGINAL, 100 % Original merek Nike, Adidas, Puma, Specs, Mizuno dengan harga promo dan terpercaya". Tak hanya itu, seller juga menginformasikan bahwa seluruh foto yang ada adalah gambar asli hasil foto sendiri. Tak tanggung-tanggung bahkan seller mengatakan uang kembali 5 x lipat jika tidak original. Yap, semua sepatu original Brand New In Box. Biasanya kalau sepatunya imitasi bukan ori penjual ya tidak berani mengatakan asli kecuali seller yang sudah terbiasa berbohong mencari rezeki ya. Juga penjual abal-abal terbiasa menggunakan foto yang dicomot dari punya orang lain. 

Lumrahlah, pasti ada yang suka berbohong dan ada yang jujur. Tugas kita sebagai konsumen adalah menemukan seller yang bisa dipegang omongannya seperti seller ini. Radar Store01 merupakan trusted seller sejak tahun 2016 dimulai dari instagram. Di Shopee sendiri, Radar Store01 aktif jualan selama 5 tahun terakhir. Dengan raihan penilaian bintang 4.9 dari pembeli, sepak terjangnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Persentase chatnya pun termasuk tinggi yaitu 98 %. Saat saya menulis artikel ini, seller mempunyai sekitar 657 jenis item pilihan yang dipajang di etalase toko. 

Saya perhatikan, toko yang berasal dari Kab.Sleman Daerah IstimewaYogyakarta ini termasuk rajin membalas komentar pembeli dan memberikan informasi yang relevan. Sepatu bola adidas copa, sepatu bola adidas nemeziz, sepatu adidas predator, sepatu bola adidas X, sepatu bola nike superfly, sepatu bola nike legend, sepatu bola nike vapor, sepatu bola nike obra dan sepatu bola nike phantom merupakan beberapa diantara produk populer. Sepatu-sepatu ini dijual dengan harga yang lumayan terjangkau. Dibanderol mulai dari Rp 565.000 hingga Rp 850.000 karena lagi ada promo ya. Harga retail mayoritas produk tersebut adalah Rp 1.000.000 ke atas.  


***

Nah, demikianlah sharing daftar rekomendasi toko sepatu bola di Shopee kali ini. Semoga bermanfaat untuk kaum bapak-bapak yang belanja sendiri maupun buat kaum ibu-ibu seperti saya yang diminta tolong suami dalam mencarikan informasi sepatu. Sebenarnya saya menemukan dua toko lainnya hanya saja sellernya sangat kurang meyakinkan, Dari segi rating toko sih bagus 4.9 bahkan ada yang 5.0 alias sempurna. Jumlah penjualan produk juga lumayan dan penilaian pembeli juga bagus-bagus katanya original. Namun, persentase keaktifan seller membuka toko minim sekali kemudian tingkat performa chat juga super rendah banget. 

Masak tingkat chatting dibalas cuma 1 persen dari 100 %. Kalau seperti ini kuat kemungkinan kalau seller ini jualan cuma untuk sambilan atau memang tidak profesional ya. Saya sebisa mungkin menghindari seller-seller yang seperti ini, seperti siluman saja. Kadang muncul kadang tidak, agak kurang serius kelihatannya. Oya teman-teman, jangan lupa bahwa indikasi lain seller terpercaya atau tidak juga bisa dilihat dari harga yang dipatok. Kalau harga sangat murah untuk produk original ya sangat tidak masuk diakal juga. Sebaiknya, ketahui harga pasaran retail untuk produk sepatu bola original supaya terhindar dari penipuan. Selain sharing rekomendasi toko sepatu bola di Shopee, saya juga ada berbagi informasi toko sepatu futsal berkualitas di e-commerce orang tersebut []